5 Kriteria yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bimbel Masuk PTN

bimbel masuk ptn terbaik

Hai Sobat Zenius, apa kabar? Siapa di antara elo yang lagi ngambis banget masuk PTN impian? Elo tentu kepikiran buat nyari bimbel masuk PTN terbaik kan?

Nah, sebelum memilih bimbel online yang tepat, ada beberapa kriteria yang harus elo perhatikan. Soalnya, elo harus benar-benar selektif dalam mendapatkan program dari bimbel yang menjamin masuk PTN.

Nah, di artikel ini, gue bakal bahas lebih lengkap mengenai kriteria yang seharusnya dimiliki oleh bimbel masuk PTN dan berbagai macam fitur bimbel online yang bisa elo manfaatkan. Check it out!

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi siswa berdiskusi untuk memilih bimbel masuk ptn terbaik (Dok. Zenius)

Apa Itu Bimbel Masuk PTN?

Untuk informasi, kalau bimbel yang merupakan singkatan dari bimbingan belajar ini tujuannya untuk membantu elo memperdalam pemahaman terhadap materi yang diberikan oleh guru di sekolah. Jadi, bimbel itu tidak bertugas untuk melanjutkan materi yang tidak ada di sekolah, ya. 

Oleh sebab itu, kalau elo ingin mencari bimbel masuk PTN terbaik, itu pasti tujuannya untuk membantu belajar dan mengulang kembali materi yang sudah diajarkan di sekolah. 

Selain itu, bimbel juga biasanya memiliki mode belajar yang lebih fleksibel, santai, dan asik. Jadi, elo yang udah pusing dengan ujian-ujian di sekolah, enggak perlu merasa terbebani kalau harus mengikuti bimbel PTN lagi. 

Kenapa dikatakan ada bimbel yang menjamin masuk PTN? Ya, itu karena dengan mengikuti bimbel, elo bakalan mengulang materi yang belum dimengerti, latihan soal-soal untuk mengecek pemahaman, dan mempelajari materi yang terkait dengan ujian masuk PTN dengan lebih spesifik dan intensif. 

Jadi, sebenarnya diri elo sendiri yang menjadi kunci utama untuk lolos ke jurusan dan PTN yang diinginkan sedangkan bimbel hanya sebagai jembatan untuk membantu elo meraih hal tersebut. 

Oke, tanpa berbasa basi lagi, langsung aja gue jabarkan 5 kriteria yang harus elo perhatikan saat memilih bimbel masuk PTN terbaik. Simak terus artikel ini, ya!

Baca juga: Manfaat Belajar Bareng Bimbel Online

5 Kriteria yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bimbel Masuk PTN Terbaik

Sejauh ini, elo sudah tahu kan ya apa itu bimbel dan tujuan dari mengikuti bimbel masuk PTN. Nah, sekarang, gue bakalan jelaskan lebih lanjut apa saja kriteria-kriteria penting yang perlu diperhatikan saat memilih program bimbel yang menjamin masuk PTN.

1. Banyak Pilihan Program atau Paket Belajar

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi berpikir untuk memilih program bimbel yang sesuai (Dok. pixabay.com)

Kriteria pertama dari memilih bimbel masuk PTN terbaik adalah pastikan bimbel tersebut memiliki berbagai program belajar yang bisa elo pilih sesuai kebutuhan. 

Sebagai contoh, kalau ingin ikut SNMPTN, maka elo perlu nilai rapor dari semester 1-5 yang naik secara konsisten. Jadi, elo perlu memilih program atau paket belajar yang mencakup pendalaman materi SMA dari bimbel PTN tersebut. 

Atau kalau misalnya elo merupakan anak gap year, maka paket belajar yang elo pilih harus sesuai dengan yang diperlukan. 

Nah, Zenius bisa elo jadikan pilihan bimbel masuk PTN karena elo dapat memilih program atau paket belajar sesuai kebutuhan. 

Misalnya, ingin memperdalam materi SMA, Zenius memiliki paket belajar yang sesuai dengan keinginan elo tersebut. Makanya, Zenius juga disebut sebagai salah satu bimbel SMA terbaik. 

Selain itu, Zenius juga menawarkan berbagai macam paket belajar lainnya, seperti paket khusus SBMPTN, ujian mandiri, gap year, dan sebagainya.

Untuk mengecek paket belajar interaktif dari Zenius dengan lebih lengkap, langsung saja akses Zenius – Paket Belajar.

2. Memiliki Program atau Fitur Pendalaman Fundamental Skills

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi belajar mengembangkan fundamental skills (Dok. freepik.com)

Nah, kriteria kedua, yaitu pastikan program dari bimbel yang menjamin masuk PTN ini memiliki fitur untuk mengembangkan atau meningkatkan fundamental skills

Untuk informasi, fundamental skills itu penting banget ya untuk dimiliki. Karena itu merupakan kemampuan dasar yang berkaitan dengan cara berpikir. 

Jadi, nanti waktu elo mengikuti ujian-ujian masuk PTN, elo bisa dengan mudah untuk melewatinya karena soal-soal dalam ujian tersebut biasanya memerlukan pemikiran yang kritis dan kemampuan berlogika.

Di Zenius, elo bisa mengembangkan fundamental skills melalui fitur spesial, yaitu ZenCore. Fitur spesial ini dibuat untuk membantu elo mengasah kemampuan fundamental sehingga nantinya memiliki fondasi berpikir yang kuat agar dapat menangkap informasi dengan lebih cepat. 

