Apa itu utbk sbmptn? yuk siapkan diri hadapi utbk 2022 di Zenius sekarang!

Informasi Lengkap UTBK SBMPTN, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Apa itu UTBK SBMPTN? – Informasi Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Buat kamu yang masih bingung dengan apa itu UTBK SBMPTN, kamu bisa baca penjelasan teknis, sistem penilaian hingga tips memaksimalkan peluang di UTBK dan SBMPTN 2022 di artikel ini.

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Buat lo yang lagi ngambis masuk PTN impian, pasti sudah pada tahu dong apa itu UTBK SBMPTN? Yap, betul sekali UTBK alias Ujian Tulis Berbasis Komputer ini menjadi salah satu jalur favorit buat lolos PTN. 

Siapa nih yang sudah mulai siap-siap buat UTBK 2022? Sudah mulai cari tahu UTBK 2022 tanggal berapa? Eitts, sebelum lebih jauh, ada baiknya kalau lo paham dulu informasi dasar tentang apa itu UTBK SBMPTN. Nah, khusus buat para Sobat Zenius tercinta, gue udah ngerangkum informasi lengkap UTBK SBMPTN yang bisa lo jadiin referensi nih, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu UTBK SBMPTN? Sepenting Itu Kah?

Di antara lo, masih ada nggak sih yang belum tahu apa itu UTBK SBMPTN? Jadi, UTBK SBMPTN adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis KomputerSeleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ujian ini jadi salah satu cara buat masuk PTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Indonesia. 

Kalau diperhatiin, kenapa sih ada yang namanya UTBK, ada juga yang namanya SBMPTN, apa sih perbedaan UTBK dan SBMPTN? Beberapa dari lo mungkin punya pertanyaan semacam ini, kan?  

Jadi gini Sobat Zenius, kalo UTBK doang artinya adalah segala macam ujian yang dilakukan berbasis komputer. Bahkan UN (Ujian Nasional) juga sudah menggunakan sistem berbasis komputer jadi bisa disebut sebagai UTBK juga.

Tapi khusus UTBK SBMPTN, artinya memang ujian yang dilakukan berbasis komputer, tapi ujian ini digelar khusus untuk menyaring siswa-siswa SMA sederajat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih. Sampai sini paham ya?

Kemudian, di Indonesia cuma ada satu lembaga resmi yang berhak menyelenggarakan UTBK SBMPTN ini, yaitu LTMPT. Kalo lo kepo sama website resminya bisa kunjungi link ini ltmpt.ac.id, ya. Jadi, kalo suatu hari lo nemuin lembaga di luar LTMPT yang membuka pendaftaran UTBK SBMPTN, artinya itu hoax ya.

cari tahu apa itu utbk sbmptn dan siap utbk online

Lalu, tujuan diadakannya ujian ini sebenarnya adalah agar lo sebagai calon mahasiswa bisa mengikuti seleksi secara fleksibel, mulai dari tempat tes hingga waktu tes. Terus dari sisi PTN, ujian bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi berdasarkan hasil nilai UTBK.

Terus, Kelompok dan Jenis Soal UTBK SBMPTN Ada Apa Aja?

Hal penting lain setelah mengetahui apa itu UTBK SBMPTN adalah mengetahui kelompok dan jenis soal yang muncul dalam ujian ini. Informasi terkait soal-soal akan mempermudah lo untuk belajar dan memilih materi yang tepat untuk dipelajari. 

Berikut ini udah gue rangkum, beberapa kelompok soal UTBK, antara lain: 

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
    Kalo lo memilih kelompok ujian yang ini artinya lo akan mengerjakan soal TPS dan TKA Saintek yang terdiri dari: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
    Terus kalo lo memilih kelompok soal yang ini artinya lo akan mengerjakan soal TPS dan TKA Soshum yang terdiri dari: Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)
    Sedangkan kalau lo memilih kelompok soal yang ini artinya lo akan mengerjakan soal TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum sekaligus. 

Terus, selain informasi mengenai kelompok soal, lo juga harus paham mengenai jumlah soal dan lama waktu pengerjaan selama UTBK berlangsung. Ini berguna supaya sebelum ujian, lo sudah bisa memperhitungkan jumlah soal yang bisa lo jawab dengan memaksimalkan waktu yang tersedia. 

Untuk informasi jumlah soal dan lama pengerjaan, rangkuman gue ini merujuk pada UTBK tahun 2021 kemarin ya: 

Apa itu UTBK SBMPTN - Ini pembagian waktu pengerjaan soal UTBK SBMPTN
Daftar pembagian waktu dalam pengerjaan masing-masing jenis soal dalam UTBK SBMPTN

Gimana? Sekarang udah paham kan mengenai kelompok dan jenis soal dalam UTBK. Informasi ini harus lo ingat baik-baik, sebab ini akan sangat berguna saat lo melakukan pendaftaran UTBK dan memilih kelompok soal. 

Selain itu, yang harus lo pahami selanjutnya adalah tingkat keketatan dalam UTBK. Ini berguna supaya lo dapat memperhitungkan berapa jumlah orang yang akan bersaing dengan lo dalam memperebutkan jurusan yang sama.

Nah, biar lo punya bayangan tentang keketatan persaingan UTBK, gue kasih data keketatan SBMPTN tahun 2021 kemarin. Jadi, lo bisa nih memperkirakan apa yang harus lo persiapkan menghadapi UTBK 2022, sebagai berikut:

Kelompok Program Studi di SBMPTN 2021

Jumlah Peserta SBMPTN 2021

Jumlah Peserta yang lulus SBMPTN 2021

 

Presentase Penerimaan

Kelompok Program Studi Saintek

336.834 orang 

85.149 orang 

25,28 persen

Kelompok Program Studi Soshum 


378.556 orang 

83.836 orang

22,15 persen

Kelompok Program Studi Campuran 

62.468 orang 

15.957 orang


25,54 persen.

 

 


Total pendaftar: 777.858 orang


Total lulus: 
184.942 orang

 


Dari data di atas, bisa kita lihat bahwa pendaftar SBMPTN 2021 ada 777 ribu lebih peserta. Dari jumlah tersebut, 336.834 orang memilih kelompok program studi saintek dan yang lolos hanya 85.149 orang. Artinya hanya 25,28 persen saja yang diterima di pilihan mereka.

Sedangkan 378.556 orang memilih kelompok program studi soshum. Jumlah ini lebih banyak dari yang memilih saintek. Namun hanya 83.836 orang yang diterima di universitas pilihan mereka atau hanya sekitar 22,15 persen saja.

Kemudian, di kelompok campuran ada ada 62.468 orang yang mengikuti tes namun hanya 15.957 yang lolos atau hanya sekitar 25,54 persen saja. Dari data di atas, tentunya lo sudah bisa ngebayangin dong, betapa ketatnya tingkat persaingan UTBK SBMPTN? Itu lah kenapa, lo sudah harus ngerancang persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, Sobat Zenius.

Strategi Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif dan Efisien

Pada bagian sebelumnya, sudah terjawab apa itu UTBK SBMPTN. Nah, di bagian ini kita akan mengupas strategi efektif dan efisien dalam memahami setiap materi yang akan keluar. Jangan semua dibabat habis, tapi lo gak yakin apakah yang lo pelajari itu akan keluar di ujian. 

Sayang banget kan kalo udah mati-matian belajar, dari pagi sampe pagi lagi tapi ternyata materi yang lo pelajari gak muncul. 

Lo harus ingat untuk selalu menerapkan sistem belajar yang tepat sasaran. Jadi lo gak harus buang-buang waktu dan energi terlalu banyak. Waktu yang tersisa masih bisa dipake buat hangout sama temen atau nonton Netflix haha. 

Membuat Jadwal Belajar yang Efisien

proses belajar yang efektif
Konsep belajar yang efektif untuk UTBK ala Zenius.

Pertama yang bisa lo lakukan adalah membuat jadwal belajar UTBK. Jadwal belajar ini bisa lo buat berdasarkan waktu dilaksanakannya ujian yang sesungguhnya. 

Merujuk pada pelaksanaan tahun lalu, UTBK dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu:

  1. Gelombang pertama: tanggal 12-18 April 2021
  2. Gelombang kedua: tanggal 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021. 

Meskipun jadwal pelaksanaan UTBK 2022 belum diumumkan resmi oleh LTMPT, biasanya tanggal ujian gak akan jauh-jauh dari tahun sebelumnya. Artinya UTBK akan diadakan sekitar bulan April-Mei mendatang. 

Dengan membuat jadwal belajar UTBK dari jauh hari, lo akan lebih siap menghadapi ujian ini. Ingat kata Abraham Lincoln: “Beri saya waktu enam jam untuk menebang sebatang pohon maka saya akan menghabiskan empat jam untuk menajamkan kapaknya.”

Dan jangan lupa, pastikan lo mendisiplinkan diri dalam mengikuti dan mentaati semua jadwal belajar UTBK yang telah lo buat itu. 

