Ikut UM UGM 2021 untuk jadi bagian salah satu kampus favorit di Indonesia.

UM UGM 2021: Ujian Tulis (UTUL) dan Jalur Prestasi

Ujian Mandiri Universitas Gadjah Mada atau UM UGM menjadi alternatif bagi calon mahasiswa baru yang mengincar salah satu kampus favorit di Indonesia ini. Tentunya, perlu persiapan matang buat lolos UM UGM 2021. Banyaknya jumlah peminat membuat persaingan meraih kursi di UGM termasuk sangat ketat.

Menurut laporan kontan.co.id, UGM menjadi kampus dengan pendaftar SBMPTN terbanyak tahun lalu. Tercatat ada total 62.506 pendaftar. Sayangnya, kuota yang tersedia enggak sebanding nih sama membludaknya angka pendaftar. Dari seluruh peserta SBMPTN 2020 yang mengincar kampus UGM, hanya 2.454 yang lolos diterima. Karena itu, ujian mandiri UGM jadi jalan selanjutnya bagi mereka yang belum lulus SBMPTN.

Ikut UM UGM 2021 untuk jadi bagian salah satu kampus favorit di Indonesia.
Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada saat Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) pada 2018. (Dok: ugm.ac.id)

UTUL UGM 2021

Sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19, pelaksanaan UM UGM 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ujian tulis (UTUL) ditiadakan dan jalur pendaftaran yang tersedia hanya dengan skor UTBK 2020, nilai rapor, serta kriteria lain. 

Lantas gimana dengan UM UGM tahun ini? Berdasarkan informasi dari laman resmi Universitas Gadjah Mada, UTUL menjadi salah satu kriteria penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Mandiri 2021. Namun hingga saat ini, belum ada jadwal pendaftaran yang ditetapkan dari pihak penyelenggara.

Tapi, enggak ada salahnya buat persiapin diri dari sekarang. Simak obrolan salah satu alumni Zenius, Bella, yang berhasil lolos utul atau UM UGM untuk Sekolah Vokasi – Departemen Ekonomika dan Bisnis. Bella membagikan pengalamannya ikut ujian mandiri atau UM UGM dan tips jitu buat belajar.

Seleksi Mandiri UM UGM Jalur Prestasi

Selain jalur UTUL UGM yang juga disebut CBT-UTUL (Ujian Tulis computer-base test), Seleksi Mandiri atau UM UGM juga membuka Jalur Prestasi. Ada empat program yang tersedia lewat jalur ini.

  • Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Jalur seleksi mandiri ini ditujukan bagi siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2020/2021 (lulus pada 2021). Calon mahasiswa dari program ini diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang menjalin kerja sama/mitra dengan UGM. 

Syarat pendaftaran: siswa wajib melampirkan beberapa dokumen antara lain: nilai rapor, surat rekomendasi dari kepala sekolah, surat rekomendasi dari mitra, surat kesanggupan membayar biaya pendidikan dari mitra, dan sertifikat kejuaraan.

Pendaftar berhak memilih 2 Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). 

Jadwal seleksi: pendaftaran online dibuka mulai 21 April – 3 Mei 2021, pengumuman hasil seleksi keluar pada 25 Mei 2021.

  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Pengertian: penerima seleksi mandiri jalur ini merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2020/2021 (lulus pada 2021), dengan kriteria berikut:

  1. Siswa/siswi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah; atau
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal Rp 4.000.000 per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 per bulannya; dan
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4);

Pendaftar berhak memilih 2 Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). 

Syarat pendaftaran: pendaftar seleksi mandiri wajib melampirkan beberapa dokumen antara lain: rapor asli, surat rekomendasi dari kepala sekolah, sertifikat kejuaraan, surat keterangan penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya, Kartu Keluarga, dan Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau Kartu Peserta KIP K atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). 

Jadwal seleksi: pendaftaran online dibuka mulai 21 April – 3 Mei 2021, pengumuman hasil seleksi keluar pada 25 Mei 2021.

  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Pengertian: program seleksi mandiri jalur ini ditujukan bagi pemenang/juara lomba di bidang Olahraga, Seni, dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi; sesuai program studi yang dipilih) baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau yang setara.

Pendaftar seleksi mandiri untuk klaster IPTEK merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2020/2021 (lulus pada 2021). Sedangkan pendaftar untuk klaster Olahraga dan Seni merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2020/2021 (lulus pada 2021) dan lulusan tahun 2020.

Pendaftar berhak memilih 2 Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). 

Syarat pendaftaran: dokumen yang wajib dilampirkan antara lain rapor asli, surat rekomendasi kepala sekolah, surat kesanggupan pembiayaan, surat kesanggupan aktif di UKM saat kuliah, dan portfolio khusus pendaftar klaster Olahraga dan Seni.

Jadwal seleksi: pendaftaran online dibuka mulai 21 April – 3 Mei 2021, pengumuman hasil seleksi keluar pada 25 Mei 2021.

  • Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUBSMAK) khusus Sarjana Terapan Sekolah Vokasi

Pengertian: pendaftaran seleksi mandiri jalur ini mematok syarat siswa/siswi SMA merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima); atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun; atau 50% siswa terbaik di kelas akselerasi pada semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat).

Pendaftar berhak memilih 2 Program Studi khusus pada Program Sarjana Terapan (D4) Sekolah Vokasi.

Syarat pendaftaran: pendaftar wajib melampirkan surat rekomendasi kepala sekolah yang membuktikan prestasi akademik pendaftar selama bersekolah.

Jadwal seleksi: pendaftaran online dibuka mulai 21 April – 3 Mei 2021, pengumuman hasil seleksi keluar pada 25 Mei 2021.

BACA JUGA:

Persiapan Menghadapi UTUL atau UM UGM

UM UNAIR 2021: Informasi Pendaftaran dan Jadwal Terlengkap

SIMAK UI 2021: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan