Apa Perbedaan Orang Pintar dengan Orang Cerdas? Ini 5 Jawabannya

perbedaan cerdas dan pintar

Sobat Zenius tahu tidak kalau pintar dan cerdas itu merupakan dua hal yang berbeda? Kalau elo masih mengira dua hal tersebut sama, maka simak artikel ini untuk tahu perbedaan cerdas dan pintar. 

Secara umum, perbedaan cerdas dan pintar yang paling terlihat adalah pola pikir mereka yang berbeda. Pola pikir adalah suatu gagasan, metode, ataupun cara yang diyakini dan digunakan oleh seseorang saat memandang serta memahami suatu hal. Sehingga, cara berpikir ini akan memengaruhi cara seseorang mengambil keputusan dan menangani sesuatu. 

Oleh sebab itu, orang pintar yang biasanya mendapatkan pengetahuan dari belajar teori akan menangani suatu kondisi berdasarkan apa yang mereka pelajari saja, sedangkan orang cerdas mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan bisa berpikir cerdik dan kreatif dalam melihat sesuatu. 

Nah, elo lebih tertarik menjadi orang pintar atau orang cerdas? Atau mau menjadi orang cerdas yang pintar? Bisa saja asal elo tahu cara mengasah hal tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan cerdas dan pintar, elo bisa simak artikel ini sampai habis. Selain itu, gue juga akan membahas cara menjadi cerdas. Asik banget gak tuh?

perbedaan cerdas dan pintar
Illustrasi pikiran orang cerdas menghasilkan ide cemerlang (Dok. freepik.com)

Apa Itu Berpikir Cerdas?

Oke, sebelum gue menjelaskan mengenai perbedaan cerdas dan pintar, tentunya elo harus tahu definisi dari berpikir cerdas terlebih dahulu. 

Berpikir cerdas adalah keadaan di mana saat elo menemukan atau mempelajari sesuatu hal yang sulit dan kompleks, lalu elo bisa memikirkan solusi untuk menyelesaikannya dengan cara yang cepat serta mudah dipahami tidak hanya oleh diri sendiri namun juga orang lain. 

Mengembangkan pola pikir adalah salah satu hal yang penting untuk dapat berpikir cerdas. Dengan memiliki cara berpikir terbuka dan kritis terhadap sesuatu, elo bisa menghasilkan pikiran yang lebih kreatif dan inovatif serta tidak bergantung dengan satu cara dalam menangani suatu hal. 

Memiliki pola pikir seperti orang cerdas tentu akan menguntungkan elo dalam menghadapi berbagai macam situasi. Hal ini dikarenakan pikiran elo bisa cepat beradaptasi dengan keadaan. 

Oke, setelah mengetahui apa itu berpikir cerdas, selanjutnya gue bakalan bahas 5 perbedaan cerdas dan pintar. Dengan melihat perbedaan dari kedua hal ini, elo bisa tahu jika memiliki kemampuan untuk berpikir cerdas adalah sesuatu yang bisa dianggap sebagai anugerah.

Tanpa berbasa basi lagi, langsung saja simak penjelasan mengenai perbedaan cerdas dan pintar. Check it out!

perbedaan cerdas dan pintar
Illustrasi perbedaan orang cerdas dan pintar (Dok. Zenius)

5 Perbedaan Cerdas dan Pintar

Seperti yang sudah gue sampaikan sebelumnya, cerdas dan pintar merupakan dua hal berbeda yang didasarkan oleh pola pikir yang berbeda juga. Namun, kenyataannya masih banyak orang yang menganggap mereka sama. 

Oke, agar elo tidak seperti orang kebanyakan, berikut gue jabarkan 5 perbedaan cerdas dan pintar. 

Logika vs Pengetahuan

Hal pertama mengenai perbedaan cerdas dan pintar adalah orang cerdas akan selalu menggunakan logika mereka ketika berpikir untuk mendukung pengetahuan yang mereka miliki. Sehingga, orang cerdas dapat menguasai lebih dari satu bidang.

Untuk informasi, logika adalah suatu kemampuan untuk berpikir kritis dan rasional dalam melihat sesuatu berdasarkan fakta sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima oleh semua orang tidak hanya berdasarkan kepercayaan saja. 

Kalau elo mau tahu lebih lanjut mengenai logika, sejarah, dan perkembangannya dapat mengakses link ini

Di lain sisi, orang pintar cenderung mengandalkan pengetahuan yang mereka miliki yang diperoleh dari hasil belajar dan cenderung hafalan. Oleh sebab itu, kepintaran selalu berkaitan dengan prestasi akademik. 

Kreatif vs Disiplin dan Teratur

Perbedaan cerdas dan pintar yang kedua adalah orang cerdas memiliki pola pikir kreatif dalam melihat sesuatu. Mereka dapat menemukan solusi yang mudah dan cepat untuk menyelesaikan sesuatu yang kompleks. Hal itu yang menyebabkan orang cerdas dikatakan juga sebagai orang yang kreatif. 

Sedangkan orang pintar saat dihadapkan dengan sesuatu masalah akan berusaha menyelesaikannya dengan pengetahuan yang mereka ketahui saja tanpa mencoba mencari solusi di luar hal tersebut. Sehingga, dalam memecahkan suatu masalah mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatasinya. 

