Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2022

Seleksi Mandiri ITB (SM ITB) (Arsip Zenius)

Halo Sobat Zenius, siapa nih yang sudah nggak sabar ikut pendaftaran seleksi mandiri ITB? Elo perlu tahu tentang informasi mengenai persyaratan hingga pendaftarannya. Baca terus ya untuk tahu lebih banyak tentang SM ITB 2022!

Pada bulan Juni ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi membuka pendaftaran Seleksi Mandiri. Untuk elo yang berminat masuk ke kampus yang berada di Kota Kembang Bandung ini, baca selengkapnya informasi artikel tentang SM ITB 2022 di artikel ini ya.

Info Ujian Seleksi Mandiri / SM ITB 2022

Seleksi ini tadinya disebut sebagai USM ITB atau Ujian Seleksi Mandiri ITB. Tak jarang pula seleksi ini dikenal dengan nama ITB Ujian Mandiri.

Namun sekarang berubah menjadi SM atau Seleksi Mandiri. Jadi, usm itb ac id sudah bukan laman pendaftarannya ya. Elo bisa daftar di laman admission ITB.

Berdasarkan informasi yang ada di halaman resmi kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) admission ITB, jalur seleksi mandiri ITB 2022 ini adalah jalur penerimaan program sarjana yang akan dijalankan tanpa adanya subsidi biaya.

Informasi Lain Tentang Kampus ITB bisa dibaca di sini

Jalur seleksi mandiri ITB ini juga akan menerima mahasiswa yang kurang mampu. Untuk mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki KIP-K (Kartu Indonesia Pintar-Kuliah) atau kemampuan setara dengan kriteria yang tertera di syarat KIP.

Informasi Seleksi Mandiri ITB (SM ITB 2022)
Informasi Seleksi Mandiri ITB (SM ITB)

Syarat Pendaftaran SM ITB 2022

Untuk elo yang berminat untuk mengikuti pendaftaran mandiri ITB atau Seleksi Mandiri dari ITB, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.

2. Wajib memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

3. Wajib memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1 s.d semester 6.

4. Wajib memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2022.

6. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.

7. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar SM-ITB asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

8. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, terutama bagi yang berminat masuk program di bawah ini:

-Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)

-Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)

-Sekolah Farmasi (SF)

-Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)

-Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)

-Program Studi Kimia (FMIPA)

-Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)

-Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

Syarat pendaftaran Ujian Mandiri ITB 2022 di atas wajib banget diperhatikan ya, supaya gak ada yang kelewat saat elo mempersiapkan administrasi. Jangan sampai ketika sudah siap mendaftar, ternyata ada dokumen persyaratan yang kurang ya!

Baca Juga: Jadwal Ujian Mandiri 2022: UI, Undip, Unair, ITS, dan IPB

Supaya makin siap ujian mandiri, yuk cek materi di aplikasi Zenius. Elo bisa akses ke video-video gratis Zenius, sekaligus pake fitur-fitur serunya yang cuma ada di aplikasi kayak ZenCore atau ZenBot. Yuk, klik banner di bawah ini!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Alur, Prosedur, dan Cara Daftar SM ITB 2022

Ada beberapa alur, prosedur, dan juga cara ketika elo berminat untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa ITB melalui jalur SM ITB 2022 ini. Ini informasi yang harus elo baca sebelum mengikuti tahapannya:

1. Pendaftaran online di laman https://admission.itb.ac.id/

2. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.

(a) Penulisan NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 harus sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.

(b) ITB akan menyampaikan nomor peserta SM ITB 2022 dan password ke alamat e-mail masing-masing calon peserta.

(c) Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 account pendaftaran SM-ITB 2022).

3. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.

4. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisasi) semester 1 s.d. semester 6.

Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Hasil scan rapor semester 1 s.d. semester 6. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb.

Bila terdapat lebih dari 1 nilai Matematika atau lebih dari 1 nilai Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.

5. Mengisikan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022. SM ITB akan meminta nilai UTBK SBMPTN 2022 peserta yang bersangkutan secara langsung dari LTMPT. Pastikan  bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB telah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun LTMPT peserta.

(a) Peserta mengisikan nomor peserta UTBK SBMPTN 2022 tanpa tanda baca.

(b) Peserta mengunggah Kartu Peserta UTBK SBMPTN 202w terbaru.

(c) Melakukan pemilihan Fakultas/Sekolah/Program Studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah dan kelompok UTBK SBMPTN 2022. Calon peserta dapat memilih maksimum 2 pilihan Program Studi pada pelaksanaan SM-ITB 2022.

