Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN?

Berisi kumpulan data dan informasi terkait berbagai topik materi SBMPTN yang paling sering keluar pada soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2016, tapi telah di-update dengan soal terbaru untuk persiapan SBMPTN 2019.

Halo guys, gak kerasa sekarang udah mau bulan April lagi. Ujian-ujian di akhir tahun ajaran sebentar lagi akan menyambut kita semua, terutama bagi anak kelas 12, yang dalam waktu dekat akan menghadapi yang namanya UN, US, SBMPTN, & Ujian mandiri. Nah, artikel kali ini gua buat khusus bagi lo semua yang tahun ini berencana untuk menghadapi ujian masuk PTN atau SBMPTN.

Okay, SBMPTN memang sebentar lagi. Jadi mau gak mau, siap gak siap, lo harus terima kenyataan kalo waktu lo sekarang udah mepet banget untuk belajar materi SBMPTN. Seiring dengan semakin mepetnya waktu, gua makin banyak dapet curhatan di sosmed dan email yang kurang lebih intinya begini:

“Kak Glenn, kira-kira kalo baru mulai belajar dari sekarang masih sempet gak yah?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, sebetulnya gua udah pernah bahas secara lengkap di artikel Zenius sebelumnya. Jadi kalo lo ingin menanyakan hal yang sama, gua rekomendasikan untuk langsung aja baca artikel “Kalo gua baru belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?”.

Nah, dalam artikel ini gua ingin melengkapi beberapa hal yang belum sempat gua tulis pada artikel tersebut. Pada intinya kalo bisa gua persingkat, akar masalah yang sebenarnya adalah:

“Bahan materi yang perlu lo pelajari ada banyak (banget) TAPI waktu yang tersisa udah mepet (banget)”

Oke, terus gimana dong? Solusi paling praktis untuk menjawab sempet/nggak sempet itu adalah bagaimana cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu, energi, serta fokus kita untuk mempelajari semua (atau sebagian besar) materi SBMPTN?

Nah, dalam artikel kali ini gua akan memandu lo untuk menentukan skala prioritas dalam belajar SBMPTN. Darimana skala prioritas itu diperhitungkan? Dalam pembahasan kali ini, gua mengambil pendekatan berdasarkan distribusi persebaran topik untuk tiap soal SBMPTN sampai dengan 7 tahun terakhir (tahun 2012-2018). Jadi nanti di bawah ini, gua akan share satu per satu chart/grafik yang menggambarkan topik-topik mana aja yang paling sering keluar di SBMPTN untuk setiap mata pelajaran.

Oke, sebelum gue tunjukin satu per satu chart per mata pelajaran, gua perlu menekankan dulu bahwa proses pembuatan chart ini didasarkan pada beberapa asumsi berbeda. Maksudnya, pada mata pelajaran tertentu (seperti TPA/TPS, Sejarah, dll) para tutor bisa dengan mudah mengklasifikasikan bahwa 1 soal merepresentasikan 1 topik. Tapi pada beberapa pelajaran, (contohnya Matematika, Ekonomi, dll) terkadang 1 soal tidak hanya merepresentasikan 1 topik, melainkan beberapa topik.

Jadi pada intinya, lo juga perlu memikirkan dasar asumsi yang digunakan para tutor, sebelum akhirnya memutuskan skala prioritas lo dalam mengalokasikan waktu dan energi pada topik-topik tertentu. Oke deh, kita langsung aja mulai ke subjek yang pertama yaitu TPA / TPS:

TKPA : TPA / TPS

Oke berikut di bawah ini adalah persebaran soal SBMPTN TPA / TPS dari 2011-2018. Perlu lo ketahui bahwa jumlah soal TPA / TPS memang gak selalu sama dari tahun-ke tahun. Sewaktu nama tes masuk PTN masih bernama “SNMPTN” jumlah soal TPA / TPS itu bisa mencapai 60-75 soal. Sementara sejak nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” pada tahun 2013 hingga 2018 sekarang ini, jumlah soal TPA / TPS selalu konsisten di angka 45 soal. Untuk lebih jelasnya, lo bisa lihat tabel dan grafik di bawah ini:

Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN? 25

Persebaran Topik SBMPTN TPA TPS 2011-2018

Nah, bisa lo lihat di atas urutan topik yang paling sering keluar, dari mulai aritmetika. verbal, pola barisan, dst. Sekilas mungkin lo berpikir untuk mengalokasikan waktu lebih banyak untuk belajar aritmetika saja, tapi tunggu dulu. Coba lo lihat lebih seksama pada tabel distribusi persebaran soal di atasnya, bisa dilihat pada SBMPTN tahun 2015 yang lalu, topik yang paling banyak keluar justru adalah pola gambar! Nah lho, sementara pada SBMPTN 2014 topik “pola gambar” malah cuma keluar 4 soal, bahkan di SBMPTN tahun 2013 gak keluar sama sekali. Bingung kan lo?

