Testimoni Alumni Zenius

Pernah Diremehkan Guru di Depan Teman-Teman, Alumni Zenius Ini Lolos SNMPTN UGM

Halo Sobat Zenius, sudah mulai cari-cari info tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ya? Biar kamu ada bayangan, ini cerita salah satu pejuang SNMPTN yang juga alumni Zenius, Elvina Su’ada Maharani. Lulusan SMAN 39 Jakarta ini sukses masuk ke jurusan Teknik Biomedis UGM (Universitas Gadjah Mada).

Kepada Zenius, Elvina membagikan perjalanannya selama berjuang SNMPTN, cara ia menentukan jurusan kuliah, bagaimana cara menyikapi kegagalan dan cara melawan kemalasannya. Yuk, simak!

Ceritain dong perjalanan kamu ikut SNMPTN.

Kalau perjalananku sih yang pertama soal milih jurusan, karena menurutku itu krusial banget, karena kita kuliah empat tahun jangan sampai salah jurusan. Kebetulan aku emang dari SMP kelas 9 sudah ngincar masuk Teknik Biomedis dan aku nyusun strategi bagaimana biar masuk di jalur SNMPTN. 

Jadi aku banyak riset-riset gitu dan webinar untuk sekadar tahu Biomedis di universitas ini gimana, universitas itu gimana.

Dari webinar itu aku milih mana yang paling cocok buatku karena itu kan beda-beda. Terus aku dapat beberapa universitas, salah satunya UGM. Terus aku ngecek lagi gimana track record alumninya, keketatannya, persaingannya, sampai ke kuota-kuotanya. 

Jujur sebenarnya waktu itu ikut rasionalisasi SNMPTN. Cuma itu dibilangnya katanya peluangnya rendah, tapi aku ngerasa aku udah falling in love banget nih sama Biomedis. Dan alhamdulillahnya aku bisa masuk di UGM.

Gimana tuh ceritanya kamu bisa jatuh cinta sama Teknik Biomedis?

Sebenarnya dari dulu tuh ayahku kan di bidang pendidikan tuh. Beliau sibuk nyemangatin anaknya. Ayah itu kayak selalu pengen anaknya jadi dokter, cuma aku sadar aku nggak suka biologi. Walaupun biologi nggak soal menghafal doang, cuma aku ngerasa kayaknya aku kurang deh di biologi. Tapi aku pengen nih berkontribusi di bidang kesehatan. 

Terus aku tahu ada jurusan Teknik Biomedis yang di mana fokusnya bikin alat kesehatan. Berarti otomatis kalau aku masuk situ, aku bisa berkontribusi juga dong di kesehatan.

Nah dari situ aku nyari tahu gimananya, prodinya, dan ternyata aku ngerasa cocok banget dan pengen banget di Teknik Biomedis UGM.

Ada nggak sih momen di mana kamu merasa gagal dalam hidup?

Kalau flashback ke jauh-jauh sebelum masuk SMA, aku sempat gagal masuk SMP favorit, tapi karena didukung ayah masuk SMP ini bagus, nanti masuk SMA favoritnya gampang. Begitu masuk SMA favorit, nanti bisa diterima di jalur undangan.

Tapi aku gagal masuk SMP favorit. Sebenernya nggak jelek-jelek banget SMP-nya, tapi aku ngerasa lingkungannya tuh nggak cocok buatku, sampai aku di 2 tahun SMP itu masih merenungi nasib. 

Cuma alhamdulillahnya aku sadar aku harus bangkit dan aku SMA-nya balas dendam dengan masuk SMA yang favorit. 

Di SMA favorit ini entah kenapa aku masuknya di kelas unggulan. Jadi isinya tuh anak yang pintar, NEM-nya tinggi-tinggi dan aku cukup insecure. Karena mereka anaknya tuh tekun, ambis, jadi aku kayak ngerasa aku kalah start. Kadang ada beberapa mata pelajaran kurang, sedangkan yang lain bisa ngikutin. Jadi aku kayak, aduh bisa ga ya ngikutin. 

Untungnya waktu itu aku awalnya di kimia aku banyak belajar dari Zenius. Kalo di kelas sebelah itu ada momen di mana ada salah satu guru kayak ngeremehin karena waktu itu nilaiku jelek.

Aku merasa cukup dipermalukan di depan teman-teman online karena dulu sekolahnya online pakai Google Meet. Aku sempat nge-down, overthinking, insecure, tapi alhamdulillahnya di SNMPTN itu jadi motivasiku. Kalau aku berhasil di SNMPTN ini, guru aku bisa tahu nih anak yang dulu dia remehin ternyata bisa lolos. Dan alhamdulillahnya begitu aku lolos, gurunya inget aku masuk di universitas ini. Aku seneng banget.

Terus, bagaimana cara menyikapi kegagalan versi kamu?

Kalau aku ngerasa capek banget, yaudah aku istirahat dulu. Kalau aku capek mandi, makan, aku ada satu hari itu khusus bermonolog sama diri sendiri aja. Kayak diri kamu tuh maunya gimana. 

Terus aku juga sering cerita, cuma orang yang bener-bener aku percaya itu abang. Aku deket banget sama abang, umurku juga nggak beda jauh sama dia cuma beda empat tahun, jadi aku cerita ini-itu. Tapi hebatnya abangku itu dia nggak selalu ngejawab ceritaku dengan sekadar omongan kamu tuh harus begini. Abang tuh kayak selalu ngasih contoh secara langsung, jadi aku banyak belajar.

Apa kata-kata yang paling diingat dari abang?

Aku nggak tau ini dari abang atau nggak. Ini turun dari ayah, “Mindset kamu tuh benerin, jangan sampai hidupmu hancur karena mindset-mu sendiri.”

Jadi kalau aku overthinking gitu abang yang bilang, “Ubah mindset-nya jangan kayak gini.”

Gimana cara kamu melawan rasa malas dan cara menyemangati diri sendiri?

Kalau ngelawan males jujur aku sampai sekarang masih belajar cara ngelawan rasa malas. Itu tuh susah banget dilawan, cuma biasanya aku suka dengerin musik yang lumayan berisik kayak rock, metal. Kadang aku suka dengerin dan entah kenapa itu bisa ngebalikin semangatku. Jadi kayak kalau aku mau belajar, setel lagu ini dulu. Setelahnya jadi semangat lagi. 

Tapi kadang aku suka sharing sama temen. Kan temanku lumayan banyak dia juga suka sharing. Mereka suka nyadarin aku, dan bisa sebagai saingan juga. Jadi kayak mereka rajin, aku rajin. Kalo aku males, nanti aku kalah start nih.

Apa arti sukses menurut kamu?

Menurutku apa arti sukses itu kalau aku bisa gapai impianku dan melakukan yg terbaik untuk itu semua. Jadi kayak cita-citaku tinggi tapi aku nggak lakuin hal-hal yang terbaik, nggak mungkin aku nggak lewatin risiko dan tantangannya.

Dari kegagalan sendiri, ada pesan dari kamu yang ingin disampaikan?

Kalau aku menyikapi kegagalan aku mikirnya hidup kan seperti roda, nggak mungkin berhasil atau gagal terus. Kalau sekarang oke gagal, tapi jangan biarin kegagalan itu selalu ngikutin kamu. Hari ini boleh gagal, tapi besok jangan. Aku selalu mengusahakan kegagalan itu biar esoknya aku bisa berhasil.

Kamu tau bimbel online Zenius dari mana?

Kalau aku tahu Zenius tuh udah lama dari SMP. Ayahku bilang ikut ini, ini bagus. Kalau yang lain kan biasanya cuma ngasih tahu trik cepet gitu, tapi nggak ngasih tahu gimana caranya bisa dapet trik cepat itu. Jadi kadang cuma tahu rumus doang, tapi nggak paham konsepnya gimana. 

Dan aku ngerasa nggak banyak yang kayak gitu, apalagi bimbel online. Terus pas aku tahu Zenius, benar-benar menanamkan konsep ke kita, jadi aku mulai belajar dari Zenius. Aku udah pakai dari kelas 8 sampai kelas 11. Walaupun nggak setiap tahun pakai, tapi selalu aku pakai.

Siapa Zen Tutor favorit kamu?

Bang Sabda, soalnya aku suka nontonin Zenius Learning. Abangku juga dulu pengguna Zenius, suka sharing tentang Zenius Learning. Kak Pras juga, Kak Latief, sama dulu SMP aku inget banget sama Kak Ivan.

Apa pembelajaran yang kamu inget sama mereka?

Kalau Kak Latief menurutku easy going, kayak dia bisa berbaur sama kita-kita. Walaupun mungkin kita muridnya, tapi dia asik. Kak Sabda itu keren banget. Pokoknya kalau sama dia mungkin aku belajar soal berpikir kritis, belajar cerdas dari Zenius Learning itu.

Gimana nih menurut kamu soal belajar konsep Yang Penting-Penting Aja?

Pokoknya yang penting paham konsep sih. Kayak aku paling inget sama waktu SMP soal persamaan garis tuh banyak rumus kan, tapi kalau di Zenius tuh cuma y = m x + c. Jadi yang penting paham, nanti rumus juga bakal ngikut.

Apa motto kamu?

Motto aku simpel, you are what you think, karena aku percaya kalau semua itu bergantung sama mindset kita. Jadi kalau cara berpikir kita positif, insyaallah hal-hal positif juga datang, dan secara tidak langsung berpikir positif itu bikin kita lebih percaya diri. 

Yang tadinya ragu-ragu tapi cara berpikirnya berubah pasti bisa nih, aku jadi bisa lebih rileks dan itu memberikan aku dampak positif. Memang nggak semuanya tercapai, tapi aku ngerasa dengan aku berpikir positif, banyak pembelajaran yang aku dapat.

Nah, itu dia cerita dari Elvina Su’ada Maharani. Menginspirasi banget, ya. Nah, kalo kamu mau lolos SNMPTN juga, kamu bisa langganan paket belajar bimbel online Zenius Aktiva Sekolah. Nanti kamu bakal dibimbing oleh Zen Tutor berpengalaman, dapat akses ke ribuan video premium, tryout, hingga rangkuman materi. Klik button di bawah ini buat info lengkapnya, ya!

“You are what you think.”

 

Elvina Su’ada Maharani, Alumni Zenius

Bagikan Artikel Ini!