Berpikir Lebih Sedikit vs Berpikir Lebih Banyak

Kemampuan berpikir panjang dan berpikir pendek adalah perbedaan cerdas dan pintar yang ketiga. Orang cerdas cenderung memiliki kemampuan untuk berpikir lebih singkat dan fokus untuk mencari tindakan dalam menyelesaikan sesuatu. Mereka tidak akan berlama-lama dalam berpikir karena hal itu bisa menunda mereka untuk menemukan solusi dengan cepat. 

Orang pintar akan lebih banyak berpikir karena mereka hanya memiliki pengetahuan dan lebih suka untuk memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja tidak akan terjadi. 

Pola pikir orang pintar akan selalu mengarahkan mereka untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan suatu kegagalan. Sehingga, hal tersebut membuat mereka menghabiskan waktu untuk berpikir daripada berusaha. 

Fokus Berusaha vs Fokus Berpikir

Selanjutnya, perbedaan cerdas dan pintar adalah seperti poin sebelumnya, orang cerdas memiliki pola pikir untuk lebih fokus dalam mengimplementasikan hasil pikiran mereka dan berusaha secara langsung dalam menyelesaikan suatu masalah. Sehingga, orang cerdas akan tahu hal apa yang sebaiknya mereka lakukan.

Berlawanan dengan orang cerdas, orang pintar akan fokus berpikir dan lebih takut untuk mengambil risiko jika mereka menemukan kegagalan. Jadi, mereka akan terus berpikir dan menghabiskan waktu sehingga tidak berani untuk mengambil risiko dan keputusan.

Didapat Sebelum Lahir vs Didapat Setelah Lahir 

Hal terakhir sebagai perbedaan cerdas dan pintar adalah kecerdasan merupakan anugerah yang didapatkan seseorang bahkan sebelum mereka lahir. 

Hal itu yang membuat orang cerdas memiliki talenta dan kemampuan untuk selalu berkembang dan berpikir kreatif. Mereka memiliki kemampuan untuk berpikir lebih tajam dan dapat menggunakan logika berpikir. 

Sedangkan untuk menjadi pintar, orang hanya perlu menjadi tekun dan terus berusaha agar apa yang dipelajari dapat benar-benar dikuasai. Oleh sebab itu, orang pintar biasanya hanya dapat menjawab hal-hal yang mereka kuasai. 

Sobat Zenius, itulah 5 perbedaan cerdas dan pintar yang perlu elo ketahui agar tidak memiliki persepsi bahwa dua hal tersebut merupakan hal yang sama.

Dilihat dari penjelasan perbedaan cerdas dan pintar, tentu dapat kita simpulkan kalau menjadi cerdas itu lebih penting dibandingkan hanya menjadi pintar. Karena dengan memiliki pola pikir seperti orang cerdas, elo bisa memecahkan suatu masalah menggunakan logika tanpa harus berpatok dengan teori. 

Orang cerdas dapat menangkap, memahami, dan mengolah informasi terhadap suatu hal dengan lebih cepat dan lebih baik. Sehingga, orang cerdas memiliki potensi yang lebih menguntungkan dibandingkan hanya menjadi orang pintar. 

Oke, pasti elo pengen kan bisa memiliki pola pikir cerdas. Maka dari itu, berikut gue jelaskan bagaimana cara menjadi cerdas agar elo bisa menerapkan cara tersebut ke depannya.

Bagaimana Cara Menjadi Cerdas?

Setelah membaca penjelasan mengenai perbedaan cerdas dan pintar, pasti elo berkeinginan untuk mengubah pola pikir agar menjadi orang cerdas, kan? Karena dengan menjadi cerdas, elo bisa berpikir lebih kreatif dan mampu menemukan solusi untuk suatu masalah dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Merubah dan mengembangkan pola pikir adalah salah satu cara menjadi cerdas yang paling utama. Elo harus bisa melatih diri elo untuk berpikir kritis dan rasional. 

Dengan demikian, elo bisa mengembangkan logika berpikir sehingga dalam menyelesaikan suatu masalah dapat segera menemukan solusi yang tepat dan cepat. 

Elo bisa melatih kemampuan berpikir kritis dan berlogika dengan memperkuat fundamental skills yang elo miliki. 

Menguatkan fundamental skills dapat digunakan sebagai cara menjadi cerdas karena dengan begitu, elo bisa menangkap informasi dengan lebih cepat, berpikir dengan kritis dan lebih rasional, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. 

Di Zenius, elo bisa meningkatkan kemampuan fundamental melalui fitur ZenCore. Dengan mencoba menggunakan ZenCore sebagai salah satu cara menjadi cerdas, elo bisa mengembangkan pola pikir serta melatih fondasi dan logika berpikir biar makin oke. Asik banget gak tuh?

Nah, Sobat Zenius, itulah penjelasan mengenai perbedaan cerdas dan pintar dan cara menjadi cerdas yang bisa elo ikuti. Semoga setelah membaca artikel ini elo bisa tercerahkan dan menjadi orang cerdas.

Kalau elo ingin mencoba fitur ZenCore untuk meningkatkan fundamental skill dan menjadi orang cerdas, ketuk banner di bawah ini! 

Logaritma - Sejarah, Pengertian, Rumus, Sifat, Contoh Soal dan Pembahasan 81

Bagikan Artikel Ini!