cara membuat jadwal belajar sbmptn

5 Tips Membuat Jadwal Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif Plus Contohnya

Halo, Sobat Zenius! Udah buat jadwal belajar UTBK untuk SBMPTN 2022 belom nih? Baca artikel ini sampai habis ya!

Namun sebelum gue kasih  informasi mengenai cara mengatur jadwal belajar UTBK, gue mau kasih informasi terlebih dahulu, nih, mengenai kapan SBMPTN 2022 akan dilaksanakan.

Untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN tahun ini bakal dibuka 23 Maret-15 April. Kalau pelaksanaannya, UTBK Gelombang I bakal diadakan 17-23 Mei 2022, sementara Gelombang II berlangsung 28 Mei-3 Juni 2022.

jadwal belajar
Jadwal UTBK SBMPTN, Sumber: Zenius Instagram

Oke, balik lagi ngomongin jadwal belajar UTBK SBMPTN. Menurut elo, dari info kapan SBMPTN 2022 dilaksanakan di atas, bisa gak kalo cuma belajar SBMPTN 1 bulan aja?

Sebagian besar dari para calon peserta tes SBMPTN dan Ujian Mandiri (UM), saat ini masih kelas 12 yang notabene berhadapan dengan jadwal sekolah yang sangat sibuk.

Ada juga sebagian calon peserta SBMPTN & UM yang saat ini sedang menjalani kuliah semester awal, di mana mereka juga akan disibukkan oleh kegiatan perkuliahan, seperti organisasi kemahasiswaan, tugas kuliah, kepanitiaan acara, ujian semester, dan lain-lain.

Di balik segala kesibukan ini, selalu timbul pertanyaan dari para calon mahasiswa:

“Bagaimana cara mengatur jadwal belajar SBMPTN & Ujian Seleksi Mandiri di tengah-tengah kesibukan kelas 12 dan perkuliahan?”

Jawaban mudah, meski klise: Mau tips dan trik belajar SBMPTN? Ingin bagi waktu belajar? Ya bikin jadwal belajar dong! Hehe…  

Coba uraikan seluruh kegiatan harian elo, lalu kita sama-sama lihat di mana saja waktu luang yang bisa diisi dengan kegiatan belajar. 

Eh…tunggu dulu deh! Memangnya semudah itu membuat jadwal belajar SBMPTN yang efektif? Lalu apakah setelah bikin jadwal belajar yang detail, terus kita jadi otomatis punya waktu belajar dan kegiatan kita lebih terorganisir? 

Percaya atau nggak, sebagian besar usaha untuk membuat jadwal belajar harian atau day-to-day, tidak akan berjalan efektif.

Lho kok bisa begitu? Coba aja elo bikin jadwal belajar UTBK SBMPTN harian untuk persiapan tes. Tebakan gue sih cuma elo akan bertahan ngikutin jadwal itu 1-2 hari doang.

Di beberapa hari ke depannya, elo mulai nggak disiplin dengan jadwal belajar. Terus lama kelamaan, elo malah bingung sendiri reschedule karena di hari sebelumnya ada alasan berhalangan belajar.

Akhirnya, nggak jarang orang yang bikin jadwal belajar UTBK SBMPTN harian malah lebih ribet ngurusin rescheduling jadwalnya ketimbang belajarnya. 

Bagi yang pernah bikin jadwal harian, mungkin ada yang baca tulisan ini sambil manggut-manggut. Believe me, been there-done that!

“Terus gimana dong? Apakah itu berarti kita nggak boleh bikin jadwal belajar?”

Bukan boleh bikin jadwal belajar atau nggak, tapi metode yang digunakan itu efektif atau tidak. Contoh metode jadwal belajar yang (menurut gue pribadi) kurang efektif adalah metode TIME-TABLE.

Prinsip metode penjadwalan ini TIME-ORIENTED banget, kita hanya perlu menguraikan seluruh jadwal selama seminggu penuh, lalu plotting satu per satu kegiatannya. Sebagai contoh gue ilustrasikan jadwal belajar SBMPTN dengan metode time-table pada gambar di bawah ini:

contoh jadwal belajar sbmptn dengan metode time-table
Contoh jadwal belajar SBMPTN yang salah.

Mungkin ada yang pernah coba bikin jadwal seperti di atas pada calendar apps smartphone elo? 

Berdasarkan pengalaman gue pribadi, serta pernyataan dari beberapa orang yang pernah bikin jadwal belajar SBMPTN harian, gue berani bilang metode pendekatan time-oriented ini kurang tepat untuk jadi jadwal belajar jangka panjang, khususnya belajar SBMPTN dan Ujian Mandiri. 

Kenapa bisa gitu? Ada 2 alasan utama:

  1. Terlalu strict terhadap waktu hanya akan membuat elo nggak bisa menikmati proses belajar. Kehidupan manusia itu dinamis, dan hampir selalu ada hal yang terjadi di luar rencana. 

Masalahnya dengan metode time-oriented gini, elo jadi nggak fleksibel terhadap kegiatan. 

Begitu ada satu jadwal belajar UTBK yang terlewat, berantakan sudah elo harus ngebenerin semua plot yang udah disusun rapi sebelumnya. 

Ujung-ujungnya energi dan perhatian kita malah tersita untuk menyusun ulang jadwal kita setiap hari.

  1. Dalam konteks persiapan tes jangka panjang, otak elo akan jauh lebih sulit mencerna saat semua pelajaran dipaksakan masuk dalam waktu singkat. 

Bayangkan kalo elo lakukan jadwal di atas, hari senin siang cari trik SBMPTN Soshum di Zenius blog, terus belajar TPA verbal, sore MatDas (Matematika Dasar). Besoknya Selasa bahasa Inggris, terus hari Jumat belajar Fisika, Biologi, & Kimia. 

Dalam waktu yang singkat, otak elo dipaksa untuk menerima begitu banyak informasi, istilah, konsep, dan lain-lain. 

Ujung-ujungnya elo malah bisa kebingungan sendiri. Bahkan bisa jadi istilah-istilah Kimia dan Fisika jadi kecampur-campur di otak elo saking pusingnya.

“Oke terus gimana dong tips dan trik belajar SBMPTN yang efektif?”

Kuncinya adalah: ubah perspektif elo dalam membuat jadwal belajar. Kalau sebelumnya kita membuat jadwal dengan konsep time-oriented, sekarang coba ubah perspektif kita dengan membuat jadwal dengan konsep TASK-ORIENTED.

Apaan tuh konsep task-oriented? Prinsipnya kalau tadi kita mulai dengan membedah atau menguraikan waktu yang elo punya kemudian baru plotting kegiatan yang mau dikerjain. 

Sekarang justru dibalik. Elo bedah atau uraikan dulu kegiatan yang mau elo kerjain, soal ada waktu atau tidak, jangan dipusingin ke arah situ dulu.

Maksudnya gimana sih membedah kegiatan? Yuk kita mulai dengan contoh dalam konteks belajar SBMPTN. 

Katakanlah misalnya elo mau membedah kegiatan belajar TKPA MatDas. Bagaimana kalau kita langsung masuk ke cara membuat jadwal belajar SBMPTN yang efektif? Gas!

Langkah Awal Mengatur Jadwal Belajar SBMPTN

Telusuri sebanyak apa bahan materi sebagai langkah awal mengatur jadwal belajar SBMPTN yang efektif

Ada apa aja sih bahan materi MatDas? Kalo kita lihat di zenius.net, elo bisa dengan lebih mudah menguraikan seluruh bahan materi Matematika Dasar

Elo bisa lihat kalo pembagian materi MatDas di sini sudah dikategorikan per topik.

Selain itu, setiap topik bahasannya juga udah dirunutkan antara video yang berisi pemahaman konsep materi, dengan video yang berisi latihan soal yang sesuai dengan topik tersebut. 

Nah, dengan struktur tersebut, bisa dengan lebih mudah mengorganisir kegiatan elo berdasarkan topik-topik pelajaran tersebut. 

Inget, sekarang kita lebih ke task-oriented, bukan time-oriented. Jadi pastinya kita akan lebih banyak fokus mengatur bentuk kegiatan tersebut, ketimbang ngurusin soal kapan (waktu) kita ngerjainnya.

Buatlah Paket Belajar Berdasarkan Topik Materi

Berdasarkan pembagian yang elo bisa lihat di zenius.net, elo bisa membentuk “Paket Belajar” yang elo susun berdasarkan topik-topik di MatDas. Misalnya susunan paket belajarnya seperti ini:

paket belajar sbmptn berdasarkan topik materi
Contoh paket belajar UTBK.