6. Peserta SM-ITB 2022 langsung memilih program studi yang dituju, bukan memilih Fakultas/Sekolah

7. Mengunggah hasil scan Akta Kelahiran asli dalam format pdf.

8. Mengunggah Pas Foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.

9. Mengunggah hasil scan bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut:

(a) Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021, mengunggah hasil scan Ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

(b) Bagi lulusan tahun 2022, mengunggah hasil scan Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL harus mengenai foto calon peserta SM-ITB 2022) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.

10. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total maupun parsial) dari Dokter Spesialis Mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Umum/Non Spesialis Mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (mencantumkan foto calon peserta yang terkena cap Klinik/Rumah Sakit) bagi peminat:

(a) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Sains)

(b) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH – Program Rekayasa)

Sekolah Farmasi (SF)

(c) Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM – Kampus Ganesa)

(d) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD – Kampus Ganesa)

(e) Program Studi Kimia (FMIPA)

(f) Program Studi Teknik Geologi (FITB – Kampus Ganesa)

(g) Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

11. Melakukan pelunasan biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi dapat diperoleh di blok Biaya Pendidikan.

12. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022.

Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021 baru dinyatakan selesai setelah peserta mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021.

Setelah finalisasi tersebut dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.

(a) Khusus untuk pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD-G, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara online. Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

(b) Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022.

Calon peserta yang belum menyelesaikan pengisian data/pengunggahan dokumen persyaratan hingga akhir masa pendaftaran dan/atau belum melakukan finalisasi pendaftaran/pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 akan dinyatakan belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

Biaya Seleksi dan Pendidikan SM ITB 2022

Ada dua hal yang harus elo perhatikan terkait dengan biaya yang akan dikeluarkan dalam menempuh pendidikan melalui jalur SM ITB kali ini.

Dua hal tersebut adalah biaya seleksi yang akan elo keluarkan ketika mendaftarkan diri mengikuti seleksi. Yang kedua adalah biaya kuliah yang akan kamu keluarkan ketika nanti resmi menjadi mahasiswa di ITB.

Gimana sih cara pembayaran SM ITB 2022? Sebenarnya elo cukup transfer ke virtual account aja kok, untuk lengkapnya langsung baca di bawah ini ya!

Biaya Pendaftaran SM ITB 2022

Berikut ini adalah biaya pendaftaran yang wajib kamu bayarkan ketika mengikuti seleksi pendaftaran melalui jalur mandiri SM ITB:

1. Biaya seleksi untuk pendaftar ke Fakultas atau Sekolah selain FSRD sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)

2. Biaya seleksi untuk pendaftar ke FSRD sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya ini termasuk biaya untuk Tes Keterampilan Seni Rupa.

3. Pelunasan  pembayaran biaya seleksi dapat melalui transfer ke nomor rekening virtual yang akan disampaikan di laman pendaftaran.

4. Penerima KIP-K atau surat keterangan tidak mampu akan dibebaskan dari biaya pelaksanaan seleksi mandiri, selama telah mengunggah dokumen KIP-K atau Surat Keterangan Tidak Mampu pada saat pendaftaran

Biaya Kuliah ITB

Untuk biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester bagi mahasiswa yang akan diterima melalui Seleksi Mandiri (SM ITB 2022) ini untuk semua fakultas atau sekolah adalah Rp25.000.000 (dua puluh juta rupiah) untuk setiap semester.

Ada perbedaan dari biaya kuliah di sekolah bisnis dan manajemen jika dibandingkan dengan fakultas/sekolah selain sekolah bisnis dan manajemen.

Untuk sekolah bisnis dan manajemen, UKT per semester sebesar Rp25.000.000, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp40.000.000. Sedangkan untuk fakultas/sekolah selain sekolah bisnis dan manajemen untuk UKT per semester sebesar Rp25.000.000, Iuran Pengembangan Institusi minimal Rp25.000.000.

Bagi pemegang KIP-K akan mendapat bebas biaya atau UKT1 (Rp 0,-). Sedangkan UKT di atas tadi merupakan UKT5 ITB ya. Elo juga bisa mendapat UKT dibawah 5:

UKT2 : Rp1.000.000,-/semester
UKT3 : Rp12.500.000,-/semester
UKT4 : Rp20.000.000,-/semester

Untuk pengajuan UKT yang lebih rendah dari UKT5 dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang dapat diakses di laman admission ITB. Disertai pula data pendukung berupa kemampuan ekonomi keluarga.

Pengumuman apakah pengajuan UKT yang lebih rendah telah disetujui akan disampaikan sebelum pendaftaran ulang.

Untuk pembayaran UKT melalui jalur SM 2022 ini tidak berlaku kebijakan penundaan atau penangguhan dari pelunasan pembayaran. Namun mahasiswa bisa banget mengajukan permohonan pembayaran UKT dengan cara mencicil.

Ada dua skema pembayaran UKT tersebut dalam proses mencicil. Periode pencicilan bisa dilakukan 2 kali dalam 1 semester dan periode pencicilan 3 kali dalam 1 semester.

Oh iya, seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan diwajibkan untuk menyetujui Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi. Pernyataan diisi secara daring pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Program Studi USM ITB 2022

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB kali ini, calon mahasiswa dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 fakultas/sekolah yang sudah ditawarkan oleh ITB.

Informasi mengenai daftar fakultas/sekolah yang ditawarkan oleh kampus ITB pada pelaksanaan USM ITB 2021 ini adalah:

1. Calon peserta yang berasal dari SMA/MA Jurusan IPA yang memiliki Hasil UTBK Saintek dapat memilih Fakultas/Sekolah berikut:

a. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)- Matematika: Matematika, Aktuaria

b. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)- Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Astronomi, Kimia

c. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains: Biologi, Mikrobiologi

d. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa: Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Teknologi Pasca Panen

e. Sekolah Farmasi (SF): Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas

f. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) – Kampus Ganesa: Meteorologi, Oseanografi, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika

g. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesa: Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Metalurgi

h. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Komputasi: Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi

I. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Rekayasa: Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Biomedis

j. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) – Kampus Ganesa: Teknik Sipil, Teknik Kelautan, Teknik Lingkungan

k. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) – Kampus Jatinangor: Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air

l. Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Ganesa: Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Industri

m. Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Jatinangor: Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi

n. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD): Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, Teknik Material

o. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) – Kampus Ganesa: Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota

2. Calon peserta yang berasal dari SMA/MA Jurusan IPA atau SMA/MA Jurusan IPS yang memiliki Hasil UTBK Saintek/Soshum dapat memilih Fakultas/Sekolah berikut :

a. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesa: Seni Rupa, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual (Kampus Ganesa dan Jatinangor), Desain Produk

b. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM): Manajemen, Kewirausahaan (Kampus Ganesa dan Jatinangor)

Tes Keterampilan Seni Rupa

Bagi elo yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa bagi peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan diselenggarakan secara luring pada 2 Juli 2022. 

Informasi lengkap mengenai jadwal pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) akan disampaikan kemudian di laman https://admission.itb.ac.id/ dan di akun masing-masing peserta SM-ITB.

Pengumuman USM ITB 2021

Hal ini tentu adalah yang terpenting bagi kalian kan? hehehehe. Untuk pengumuman hasil Seleksi Mandiri atau SM ITB tahun 2022 ini akan diumumkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh kampus ITB.

Pendaftaran SM ITB 2022 ini dibuka pada 6 Juni 2022 dan akan ditutup sampai 29 Juni 2022. Untuk pengumuman hasil Seleksi Mandiri atau SM ITB 2022 akan diumumkan tanggal 27 Juli 2022.

Ikuti Juga Ujian Mandiri dari Beberapa Kampus Lain

Jalur Mandiri UNP

Jalur Mandiri Universitas Udayana 2022

Pendaftaran UM UNDIP 2022

UM UNY 2022

UM IPB 2022

UM UGM 2022

SPMB UNS 2022

Pendaftaran SIMAK UI 2022

SBMPTBR UNEJ 2022

Itu dia informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri ITB atau SM ITB 2022 yang bisa memberi elo informasi dan referensi bagi yang ingin mendaftarkan diri di Kampus ITB ini. Bagi yang ingin mengetahui informasi lain yang mungkin belum ada di artikel ini, boleh komen di bawah ya!

Buat mempersiapkan elo belajar lebih baik lagi, yuk langganan paket belajar Zenius khusus untuk persiapan ujian masuk PTN. Bareng Zenius Ultima, elo bakal lebih siap deh taklukkan ujian masuk PTN Klik banner di bawah untuk info lengkapnya!

CTA Zenius ultima plus
Klik banner di atas yuk!
 

Originally published: May 3, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!