15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Elo?

15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Elo? 17

Halo, Sobat Zenius! Di antara elo ada yang punya impian buat masuk ke UGM, nggak? Kalau ada, gue punya strategi khusus, lho, supaya peluang lolosnya besar! Yap, elo bisa pilih salah satu jurusan UGM yang sepi peminat.

Nggak bisa dimungkiri, Universitas Gadjah Mada atau UGM jadi favorit bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, lewat data dari UniRank 2021, UGM menjadi universitas nomor 1 di Indonesia mengalahkan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya (UB).

Meski demikian, tidak semua fakultas dan jurusan di UGM jadi favorit banyak orang, lho. Ada beberapa jurusan yang jarang diminati di UGM. 

Nah, Sobat Zenius bisa mengambil salah satu jurusan tersebut buat elo maksimalkan saat ikut UTUL UGM atau Ujian Tulis UGM 2022 nanti. Strategi inilah yang mau gue bagikan ke elo supaya peluang lolos UGM jadi semakin besar!

Kira-kira apa saja, ya, jurusannya? Nah, sebelum masuk ke artikelnya, gue mau kasih tau elo buat download aplikasi Zenius dulu, nih. Lewat aplikasi tersebut, Sobat Zenius bisa mendapatkan materi-materi menarik serta fitur-fitur buat belajar jelang ujian mandiri lainnya yang lebih lengkap, terutama UM UGM.

Klik banner di bawah ini untuk selengkapnya, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Daftar Jurusan UGM yang Sepi Peminat

Buat tahu apa saja jurusan UGM yang sepi peminat, Sobat Zenius bisa melihat dari tingkat persentase keketatannya. Semakin besar persentasenya, otomatis semakin kecil tingkat persaingan kamu dengan orang lain.

Berikut ini gue akan merangkum jurusan SOSHUM dan SAINTEK UGM yang sepi peminat serta daya tampung 2022. Data diambil dari peminat 2021 dan daya tampung UGM SBMPTN 2022 melalui LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

1. Fisika

jurusan ugm yang sepi peminat
Ilustrasi Gedung FMIPA UGM (Dok. ugm.ac.id)

Siapa yang tertarik dengan mata pelajaran Fisika? Kalau elo salah satunya, nggak ada salahnya, lho, daftar UTUL UGM ambil jurusan fisika. Fisika masuk ke dalam daftar jurusan UGM yang sepi peminat.

Sama seperti pada umumnya, Fisika UGM masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan atau disingkat FMIPA. Akan ada banyak sekali hal yang elo pelajari dari prodi Fisika, mulai dari mekanika klasik, mekanika kuantum, fisika statistik, hingga melakukan eksperimental dan observasi.

Berikut tabel peminat dan daya tampung Fisika UGM.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
1502114,00%
Tabel daya tampung dan keketatan Fisika UGM

2. Kimia

Selain Fisika, Kimia juga jadi salah satu jurusan SAINTEK UGM yang sepi peminat. Di bawah naungan FMIPA, elo juga akan belajar banyak hal melalui prodi yang satu ini, mulai dari kimia kontekstual, kinetika kimia, hingga kimia kuantum.

Beruntungnya, Sobat Zenius bakal dapat berbagai macam fasilitas yang menunjang perkuliahan elo selama di jurusan Kimia UGM, yaitu laboratorium, perpustakaan, dan internet.

Berikut tabel keketatan UGM untuk jurusan Kimia dan daya tampung 2022:

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
3324212,65%
Tabel daya tampung dan keketatan Kimia UGM

Baca Juga: UM UGM 2021: Ujian Tulis (UTUL) dan Jalur Prestasi

3. Biologi

jurusan yang jarang diminati di ugm
Ilustrasi Fakultas Biologi UGM (Dok. ugm.ac.id)

Biologi UGM bisa jadi salah satu opsi elo jika tertarik dengan prodi yang satu ini. Meski masuk ke dalam salah satu daftar jurusan UGM yang sepi peminat, jurusan Biologi menawarkan prospek pekerjaan yang besar, lho, Sobat Zenius, mulai dari pengajar ataupun peneliti di berbagai perguruan tinggi.

Uniknya, prodi Biologi di UGM ini masuk ke dalam Fakultas Biologi, tidak masuk ke FMIPA. Fakultas Biologi di UGM sendiri sudah ada sejak tahun 1955 dan merupakan Fakultas Biologi tertua di Indonesia.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
5336812,76%
Tabel daya tampung dan keketatan Biologi UGM

4. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan atau THP juga masuk ke dalam salah satu jurusan UGM yang sepi peminat. Masuk ke dalam Fakultas Pertanian, Sobat Zenius akan belajar banyak hal lewat prodi yang satu ini, mulai dari analisis pangan, refrigerasi hasil perikanan, biokimia hasil perikanan hingga gizi ikani.

Prospek kariernya juga sangat menjanjikan, lho, karena kita berada di negara kepulauan seperti Indonesia dengan ⅔ wilayah berupa lautan. Kalau masuk ke THP UGM, Sobat Zenius bisa jadi staf dan peneliti di lembaga pemerintah daerah atau Kementerian Kelautan dan Perikanan, jadi dosen, dan bisa mengembangkan bisnis perikanan sendiri.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
1852312,43%
Tabel daya tampung dan keketatan THP UGM

5. Ilmu dan Industri Peternakan

Fakultas Peternakan UGM menawarkan satu jurusan buat Sobat Zenius yang tertarik untuk berkecimpung di dalam dunia peternakan, yaitu program studi Ilmu dan Industri Peternakan. 

Meski masuk ke dalam jurusan yang jarang diminati di UGM, tetapi prodi yang satu ini menawarkan prospek kerja yang menarik, lho! 

Pasalnya, Sobat Zenius dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Bappeda, Kementerian Perdagangan ataupun bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN atau swasta di bidang peternakan.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
6279014,35%
Tabel daya tampung dan keketatan Ilmu dan Industri Peternakan UGM

6. Proteksi Tanaman (Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan)

Elo suka bercocok tanam atau penasaran dengan dunia pertanian? Kalau iya, bisa dicoba nih ambil jurusan Proteksi Tanaman di UGM. Proteksi Tanaman emang masuk ke dalam salah satu daftar jurusan di UGM yang sepi peminat.

Kendati demikian, bukan berarti jurusan ini jelek, ya, Sobat Zenius! Justru, elo akan belajar banyak hal dari prodi proteksi tanaman, mulai dari pengantar ilmu pertanian, sosiologi pertanian, hingga dasar-dasar sitogenetika. Menarik, bukan?

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
1952110,77%
Tabel daya tampung dan keketatan Proteksi Tanaman UGM

7. Teknik Fisika

jurusan ugm yang sepi peminat
Ilustrasi jurusan Teknik Fisika (Dok. pfos.education)

Lain halnya dengan Fisika, Teknik Fisika masuk ke dalam Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Program studi yang satu ini juga jadi salah satu jurusan SAINTEK UGM yang sepi peminat.

Kendati demikian, ada banyak hal menarik yang bisa lo pelajari dari jurusan Teknik Fisika UGM, mulai dari probabilitas dan statistika, persamaan diferensial, perancangan sistem otomasi, hingga manajemen proyek.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
2693011,15%
Tabel daya tampung dan keketatan Teknik Fisika UGM

8. Filsafat

Di UGM, prodi Filsafat masuk ke dalam Fakultas Filsafat. Ilmu Filsafat identik dengan mempelajari hakikat dari ilmu pengetahuan. Apabila elo tertarik masuk jurusan Filsafat UGM nggak perlu khawatir. Prodi SOSHUM yang satu ini termasuk ke dalam jurusan UGM yang sepi peminat.

Elo akan menjadi pribadi yang kritis ketika masuk ke dalam jurusan yang satu ini. Di sisi lain, banyak sekali mata kuliah menarik yang akan elo pelajari, mulai dari filsafat barat kontemporer, aksiologi/filsafat nilai, filsafat sejarah, filsafat bahasa, dan masih banyak lagi.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
837455,38%
Tabel daya tampung dan keketatan Filsafat UGM

9. Sastra Jawa

Kalau elo penasaran dan tertarik mempelajari kebudayaan, sastra, dan kesenian Jawa, nggak usah ragu buat ambil jurusan Sastra Jawa UGM. 

Di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya, elo akan belajar banyak sekali mata kuliah menarik terkait bahasa dan budaya Jawa, yaitu pengantar sastra Jawa, teks prosa Jawa Kuna, bahasa Sansekerta, dan masih banyak lagi.

Meski masuk daftar salah satu jurusan SOSHUM UGM yang sepi peminat, prospek sastra Jawa cukup luas, mulai dari kerja di bagian penelitian balai/pusat bahasa hingga di bagian arsip dan kebudayaan.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
143149,79%
Tabel daya tampung dan keketatan Sastra Jawa UGM

Baca Juga: Contoh Soal UM UGM dan Pembahasan: Saintek Lengkap

10. Sastra Prancis

jurusan di ugm yang sepi peminat
Ilustrasi negara Perancis (Dok. aa.com.tr)

Sama seperti Sastra Jawa, Sastra Perancis berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya atau FIB. Bagi elo yang tertarik mendalami sastra Perancis, nggak usah ragu buat ambil di UGM. Pasalnya, sastra Perancis juga termasuk ke dalam jurusan UGM yang sepi peminat.

Untuk mata kuliahnya sendiri, elo akan banyak belajar banyak hal, seperti sastra Perancis klasik, bahasa Perancis pariwisata, pengantar sejarah dan kebudayaan Perancis, hingga production orale 1 dan 2.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
148149,46%
Tabel daya tampung dan keketatan Sastra Prancis UGM

11. Sejarah

Masuk lagi ke bagian SOSHUM, Sejarah juga jadi salah satu jurusan di UGM yang sepi peminat, lho!

Beberapa dari elo mungkin bosan belajar mata pelajaran yang satu ini, tetapi beberapa juga semakin bergairah buat menelusuri sejarah lebih dalam.

Nah, kalau elo masuk ke dalam kategori yang kedua, nggak ada salahnya buat ambil jurusan Sejarah UGM, Sobat Zenius! Ada sekitar 124 SKS mata kuliah wajib dan 20 SKS mata kuliah pilihan yang akan elo pelajari nanti.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
278186,47%
Tabel daya tampung dan keketatan Sejarah UGM

12. Sastra Jepang

Jurusan UGM yang sepi peminat selanjutnya adalah sastra Jepang. Sobat Zenius mungkin sudah ada yang mengimpikan jurusan ini sekarang. Sama seperti sastra-sastra lainnya, sastra Jepang juga masuk ke dalam lingkup Fakultas Ilmu Budaya atau FIB.

Di sastra Jepang UGM, elo akan belajar banyak sekali mata kuliah, yaitu Dounyuu I dan II, Fukushuu I dan II, pengantar kejepangan, kanji, dan masih banyak lagi.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
450143,11%
Tabel daya tampung dan keketatan Sastra Jepang UGM

13. Arkeologi

jurusan yang jarang diminati di ugm
Ilustrasi Jurusan Arkeologi UGM (Dok. arkeologi.ugm.ac.id)

Sobat Zenius punya ketertarikan untuk mempelajari kebudayaan manusia sepanjang zaman? Kalau iya, boleh coba ambil jurusan Arkeologi UGM, nih! Ilmu ini nantinya akan mempelajari kebudayaan manusia dengan menggabungkan ilmu Sejarah dan Geologi.

Di UGM, Arkeologi mempunyai beraneka ragam mata kuliah yang menarik, yaitu arkeologi Asia Tenggara, metode ekskavasi, arkeologi maritim, pengantar museologi, dan masih banyak lagi.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
356185,06%
Tabel daya tampung dan keketatan Arkeologi UGM

14. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Balik lagi ke jurusan SAINTEK, nih, Sobat Zenius! Selain jurusan Proteksi Tanaman, elo juga bisa ambil jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, lho, jika tertarik dengan dunia pertanian!

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian ini masuk ke daftar salah satu jurusan SAINTEK UGM yang sepi peminat jika dilihat dari persentase keketatannya. Kendati demikian, elo akan belajar banyak hal dari jurusan ini,  mulai dari dasar-dasar penyuluhan dan komunikasi pertanian, psikologi sosial, komunikasi sosial, dan masih banyak lagi.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
148128,11%
Tabel daya tampung dan keketatan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

15. Manajemen Sumber Daya Akuatik (Manajemen Sumber Daya Perikanan)

Jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Pertanian UGM. Sama seperti halnya THP, Manajemen Sumber Daya Akuatik ini memiliki prospek yang cukup luas karena kita tinggal di negara kepulauan seperti Indonesia.

Setelah lulus dari prodi ini, elo bisa bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan ataupun perusahaan BUMN/swasta yang bergerak di bidang perikanan.

Pendaftar 2021Daya Tampung 2022Persentase Keketatan
1422316,20%
Tabel daya tampung dan keketatan Manajemen Sumber Daya Akuatik

Baca Juga: 20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran Lo?

Demikian daftar 15 jurusan UGM yang sepi peminat. Sekali lagi, jurusan yang sepi bukan berarti nggak laku dan prospek kariernya sempit, ya! Dari penjelasan di atas, justru luas sekali prospek karier yang bisa elo pilih.

Mengetahui hal di atas, elo bisa mulai atur strategi untuk pilih jurusan yang jarang diminati di UGM saat UTUL atau Ujian Tulis yang persaingannya tidak terlalu ketat jika berkeinginan masuk UGM. Sebab, dengan memilih tingkat persaingan yang rendah, otomatis peluang elo lolos semakin besar.

Ditambah, elo juga berkesempatan mendapatkan keuntungan lain, seperti beasiswa dari UGM serta masuk di kampus ternama di Indonesia, lho! UGM sendiri  menyediakan beraneka ragam beasiswa untuk mahasiswa, mulai dari beasiswa Bidikmisi, beasiswa VDMI, beasiswa Mizan, Baktinusa dan masih banyak lagi.

Menarik, bukan? Sembari mempersiapkan strategi, elo juga bisa update informasi terbaru mengenai UM UGM melalui Panduan UM UGM dari Zenius, lho!

15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Elo? 18

Supaya peluang elo semakin besar untuk masuk ke UGM, Sobat Zenius bisa banget, nih, mempersiapkan diri dengan mengikuti Zenius Ultima

Lewat Zenius Ultima tersebut, elo akan belajar banyak hal mengenai persiapan menghadapi ujian masuk berbagai PTN, termasuk UGM. 

Jadi, tunggu apa lagi? Klik banner di bawah ini, ya, untuk informasi lebih lanjut!

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Originally published: December 7, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!