Ilustrasi Belajar UTBK Geografi

Contoh Soal Geografi UTBK Soshum dan Pembahasan

Hai Sobat Zenius, apa kabar? Mendekati Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), nih. Sudah sampai mana, nih, persiapan elo? 

Dalam menghadapi tes UTBK, penguasaan materi aja nggak cukup, lho. Elo juga perlu menguji pemahaman materi dengan mengikuti try out, latihan soal, dan mempelajari soal UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun 2022, terdapat dua jenis tes yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Khusus untuk TKA, dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu saintek dan soshum. Pembagian ini menyesuaikan dengan program studi yang elo pilih nanti. Untuk lebih jelasnya bisa elo cek panduan SBMPTN 2022 di sini, ya. 

Untuk membantu persiapan belajar elo, khusus di artikel ini gue akan sharing mengenai salah satu mata pelajaran yang diujikan di Tes Kemampuan Akademik (TKA), yaitu Geografi. Ilmu yang katanya, sih, semua dipelajari. Mulai dari gunung api, batu, jumlah penduduk, bahkan planet di kupas di mata pelajaran yang satu ini. 

Nah, supaya pembahasannya nggak melebar kemana-mana, di artikel ini gue akan fokuskan sharing mengenai persebaran topik yang sering muncul, dan tentunya contoh soal Geografi UTBK dan pembahasannya. 

Oke. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak informasinya. 

Apa Itu TKA Geografi?

Geografi menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan di TKA Soshum bersamaan dengan mata pelajaran lain seperti Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah. Secara umum, terdapat 20 soal yang diujikan di TKA Geografi.

Geografi belajar apa, sih? Kok kayaknya bahas batuan melulu

Nggak cuma batu, dong, di UTBK, bahasan Geografi juga meliputi hakikat geografi, geosfer, geografi praktik, geografi regional, sumber daya alam, dan masih banyak lagi.

Belakangan ini elo pasti sudah nggak asing dengan kontroversi pawang hujan, dong? Iya, kemunculan Mbak Rara di gelaran MotoGP 2022 Mandalika sangat menimbulkan perdebatan. 

Elo tahu nggak, sih? Ternyata, di Indonesia, rekayasa cuaca sudah umum banget dilakukan, lho. Dalam hal ini sains yang berperan sebagai pawang hujannya, untuk memodifikasi cuaca menggunakan teknologi.

Lembaga yang memiliki wewenang ini adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berkoordinasi langsung dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memetakan awan. 

Nah, hal ini juga menjadi salah satu bahan kajian Geografi, lho. Masih beranggapan Geografi hanya belajar batuan?

Selain itu, terdapat beberapa topik lainnya yang diujikan di UTBK. untuk persebarannya bisa elo cek di bawah, ya.

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK Geografi

Persebaran Topik UTBK Geografi

Persebaran Topik UTBK Geografi
Persebaran Topik UTBK Geografi (Sumber: Arsip Zenius)

Bisa elo amati juga, gambar di atas merupakan data persebaran tes UTBK mata pelajaran Geografi dari tahun 2018, 2019, dan 2021. 

Mungkin sebagian dari elo ada yang bertanya-tanya, kok tahun 2020 nggak masuk? Nah, tes UTBK pada tahun 2020 bisa dibilang lain daripada yang lain karena hanya menguji Tes Potensi Skolastik (TPS). Hal ini sebagai imbas dari pandemi, sehingga LTMPT sebagai penyelenggara memutuskan nggak mengujikan TKA di tahun 2020. 

Nah, ternyata topik kalau kita amati topik litosfer dan pedosfer menjadi topik yang paling sering muncul. Disusul hidrosfer, sumber daya alam, atmosfer, dan seterusnya.

Lalu, bagaimana, sih, bentuk soal yang muncul? Tenang, khusus buat elo, gue sudah merangkum contoh soal dari beberapa tahun ke belakang, lengkap dengan pembahasannya. Yuk, simak.

Topik 1: Litosfer dan Pedosfer

Dilihat dari persebaran topiknya, elo akan lebih banyak diuji sejauh mana pemahaman elo tentang lapisan bumi litosfer dan pedosfer? Masih pada ingat, dong?

Pedosfer merupakan lapisan kulit bumi yang paling atas atau yang biasa kita sebut juga sebagai tanah. Segala aktivitas makhluk hidup dilakukan di sini mulai dari tempat tinggal manusia, hewan, hingga tumbuhnya tanaman. 