Okay, emang khusus untuk TPA / TPS ini, persebaran topik yang keluar TIDAK KONSISTEN. Pada tahun 2013-2014 bisa jadi topik yang banyak keluar adalah “Verbal”, sementara tahun berikutnya (2015) topik “Pola gambar” lebih banyak keluar. Jadi mau gak mau, suka nggak suka… khusus untuk pelajaran TPA / TPS ini, emang lo sebaiknya menguasai semua topik secara merata dan seimbang! Oke deh untuk lebih mendalami lagi topik-topik pada subjek TPA / TPS ini, lo bisa nonton video zenius.net di link berikut ini:

TKPA : Matematika Dasar

Oke, untuk subjek Matdas ini gua minta tolong Wisnu untuk bikinin chart persebaran soal per topik yang keluar di SBMPTN sejak tahun 2012-2018, berikut adalah grafiknya:

[table id=5 /]

Persebaran Topik SBMPTN MATEMATIKA DASAR 2012-2018

Khusus untuk subjek matematika (baik matdas maupun math saintek) perlu lo catat bahwa chart ini dibuat dengan asumsi bahwa “1 soal SBMPTN bisa mencakup beberapa topik”, karena memang 1 soal dalam matematika kadang tidak hanya merepresentasikan 1 topik seperti dalam pelajaran lain. Bisa jadi 1 soal dalam matematika itu mencakup pertidaksamaan, persamaan kuadrat, dan eksponen. Jadi untuk bisa menjawab 1 soal, diperlukan penguasaan 3 konsep matematika.

Jadi kalo lo perhatikan materi “persamaan kuadrat” yang menjadi topik paling banyak keluar, sebetulnya lebih tepat diterjemahkan sebagai sebuah materi yang sangat fundamental & penting untuk dikuasai karena dibutuhkan untuk menjawab berbagai macam soal dalam topik-topik lain, seperti (katakanlah) fungsi kuadrat, persamaan linear, pertidaksamaan, dll.

Catatan kedua untuk chart matdas ini adalah adanya topik “TPA”. Mungkin ada beberapa di antara lo yang heran kenapa ada TPA di chart di atas. Perlu lo ketahui bahwa sebelum nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” di tahun 2013, subjek TPA dan Matematika Dasar seringkali dicampur dan digabungkan dalam 1 sesi tes (dalam chart di atas berarti berlaku untuk SNMPTN 2012). Jadi, simpelnya bisa dibilang lo abaikan aja topik TPA dalam chart di atas karena sebetulnya udah gua alokasikan pada chart sebelumnya. Oke deh, berikut adalah link video pembahasan untuk beberapa materi yang paling sering keluar di matdas:

TKPA : Bahasa Indonesia & Inggris

Nah, untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, gua nggak bisa menampilkan topik materi yang paling sering keluar. Karena memang ya tipe soal yang keluar di SBMPTN dari dulu selalu sama untuk kedua pelajaran ini, yaitu PERTANYAAN DARI BACAAN. Jadi ya mau gak mau, memang lo harus belajar kemampuan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang benar, agar bisa menjawab pertanyaan dari bacaan dengan tepat dan cepat. Oke, berikut ini adalah tips dari tutor Bahasa Inggris dalam menghadapi tipe soal pertanyaan dalam bacaan di SBMPTN & juga link pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia:

SAINTEK : Matematika IPA

Untuk matematika saintek, perlu dicatat kembali bahwa chart persebaran topik di bawah ini adalah hasil perhitungan berdasarkan asumsi bahwa “satu soal bisa merepresentasikan beberapa topik”, berikut adalah chartnya:

[table id=6 /]

Persebaran Topik SBMPTN MATEMATIKA IPA 2012-2018
Oke, lagi-lagi kita bisa lihat bahwa persamaan kuadrat adalah topik yang sangat fundamental untuk dipahami karena konsep dasarnya dibutuhkan untuk menjawab banyak soal di topik lain, diikuti trigonometri, peluang, turunan, integral, sukubanyak. Khusus untuk Matematika IPA SBMPTN 2017, ada empat topik baru yang belum pernah muncul di tahun-tahun sebelumnya, yaitu: Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan, Irisan Kerucut, Irisan Dua Lingkaran, dan Fungsi Rasional. Pada grafik di atas, keempat materi baru tersebut berasal dari materi K13 dan K13 Revisi, dan gua tandain dengan warna hijau. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