Elo bisa coba menggunakan fitur ZenCore di sini.

3. Banyak Video Pembelajaran dan Latihan Soal

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi belajar melalui video pembelajaran (Dok. Julia M Cameron dari Pexels)

Kriteria ketiga dalam memilih bimbel masuk PTN terbaik adalah pastikan bimbel online tersebut menyediakan video pembelajaran dan juga latihan soal. 

Video pembelajaran berguna banget kalau elo ingin mengulang-ulang penjelasan materi yang masih belum dipahami. Jadi, elo gak perlu khawatir kalau ada materi yang terlewatkan karena bisa diliat lagi melalui video. 

Lalu, latihan soal juga menjadi kriteria yang penting untuk diperhatikan karena itu sangat berguna untuk mengasah pemahaman elo terhadap materi yang telah dipelajari. 

Nah, Zenius menyediakan banyak video pembelajaran dan juga latihan soal. Dalam video pembelajaran Zenius, elo bakalan diajarkan materi-materi pelajaran dengan lebih detail dan jelas. 

Sebagai contoh, tutor Zenius akan berusaha semaksimal mungkin memberikan penjelasan mengenai asal usul dari suatu rumus agar elo bisa benar-benar paham konsepnya. Jadi, elo gak cuma bisa hafalan aja. 

Lalu, setelah belajar materi dari video pembelajaran, elo juga bisa mengakses latihan soal yang tersedia guna mengecek pemahaman dan sejauh mana kemampuan elo di materi tersebut. Keren banget gak, sih? 

4. Live Class dengan Tutor Asik dan Berpengalaman

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi kegiatan live class bersama tutor bimbel (Dok. freepik.com)

Selain menyediakan video pembelajaran, elo juga harus memperhatikan apakah bimbel masuk PTN terbaik yang akan diikuti ini menyediakan program live class atau tidak.

Program live class itu penting banget karena bisa bantu elo untuk melakukan interaksi secara langsung dengan tutor-tutor berpengalaman yang disediakan oleh bimbel. Jadi, misalnya elo bingung bisa langsung aja nanya ke tutornya. 

Di Zenius, elo bisa mengikuti program live class dengan tutor asik dan berpengalaman. Selain itu, elo juga bisa berinteraksi tidak hanya dengan tutor namun juga teman seperjuangan yang ada di live class tersebut. 

5. Ada Try Out Rutin

bimbel masuk ptn terbaik
Illustrasi mengikuti try out (Dok. freepik.com)

Kriteria kelima dalam memilih bimbel masuk PTN terbaik adalah pastikan bimbel tersebut menyediakan try out yang dilakukan secara rutin. 

Dengan mengikuti try out rutin, elo bisa mencoba bagaimana sih rasanya ikut ujian beneran. Gimana deg-degannya saat ngerjain soal dengan waktu yang terbatas. 

Selain itu, elo juga bakal tahu suasana ujian yang sebenarnya dan bisa buat strategi agar nantinya dapat menjawab semua soal dengan tepat waktu. 

Nah, Zenius juga memiliki program try out rutin tersebut. Lalu, enaknya ikut bimbel PTN Zenius, elo bisa melihat video pembahasan soal setelah selesai melakukan try out. 

Dengan demikian, elo bakal tahu deh soal mana yang belum bisa dijawab dengan maksimal dan materi apa yang masih harus dipelajari lebih dalam lagi. Sangat-sangat menarik, kan?

Nah, itu beberapa kriteria yang sebaiknya elo perhatikan saat memilih bimbel masuk PTN terbaik. Jangan sampai elo salah pilih bimbel dan berakhir hanya membuang waktu, tenaga, dan biaya. 

Selanjutnya, pasti elo berpikir apa dengan mengikuti program dari bimbel PTN terbaik pasti akan lolos ke PTN impian? Mau tahu jawabannya? Simak penjelasan berikut.

Ikut Bimbel Bisa Langsung Lolos PTN?

Sebenarnya, ikut bimbel masuk PTN bisa saja menjamin elo lolos seleksi masuk PTN pilihan, jika elo mengikuti dan memanfaatkan semua fitur-fitur yang disediakan oleh bimbel PTN, contohnya Zenius. 

Tapi, semuanya balik lagi ke seberapa besar usaha dan keinginan yang elo miliki untuk masuk ke PTN tersebut. Apa elo benar-benar memiliki komitmen untuk belajar dan meningkatkan pemahaman terhadap materi ujian masuk PTN nantinya? 

Nah, kalau elo udah menemukan bimbel masuk PTN terbaik yang memenuhi kelima kriteria yang udah gue jelaskan di atas, tapi elo nggak ada niat dari diri sendiri untuk belajar dan berkembang, maka bisa aja elo gagal untuk masuk ke PTN yang diinginkan. 

Jadi, yang terpenting itu elo harus memiliki motivasi dan semangat dari diri sendiri untuk belajar bersama bimbel PTN terbaik sehingga nanti hasilnya juga akan maksimal.

Sobat Zenius, itulah 5 kriteria yang perlu elo perhatikan saat akan memilih program dari bimbel yang menjamin masuk PTN. Dengan memperhatikan kriteria dan memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh bimbel masuk PTN terbaik, seperti Zenius, secara maksimal, maka elo memiliki kesempatan yang besar untuk lolos ke PTN impian.

Semangat, ya!

Bagikan Artikel Ini!