Belajar Mulai dari Basic Skills

Setelah mengetahui apa itu UTBK SBMPTN, strategi menaklukan ujian ini selanjutnya adalah mulai belajar dari basic skills

Seperti namanya, kemampuan ini adalah fondasi yang harus lo pahami dalam belajar materi apapun. Ini berhubungan dengan aturan-aturan berpikir dasar dan logika dasar yang lo gunakan. 

TPS dan TPA adalah bagian dari basic skills, jadi belajar basic skills berarti sekaligus belajar buat TPS dan TPA juga.  Lewat basic skill lo juga dapat melihat seberapa baik lo bisa menyelesaikan masalah atau menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara efektif. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang basic skill apa aja yang harus dikuasai untuk menghadapi SBMPTN, gue sangat merekomendasikan lo melahap habis daftar materi basic skills berikut ini:

Prioritas Belajar di Materi yang Sering Keluar

Kamu bisa menggunakan strategi ini jika lo ngerasa memiliki waktu yang terbatas tetapi masih memiliki pemahaman yang minim terhadap soal-soal UTBK. Lo bisa mengejar ketertinggalan ini dengan cara membuat daftar prioritas belajar berdasarkan materi UTBK yang sering keluar. 

Misalnya di tahun-tahun sebelumnya, pada kelompok soal TPS (Test Potensi Skolastik) soal yang berkaitan dengan materi pola gambar selalu muncul. Ini artinya, lo bisa lebih fokus di materi yang berkaitan dengan pola gambar.

Daftar materi yang sering keluar di UTBK dalam beberapa tahun terakhir bisa lo baca lebih lengkap di artikel ini Materi apa aja yang paling sering keluar di UTBK?

Sering-Sering Latihan Soal UTBK

Strategi yang ke-empat adalah sering-sering latihan soal UTBK SBMPTN dengan cara mengikuti try out. Ini akan sangat berguna supaya lo bisa beradaptasi dan lebih familiar dengan soal-soal yang sering muncul dalam UTBK. 

Dengan mengikuti try out UTBK akan mempermudah lo memahami definisi apa itu UTBK SBMPTN, dan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Misalnya, di try out pertama skor UTBK lo masih rendah, kemudian di try ke-2 lo mengalami peningkatan tapi belum signifikan, terus di TO ke-3 ternyata skor lo turun lagi. 

Lalu dari nilai-nilai try out yang sudah lo kumpulkan tadi, lo bisa melihat, kira-kira kelompok soal mana yang membuat skor lo jatuh dan artinya lo perlu perhatian dan belajar ekstra dalam menjawab soal tersebut. 

Kalo lo mau tau soal dan materi UTBK SBMPTN yang paling sering keluar, lo bisa coba berbagai fitur try out dari bimbel online Zenius. Keuntungan yang bisa lo dapet dari mengikuti try out bareng Zenius, antara lain:

  • Soal Try Out Mudah Diakses
  • Soal Try Out Berkualitas (Bukan Hasil Daur Ulang Soal)
  • Soal Try Out Punya Format yang Mirip dengan Soal UTBK Asli
  • Sistem penilaian Try Out sama dengan Sistem Penilaian UTB
  • Zenius Memberikan Rangkuman Materi untuk Setiap Soal 
  • Zenius Memberikan Penjelasan Try Out dalam Bentuk Video Sehingga Lebih Mudah Dipahami

Untuk Informasi lebih jelas tentang pentingnya mengikuti try out dan cara ikut try out online Zenius, lo intip lebih jauh di sini ya Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Ajak Teman Buat Kelompok Belajar

Strategi yang kelima adalah buat kelompok belajar. Ini bisa lo terapkan kalo lo adalah tipe orang yang gampang bosenan. Bahkan walaupun lo merasa nyaman belajar sendiri, belajar sama temen punya kesenangan yang gak bisa didapatkan saat belajar sendir lho

Lo juga bisa diskusi dan tukar pikiran, bukan hanya ngomongin soal apa itu UTBK SBMPTN tapi juga hal-hal lain. Misalnya saling berbagi tips and trik dalam mengelola stres selama belajar. 

Belajar Kelompok Membantu Memahami Apa Itu UTBK dan Soal-Soal UTBK
Ilustrasi: Para siswa yang belajar kelompok untuk persiapan UTBK SBMPTN

Dan lewat kelompok belajar, lo juga bisa membangun support sistem yang bisa membangkitkan semangat lo. Jadi lo dan temen-temen lo bisa saling berkompetisi secara sehat. 