Sedangkan litosfer merupakan lapisan bumi yang terdiri batuan dan mineral-mineral.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Geografi – Dinamika Litosfer

Contoh Soal 1

Diorit dikategorikan sebagai batuan beku dalam intermediate karena kristalnya ….

A. halus

B. kasar

C. campuran

D. kristalin

E. amorf

Jawaban dan pembahasan:

Intermediate merupakan salah satu jenis batuan beku berdasarkan kandungan kimianya berupa silika sebesar 50-60% yang artinya tidak terlalu asam maupun basa. 

Diorit tergolong sebagai salah satu batuan beku karena proses pembekuannya berlangsung di sekitar dapur magma atau di dalam. Hal ini menyebabkan batuan tersebut memiliki tekstur kristal yang berukuran besar dengan tekstur kasar. Sehingga, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B. kasar. 

Baca Juga: Proses Siklus Batuan, Pengertian Batuan Beku, dan Contohnya

Contoh Soal 2

Jenis tanah vulkanis yang mengandung bahan organik sedikit adalah ….

A. regosol

B. latosol

C. podzolik

D. laterit

E. terossa

Jawaban dan pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelumnya elo harus tahu, dong, jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia. Nah, untuk itu, elo bisa amati dulu gambar di bawah ini.

Jenis-jenis Tanah di Indonesia
Jenis-jenis Tanah di Indonesia (Sumber: Arsip Zenius)

Sekarang, kita cek, yuk, jawaban dari tiap-tiap opsi untuk mengetahui jawaban yang tepat.

Jenis Tanah dan Karakteristiknya
Jenis Tanah dan Karakteristiknya ( Sumber: Arsip Zenius)

Nah, dari penjelasan di atas, jelas bahwa tanah regosol berasal dari material vulkanik. Sehingga, jawaban yang tepat adalah A. regosol. 

Kedua soal terkait topik litosfer dan pedosfer di atas pernah muncul pada tes UTBK Tahun 2019 dan  2021, lho.

Topik 2: Hidrosfer

Sesuai namanya, hidrosfer merupakan lapisan air yang berada di permukaan bumi. Dan elo tahu nggak, sih, Sobat Zenius? Mengutip laporan United States Geological Survey, 71 persen permukaan bumi tertutup oleh air, lho. 

Unsur yang termasuk dalam hidrosfer diantaranya laut atau samudera, danau, sungai, salju, air tanah dan uap air, serta gletser. 

Memiliki peran penting dalam kehidupan di muka bumi, topik ini juga menjadi topik yang paling sering muncul di tes UTBK, lho. Untuk contoh soal bisa elo simak di bawah ini. 

Contoh Soal 1

Perubahan warna pada telaga atau danau kawah gunung api terjadi sebagai akibat ….

A. perubahan suhu air

B. fluktuasi intensitas sinar

C. pertumbuhan alga tertentu

D. perubahan kandungan gas

E. peningkatan keasaman air

Jawaban dan pembahasan:

Danau kawah merupakan massa air danau yang menutupi permukaan suatu gunung api. Contoh dari danau ini di Indonesia adalah Danau Toba dan Kawah  Putih. 

Kondisi fisik dan kimia dari danau kawah:

  • Memiliki pH yang sangat rendah, yaitu 0 – 2 persen, yang mana sangat beracun bagi beberapa makhluk hidup.
  • Warna danau dipengaruhi gas belerang. Gas yang keluar dari kawah akan larut dan bereaksi dengan air dan mineral yang mengakibatkan perubahan warna.

Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah D. perubahan kandungan gas.

Contoh Soal 2

Gerakan air di permukaan laut tidak hanya disebabkan oleh gerakan angin yang bertiup di atasnya, tetapi dipengaruhi juga oleh faktor ….

A. letak lintang

B. topografi dasar laut

C. massa air laut

D. kecepatan arus laut

E. densitas air laut

Jawaban dan pembahasan:

Faktor pengaruh arus laut, di antaranya:

  • Angin, bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah. Nah, pergerakan angin tersebut juga menggiring arus laut ke daerah yang memiliki tekanan udara lebih rendah.
  • Salinitas atau kadar garam. Jadi, arus laut bergerak dari yang salinitasnya tinggi ke salinitasnya yang rendah. Atau bisa juga dari suhu yang rendah ke suhu yang lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan densitas air laut.
  • Gerak rotasi bumi. Faktor ini jelas mempengaruhi arus laut karena arus laut bergerak searah dengan rotasi bumi.
  • Gravitasi, di mana gravitasi berhubungan dengan pasang surut air laut. Hal ini karena pasang surut disebabkan pula oleh pengaruh gaya tarik bulan dan matahari terhadap bumi. 