Note:

SAINTEK : Fisika

Nah, untuk SBMPTN Fisika berikut adalah chart persebaran frekuensi soal yang paling sering keluar:

[table id=34 /]

Persebaran Topik SBMPTN FISIKA 2011-2018

Oke dalam proses pembuatan chart di atas ini, ternyata kita bisa membuatnya dengan perhitungan asumsi bahwa “1 soal hanya merepresentasikan 1 topik”. Jadi melalui grafik di atas ini, emang bisa keliatan bahwa topik-topik yang sering keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir adalah materi gerak lurus, elektromagnet, listrik dinamis, usaha-energi, dll. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

Sebagai tambahan, Wisnu juga bikin chart persebaran soal dengan klasifikasi topik-topik besar Fisika. Kamu bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN? 26

Nah, dengan adanya pembagian/klasifikasi dari topik-topik besar di atas, gua harap bisa memudahkan lo untuk melihat prioritas topik mana yang dipelajari lebih dahulu. Asyiknya lagi, pembahasan materi Fisika berdasarkan topik-topik besar ini, udah zenius kelompokan di laman Video Pembahasan Materi Ringkas Fisika SBMPTN.

SAINTEK : Biologi

Yak, langsung aja gua tampilkan chart persebaran soal per topik SBMPTN Biologi dari tahun 2012-2017:

[table id=8 /]

Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN? 27

Sesuai dengan chart di atas, topik yang paling sering ditanyakan dalam SBMPTN Biologi adalah sistem organ manusia, matebolisme sel, struktur & fungsi tumbuhan, dll. Berikut adalah link video pembahasan dari materi-materi tersebut:

Perlu dicatat bahwa materi “Ciri Makhluk hidup dan perannya” itu pada dasarnya mencakup hampir seluruh pelajaran Biologi kelas X SMA. Materi Biologi kelas X SMA sebagian besar adalah tentang klasifikasi makhluk hidup dan ciri-ciri dari tiap Kingdom kehidupan.

SAINTEK : Kimia

Oke, berikut ini adalah chart pembagian distribusi soal per topik untuk SBMPTN Kimia tahun 2012-2017:

[table id=9 /]

Persebaran Topik SBMPTN Kimia 2011-2018

Oke, bisa dilihat dari chart di atas bahwa topik stoikiometri, kesetimbangan, termokimia, struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia adalah materi fundamental yang wajib banget lo kuasai. Dengan lo mengetahui 6 topik itu aja, bisa dibilang (moga-moga) udah lumayan cukup meng-cover banyak soal di SBMPTN Kimia nanti. Berikut adalah link video pembahasan dari topik-topik yang paling sering keluar, sesuai dengan chart grafik di atas:

SOSHUM : Sejarah

Pelajaran sejarah bisa dibilang paling gampang untuk diklasifikasikan, karena memang pengkategoriannya jelas berdasarkan timeline. Untuk itu, bisa dibilang chart di bawah ini gak tumpang tindih & punya tingkat akurasi yang tinggi:

[table id=10 /]

 

Persebaran Topik SBMPTN Sejarah 2012-2018

Sip, bisa dilihat berdasarkan chart persebaran soal SBMPTN Sejarah tahun 2012-2017 bahwa topik-topik tertentu cukup frekuentif dan selalu keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir. Berikut adalah link video pembahasan materi dari topik-topik yang sering keluar di SBMPTN Sejarah:

SOSHUM : Sosiologi

Oke deh, sekarang kita masuk ke pelajaran Sosiologi. Berikut di bawah ini adalah chart persebaran soal per topik dari SBMPTN Sosiologi tahun 2011-2016.

[table id=11 /]

Persebaran Topik SBMPTN Sosiologi 2012-2018

Nah, berdasarkan chart di atas, kita bisa ngeliat jelas banget bahwa topik struktur sosial, perubahaan sosial, sosialisasi & kepribadian, serta konflik & integrasi sosial tuh jomplang banget dibandingkan topik-topik yang lain. Jadi, buat lo yang ingin mengalokasikan waktu secara efektif untuk belajar sosiologi, bisa fokus pada 4 topik berikut ini:

SOSHUM : Ekonomi

Yup, berikutnya adalah pelajaran Ekonomi. Berikut adalah chart distribusi soal SBMPTN Ekonomi tahun 2012-2017:

[table id=17 /]

Persebaran Topik SBMPTN Ekonomi 2012-2018

Untuk bikin chart ini terus terang dasar pembagian topiknya agak ribet karena konsep materi dalam ekonomi bertumpuk satu sama lain. Maksudnya bertumpuk gimana? Contohnya, konsep “makroekonomi” yang cakupannya sangat luas, dimana di dalamnya terdapat sub topik lain seperti konsep inflasi, deflasi, kurs mata uang asing, kebijakan moneter, fiskal, GDP, GNP, dll.

Nah, oleh karena itu link track list video di zenius jadi agak tumpang tindih karena beberapa konsep dalam sub topik ekonomi bisa jadi diajarkan secara terpisah pada sub-sub topik yang lain. Untuk itu, walaupun di bawah ini gua share beberapa link terkait topik prioritas di atas, sebetulnya gua menyarankan lo untuk menggali lebih dalam pada video pembahasan ekonomi dari kelas X, dan kelas XI:

SOSHUM : Geografi

Oke, terakhir adalah Geografi. Berikut ini adalah chart distribusi persebaran soal SBMPTN Geografi tahun 2014-2017:

[table id=13 /]

Topik SBMPTN Geografi 2014 s/d 2018

Dibandingkan dengan chart persebaran soal SBMPTN pelajaran lain, chart untuk Geografi ini itungannya emang rada unik sendiri. Kenapa? Karena setelah gua telusuri, hampir selalu soal-soal yang keluar itu merata di setiap topik dari tahun 2014-2017. Kebanyakan jumlah soal per topiknya adalah masing-masing 1 soal. Makanya pada chart juga lo bisa lihat kebanyakan merata pada angka 5. Artinya topik-topik tersebut secara konsisten selalu menyumbangkan 1-2 soal dari tahun ke tahun. Berdasarkan hal itu, khusus untuk pelajaran Geografi, gua gak menyarankan untuk fokus di 2-3 topik doang. Melainkan perlu belajar secara merata dan seimbang. Nah, berikut adalah video pembahasan materi Geografi SBMPTN.

****

Moga-moga data distribusi frekuensi soal yang sering keluar di SBMPTN ini bisa membantu lo semua dalam menentukan prioritas dan fokus pada topik-topik yang penting serta fundamental untuk dikuasai. Namun di sisi lain, perlu gua ingatkan juga untuk jangan terlalu mengandalkan chart persebaran soal ini untuk semua mata pelajaran, karena biar bagaimanapun juga tidak ada jaminan bahwa komposisi soal SBMPTN tahun 2018 ini akan berubah jauh daripada tahun-tahun sebelumnya.

Jadi saran gua, lo boleh menggunakan chart di atas sebagai patokan prioritas untuk beberapa mata pelajaran yang lo nilai udah sulit lo kejar kalo baru mulai belajar dari sekarang. Contoh misalnya lo bener-bener buta sama sekali soal pelajaran sejarah, sementara selama ini lo fokus belajar TKPA, dan pelajaran soshum yang lain. Nah, dengan adanya chart di atas, memang ada baiknya lo alokasikan waktu yang tersisa ini dengan belajar Sejarah untuk topik-topik yang sering keluar sesuai dengan chart di atas supaya lebih efisien. Siapa tau senggaknya lo bisa bener 5-7 soal dari 15 soal di pelajaran Sejarah. Lumayan banget kan?

Tapi untuk pelajaran-pelajaran yang memang udah betul-betul cukup lo kuasai secara mendalam, saran gua lo tetap fokus untuk maksimalkan point dari mata pelajaran itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai lo terlalu mengandalkan chart di atas dan HANYA belajar dari topik-topik yang paling sering keluar… karena kalo sikap lo begitu, gua khawatir lo malah jadi kalah bersaing point dengan para pesaing lo yang berupaya maksimal mendulang point pada  setiap mata pelajaran. Jadi sekali lagi, gunakan data yang gua share ini dengan bijak agar pengalokasian waktu dan energi lo bisa tersalurkan dengan efektif di waktu yang tersisa, tapi perlu dicatat bahwa chart ini bukan jaminan komposisi soal yang nanti keluar di SBMPTN 2018 akan sama persis. Oke deh, demikian sharing gua kali ini, moga-moga bermanfaat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu anak kelas 12 maupun alumni yang lagi fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, Zenius sangat merekomendasikan untuk baca beberapa tips berikut :

Nah, kamu juga bisa download semua soal-soal SBMPTN dalam bentuk pdf, GRATIS di Zenius. Kalo kamu ngerasa udah mentok latihan soalnya, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal SBMPTN aja, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kamu download secara GRATIS, mulai dari USM STAN, SIMAK UI, UTUL UGM, dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo kamu mau download soalnya, kamu bisa download aja di zenius.net ya!