Gambar di atas adalah contoh jadwal belajar UTBK yang gue bedah berdasarkan topik-topik materi Matematika Dasar SBMPTN. 

Total sebetulnya ada 19 paket belajar, elo bisa download Excel-nya di link berikut ini:

DOWNLOAD Excel Contoh Paket Belajar Matematika Dasar SBMPTN

Kalo elo perhatiin pada file Excel tersebut, gue udah kasih link langsung ke laman video materi & kumpulan latihan soal MatDas SBMPTN di zenius.net. 

Lengkap juga dengan keterangan prediksi waktu belajar berdasarkan durasi video. Sementara untuk latihan soal, gue pukul rata diestimasi waktu 60 menit.

Tentu saja, file Excel di atas itu hanya contoh dari gue supaya elo lebih kebayang. Estimasi waktu yang gue tulis juga bisa disesuaikan dengan kapasitas elo sendiri. 

Gue justru berharap setelah baca artikel ini, elo bisa secara proaktif menyusun study plan UTBK 2022 sendiri yang isinya lebih variatif daripada hanya ‘materi’ & ‘latihan soal’. 

Misalnya elo bikin paket Try Out, atau paket pembuktian rumus, dan lain-lain. Bikin paket belajar bervariasi mungkin supaya elo bisa enjoy dan berkreasi dalam metode belajar yang dirancang sendiri.

Dalam membuat paket belajar, satu pesan khusus dari gue adalah: jangan hanya fokus pada pendalaman materi saja tanpa diselingi sama latihan soal. 

Banyak siswa yang waktu belajar materi rasanya udah ngerti dan bisa, tapi begitu masuk ke contoh soal, baru deh kerasa belum lancar ngerjainnya. 

Jadi gue sangat menyarankan, setiap paket belajar, jangan hanya memahami materi saja namun harus diselingi dengan contoh soal.

Membuat paket belajar seperti contoh di atas juga bisa dilakukan untuk pelajaran yang lain. 

File Excel Matdas SBMPTN yang gue kasih itu anggap saja sebagai template yang bisa elo copy untuk merancang paket belajar mata pelajaran yang lain seperti TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, juga pelajaran-pelajaran Saintek maupun Soshum.

Fokus Penyelesaian Paket Belajar dengan Target Mingguan

Oke setelah bikin paket-paket belajar, elo jadi tau betul ruang lingkup kegiatan yang akan dilakukan. 

Salah satu hal penting saat membuat target mingguan adalah memahami timeline UTBK 2022.

Dengan begitu, elo juga udah bisa kebayang kira-kira kegiatannya akan seperti apa dalam satu minggu: bisa jadi pendalaman materi, bikin rangkuman atau mind-map, latihan soal, atau Try Out Online mandiri.

Dengan membuat paket belajar, elo juga bisa estimasi kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan paket belajar tersebut. 

Bisa jadi 60, 90, 120 menit, terserah kapasitas dan waktu luang elo sendiri.

Nah, setelah membedah daftar kegiatan yang mau elo jalani, langkah selanjutnya adalah plotting kegiatan-kegiatan tersebut menjadi target mingguan. 

Sampai di sini elo harus hati-hati, jangan sampai ujung-ujungnya jadi terjebak dalam sistem time table lagi. 

Terus gimana dong supaya plotting kegiatannya tidak berbasis time-oriented? Berikut adalah beberapa hal yang perlu elo cermati:

Jangan Terlalu Strict Terhadap Waktu

Dalam proses organizing kegiatan, jangan taruh komitmen pada ‘waktu’, tapi taruh komitmen pada ‘kegiatan’. Artinya apa?

Ketika elo punya target ‘Paket Belajar’ yang harus dikerjakan dalam 1 minggu lewat study plan UTBK yang udah dibuat, elo gak perlu plotting bahwa paket MatDas-I harus dikerjakan hari Senin, atau paket belajar MatDas-II & III dikerjakan hari Rabu, lengkap dengan jam, menit, detik. Jangan seperti itu. 

Kalau elo lakukan itu, ujung-ujungnya jadi sistem time-table lagi. Jadi gimana dong? Bikin aja daftar paket belajar yang mau dicapai dalam seminggu, tanpa harus terbebani kapan elo harus mengerjakan itu.  Hal tersebut juga membantu elo untuk membuat jadwal belajar UTBK yang efektif.

Kesannya ini sepele, tapi begitu nggak dibebani oleh jadwal yang mengekang, elo jadi lebih fleksibel dalam mengerjakan target mingguan tersebut. Ingat, taruh komitmen pada ‘kegiatan’, gimanapun caranya supaya target elo itu tercapai. 

Dalam praktiknya, elo bisa ngerjain paket belajar itu kapanpun merasa nyaman mengerjakannya. Bisa jadi lebih nyaman nyicil 2-3 hari sekali, atau bisa jadi kebut semua di akhir minggu, terserah gimana elo nyaman dan mood untuk belajar. 

Ketika elo punya otonomi, punya keleluasaan, punya fleksibilitas, gue yakin belajar elo lebih efektif dan enjoy. Gak kerasa terus dikejar-kejar oleh waktu atau deadline. Apalagi kalau paket belajar yang elo susun sebelumnya udah disertai dengan estimasi durasi waktu. 

Wah makin fleksibel lagi deh elo bisa menyesuaikan jadwal belajar dengan waktu luang!

Gue sih percaya bahwa kebebasan justru lebih mengikat, hehehe… Supaya elo lebih kebayang, gue kasih gambaran simpelnya seperti gambar ini:

contoh jadwal belajar utbk
Contoh study plan UTBK.

Kalo mau download excel rancangan belajar TKPA sampai akhir tahun, elo bisa download excel-nya di sini:

Wah terus kalo misalnya nggak berhasil mencapai target mingguan gimana dong? Inget prinsip ini:

Tujuan bikin jadwal itu bukan untuk dijalani secara strict 100%, tapi untuk merancang aktivitas yang terarah di mana penerapannya bisa terus kita evaluasi secara berkala.

Dengan prinsip di atas, ‘waktu’ bukan lagi jadi indikator yang harus ditaati, tapi hanya sebagai alat bantu untuk mengevaluasi sejauh mana udah menyelesaikan target kegiatan elo.

Jadi, kalo misalnya nggak mencapai target minggu sebelumnya, tinggal masukin aja ‘paket belajar’ itu jadi target tambahan di minggu berikutnya dan masuk ke dalam timeline UTBK 2022 versi elo dalam mempersiapkannya dengan matang. 

Sistem evaluasi ini jauh lebih gampang dan efisien daripada sistem timetable yang harus ribet mikirin hari apa, jam berapa, dan sebagainya.

Dengan mengubah perspektif kita dari TIME-ORIENTED menjadi TASK-ORIENTED, kita jadi mengubah pola pikir dari yang tadinya:

“Wah sekarang hari Jumat terus udah jam 6 sore, yaah berarti udah waktunya belajar Biologi nih!”

menjadi seperti ini:

“Oke, minggu ini target gue belajar paket belajar (A, B, C, D). Kira-kira untuk hari ini enaknya gue luangkan waktu untuk belajar yang mana ya…?”

See the difference? Ini emang kesannya cuma mengubah perspektif doang, tapi efeknya beda banget, try it!

Ganti sistem kalender jadi sistem countdown

Dalam metode task-oriented, kita udah nggak perlu lagi memandang ‘waktu’ berdasarkan timetable kalender, tapi berdasarkan sistem ‘countdown’.

Maksudnya gimana? Dalam konteks SBMPTN misalnya, kita bisa mengambil contoh jadwal belajar UTBK 2022 dengan target mingguan yang udah gue ilustrasikan pada gambar sebelumnya. 

Elo bisa lihat bahwa di kolom yang berwarna kuning ada tulisan W-19, W-18. Itulah yang gue maksud dengan sistem countdown.

Sistem countdown gak hanya lebih simpel, tapi juga bisa jadi ‘alarm’ yang ampuh untuk mengevaluasi sejauh mana elo udah progres dalam belajar. 

Kadang kalo orang berpikir dengan perspektif kalender, suka nggak akurat kalkulasinya:

“Ah masih bulan (misalnya) Januari ini, masih lama kok SBMPTN…Nanti belajarnya dikebut belakangan aja.”

Padahal kalo pakai sistem countdown, kita bisa lihat secara akurat bahwa pertengahan Januari itu udah W-19 SBMPTN. 

Berarti kita cuma tinggal punya 20 minggu lagi sampai pada hari ujian SBMPTN. Dengan pakai sistem countdown, elo jadi lebih aware dalam melihat progres sudah sejauh mana kesiapan.

Rancang penempatan aktivitas (paket belajar) secara terencana.

Ingat pesan gue sebelumnya, jangan merancang jadwal belajar SBMPTN yang bikin otak kita overload karena kita memaksakan terlalu banyak informasi yang masuk dalam waktu singkat. 

Belajar untuk ujian seleksi masuk universitas jangan disamakan dengan belajar harian di sekolah yang gonta-ganti pelajaran atau topik dengan cepat. 

Pertanyaan dalam ujian SBMPTN itu sangat menguji konsep pemahaman kita, banyak pertanyaan jebakannya, dan tipe soalnya sangat bervariasi. 

Jadi cara belajarnya juga harus lebih mendalam, lebih berorientasi untuk memahami konsep, sampai betul-betul menguasai materinya secara mendetail.

Oleh karena itu, gue pribadi menyarankan agar elo bisa merancang program belajar untuk fokus pada 1 pelajaran (atau maksimal 2 deh) dalam seminggu penuh, baru kemudian minggu depannya masuk ke pelajaran lain.

Lo bisa lihat kembali ilustrasi yang gue tampilkan di atas, pada W-19 gue fokuskan pada pelajaran Matdas, pada W-18 fokus pada TPA, minggu berikutnya W-17, balik lagi ke Matdas, dst… 

Dengan begitu, elo jadi lebih fokus belajar pada 1-2 pelajaran secara mendalam hingga memahami konsepnya dengan matang.

Oke, secara garis besar itulah tips dari gue seputar membuat jadwal belajar UTBK yang menurut gue pribadi, lebih cocok diterapkan untuk persiapan tes jangka panjang seperti seleksi masuk universitas. Namun bisa juga diterapkan untuk persiapan tes lainnya seperti Ujian Nasional, TOEFL, IELTS, GRE, SAT.

Kalo lihat dari contoh study plan UTBK di atas, belajar SBMPTN 1 bulan aja ternyata gak cukup, ya. 

Menurut gue, elo emang harus melakukan persiapan SBMPTN dari beberapa bulan sebelum pelaksanaan biar bisa lebih mateng lagi.

Buat elo yang udah sempet baca artikel gue tentang 7 Langkah Strategis Belajar SBMPTN, pada dasarnya apa yang sampaikan di atas adalah penerapan lebih mendetail pada STEP 3, STEP 4, & STEP 5. 

Buat elo yang mau tahu cara membuat jadwal belajar UTBK-SBMPTN dengan lebih terarah, gue sangat merekomendasikan untuk baca juga artikel itu.

cara membuat jadwal belajar sbmptn yang efektif
Tahap strategis belajar SBMPTN.

Stop SKS (Sistem Kebut Semalam)

Sobat Zenius, bukan karena di atas gue sebutkan tebus dosa, dan hal ini membuat elo seringkali menunda-nunda waktu belajar. Padahal jadwal belajar UTBK udah elo buat se-ciamik mungkin.

Sayang banget kalau elo berpikir menunda dan menumpuk waktu belajar elo. Itu meruntuhkan semua yang gue bilang di atas, jadi gak efektif lagi deh. Nilai UTBK gak langsung jadi bagus dengan elo belajar menggunakan sistem ini.

5 Tips Membuat Jadwal Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif Plus Contohnya 9

Stick To The Point

Tips dan trik belajar SBMPTN terakhir dari gue yaitu, setia. Eh… maksudnya stick to the point.

Jadwal belajar udah dibuat, dapat nilai UTBK terbaik sudah menjadi tujuan elo. Kini waktunya elo belajar sesuai dengan jadwal yang elo bikin. Semangat Sobat Zenius!

Terlepas dari itu, perlu gue akui bahwa tips yang disampaikan tidak berarti cocok 100% untuk semua orang. 

Jadi kalau memang elo merasa kurang cocok dengan tips dan trik belajar SBMPTN di atas dan lebih nyaman dengan cara sendiri, jangan dipaksakan.

Gue sadar semua orang punya caranya tersendiri dan gue harap elo menerapkan cara yang paling membuat nyaman serta enjoy dalam belajar. 

Coba nonton ini ya Sobat Zenius:

Belajar UTBK 2022 Mulai dari Mana? Strategi Ala Zenius

Tapi buat elo yang mungkin selama ini masih merasa kesulitan dengan merancang jadwal belajar, coba deh bikin perencanaan belajar seperti tips gue di atas. Selamat mencoba!

Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!