Sebagai info tambahan, gue juga bakal memberikan data singkat mengenai syarat pendaftaran SBMPTN, cara mendaftar SBMPTN 2022 hingga informasi kuota SBMPTN. 

Syarat SBMPTN 2022

Jika diperhatikan dari tahun-tahun sebelumnya, persyaratan SBMPTN 2022 tidak akan terlalu banyak berubah. Persyaratan ini meliputi:

  • Yang pertama, peserta UTBK SBMPTN adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). 
  • Yang kedua, peserta UTBK SBMPTN hanya boleh diikuti oleh siswa atau alumni yang masuk dalam kategori di bawah ini:
  1. Siswa lulusan maksimal 2 tahun sebelum tahun pendaftaran UTBK
    Contoh: Sobat Zenius adalah lulusan SMA tahun 2021 dan telah mengikuti UTBK pada tahun yang sama, artinya lo masih punya 2 tahun (2 kali) kesempatan tes ditahun 2022 dan 2023.
  2. Siswa lulusan Paket-C maksimal 2 tahun sebelum tahun pendaftaran UTBK
    Sama seperti persyaratan alumni SMA, namun alumni lulusan paket-C yang boleh mengikuti UTBK maksimal berumur 25 tahun.
  • Yang ketiga, peserta SBMPTN Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun mendaftar SBMPTN dan dua tahun sebelumnya. Jadi untuk SBMPTN 2022 berarti pesertanya tidak lolos SNMPTN tahun 2020, 2021, dan 2022.
  • Syarat ke empat, yaitu memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Kemudian, terdapat juga beberapa syarat khusus bagi pendaftar SBMPTN di jurusan tertentu, antara lain:

  1. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.
  2. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. 
  3. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra 

Cara Daftar SBMPTN 2022

Sistem pendaftaran SBMPTN 2022, jika tidak mengalami perubahan akan sama dengan cara mendaftar di tahun 2021. Berikut ini udah gue rangkum tahapan dan cara mendaftar SBMPTN secara singkat: 

  • Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  • Melengkapi Biodata
  • Memilih Program Studi
  • Mengunggah Portfolio (untuk jurusan/ fakultas tertentu)
  • Memilih Pusat UTBK
  • Melihat Nomor Pendaftaran
  • Konfirmasi Kartu Peserta
  • Unduh Kartu Peserta (wajib)
  • Membayar biaya UTBK SBMPTN melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI

Informasi Kuota UTBK SBMPTN 2022

Terkait informasi daya tampung atau Kuota UTBK SBMPTN 2022 masih belum diumumkan secara resmi oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Tapi lo bisa lihat Kuota UTBK SBMPTN 2021 sebagai acuan dalam memilih jurusan atau fakultas.

Untuk melihat daya tampung per-universitas, per-fakultas hingga per-jurusan lo bisa cek secara detail lewat website resmi LTMPT pada laman Daya tampung dan syarat per PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri tahun 2021. 

Nah, itu tadi informasi mengenai apa itu UTBK SBMPTN, mulai dari pengertiannya, kelompok jenis soal, strategi belajar yang efektif dan efisien hingga cara serta syarat mendaftar SBMPTN 2022 mendatang.

Jangan panik, karena masih ada waktu buatmu untuk belajar UTBK, dan masih ada waktu buat ngulang materi kelas X sampai dengan XII. Intinya persiapan lo harus dibarengi dengan komitmen dan konsistensi belajar.

Diluar itu semua, jangan lupa untuk terus semangat dan disiplin pada diri sendiri ya Sobat Zenius. Ingat, tidak ada hasil yang menghianati proses. Apa yang lo perjuangkan dan lo harapkan akan segera datang. Semangat terus! 

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang apa itu UTBK SBMPTN, proses pendaftaran, dll. Langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. 

Dan buat lo yang mau daftar UTBK dan SBMPTN, berikut ini artikel keren lain dari Zenius Blog yang wajib banget buat lo baca supaya punya persiapan yang matang

Untuk menambah pemahaman lo tentang apa itu UTBK SBMPTN dan soal-soal SBMPTN. Lo bisa download lewat link di atas dalam bentuk pdf, GRATIS! 

Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download. Pembahasan total mengenai seluk-beluk apa itu UTBK SBMPTN dan soal-soalnya ini telah dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas.

Soal-soal HOTS juga udah ada di sana. Zenius juga udah punya mobile app, jadi lo bisa belajar dari hape. Tinggal download aplikasi bimbel online Zenius dari Play Store atau App Store.

Bagikan artikel ini: