fakultas kehutanan ugm

Program Studi dan Syarat Masuk Fakultas Kehutanan UGM

Kuliah di Fakultas Kehutanan UGM (Universitas Gadjah Mada), elo bisa mendalami seluk beluk pengelolaan hutan dan manajemennya. Yuk, simak info lengkap jurusan, akreditasi, sampai daya tampung buat mahasiswa baru!

Apa sih yang terkenal dari Indonesia selain keragaman budayanya? Yap, kekayaan sumber daya alamnya! Sebagaimana laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2020, Indonesia memiliki luas lahan berhutan seluruh daratan hingga 95,6 juta hektare atau setara dengan 50,9% dari luas Indonesia!

Berkat wilayah hutan yang luas, nggak heran kalau Indonesia dijuluki sebagai ‘Paru-paru Dunia’ karena mampu menghasilkan oksigen yang cukup besar.

Selain itu, elo tahu kan kalau hutan juga tempat untuk berbagai satwa liar? Nah, biar para satwa ini nggak kehilangan rumahnya, perlu pengelolaan ketat demi menjaga ekosistemnya. 

Sayangnya, hutan di Indonesia mulai rusak dan hilang akibat penebangan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir karena deforestasi. Kalau elo ingin berperan lebih dalam mengatasi kondisi ini, dalami seluk beluk pengelolaan hutan dan manajemennya di Fakultas Kehutanan UGM (Universitas Gadjah Mada). Kayak apa sih perkuliahan di fakultas ini? Yuk, simak!

Sejarah Fakultas Kehutanan UGM

Universitas Gadjah Mada sudah berdiri sejak 19 Desember 1949 dengan enam fakultas dan Fakultas Pertanian menjadi salah satunya. Saat itu, Fakultas Kehutanan UGM masih menjadi bagian dari Fakultas Pertanian dengan nama Bagian Kehutanan. 

Nama Fakultas Pertanian sendiri juga sempat berubah menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan pada 1951 lho. Tapi, untuk memperjelas bidang ilmu dan mempermudah birokrasi, Fakultas Kehutanan UGM dipisah menjadi fakultas sendiri pada 17 Agustus 1963.

Buat elo yang mau melanjutkan pendidikan ke bidang kehutanan, bisa memilih Program Sarjana Kehutanan saat mendaftar kuliah nanti, nih. Selain itu, Fakultas Kehutanan UGM juga membuka Program Pascasarjana Kehutanan Fakultas UGM untuk magister dan doktor Ilmu Kehutanan yang bisa elo tempuh setelah menyelesaikan jenjang sarjana!

Khusus di artikel ini, gue hanya membahas seluk-beluk program program sarjananya saja. Mulai dari mata kuliah, akreditasi, sampai daya tampungnya nih. Jadi, simak terus artikel ini ya!

Baca Juga: 25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu!

Program Studi Kehutanan UGM

Nah, biar jelas apa saja yang dipelajari di Fakultas Kehutanan UGM, kita bahas di sini ya.

Fakultas Kehutanan UGM memiliki satu program studi untuk jenjang sarjana, yaitu Program Studi Kehutanan. Program ini akan elo tempuh selama empat tahun nantinya atau setara dengan delapan semester, dan akan tersebar ke dalam 144 SKS.

Di prodi ini, elo bakal belajar banyak soal  pembangunan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumberdaya hutan tanpa merusak ekosistem, sampai analisis permasalahan kehutanan. Elo juga akan bertemu bahasan terkait deforestasi yang kita bahas di awal tadi, hingga teknologi yang digunakan untuk pengelolaan hutan. 

Selain itu, kalau biasanya pemilihan departemen atau peminatan ilmu dilakukan di atas semester empat, di Prodi Fakultas Kehutanan UGM ini agak berbeda, lho. Elo bisa memilih departemen dari semester tiga! Jadi, elo sudah bisa memulai mengkonsentrasikan minat yang elo punya lebih awal.

Buat departemennya sendiri, elo bisa cek infonya di infografis di bawah ini ya!

departemen di fakultas kehutanan ugm
Departemen di Fakultas Kehutanan UGM (Ilustrasi: Arsip Zenius)

Setelah elo selesai menjalani program sarjana di Fakultas Kehutanan UGM, elo akan menyandang gelar Sarjana Kehutanan atau S.Hut nih. Dari situ, baru deh elo bisa melanjutkan program pascasarjana di bidang ilmu kehutanan.

Akreditasi Fakultas Kehutanan UGM

Sebagai salah satu kampus yang berdiri sejak zaman awal kemerdekaan, kualitas UGM memang nggak perlu dipertanyakan lagi deh.

Program studi yang ada di Fakultas Kehutanan UGM saja, mulai dari jenjang sarjana, magister, dan doktor sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jadi, buat elo yang mau melanjutkan pendidikan ke fakultas ini, nggak perlu bingung apalagi ragu ya!

Baca Juga: Pembahasan Lengkap 8 Jurusan di Fakultas Teknik UGM

Daya Tampung Fakultas Kehutanan UGM

Sudah membulatkan tekad buat masuk ke Program Studi Kehutanan UGM? Sebelum mendaftar, pastikan dulu elo sudah mempersiapkan diri buat ikut ujian di bidang sainteknya sebagai syarat masuk Fakultas Kehutanan UGM ya! 

Selain itu, jangan lupa juga buat survei daya tampungnya. Jangan khawatir, soal daya tampung bisa langsung elo cek di infografis di bawah nih.

daya tampung jurusan kehutanan ugm
Daya tampung Jurusan Kehutanan UGM. (Ilustrasi: Arsip Zenius)

Prospek Kerja Fakultas Kehutanan UGM

Mungkin masih ada yang bingung kira-kira lulusan kehutanan ini bisa jadi apa sih? Tenang tenang, prospek karier jurusan yang satu ini nggak kalah menarik dengan jurusan lainnya lho.

Yang pasti, elo bisa banget bekerja di BUMN Perum Perhutani. Perusahaan ini bergerak di bidang pengelolaan sumber daya hutan dan pengoptimalan bisnis kehutanan. Jadi, bakal sejalan banget sama gelar Sarjana Kehutanan yang bakal elo raih.

Tapi, kalau elo tipe orang yang mau membawa dampak signifikan dengan menggeluti profesi ilmuwan, coba mendaftar ke LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Atau elo pengen berkontribusi menangani isu-isu seputar lingkungan? Elo bisa mencoba aktif di lembaga-lembaga NGO (Non-government Organization) kayak WALHI (Wahana Lingkungan Hidup) ataupun WWF (World Wildlife Fund for Nature).

Baca Juga: 15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Kamu?

Kalau mau punya usaha sendiri, gimana? Bisa banget! Banyak juga lho lulusan Jurusan Kehutanan yang membuka bisnisnya sendiri di bidang pengolahan hasil hutan seperti kertas dan mebel.

Jadi, nggak ada ya istilah lulusan jurusan kehutanan punya masa depan suram. Hal ini juga berlaku buat lulusan jurusan lain. Karena di era sekarang, siapapun berpeluang berkarier di bidang apapun asalkan kreatif!

Gimana nih? Pasti makin semangat dong buat masuk Jurusan Kehutanan UGM! Karena kuota penerimaan terbesar jurusan ini ada di jalur UM UGM, elo juga bisa banget maksimalkan persiapan UM UGM dengan cek dan ricek panduan lengkap soal UM UGM.

Panduan Lengkap UM UGM

Makin sering latihan soal, pastinya kemampuan elo bakalan makin oke dong, ya nggak sih? Elo juga bisa nih download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, sampai tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Biasain diri elo juga dengan suasana ujiannya lewat beragam simulasi, jadi nggak cuma pengetahuan lu yang meningkat, tapi kesiapan mental elo juga! Nah, elo bisa banget nih ikutan tryout buat simulasi ujian. Klik langsung banner di bawah ini, ya! 

try out um ugm online zenius

Referensi:

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – PPID

Sejarah Fakultas Kehutanan UGM

Buku Panduan Akademik Program Studi Ilmu Kehutanan UGM

Sertifikasi Akreditasi Fakultas Kehutanan UGM

Bagikan Artikel Ini!