Informasi Jalur Ujian Mandiri Universitas Airlangga UM UNAIR 2021 dari Zenius Education

UM UNAIR 2021: Informasi Pendaftaran dan Jadwal Terlengkap

Artikel ini berisi tentang informasi pendaftaran jalur Ujian Mandiri Universitas Airlangga tahun 2021 atau UM UNAIR 2021.

Ada berbagai tahapan yang bisa kamu lakukan jika ingin berkuliah di kampus impian. SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri (UM) adalah pilihan jalur yang bisa ditempuh. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit siswa adalah Universitas Airlangga atau UNAIR di Surabaya, Jawa Timur.

Kepingin tahu lebih jauh tentang “Seleksi Mandiri“, kamu bisa baca artikel ini: “Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk kamu yang tertarik ingin masuk UNAIR, namun kemarin gagal di SNMPTN dan SBMPTN, jalur UM UNAIR 2021 bisa menjadi pilihan yang tepat, lho.

Sebelumnya, UNAIR telah menyediakan jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021 kemarin yang telah dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Apa Itu LTMPT?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah sebuah lembaga penyelenggara tes untuk masuk perguruan tinggi untuk para calon mahasiswa baru. Lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT sangat penting bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita untuk menempuh pendidikan di kampus impian.

LTMPT memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk ke perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Jadwal Seleksi Jalur UM UNAIR 2021

Informasi Jalur Ujian Mandiri Universitas Airlangga UM UNAIR 2021 dari Zenius Education
Informasi lengkap UM UNAIR 2021 dari Zenius Education

Untuk kamu yang berminat mengikuti kegiatan seleksi melalui jalur UM UNAIR 2021, berikut ini adalah informasinya:

1. Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran)
10 Mei – 20 Juni 2021
Terakhir tanggal 20 Juni 2021 Pukul 23.59 WIB

2. Verifikasi Dokumen Pendaftaran
10 Mei – 21 Juni 2021

3. Pengumuman lolos verifikasi online
10 Mei – 21 Juni 2021

4. Perbaikan bagi yang tidak lolos
10 Mei – 21 Juni 2021
Terakhir tanggal 21 Juni 2021 Pukul 19.00 WIB

5. Pembayaran Biaya Ujian
10 Mei – 22 Juni 2021
Terakhir 22 Juni 2021 Pukul 17.00 WIB

6. Ujian Tulis
26 Juni 2021

7. Pengumuman Hasil Seleksi
3 Juli 2021

Persentase Penerimaan Mahasiswa UM UNAIR 2021

Bicara tentang Ujian Mandiri atau UM UNAIR 2021, penerimaan mahasiswa tahun ini mendapatkan persentase 40 persen. Jumlah ini lebih besar jika dibandingkan dengan jalur SNMPTN UNAIR sebanyak 30 persen dan SBMPTN UNAIR sebanyak 30 persen.

Persentase ini jelas banget bisa menjadi kesempatan besar untuk kamu untuk menjadi mahasiswa di kampus negeri yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur ini.

Persyaratan Jalur UM UNAIR 2021

Nah, kamu wajib tahu nih persyaratan yang wajib banget kamu penuhi agar dapat mengikuti UM UNAIR 2021, diantaranya:

1. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.

2. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2021 telah memiliki sekurang-kurangnya Kartu UNAS/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

4. Memiliki nilai UTBK

5. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang dikeluarkan oleh pusat layanan kesehatan pemerintah

6. Memiliki Surat Keterangan Bebas Narkoba

7. Saat Pendaftaran ulang /registrasi peserta diwajibkan membawa identitas asli dan resmi serta semua dokumen peserta yang diperlukanuntuk diverifikasi

Persyaratan UM UNAIR 2021 untuk Lulusan Luar Negeri

Untuk kamu yang lulusan sekolah luar negeri tapi ingin mengikuti tahapan Ujian Mandiri UNAIR 2021, kamu bisa membaca persyaratan berikut:

1. Lulus dari Satuan Pendidikan yang setara dengan SMA/MA/SMK (Sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI) pada Tahun 2019, 2020, atau 2021.

2. Lulusan tahun 2021 sekurang-kurangnya telah memiliki SUrat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

3. Memiliki Skor UTBK.

4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.

Tahapan Pendaftaran UM UNAIR 2021

Ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan untuk mengikuti UM UNAIR 2021. Apa aja? Baca di bawah ini:

1. Registrasi Akun Pendaftaran

Tahap pertama, kamu wajib melakukan pendaftaran akun. Nah, nantinya akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga.

Langkah-langkah pembuatan akun pendaftaran ini adalah sebagai berikut:

a. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga di pendaftaran.unair.ac.id.

b. Klik menu Registrasi

c. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP),

d. Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk

e. login.

f. Klik tombol [Registrasi], maka setelah beberapa saat kamu akan menerima email notifikasi untuk verifikasi email.

g. Setelah proses registrasi akun pendaftaran selesai, kamu hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Akun pendaftaran ini masih belum bisa digunakan untuk sebelum kamu melakukan verifikasi pada email kamu.

h. Untuk melakukan verifikasi, buka inbox email kamu dan pastikan kamu mendapatkan email verifikasi. Yang harus kamu tahu, kadang email tidak langsung masuk ke Inbox, tetapi ke folder Spam, coba deh cek di folder tersebut kalau di folder Inbox tidak ada.

i. Setelah itu, kamu tinggal klik link “KLIK UNTUK VERIFIKASI EMAIL”, maka kamu sudah bisa menggunakan akun registrasi untuk login.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Tahap kedua, kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Pada tahap ini kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran UM UNAIR 2021 dengan cara:

a. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga di pendaftaran.unair.ac.id.

b. Login menggunakan akun registrasi dengan Email dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta. Jika kamu belum mempunyai akun registrasi, ikuti proses “A. Registrasi Akun Pendaftaran

c. Ikuti langkah pertama yaitu memilih jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran, lalu Pemilihan Penerimaan.

d. Setelah itu pilih penerimaan yang diinginkan, kemudian klik DAFTAR.

e. Kemudian piih jenis formulir dan jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik SIMPAN. Setelah itu, akan muncul tampilan formulir pendaftaran.

f. Isilah formulir sesuai data diri dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik SIMPAN.

g. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran, lalu Upload Berkas.

h. Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah diupload semua, kemudian klik tombol SUBMIT UNTUK DIVERIFIKASI.

i. Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Kamu tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia penerimaan. Hasil verifikasi akan diinformasikan melaui email dan sms ke nomer yang telah diisikan pada saat pengisian form. Atau kamu juga bisa mengecek secara periodik di menu Verifikasi, lalu Hasil Verifikasi.

3. Membayar dan Mencetak Kartu Ujian untuk UM UNAIR 2021

Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa melakukan pembayaran voucher ke bank Mandiri dengan menggunakan kode voucher yang ada. Pembayaran voucher ini bisa dilakukan untuk mendapat pin vouher sebagai syarat untuk bisa mencetak kartu ujian.

Setelah melakukan pembayaran di bank, kamu selanjutnya akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi, lalu CETAK KARTU.

Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri UNAIR 2021

Biaya pendaftaran untuk Program Sarjana melalui UM UNAIR 2021 sebagai berikut:

1. Rp300.000 untuk Kelompok SAINTEK/SOSHUM (2 pilihan program studi)

2. Rp500.000 untuk Kelompok CAMPURAN (2 Pilihan program studi dengan syarat 1 pilihan harus berbeda jalur, Contoh: 1 SOSHUM dan 1 SAINTEK)

Materi Ujian Mandiri S1 UNAIR

Materi ujian untuk Jalur Mandiri Universitas Airlangga dibagi menjadi Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Akademik dan masing-masing dibagi lagi menjadi beberapa tes.

Tes potensi akademik terdiri dari :

1. Kemampuan Verbal
2. Kemampuan Numerik
3. Kemampuan Penalaran

Tes kemampuan akademik dibagi menjadi tiga kelompok, diantaranya:

1. SAINTEK (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Wawasan Kebangsaan) | Latihan soal SAINTEK bisa kamu pelajari disini.
2. SOSHUM (Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Wawasan Kebangsaan) | Latihan soal SOSHUM bisa kamu pelajari disini.
3. CAMPURAN (Materi ujian kelompok CAMPURAN adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian Saintek dan Soshum)

Kamu juga bisa belajar berbagai macam materi, dan semuanya kamu bisa lihat serta pelajari GRATIS di aplikasi bimbel online ZENIUS EDUCATION, lho!

Fakultas dan Program Studi Universitas Airlangga (UNAIR)

Untuk kamu yang berminat banget buat masuk UNAIR, ada beberapa program studi (prodi) yang bisa kamu pilih, diantaranya:

Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter, dan S1 Pendidikan Bidan.
Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) terdiri dari S1 Pendidikan Dokter Gigi.
Fakultas Hukum (FH) terdiri dari S1 Ilmu Hukum.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi.
Fakultas Farmasi (FF) terdiri dari S1 Pendidikan Apoteker, S2 Farmasi Klinik, S2 Ilmu Farmasi, S3 Ilmu Farmasi.
Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) terdiri dari S1 Kedokteran Hewan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Antropologi Sosial, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
Fakultas Sains dan Teknologi (FST) terdiri dari S1 Ilmu dan Teknologi Lingkungan, S1 Sistem Informasi, S1 Statistika, S1 Tekno Biomedik, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S2 Biologi, S2 Kimia, dan S3 Matematika dan IPA.
Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Kesehatan dan Keselamatan Kerja, S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, S2 Kesehatan Lingkungan, S2 Epidemiologi, dan S3 Ilmu Kesehatan.
Fakultas Psikologi (FPsi) terdiri dari S1 Psikologi, dan S2 Profesi Psikologi.
Fakultas Ilmu Budaya (FIB) terdiri dari S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, dan S1 Ilmu Sejarah
Fakultas Keperawatan (FKP) terdiri dari S1 Ilmu Keperawatan
Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) terdiri dari S1 Budidaya Perairan, dan S1 Teknologi Industri Hasil Perikanan.
Fakultas Vokasi terdiri dari D3 Analis Medis, D3 Rehabilitasi Medik/Fisioterapi, D3 Radiologi, D4 Radiologi, D3 Pengobat Tradisional, D4 Pengobat Tradisional, D3 Kesehatan Gigi dan Mulut, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Perbankan, D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, D3 Kesehatan Ternak Terpadu, D3 Teknisi Perpustakaan (PSTP), D3 Pariwisata Perhotelan, D3 Industri Pariwisata, D3 Sistem Informasi, D3 Otomasi Sistem Instrumentasi, D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, D3 Bahasa Inggris, D4 Perawat Pendidikan (kerja sama dengan Depkes), dan D3 Budidaya Perikanan.
Pascasarjana terdiri dari Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Gigi, Ilmu Kesehatan Olahraga, Ilmu Kesehatan Reproduksi, Biologi Reproduksi, Imunologi, Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu Forensik, Pengembangan SDM, Ilmu Kedokteran Tropis, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Hukum, dan Magister Notariat.
Program Doktor terdiri dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Matematika dan IPA, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Ilmu Farmasi

Nah, itu dia informasi terlengkap yang bisa kamu ketahui mengenai penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Universitas Airlangga atau UM UNAIR 2021 yang bisa kamu jadikan referensi kalau kamu berminat menjadi mahasiswa di kampus yang terletak di Kota Surabaya ini. Menurutmu, ada yang kurang gak dari artikel di atas? Komen di bawah ini ya kalau ada informasi yang kurang jelas. ^_^

Ikuti juga pendaftaran seleksi masuk kampus lain:

SIMAK UI 2021

SMUP UNPAD 2021

UTUL UGM 2021

Nah, mudah-mudahan informasi mengenai UM UNAIR 2021 ini bisa bantuin kamu supaya tembus Perguruan Tinggi Negeri ya, apalagi jika kalian memang bercita-cita ingin kuliah di Universitas Airlangga ini.

Kalau menurut kamu informasi tentang UM UNAIR 2021 ini membantu, kamu boleh banget share di semua media sosial yang kamu punya ya, boleh fb, twitter, instagram, atau apapun itu. Tapi kalau kamu ngerasa informasinya masih kurang, kamu boleh banget komen di bawah ini ya, siapatau banyak banget yang kepingin masuk UNAIR tapi terbantu dengan informasi yang juga kamu tanyakan di kolo komentar di bawah. Akhir kata, Good Luck ya!

Bagikan artikel ini: