20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran?

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Universitas Top

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Kembali lagi dengan Sabrina di sini. Kali ini gue bakal ngebahas strategi dalam memilih jurusan di SNMPTN. Strategi ini dinamakan mencari peluang dari jurusan SNMPTN yang jarang diminati. 

Baik itu dari jurusan saintek di SNMPTN yang sepi peminat maupun jurusan soshum. Cara ini bisa elo gunakan untuk memperbesar peluang elo diterima di universitas impian. 

Apalagi kalo merasa nilai rapor yang elo miliki gak terlalu besar dan kurang bisa membuka kesempatan buat keterima lewat SNMPTN di jurusan yang rame peminatnya. 

Tapi tenang aja, meskipun jurusannya jarang diminati, kalau berasal dari universitas ternama, pasti terjamin dong kualitasnya. 

Okay, tanpa berlama-lama gue udah menyiapkan daftar jurusan SNMPTN yang jarang diminati dari berbagai 8 universitas terbaik di Indonesia.

Daftar Jurusan yang Jarang Diminati di SNMPTN

Meskipun judulnya adalah jurusan SNMPTN yang jarang diminati, jurusan-jurusan di 8 universitas terbaik Indonesia ini sudah terakreditasi dan memiliki kualitas yang baik, lho. 

Oh iya, data ini gue ambil berdasarkan jumlah peminat dan keketatan yang tercatat di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada SNMPTN 2021 ya. 

Sebagai pembuka, berikut ini adalah jurusan SNMPTN yang jarang diminati di Universitas Indonesia (UI).

Universitas Indonesia (UI)

UI adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang menjadi tujuan banyak siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka. Dan mungkin salah satunya elo yang ingin menjadi bagian dari pemilik jaket kuning (jakun). 

Meskipun digadang-gadang menjadi salah satu PTN di Indonesia yang ramai peminat, pada SNMPTN 2021 ternyata PTN yang punya motto Veritas, Probitas, Iustitia tidak masuk dalam 20 besar universitas favorit pilihan anak-anak SMA sederajat lho. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan apa saja yang sepi peminat di UI sehingga punya peluang lebih besar diterima SNMPTN 2022, langsung cek di bawah ini ya!

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di UI

Jurusan saintek yang sepi peminat di UI adalah jurusan Geografi, Fisika, Ilmu Keperawatan, Teknik Perkapalan hingga Teknik Elektro. 

Elo bisa pilih jurusan Geografi kalo selama di SMA dulu elo tertarik dengan mata pelajaran Geografi. Terus ada juga jurusan Fisika yang bisa dipilih kalo elo tertarik menjadi seorang ilmuwan, akademisi atau pengajar. 

Di jurusan yang berbau teknik, jurusan yang “agak” sepi peminat adalah Teknik Perkapalan dan Teknik Elektro. Sedangkan untuk jurusan yang berkaitan dengan kesehatan, elo bisa pilih Ilmu Keperawatan. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di UI

Sedangkan di kelompok soshum, ada jurusan Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Sastra Rusia, Ilmu Filsafat, Arkeologi dan Ilmu Sejarah. 

Perlu elo ketahui jurusan Sastra Daerah untuk Sastra Jawa hanya terdapat di empat universitas di Indonesia saja lho, salah satu yang terbaiknya ada di UI. 

Dari jurusan sastra lainnya yang sepi peminat adalah sastra Rusia. Kalo elo anaknya “sastra banget”, elo bisa memilih salah satu dari kedua jurusan ini. 

Jurusan SNMPTN yang jarang diminati dari ranah soshum lainnya adalah Ilmu Filsafat. Kalo elo adalah orang yang kritis dan pengen memperdalam cara berpikir dan mengetahui fenomena kehidupan manusia, jurusan ini cocok buat elo. 

Terus ada juga jurusan Arkeologi dan Ilmu Sejarah yang bisa dipilih kalo elo tertarik dengan kehidupan manusia kuno, hingga perkembangan sejarah sampai saat ini.

Berikut ini adalah daftar jurusan saintek dan soshum yang sepi peminat di UI:

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di UI
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di UI (Sumber: LTMPT)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Pada SNMPTN 2021, UGM nangkring di peringkat 7 besar universitas dengan pendaftar terbanyak. 

Tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, universitas yang berada di Bulaksumur Yogyakarta ini memang langganan menjadi favorit para siswa. 

Kalo elo pengen masuk UGM tapi masih ragu dengan jumlah pesaing yang banyak, elo tentunya bisa menggunakan strategi dengan memilih jurusan yang sepi peminat di UGM. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di UGM

Jurusan saintek yang sepi peminat di kampus dengan sebutan kampus rakyat ini adalah jurusan Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan/Ilmu Peternakan, Kehutanan dan Geografi Lingkungan.

Elo bisa memilih jurusan Agroteknologi atau jurusan Agribisnis kalo elo tertarik dengan dunia pertanian. Atau jika elo bercita-cita jadi juragan sapi/kambing, elo bisa pilih jurusan ilmu peternakan. 

UM UGM 2021: Ujian Tulis, Jalur Prestasi, dan Daya Tampung. Jurusan SNMPTN yang jarang diminati di UGM
Mahasiswa UGM Sedang Mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) (Dok: ugm.ac.id)

Selain itu, elo juga bisa memilih jurusan kehutanan. Jurusan ini adalah tempat Presiden Joko Widodo menimba ilmu dan setelah lulus dari kehutanan, beliau melanjutkan karier menjadi seorang pengusaha mebel yang sukses. 

Jurusan saintek yang sepi peminat selanjutnya adalah jurusan geografi lingkungan, khusus buat elo yang memang tertarik dengan unsur-unsur kebumian dan fenomena sosial kayak geografi manusia dan kependudukan. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di UGM

Di ranah soshum, jurusan SNMPTN yang jarang diminati ada jurusan Arkeologi, Sejarah, Sastra Jawa, Sastra Perancis dan Sastra Jepang. 

Jurusan arkeologi cocok kalo elo adalah orang dengan jiwa petualang yang besar. Nantinya, kalo lulus dari jurusan ini elo bisa jadi seorang zoo archeologist (ahli fosil binatang), arkeolog bawah laut (ahli temuan di bawah laut), arkeolog urban (ahli keseharian manusia dahulu kala), dan arkeologi sejarah (ahli temuan teks).

Ada juga jurusan sejarah yang bisa elo pilih kalo elo orangnya tertarik banget sama kejadian-kejadian di masa lalu. Keuntungan mengambil jurusan ini nantinya ada berbagai peluang pekerjaan yang elo pilih misalnya menjadi Kurator Museum atau Arsiparis.

Dari jurusan kesusastraan, di UGM ada tiga jurusan yang tidak terlalu banyak peminat yaitu Sastra Jawa, Sastra Perancis dan Sastra Jepang yang bisa dipilih sesuai minat. 

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di UGM
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di UGM (Sumber: LTMPT)

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Nah, buat pemilihan jurusan di ITB untuk SNMPTN agak sedikit beda nih sistemnya. Soalnya kalo di ITB, elo hanya bisa memilih di tingkat fakultas dan untuk tingkat jurusan, nanti ditentukan saat elo sudah diterima di ITB. 

Tapi tenang aja, dari total 20 fakultas yang dimiliki ITB sekarang, ada 3 fakultas kelompok saintek dan 1 fakultas kelompok soshum yang tidak terlalu banyak peminatnya dibanding yang lain. 

Fakultas Saintek yang Sepi Peminat di ITB

Fakultas saintek yang sepi peminat di ITB adalah Fakultas Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Sekolah Ilmu & Tekno Hayati (SITH).

Kalo elo adalah orang gemar mengutak-atik komputer atau berselancar di internet elo bisa pilih STEI di SNMPTN nanti. 

Terus ada juga FMIPA ITB yang terdiri dari jurusan Astronomi, Fisika, Kimia, Matematika dan Aktuaria. Elo bisa pilih FMIPA di SNMPTN 2022 ini kalo memang mengincar salah satu jurusan di Fakultas ini. 

Sekolah Ilmu & Tekno Hayati (SITH) atau nama lainnya Bioengineering, bisa menjadi salah pilihan elo saat SNMPTN nanti. Kalo masuk sini, elo akan banyak belajar mengenai cara merekayasa melalui proses biologis, hingga cara pembuatan peralatan rekayasa yang merujuk pada biosistem atau teknologi.

Fakultas Soshum yang Sepi Peminat di ITB

Sedangkan untuk fakultas soshum yang sepi peminat adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) cabang Cirebon. 

Dari kelompok soshum, khususnya buat elo yang berminat di bidang seni, elo bisa memilih FSRD cabang Cirebon di SNMPTN nanti. 

Sebenernya mata kuliah dan sistem belajarnya sama aja dengan FSRD yang ada di Bandung, yang membedakan cuman wilayah kampusnya aja. 

Dengan adanya cabang Cirebon ini, diharapkan siswa-siswa yang mau masuk FSRD ITB gak perlu terlalu jauh ke Bandung. 

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di ITB
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di ITB (Sumber: LTMPT)

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada SNMPTN 2021, IPB menjadi PTN dengan total penerimaan terbanyak rangking ke-16. 

Berbeda dengan PTN lain yang punya jurusan di kelompok sains dan soshum, khusus IPB, jurusan-jurusan di universitas ini hanya ada untuk jurusan saintek.

 Tapi tenang aja, buat elo yang pas SMA jurusannya IPS, masih punya kesempatan memilih SNMPTN di universitas lain kok. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di IPB

Di IPB, ada lima jurusan saintek yang sepi peminat yaitu jurusan Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, Biokimia, Manajemen Sumberdaya Lahan, Proteksi Tanaman dan Fisika.

Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap adalah jurusan yang berdiri di bawah naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Elo bisa memilih jurusan ini kalau elo anaknya tertarik untuk belajar pemanfaatan sumber daya perikanan tangkap hingga pengetahuan mengenai kapal dan transportasi perikanan. 

Elo bisa milih Biokimia, kalo elo memang tertarik dengan Biologi dan Kimia. Eits, meskipun judulnya Biokimia, pengetahuan elo akan dikembangkan pada bidang pertanian, bioindustry, kesehatan dan kelestarian lingkungan juga lho. 

Selanjutnya ada Manajemen Sumberdaya Lahan. Sebelumnya jurusan ini memiliki nama Ilmu Tanah. Kalo masuk jurusan ini, elo bakalan belajar jenis tanah dan teknik pengelolaan yang baik. Ditambah, pengetahuan mengenai berbagai aspek tanah dan lahan baik sebagai media tumbuh beraneka ragam vegetasi.

Lalu ada Proteksi Tanaman yang bisa menjadi pilihan elo saat SNMPTN, apalagi kalau elo punya ketertarikan lebih di dunia tanaman. Melalui jurusan ini elo bakalan belajar banyak mengenai manajemen hama, penyakit tanaman hingga cara perlindungan tanaman.

Terus, yang terakhir ada jurusan Fisika. Buat elo yang jaman SMA emang udah tertarik dengan Fisika bisa memilih jurusan ini. Nantinya elo akan belajar konsep-konsep fisika sehingga bisa menganalisis untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan gejala fisika di alam. 

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di IPB
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di IPB (Sumber: LTMPT)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Di tahun 2021, ITS berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometric

Nah, buat elo yang pengen kuliah di ITS tapi masih ragu-ragu memilih ITS di PTN, elo bisa memilih beberapa jurusan yang sepi peminat.

Menariknya lagi meskipun nama PTN ini ‘Teknologi’ tapi ITS ternyata punya beberapa jurusan soshum lho. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di ITS 

Jurusan saintek yang sepi peminat di ITS yang pertama adalah Jurusan Tek. Sist Perkapalan (Glr Ganda ITS-Jerman). Seperti namanya, jurusan ini adalah program double degree hasil kerja sama Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS dengan Hochschule Wismar University Jerman. 

Buat elo yang memang tertarik di bidang teknik perkapalan dan pengen dapet gelar ganda dari universitas Jerman, elo bisa banget pilih jurusan yang satu ini. 

Jurusan SNMPTN yang jarang diminati di ITS lainnya adalah Teknik Transportasi Laut. Di jurusan ini elo akan banyak belajar mengenai fungsi dan kebutuhan dalam bidang transportasi laut termasuk kebutuhan angkutan laut di tingkat kecil hingga masif. 

Terus, ada juga jurusan Fisika dan Biologi. Kedua jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Analitika Data (Scientist) ITS. Salah satu dari dua jurusan ini bisa menjadi pilihan elo saat SNMPTN nanti, apalagi kalo selama SMA, elo memang tertarik dengan mata pelajaran fisika atau biologi. 

Lalu ada jurusan Desain Interior yang bisa menjadi pilihan elo di SNMPTN nanti. Di jurusan ini elo akan banyak belajar mengenai cara membuat sketsa rencana desain hingga mencari produk dan bahan yang cocok untuk design. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di ITS 

Nah untuk kelompok soshum, perlu diketahui ITS hanya punya dua jurusan yang bisa dipilih yaitu Studi Pembangunan dan Manajemen Bisnis. 

Di antara keduanya, jurusan SNMPTN yang jarang diminati adalah Studi Pembangunan. Kalo masuk jurusan ini, elo akan banyak belajar disiplin ilmu ekonomi, sosial, dan hukum.

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di ITS
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di ITS (Sumber: LTMPT)

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pada SNMPTN 2021 lalu, PTN yang berada di Jawa Barat ini kembali menjadi universitas dengan peminat terbanyak se-Indonesia. 

Tapi bukan berarti elo gak bisa jadi anak Unpad dong, karena universitas yang satu ini masih punya beberapa pilihan jurusan yang sepi peminat.

Sebagai tambahan informasi nih, Unpad punya beberapa wilayah kampus. Selain di Bandung dan Jatinangor, Unpad juga punya kampus di Pangandaran yang dikenal dengan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Pangandaran. 

PSDKU Pangandaran didirikan sejak tahun 2016 dengan tujuan agar masyarakat Jawa Barat khususnya wilayah Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya dapat menjangkau tempat kuliah lebih dekat dan dengan kualitas sama seperti di kampus utama. 

Nah, karena masih terhitung baru beberapa jurusan di PSDKU Pangandaran adalah jurusan SNMPTN yang jarang diminati. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di Unpad 

Khusus untuk jurusan saintek yang sepi peminat di Unpad kampus PSDKU Pangandaran ada jurusan Perikanan, Peternakan, dan Keperawatan.

Sedangkan untuk jurusan yang berada di Unpad tapi masih berada di kampus utama (Jatinangor) adalah jurusan Fisika dan Geofisika. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di Unpad 

Di kelompok soshum jurusan yang sepi peminat ada jurusan Administrasi Bisnis PSDKU Pangandaran dan Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran, Sastra Rusia, Sastra Prancis dan Sastra Sunda. Jurusan sastra ini bisa menjadi pilihan elo di SNMPTN kalau mau masuk Unpad apalagi kalo elo bercita-cita mendalami penulisan, budaya bahkan tata bahasa suatu peradaban atau negara.

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Unpad
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Unpad (Sumber: LTMPT)

Universitas Airlangga (Unair)

Sama seperti Unpad, Unair juga punya beberapa lokasi kampus. Yaitu kampus A di Jalan Prof. Dr. Moestopo 47 yang menjadi tempat Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Kemudian ada kampus B di Jalan Airlangga 4-6 yang merupakan tempat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Vokasi (Vokasi), serta Program Pascasarjana (PPs).

Kampus ketiga atau kampus C ada di Mulyorejo, Surabaya Timur. Di kampus ini terdapat Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Keperawatan (FKp), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), dan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM).

Serta kampus Banyuwangi atau disebut juga sebagai kampus PSDKU (Program Studi Di Kampus Utama) yang didirikan sejak 2014 yang terdapat 4 program studi, yakni S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kedokteran Hewan, S1 Budidaya Perairan dan S1 Akuntansi.

Khusus kampus PSDKU Banyuwangi ini ada beberapa jurusan SNMPTN yang jarang diminati. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di Unair 

Khusus jurusan saintek yang sepi peminat di Unair adalah jurusan Akuakultur, Kedokteran Hewan dan Kesehatan Masyarakat yang terletak di kampus Banyuwangi. 

Kalau elo memilih SNMPTN di jurusan Akuakultur  atau yang memiliki nama lain budidaya perairan, elo akan banyak belajar mengenai teknik fish farming technology. Mulai dari tahap pembenihan, pembesaran dan implementasi pakan ikan.

Nah, buat elo yang memang berasal dari jurusan IPA, bisa memilih Kedokteran Hewan atau Kesehatan Masyarakat. 

Untuk Kedokteran Hewan Unair, jurusan ini merupakan salah satu program studi kedokteran hewan tertua di Indonesia dan satu-satunya FKH yang memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia lho. 

Dan untuk jurusan Kesehatan Masyarakat, cocok banget buat elo yang memang tertarik mendalami ilmu dan seni kesehatan masyarakat serta mengelola dan menganalisis organisasi dan kesehatan. 

Ditambah dengan dua jurusan yang ada di kampus utama (kampus B) yaitu jurusan Fisika dan Matematika. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di Unair

Sedangkan di kelompok soshum yang sepi peminat ada jurusan Akuntansi, ditambah jurusan Studi Kejepangan, Ilmu Sejarah, Bahasa dan Sastra Indonesia serta Sosiologi.

Elo bisa memilih jurusan akuntansi kalau dari SMA elo memang tertarik dengan matematika tapi masuk jurusan IPS. 

Atau kalo elo adalah orang yang cukup peduli dengan lingkungan sosial dan mau berkarier sebagai Human Resource atau personalia, elo bisa memilih jurusan sosiologi.

Dan buat elo yang tertarik dengan bahasa dan kebudayaan bisa memilih jurusan Studi Kejepangan, Ilmu Sejarah, Bahasa dan Sastra Indonesia.

Nah, supaya elo lebih gampang mengingat jurusan yang sepi peminat di Unair, langsung cek di tabel berikut ini ya dan jangan lupa share ke temen-temen elo juga:

Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Unair
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Unair (Sumber: LTMPT)

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) tercatat di SNMPTN 2021 lalu sebagai universitas dengan peminat terbanyak kedua setelah Unpad lho. Tercatat, total 41.716 siswa memilih kampus yang berlokasi di Malang ini. 

Tapi tenang aja, meski rekor menjadi universitas terfavorit, elo masih punya kesempatan besar kok diterima di kampus ini. 

Sama seperti Unpad dan Unair, UB atau Unibraw juga punya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) tepatnya di Kediri. 

Nah jurusan-jurusan yang ada di kampus Kediri ini masih termasuk jurusan SNMPTN yang jarang diminati dan bisa menjadi peluang besar buat elo yang pengen banget jadi anak UB. 

Jurusan Saintek yang Sepi Peminat di UB 

Khusus jurusan saintek yang sepi peminat di UB semuanya berada di kampus Kediri. 

Berdasarkan data LTMPT, berikut ini adalah lima jurusan tersebut, yaitu Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Akuakultur dan Sosial Ekonomi Perikanan. 

Jurusan Soshum yang Sepi Peminat di UB

Sedangkan untuk kelompok soshum jurusan SNMPTN yang jarang diminati semuanya berada di kampus utama yang terletak di Malang. 

Ada jurusan Seni Rupa Murni, Antropologi, Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Prancis dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 

Nah, untuk melihat daftar lebih jelasnya jurusan mana saja yang sepi peminat di UB, langsung cek di tabel berikut ini ya:

20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran? 17
Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati di Unibraw (Sumber: LTMPT)

Oke segitu dulu informasi dari gue mengenai daftar jurusan SNMPTN yang jarang diminati, semoga bisa membuka jalan elo untuk mendapatkan peluang lebih besar diterima di kampus impian. 

Jangan lupa share info ini ke temen-temen elo yang lain ya supaya gak ketinggalan. Elo juga bisa cek tips dan trik lainnya mengenai SNMPTN di artikel ini:

Serious Warning: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

5 Kesalahan Umum yang Bisa Bikin Lo Gagal Masuk Universitas

20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran? 18

Atau tonton video menarik lainnya seputar SNMPTN dan SBMPTN di youtube channel Zenius:

Originally published: November 30, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!