Ilustrasi koleksi gundam

Fenomena Gundam sampai Jadi Budaya Jepang

Di penghujung bulan Januari tahun 2022 ini, netizen Indonesia lagi ramai banget ngomongin tentang Gundam di media sosial. Gue pun penasaran dan coba cari tahu, ternyata ini berawal dari postingan akun Satria Sri Sultan II (29/01/2022) di Facebook.

Ceritanya bermula saat ia mengunggah isi percakapan WhatsApp dengan tantenya mengenai koleksi Gundam yang tanpa izin dibawa pulang oleh keponakannya.

Mendengarnya, nyesek nggak, sih? Soalnya, dia mengaku suka koleksi beberapa miniatur anime, dan Gundam jadi salah satunya. Selain itu, dia juga bilang udah nabung cukup lama untuk membeli action figure Gundam tersebut.

Menurut postingannya di Facebook, Gundam yang diambil itu berkisar di harga Rp750.000 sampai Rp1,8 juta.

Ibaratnya sih, udah nabung dari uang jajan sehari-hari dan berhasil beli barang yang udah diidam-idamkan sejak lama, terus barangnya hilang. Apalagi, kalau dari segi harga juga bisa dibilang Gundam nggak murah, ya. Jadi, kayak lebih berbekas rasanya.

Tapi, nih. Gue baru cek media sosial lagi tentang postingan gundam itu. Nah, menurut beberapa netizen, katanya postingan yang dibuat itu termasuk ke hoax atau informasi palsu. Hal ini didukung sama postingan facebook-nya yang akhirnya sekarang udah hilang. Padahal, postingannya udah mendapatkan 22 ribu likes, lho.

Selain itu, Satria, sang pemilik akun yang curhat mengenai gundam, ikut memberikan klarifikasi kepada netizen kalau ia memang berbohong di postingan tersebut.

Eh, tapi, memangnya, gundam itu mainan seperti apa, sih? Kok, sampai diperbincangkan di mana-mana? 

Supaya nggak penasaran lagi, baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Gundam?

Melansir dari Nippon, Gundam dikenal sebagai salah satu karakter robot raksasa yang bisa dikendarai oleh seseorang di dalamnya.

Robot ini dikenal dari salah satu serial fiksi ilmiah berjudul Mobile Suit Gundam (1979) yang diproduksi oleh Studio Sunrise, salah satu rumah produksi anime di Jepang. 

Menurut Forbes, serial ini menceritakan tentang Kerajaan Zeon di luar angkasa yang sudah mempunyai konflik dari awal dan menyatakan perang dengan Federasi Bumi. 

Nah, Zeon ini membuat mobile suit yang digunakan untuk melawan Federasi Bumi, dan Zeon mampu memenangkan peperangan tersebut.

Setelah peperangan usai, Federasi Bumi pun ikut membangun mobile suit-nya sendiri yang mereka namakan Gundam. 

Dari situ, muncullah konflik-konflik baru lagi yang memicu peperangan kembali antara Kerajaan Zeon dan Federasi Bumi di luar angkasa yang melibatkan masyarakat sipil bernama Amuro Ray dengan pilot Char Aznable.

Wah, mendengar dari sinopsisnya, kayaknya seru banget nggak, sih?

Jadi sebenarnya, Gundam ini udah diperkenalkan dari tahun 1979 dan memproduksi 43 episode sampai tahun 1980. Tetapi, saat itu rumah produksi Sunrise mengalami kebangkrutan.

Hingga akhirnya, Gundam kembali dilirik oleh salah satu investor yaitu Bandai yang memutuskan untuk melanjutkan serialnya. 

Di sinilah, Bandai mulai membuat model-model terbaru Gundam dan kembali menayangkan film serta serialnya. Yang paling terbaru, elo bisa banget nonton film Mobile Suit Gundam: Hathaway (2021) di Netflix.

Nggak cuma dari sisi perfilman aja, dilansir dari Nippon, action figure robot Gundam juga selalu diperbaharui. Bahkan, ada pula versi novel dan manganya. Itulah kenapa fenomena Gundam selalu hidup sampai saat ini.

Berawal dari serial itulah, akhirnya banyak Gundam yang diperjualbelikan action figure-nya atau miniatur dari karakter tersebut.

Oh iya, nggak cuma action figure aja. Gundam juga punya model lainnya lho, seperti Gundam Model Kits.

Nah, salah satu model kits-nya yaitu Gunpla, yakni Gundam dengan model plastik. Uniknya nih, Gundam Model Kits yang dijual tersebut harus dirakit sendiri oleh para pembeli. 

Gimana sih, cara ngerakitnya? Nah, elo bisa banget cari tahu cara merakit Gundam Model Kits, manfaat bermainnya, sampai daftar film Gundam terbaik di Infografis Mainan Gundam: Asal Usul, Harga, hingga Manfaatnya, ya.

Selain itu, fenomena Gundam ini juga sampai dibuatkan patung raksasanya lho, pada tahun 2017 di depan DiverCity Tokyo Plaza, Jepang. 

Dilansir dari The Jakarta Post, patung ini dijuluki sebagai RX-0 Unicorn Gundam Ver. TWC (Tokyo Waterfront City).

Bahkan, action figure Gundam ini juga dikoleksi oleh banyak orang. Termasuk publik figur di bawah ini.

Beberapa tokoh terkenal yang menjadi kolektor action figure Gundam (Arsip Zenius dok. Berbagai Sumber)
Beberapa tokoh terkenal yang menjadi kolektor action figure Gundam (Arsip Zenius, dok. berbagai sumber)

Baca juga: Mengenal Perbudakan Modern dan Dampaknya

Siapa yang Menciptakan Gundam?

Nah, sekarang elo udah tahu nih, sebesar apa fenomena Gundam yang berawal dari serial sampai ada patung raksasanya juga.

Tapi sebenarnya, siapa sih, yang menciptakan Gundam? 

Sebetulnya, semua ini berawal dari kisah Kunio Okawara, illustrator Gundam di serial Mobile Suit Gundam. Okawara tuh dari kecil memang udah suka banget sama anime (film animasi Jepang) dan manga (komik Jepang). Sampai akhirnya ia kuliah jurusan desain grafis dan bekerja beberapa kali sebagai ilustrator di sebuah rumah produksi anime.

Hingga suatu hari, ia akhirnya terlibat untuk proyek desain mobile suit bersama beberapa pihak produksi. Pada saat itu, Okawara mengusulkan untuk menjadikan mobile suit tersebut seorang samurai serta memasangkan topeng di mulutnya. Jadi, belum ada konsep yang ditentukan sebenarnya pada saat proses desain di awal.

Transformasi desain robot Gundam dari konsep awal hingga melalui beberapa perbaikan (Arsip Zenius dok. Metro dan Sunrise)
Transformasi desain robot Gundam dari konsep awal hingga melalui beberapa perbaikan (Arsip Zenius, dok. Metro dan Sunrise)

Tapi uniknya nih, dulu mereka nggak menamakan robot tersebut sebagai Gundam, lho. 

Mereka hanya mengusung konsep dengan membuat mecha bertema luar angkasa yang awalnya diberi nama Gunboy. Hingga kemudian, barulah namanya diubah menjadi Gundam. Wah, menarik ya?

Saat Okawara dan tim lainnya yang terlibat proses ilustrasi berhasil menyelesaikan desain mecha, akhirnya hasil ilustrasi tersebut dijual kepada pihak produksi Sunrise untuk proyek Mobile Suit Gundam seri pertama dan dilakukan beberapa perbaikan.

Baca juga: Menangis Malam Hari Bisa Menurunkan Berat Badan, Masa Iya? 

Kenapa Gundam Bisa Jadi Bagian dari Budaya Jepang, ya?

Berawal dari serial di tahun 1979, sekarang fenomena Gundam udah jadi bagian besar dari budaya Jepang. 

Kalau ditanya, apa yang terlintas di pikiran elo pas dengar negara Jepang, jawabannya mungkin nggak jauh dari anime, kan? Nah, anime di Jepang memang sudah jadi bagian dari budaya mereka, kayak sinetron di Indonesia.

Ini juga yang bikin salah satu anime Gundam yang paling terkenal, Mobile Suit Gundam, mengambil hati para pecinta anime bahkan sampai ke para kolektor action figure.

Fakta-fakta mengenai Gundam (Arsip Zenius)
Fakta-fakta menarik mengenai Gundam (Arsip Zenius)

Hal itu dikarenakan Gundam berhasil meraih kesuksesan selama beberapa dekade hingga saat ini dan menciptakan sejarah baru untuk negara Jepang.

Sejak saat itulah, akhirnya Gundam dikenal dan diakui sebagai kebudayaan Jepang baik oleh pemerintahnya, masyarakat, maupun orang dari berbagai belahan dunia.

Kalau elo sendiri, gimana? Ada seri atau film Gundam kesukaan elo, nggak? Kalau ada, boleh share di kolom komentar, ya!

Baca juga: Legenda Naga Nian di Balik Simbol Tahun Baru Imlek 

Referensi:

Viral Gundam Diambil Ponakan, Psikolog Singgung Masalah Personal Boundaries – Detik Health (2022)

Michelle Ziudith Rela Habiskan Jutaan Rupiah demi Action Figure Gundam – Kompas (2019)

Mobile Suit Gundam – Forbes (2016)

‘Unicorn Gundam’ illuminated, dazzles in official unveiling – The Jakarta Post (2017)

Kunio Okawara, The Man Who Designed ‘Gundam’ and Created The Profession Of Mechanical Design – Forbes (2016)

Sejarah Gundam, Mulai Ide Awal, Jatuh Bangun Hingga Terkenal Seantero Dunia – AGTV News (2021)

The Origins of Japan’s Obsession with Giant Robots – Culture Trip (2018)

Pencipta Gundam Raih Penghargaan Sebagai Orang Paling Berjasa di Jepang – Detik (2021)

Gundam at 40: The Influential Anime Series that Redefined a Genre – Nippon (2019)

Sumber foto:

Demi Action Figure Gundam, Ariel ‘NOAH’ Rogoh Jutaan Rupiah – Okezone (2018)

Instagram: @michelleziu

Twitter: @sungdduk

Bagikan Artikel Ini!