Nah, dari faktor-faktor di atas, dapat disimpulkan, nih, jika gerakan air di permukaan laut dipengaruhi oleh faktor E. densitas air laut. 

Kedua soal terkait topik hidrosfer di atas, pernah muncul pada tes UTBK tahun 2018 dan 2019, lho, Sobat Zenius.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Topik 3: Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

Seperti yang kita tahu, secara umum sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. 

Topik ini menempati peringkat tiga yang sering muncul di tes UTBK Geografi, lho. Yuk, simak informasi terkait contoh soal Geografi UTBK pada topik ini.

Contoh Soal 1

Faktor utama yang menyebabkan sering terjadinya gagal panen adalah ….

A. kondisi iklim sering berubah

B. tidak tersedia pupuk

C. saluran irigasi tidak tersedia

D. bibit tanaman non-unggul

E. teknik pengolahan tradisional

Jawaban dan pembahasan:

Faktor utama yang menyebabkan gagal panen adalah kondisi iklim sering berubah. Mengapa? Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya musim yang tidak menentu yang dapat merusak vegetasi pertanian. 

Sehingga, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. kondisi iklim sering berubah. 

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Geografi – Sumber Daya Alam

Contoh Soal 2

Pusat pertumbuhan biasanya terdapat di dataran rendah. Meskipun demikian kota Bandung yang berada di dataran tinggi mampu menjadi pusat pertumbuhan bagi Provinsi Jawa Barat adalah ….

A. aksesibilitas transportasi antara daerah tinggi

B. dana alokasi pembangunan dari pemerintah pusat besar

C. perpindahan sumber daya manusia ke pusat pertumbuhan

D. adanya potensi sumber daya alam bernilai ekonomi

E. memiliki banyak objek wisata yang menarik

Jawaban dan pembahasan:

Umumnya, wilayah dataran rendah memiliki aksesibilitas transportasi yang lebih baik dan mendorong wilayah tersebut menjadi pusat pertumbuhan. Meski begitu, bukan berarti wilayah dataran tinggi nggak memiliki kesempatan untuk menjadi pusat pertumbuhan. Selama wilayah tersebut mampu menyediakan aksesibilitas yang baik, maka wilayah tersebut berpotensi menjadi pusat pertumbuhan, salah satunya adalah Kota Bandung. 

Kota ini menjadi pusat pertumbuhan karena dorongan perkembangan layanan pendidikan, industri, dan pemerintahan. 

Nah, berdasarkan pembahasan di atas, Bandung mampu menjadi pusat pertumbuhan bagi Provinsi Jawa Barat karena aksesibilitas transportasi antara daerah tinggi. Sehingga, jawaban yang tepat adalah A. 

Kedua soal terkait topik sumber daya alam di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius. 

Baca Juga: Sumber Daya Alam Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Topik 4: Atmosfer

Untuk melindungi bumi dari hantaman meteor dan paparan radiasi sinar UV, bumi dilindungi oleh salah satu lapisan, lho, Yap. Lapisan tersebut adalah atmosfer. 

Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi bumi untuk menjaga suhu bumi tetap stabill. Kebayang nggak, sih, kalau bumi kehilangan lapisan pelindungnya yang satu ini?

Topik terkait atmosfer juga merupakan topik langganan di tes UTBK Geografi beberapa tahun belakangan, lho. Simak contoh soal di bawah ini, yuk. 

Contoh Soal 1

Dampak perubahan iklim global yang terjadi pada karakteristik hujan pada suatu wilayah ditandai dengan ….

A. jumlah hari hujan tetap dan tebal hujan meningkat

B. tebal hujan dan jumlah hari hujan meningkat

C. jumlah hari hujan berkurang dan tebal hujan tetap

D. tebal hujan dan jumlah hari hujan berkurang

E. jumlah hari hujan berkurang dan tebal hujan meningkat

Jawaban dan pembahasan:

Perubahan iklim global merupakan rusaknya keseimbangan iklim karena pengaruh peningkatan suhu rata-rata  permukaan bumi.

Hal ini menyebabkan suhu udara bumi meningkat yang kemudian berdampak pula pada terjadinya perubahan karakteristik hujan pada musim kemarau dan penghujan. Seperti ketika pada perubahan iklim global, peningkatan suhu pada konteks hujan akan menyebabkan terjadinya cuaca ekstrim. Padahal, pada saat itu musim kemarau.

Nah, dilihat pada opsi jawaban di atas, pilihan yang tepat adalah B. tebal hujan dan jumlah hari hujan meningkat.

Contoh Soal 2

Dampak yang ditimbulkan El Nino bagi Indonesia adalah ….

A. banjir

B. hujan deras

C. kekeringan panjang

D. tsunami

E. bencana hidrometeorologi

Jawaban dan pembahasan:

El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik.  Ciri dari El Nino adalah curah hujan yang rendah yang menyebabkan kekeringan.

Nah, dari definisi dan ciri di atas, dapat disimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan El Nino bagi Indonesia adalah C. kekeringan panjang.

Nah, kedua soal terkait topik atmosfer gue kutip berdasarkan soal tes UTBK pernah muncul pada tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius. 

Topik 5: Interaksi Desa Kota

Mengapa, sih, interaksi desa dan kota diperlukan? Bagaimana interaksi tersebut terjadi? Dan bagaimana dampaknya? 

Nah, secara umum topik ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan besar di atas. Untuk lebih jelasnya elo bisa cek lagi video materinya di sini, ya.

Sebagai topik yang sering muncul di tes UTBK, bagaimana, ya, penerapan soalnya? Kita simak, yuk.

Contoh Soal 1

Faktor utama yang menyebabkan areal pemukiman penduduk kota meluas ke wilayah pedesaan adalah ….

A. persaingan penggunaan lahan tinggi

B. kesehatan lingkungan semakin berkurang

C. sarana transportasi massal sudah tersedia

D. konflik kehidupan semakin kompleks

E. fasilitas di perkotaan semakin mahal

Jawaban dan pembahasan:

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan areal pemukiman penduduk kota meluas ke wilayah pedesaan. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah  mahalnya tanah di kota.

Seperti misalnya harga tanah di Jakarta yang makin nggak masuk akal. Hal ini menyebabkan masyarakat yang nggak memiliki modal yang cukup untuk membeli tanah di Jakarta terpaksa memilih alternatif lain. Salah satunya mencari tanah di wilayah Bodetabek yang harapannya memiliki harga yang jauh lebih masuk akal.

Nah, dari kasus di atas didapat kesimpulan bahwa jawaban yang cocok untuk pertanyaan di atas adalah A. persaingan penggunaan lahan tinggi. 

Contoh Soal 2

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Perpindahan tenaga produktif ke pusat pertumbuhan
  2. Penanaman modal lebih banyak mengalir ke pusat pertumbuhan
  3. Pola perdagangan dikuasai oleh daerah belakang
  4. Pusat pertumbuhan memiliki fasilitas transportasi lebih memadai
  5. Pembangunan mengarah ke daerah belakang pusat pertumbuhan

Faktor yang mengakibatkan terjadinya backwash effect adalah ….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 3, 4, dan 5

Jawaban dan pembahasan:

Backwash effect memiliki kaitan erat dengan teori kutub pertumbuhan. Di mana pada teori kutub pertumbuhan ada tiga hal yang dibahas, yaitu kutub pertumbuhan, polarisasi ekonomi, dam trickle down theory.  

Berdasarkan Teori Polarisasi Ekonomi (1955) oleh Gunnar Myrdal, setiap daerah mempunyai pusat yang menjadi daya tarik masuknya tenaga kerja, modal, dan barang dagangan.

Contohnya seperti hubungan desa dan kota. Berdasarkan teori ini, sebagai pusat pertumbuhan, kota memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di daerah lain di sekitar kota. Mulai dari untuk kebutuhan lapangan pekerjaan, fasilitas kesehatan, layanan pendidikan, dan masih banyak lagi. 

Nah, dari fenomena tersebut, tentu ada dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan. Dampak positif fenomena ini disebut spread effect. Sedangkan, dampak negatifnya disebut backwash effect.

Kembali ke soal, mana yang termasuk faktor yang mengakibatkan terjadinya backwash effect? Yup. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B. 1, 2, 4. 

Kalau elo penasaran, kedua contoh soal di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2021, lho, Sobat Zenius.

Tiba juga kita di penghujung artikel kali ini. Gimana? Pada berhasil ngerjain berapa soal, nih? Semoga informasi terkait persebaran topik, contoh soal, dan pembahasan di atas bermanfaat, ya. 

Kalau elo ngerasa Contoh soal Geografi UTBK di atas masih kurang, tenang, masih banyak kumpulan soal-soal UTBK lainnya. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

klik banner ini untuk akses Latihan Soal UTBK Geografi zenius

Bagikan Artikel Ini!