Informasi Ujian Mandiri 2020

Artikel ini berisi informasi terkait ujian mandiri yang akan diselenggarakan oleh beberapa universitas pada tahun 2020.

Ada banyak jalan menuju roma. Begitu pula dengan jalur menuju universitas yang kamu impikan. Setidaknya ada lebih dari dua jalur yang bisa kamu gunakan. Di awal, kamu bisa mengikuti jalur seleksi tanpa tes (SNMPTN). Jika gagal, kamu masih bisa memaksimalkan peluangmu lewat jalur UTBK. Dan jika masih gagal juga, cobalah untuk menggunakan jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh masing-masing universitas terkait.

Berbeda dengan jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN yang berada dalam tanggung jawab satu lembaga (LTMPT), jalur mandiri menjadi kewenangan milik kampus yang melaksanakan. Setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda-beda, karenanya, tanggal pelaksanaannya pun bisa tidak sama.

Tak hanya tanggal pelaksanaan saja yang berbeda, pola seleksi yang diterapkan pun dapat memiliki perbedaan antara satu kampus dengan kampus lain. Karenanya, memahami seluk beluk jalur seleksi mandiri menjadi hal yang penting untuk dipahami. Jangan sampai kamu tidak jadi masuk ke kampus yang selama ini kamu impikan hanya karena salah informasi.

Well, beberapa kampus telah mengumumkan perihal seleksi mandiri yang akan diselenggarakannya, di antaranya adalah sebagai berikut.

Ujian Mandiri SIMAK UI 

Salah satu jalur mandiri yang patut kamu pertimbangkan adalah SIMAK UI. Tak hanya buat kamu yang mau ambil S1 saja, SIMAK UI juga menjadi gerbang masuk UI yang terbuka buat kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mulai dari D3, program profesi, magister, hingga doktoral.

FYI aja buat tahun ini kuota SIMAK UI mencapai angka 50%. Jadi misalkan UI akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20 ribu orang maka 10 ribunya masuk lewat jalur SIMAK UI. Dengan kuota sebesar itu, SIMAK UI sebaiknya menjadi jalur yang kamu pertimbangkan deh. Untuk kali ini, informasi SIMAK UI yang dibagikan hanyalah sebatas untuk jenjang S1 saja. Berikut informasinya.

  • Pendaftaran: 2 Juni – 1 Juli 2020
  • Unggah dokumen (S1 Kelas Internasional): 2 Juni – 1 Juli 2020
  • Pembayaran: 2 Juni – 1 Juli 2020
  • Ujian S1 Kelas Internasional: 5 Juli 2020
  • Ujian Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Pararel: 12 Juli 2020
  • Pengumuman hasil SIMAK: akhir Juli 2020

Berikut adalah infografis dari tanggall-tanggal ujian mandiri yang bisa kamu andalkan buat ngingetin kamu soal jadwal ujian mandiri dari berbagai kampus seperti Undip sampai ITB.

Ujian Mandiri 2020

UM UGM 

Kampus yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menerapkan sistem ujian mandiri berupa Ujian Tulis. Namun satu hal yang harus kamu ingat adalah sistem penilaian dari UM UGM. Nilai UM UGM merupakan kombinasi nilai utul dengan nilai UTBK.

  • Pendaftaran: 2 Juni – 17 Juni 2020
  • Pembayaran: sesuai dengan tanggal yang tercantum pada kode pembayaran
  • Cetak kartu ujian: mulai 25 juni  2020
  • Tes tertulis: 5 Juli 2020
  • Pengumuman: 15 Juli 2020

SM ITB

Jika UI tidak melibatkan nilai UTBK dalam SIMAK dan UGM menjadikan UTBK sebagai salah satu penilaian, ITB menerapkan hal yang berbeda. SM ITB melakukan penilaian dengan dasar hasil UTBK, nilai rapor, dan kriteria-kriteria lainnya. Namun jika kamu mendaftar untuk jurusan yang tergabung dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), kamu perlu mengikuti tes keterampilan. Berikut adalah tanggal-tanggal penting seputar SM ITB:

  • Pendaftaran: 9 Juni – 9 Juli 2020
  • Ujian keterampilan FSRD: 11 Juli 2020
  • Pengumuman: 17 Juli 2020

Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) IPB

Ujian mandiri IPB tidak melibatkan penliaian di luar seleksi mandiri, gaes. Kelebihannya adalah IPB menerapkan ujian berbasis komputer sehingga kamu tidak lagi perlu mempersiapkan pensil 2B lagi. Kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat, ini mengadakan ujian mandiri pada bulan Juli nanti. Tanggal penting yang perlu kamu catat adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran: 4 Mei – 1 Juli 2020
  • Pembayaran: 4 Mei – 2 Juli 2020
  • Pemberkasan: 4 Mei – 2 Juli 2020
  • Cetak kartu ujian: 26 Juni – 3 Juli 2020
  • Ujian: 5 Juli 2020
  • Pengumuman: 11 Juli 2020

UM Undip 

Selanjutnya adalah ujian mandiri Universitas Diponegoro. Undip akan menyelenggarakan ujian mandirinya pada bulan Juli 2020. Tandai tanggal-tanggal pentingnya, ya.

  • Pendaftaran: 1 Mei – 1 Juli 2020
  • Pembayaran: 1 Mei – 2 Juli 2020
  • Ujian: 11 Juli 2020
  • Pengumuman: 20 Juli 2020

UM Unair 

Kalau kamu ingin merasakan kuliah di Universitas Airlangga, Surabaya, dengan mendaftar lewat jalur mandiri, kamu perlu memperhatikan tanggal-tanggal penting berikut.

  • Pendaftaran: 15 Juni – 3 Juli 2020
  • Pembayaran: 15 Juni – 4 Juli 2020
  • Ujian: 11 Juli 2020
  • Pengumuman: 15 Juli 2020

Dari 6 universitas di atas, ada gak nih universitas yang kamu impiin? Banyak kampus yang belum kasih pengumuman nih btw jadi aku belum bisa masukin infonya di sini. Padahal sih aku pengennya bisa sekalian kasih informasi selengkap mungkin.

Oiya kalau melihat tanggal ujian mandiri dari kampus-kampus di atas, ada beberapa yang ujiannya diadakan pada tanggal yang berdekatan bahkan tanggal yang sama. Kalau keadaannya kayak gitu, kamu harus benar-benar perhatiin dan timbang nih mau daftar ke kampus yang mana. Kecuali ya kamu bisa membelah diri gitu deh hehehe.

Bagikan artikel ini: