Seleksi Mandiri UNAIR (Arsip Zenius)

Tes Ujian Mandiri (UM) UNAIR 2022 – Informasi Pendaftaran & Jadwal

Hai Sobat Zenius, punya impian untuk menjadi mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR)? Wah, elo perlu tau banget tentang informasi jadwal dan pendaftaran Ujian Mandiri UNAIR 2022 di sini!

Ada berbagai tahapan yang bisa elo lakukan jika ingin berkuliah di kampus impian. SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM) adalah pilihan jalur yang bisa ditempuh. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit siswa adalah Universitas Airlangga atau UNAIR di Surabaya, Jawa Timur.

Kalo kepingin tahu lebih jauh tentang “Seleksi Mandiri“, elo bisa baca artikel ini: “Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Untuk elo yang tertarik ingin masuk UNAIR, namun kemarin gagal di SNMPTN dan SBMPTN, jalur Seleksi Mandiri UNAIR 2022 bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Elo bisa lihat info tentang PPMB UNAIR 2022 di artikel ini ya!

UNAIR tentunya menyediakan jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022 kemarin yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Apa Itu LTMPT?

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah sebuah lembaga penyelenggara tes untuk masuk perguruan tinggi untuk para calon mahasiswa baru. Lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT sangat penting bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita untuk menempuh pendidikan di kampus impian.

LTMPT memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk ke perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Jadwal Seleksi Jalur UM UNAIR 2022

Informasi Jalur Ujian Mandiri Universitas Airlangga UM UNAIR 2021 dari Zenius Education
Informasi lengkap UM UNAIR 2022 (Arsip Zenius)

Seleksi Mandiri UNAIR 2022 dibagi menjadi 3 jenis: Seleksi mandiri UNAIR Reguler jalur Nilai UTBK/SBMPTN, Seleksi mandiri UNAIR Kemitraan Jalur Ujian Tulis dan Seleksi mandiri UNAIR Reguler Jalur Ujian Tulis.

Untuk elo yang berminat mengikuti kegiatan seleksi melalui jalur Ujian Mandiri UNAIR 2022, berikut ini adalah informasinya:

Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) Reguler jalur Nilai UTBK/SBMPTN

Pendaftaran: 4 – 26 Juni 2022  (Terakhir pukul 19.00 WIB)
Verifikasi Dokumen Pendaftaran: 4 – 27 Juni 2022
Perbaikan Dokumen Pendaftaran: 4 – 27 Juni 2022  (Terakhir pukul 17.00 WIB)
Pembayaran Biaya Ujian: 4 – 27 Juni 2022  (Terakhir pukul 21.00 WIB)
Pengumuman Hasil Seleksi: 29 Juni 2022

Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) Kemitraan Jalur Ujian Tulis
Pendaftaran: 4 Juni – 2 Juli 2022 (Terakhir pukul 19.00 WIB)
Verifikasi Dokumen Pendaftaran: 4 Juni – 3 Juli 2022
Perbaikan Dokumen Pendaftaran: 4 Juni – 3 Juli 2022  (Terakhir pukul 17.00 WIB)
Pembayaran Biaya Ujian: 4 Juni – 3 Juli 2022 (Terakhir pukul 21.00 WIB)
Ujian Tulis: 11- 12 Juli 2022
Pengumuman Hasil Seleksi: 15 Juli 2022

Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) Reguler Jalur Ujian Tulis:
Pendaftaran: 1 – 22 Juli 2022 (Terakhir pukul 19.00 WIB)
Verifikasi Dokumen Pendaftaran: 1 – 23 Juli 2022
Perbaikan Dokumen Pendaftaran: 1 – 23 Juli 2022 (Terakhir pukul 17.00 WIB)
Pembayaran Biaya Ujian: 1 – 23 Juli 2022 (Terakhir pukul 21.00 WIB)
Ujian Tulis: 27 – 28 Juli 2022
Pengumuman Hasil Seleksi: 2 Agustus 2022

Persyaratan Jalur Seleksi Mandiri UNAIR 2022

Nah, elo wajib tahu nih syarat mandiri UNAIR yang wajib banget dipenuhi agar dapat mengikuti Seleksi Mandiri UNAIR 2022, di antaranya:

Persyaratan Jalur Nilai UTBK-SBMPTN

  1. Memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2022 (Sertifikat UTBK-SBMPTN 2022).
  2. Salah satu pilihan pilihan program studi UTBK-SBMPTN 2022 adalah program studi di Universitas Airlangga.
  3. Ketentuan pilihan program studi Seleksi Mandiri UNAIR sesuai dengan kelompok ujian pada UTBK SBMPTN 2022 (cek di ppmb unair ac id)

Persyaratan Pendaftaran untuk Warga Negara Indonesia

  1. Ijazah bagi lulusan tahun 2020 dan 2021.
  2. Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah bagi lulusan tahun 2022 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Persyaratan Pendaftaran bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Lulusan Luar Negeri :

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan yang setara dengan SMA/MA/SMK (Sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI) pada Tahun 2020, 2021, atau 2022.
  2. Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah bagi lulusan tahun 2022 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.

Setelah lihat syarat-syaratnya, elo perlu persiapan untuk lolos. Udah download aplikasi Zenius belum nih? Cukup login, elo bisa nikmati banyak video dan fitur-fitur gratis. Mulai dari ZenCore, ZenBot dan fitur lainnya, bisa elo akses via aplikasi. Klik banner di bawah ini untuk download!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Tahapan Pendaftaran Seleksi Mandiri UNAIR 2022

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengikuti Seleksi Mandiri UNAIR 2022. Apa aja? Baca di bawah ini:

1. Registrasi Akun Pendaftaran

Tahap pertama, elo wajib melakukan pendaftaran akun. Nah, nantinya akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga.

Langkah-langkah pembuatan akun pendaftaran ini adalah sebagai berikut:

Tahap pertama, elo wajib melakukan pendaftaran akun. Nah, nantinya akun ini akan digunakan sebagai login untuk masuk ke dalam Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga.

Langkah-langkah pembuatan akun pendaftaran ini adalah sebagai berikut:

a. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga di ppmb.unair.ac.id.

b. Klik menu Registrasi

c. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP), Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login.

d Klik tombol [Registrasi], maka setelah beberapa saat elo akan menerima email notifikasi untuk verifikasi email.

e. Setelah proses registrasi akun pendaftaran selesai, elo hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Akun pendaftaran ini masih belum bisa digunakan untuk sebelum elo melakukan verifikasi pada email.

f. Untuk melakukan verifikasi, buka inbox email dan pastikan elo mendapatkan email verifikasi. Yang harus elo tahu, kadang email tidak langsung masuk ke Inbox, tetapi ke folder Spam, coba deh cek di folder tersebut kalau di folder Inbox tidak ada.

g. Setelah itu, elo tinggal klik link “KLIK UNTUK VERIFIKASI EMAIL”, maka elo sudah bisa menggunakan akun registrasi untuk login.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Tahap kedua, elo harus mengisi formulir pendaftaran. Pada tahap ini elo juga harus mengisi formulir pendaftaran Seleksi Mandiri UNAIR 2022 dengan cara:

a. Buka web pendaftaran Universitas Airlangga di pendaftaran.unair.ac.id.

b. Login menggunakan akun registrasi dengan Email dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta. Jika elo belum mempunyai akun registrasi, ikuti proses “A. Registrasi Akun Pendaftaran

c. Ikuti langkah pertama yaitu memilih jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran, lalu Pemilihan Penerimaan.

d. Setelah itu pilih penerimaan yang diinginkan, kemudian klik DAFTAR.

e. Kemudian pilih jenis formulir dan jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik SIMPAN. Setelah itu, akan muncul tampilan formulir pendaftaran.

f. Isilah formulir sesuai data diri dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik SIMPAN.

g. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran, lalu Upload Berkas.

h. Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah diupload semua, kemudian klik tombol SUBMIT UNTUK DIVERIFIKASI.

i. Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Elo tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia penerimaan. Hasil verifikasi akan diinformasikan melalui email dan sms ke nomer yang telah diisikan pada saat pengisian form. Atau elo juga bisa mengecek secara periodik di menu Verifikasi, lalu Hasil Verifikasi.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

3. Membayar dan Mencetak Kartu Ujian untuk Seleksi Mandiri UNAIR (SMUA) 2022

Setelah proses verifikasi selesai, elo bisa melakukan pembayaran voucher ke bank Mandiri dengan menggunakan kode voucher yang ada. Pembayaran voucher ini bisa dilakukan untuk mendapat pin voucher sebagai syarat untuk bisa mencetak kartu ujian.

Setelah melakukan pembayaran di bank, elo selanjutnya akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi, lalu CETAK KARTU.

Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri UNAIR 2022

Biaya pendaftaran untuk Program Sarjana melalui UM UNAIR 2022 sebagai berikut:

1. Rp300.000 untuk Kelompok SAINTEK/SOSHUM (2 pilihan program studi)

2. Rp500.000 untuk Kelompok CAMPURAN (2 Pilihan program studi)

Materi Ujian Mandiri S1 UNAIR

Materi Mandiri UNAIR dibagi menjadi Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Akademik dan masing-masing dibagi lagi menjadi beberapa tes.

Tes potensi akademik terdiri dari :

1. Kemampuan Verbal

2. Kemampuan Numerik

3. Kemampuan Penalaran

Tes kemampuan akademik dibagi menjadi tiga kelompok, di antaranya:

1. SAINTEK (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris| Latihan soal SAINTEK bisa elo pelajari di sini).

2. SOSHUM (Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, | Latihan soal SOSHUM bisa elo pelajari di sini).

3. CAMPURAN (Materi ujian kelompok CAMPURAN adalah gabungan dari materi Kelompok Ujian Saintek dan Soshum)

Itu tadi tes mandiri UNAIR yang bisa elo pelajari sebelum melakukan ujian tulis. Pastikan elo udah siap menghadapi semua soalnya nanti.

Fakultas dan Program Studi Universitas Airlangga (UNAIR)

Untuk elo yang berminat banget buat masuk UNAIR, ada beberapa program studi (prodi) yang bisa elo pilih, di antaranya:

Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter, dan S1 Pendidikan Bidan.

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) terdiri dari S1 Pendidikan Dokter Gigi.

Fakultas Hukum (FH) terdiri dari S1 Ilmu Hukum.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi.

Fakultas Farmasi (FF) terdiri dari S1 Pendidikan Apoteker, S2 Farmasi Klinik, S2 Ilmu Farmasi, S3 Ilmu Farmasi.

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) terdiri dari S1 Kedokteran Hewan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Antropologi Sosial, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) terdiri dari S1 Ilmu dan Teknologi Lingkungan, S1 Sistem Informasi, S1 Statistika, S1 Tekno Biomedik, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S2 Biologi, S2 Kimia, dan S3 Matematika dan IPA.

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Kesehatan dan Keselamatan Kerja, S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, S2 Kesehatan Lingkungan, S2 Epidemiologi, dan S3 Ilmu Kesehatan.

Fakultas Psikologi (FPsi) terdiri dari S1 Psikologi, dan S2 Profesi Psikologi.

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) terdiri dari S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, dan S1 Ilmu Sejarah

Fakultas Keperawatan (FKP) terdiri dari S1 Ilmu Keperawatan

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) terdiri dari S1 Budidaya Perairan, dan S1 Teknologi Industri Hasil Perikanan.

Fakultas Vokasi terdiri dari D3 Analis Medis, D3 Rehabilitasi Medik/Fisioterapi, D3 Radiologi, D4 Radiologi, D3 Pengobat Tradisional, D4 Pengobat Tradisional, D3 Kesehatan Gigi dan Mulut, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Perbankan, D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, D3 Kesehatan Ternak Terpadu, D3 Teknisi Perpustakaan (PSTP), D3 Pariwisata Perhotelan, D3 Industri Pariwisata, D3 Sistem Informasi, D3 Otomasi Sistem Instrumentasi, D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, D3 Bahasa Inggris, D4 Perawat Pendidikan (kerja sama dengan Depkes), dan D3 Budidaya Perikanan.

Pascasarjana terdiri dari Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Gigi, Ilmu Kesehatan Olahraga, Ilmu Kesehatan Reproduksi, Biologi Reproduksi, Imunologi, Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu Forensik, Pengembangan SDM, Ilmu Kedokteran Tropis, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Hukum, dan Magister Notariat.

Program Doktor terdiri dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Matematika dan IPA, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Ilmu Farmasi

Nah, itu dia informasi terlengkap yang bisa elo ketahui mengenai penerimaan mahasiswa baru Jalur Seleksi Mandiri Universitas Airlangga atau SMUA 2022 yang bisa dijadikan referensi kalau elo berminat menjadi mahasiswa di kampus yang terletak di Kota Surabaya ini. Untuk informasi lebih lengkap lagi bisa elo akses melalui laman resminya yaitu ppmb unair ac id.

Menurut elo, ada yang kurang gak dari artikel di atas? Komen di bawah ini ya kalau ada informasi Ujian Mandiri UNAIR yang kurang jelas. ^_^

Nah, mudah-mudahan informasi mengenai Seleksi Mandiri UNAIR 2022 ini bisa bantuin elo supaya tembus Perguruan Tinggi Negeri ya, apalagi jika elo memang bercita-cita ingin kuliah di Universitas Airlangga ini. Akhir kata, Good Luck ya!

Mau belajar untuk ujian masuk PTN? elo bisa ikut program Zenius Ultima yang memang dirancang untuk bantu elo mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk PTN. Yuk, klik banner di bawah ini dan langganan sekarang!

CTA Zenius ultima plus
Klik banner di atas yuk!

Originally published: April 25, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!