jadwal UTBK dan SBMPTN 2021

SBMPTN 2021: Jadwal, Pendaftaran, Pengumuman

Artikel ini membahas tentang jadwal, cara dan mekanisme pendaftaran, serta pengumuman terkait dengan SBMPTN 2021.

Sejak tahun 2019, LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, yang berarti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dilaksanakan atau dipanitiai oleh LTMPT. Dimana kita tahu bahwa UTBK itu sendiri merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi). Untuk mengetahui seluk beluk UTBK dan SBMPTN 2021 seperti syarat, perubahan mekanisme pada SBMPTN 2021, serta data ketetatan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya bisa kalian kepoin di Info Lengkap UTBK dan SBMPTN 2021.

Nah seperti apa sih mekanisme alur dari pendaftaran SBMPTN, jadwal SBMPTN dan juga pengumuman hasil SBMPTN untuk tahun 2021 ini? Yuk simak informasi berikut

Jadwal SBMPTN dan UTBK 2021

jadwal UTBK dan SBMPTN 2021

Untuk pendaftaran SBMPTN sendiri di tahun ini dibarengin sama pendaftaran UTBK. Sama seperti di tahun 2020 di mana kamu pas daftar SBMPTN berarti sekalian daftar UTBK.

Adapun pada tahun 2021 ini, pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, dimana masing-masing diadakan selama seminggu (7 hari) yaitu dari hari senin sampai minggu dan setiap hari nya terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi siang dan pagi. Tanggal pelaksanaan UTBK setiap gelombang dapat di lihat di gambar diatas. 

Selain itu kelompok ujian UTBK 2021 juga terbagi menjadi 3 yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (SAINTEK), Kelompok Sosial dan Humanioria (SOSHUM), dan Kelompok Ujian SAINTEK dan SOSHUM (Campuran).

SAINTEKSOSHUMCAMPURAN
Materi ujian TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi)Materi ujian TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA Soshum (Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi)Materi ujian TPS (Tes Potensi Skolastik), TKA Saintek, dan TKA Soshum.
Alokasi waktu: 195 menitAlokasi Waktu: 195 menitAlokasi Waktu: 285 menit

TPS merupakan ujian yang mengukur kemampuan kognitif, yaitu termasuk kemampuan berfikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan, namun jangan salah guys, pada tes ini juga akan menguji kemampuan kuantitatif, yaitu matematika dasar, jangan dikira gak ada itung-itungannya. 

Sedangkan untuk TKA (Tes Kemampuan Akademik) akan mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan, atau secara sederhana mengenai akademik yang kalian pelajari di sekolah terkait dengan peminatan kalian. Penekanan tes ini berada pada Higher Order Thingking Skills (HOTS).

Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2021

tahapan pendaftaran UTBK 2021

Sesuai dengan yang tadi udah dikatakan sebelumnya bahwa UTBK itu merupakan syarat utama buat kalian yang mau ikut SBMPTN, selain itu Hasil dari UTBK juga bisa kalian gunakan untuk jalur seleksi mandiri di beberapa universitas karena memang ada universitas yang menggunakan sistem tersebut. Nah dari gambar di atas kita udah bisa liat yaah, bahwa hal pertama yang harus kalian lakukan pertama kali dalam tahapan pendaftaran UTBK adalah Registrasi Akun LTMPT alias bikin akun LTMPT. 

Akun LTMPT itu ada 2 jenis guys, akun LTMPT siswa yaitu kalian-kalian ini yang bakal ikut UTBK, dimana hukumnya WAJIB guys, jadi kalian harus banget nih daftar, dan yang satu lagi adalah akun LTMPT sekolah. Satu hal yang perlu kalian perhatikan dan catat adalah registrasi LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dibuka dari tanggal 7 Februari – 12 Maret 2021, so buat kalian yang belum registrasi harus segera dan jangan sampe lewat dari tanggal yang ditetapkan. 

Registrasi SBMPTN dan UTBK LTMPT, Gimana Caranya?

registrasi LTMPT UTBK 2021

Kalo kalian belum registrasi akun LTMPT kalian bisa ke Portal LTMPT dan kemudian klik di bagian “Daftar di sini” yang telah ditunjukkan di gambar di atas, setelah itu nanti kalian akan dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu sekolah atau siswa, pilih siswa.

Setelah itu kalian tinggal masukin nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan tanggal lahir kalian. Selanjutnya, akan tertera data NISN, NPSN, Nama kalian atau nama siswa, nama sekolah, dan tanggal lahir. Kemudian kalian akan diminta untuk menginput email kalian, dan memasukkan password, dimana password diharuskan mengandung minimal 8 karakter huruf dan angka. Kemudian kalian tinggal klik Daftar. 

Kemudian setelah itu, akan muncul notifikasi bahwa pembuatan akun telah berhasil dan kalian diminta untuk mengecek email yang telah kalian masukkan sebelumnya untuk aktivasi akun LTMPT kalian. Silahkan cek inbox atau bahkan spam di email kalian untuk melakukan aktivasi.

Cara Verifikasi Akun LTMPT

Untuk melakukan verifikasi akun LTMPT kalian bisa ikuti tahapan berikut. 

  1. Silahkan kembali ke laman portal LTMPT, dan login menggunakan email dan password yang telah kalian daftarkan. Kemudian kalian akan diarahkan pada dashboard portal LTMPT, dan pilih menu “VERVAL” (Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa).
  2. Pada laman Verifikasi dan Validasi Data Siswa, check data pribadi kalian seperti NISN, Nama dan lain-lain, isi kolom NIK, Agama, Alamat, dan lain-lain. Isi data yang masih kosong, dan setelah selesai pilih selanjutnya. 
  3. Pada halaman verifikasi riwayat sekolah, check juga apakah data yang terlampir ada kesalahan atau tidak. 
  4. Setelah itu, unggah atau upload pas foto terbaru kalian sesuai dengan ketentuan yang tertera, jika sudah sesuai klik selanjutnya. 
  5. Kemudian kalian akan masuk ke halaman penyesuaian pas foto. Sesuaikan dengan bingkai yang disediakan.
  6.  Jika sudah selesai akan muncul data pribadi kalian yang sudah kalian lengkapi, data sekolah, dan juga pasfoto kalian, jika data sudah benar, klik simpan permanen.  

Perlu diketahui bahwa setelah mengklik simpan permanen data yang tertera sudah tidak dapat diubah lagi, oleh karena itu dicek dulu ya guys datanya bener apa engga, ada typo apa engga. Kalo udah, akan muncul notifikasi, silahkan klik tombol berwarna merah untuk mengunduh bukti permanen. Jangan sampe ilang ya guys tanda bukti registrasi akun LTMPT nya!

Tahap Pendaftaran SBMPTN dan UTBK Selanjutnya

Sesuai dengan langkah tahapan pada gambar, setelah melakukan verifikasi akun, siswa diminta untuk memilih pusat UTBK dimana siswa akan melakukan tes, jenis ujian yaitu apakah mau Saintek, Soshum, dan Campuran, kemudian memilih sesi ujian (sesi pagi atau siang), dan kemudian peserta akan mendapatkan slip pembayaran. 

Biaya Pendaftaran SBMPTN dan UTBK 2021

Kelompok  UJIAN SAINTEK & SOSHUM : Rp200.000,- (dua ratus rupiah)

Kelompok CAMPURAN : Rp300.000,- (tiga ratus rupiah)

Pembayaran dapat dilakukan melalui bank BRI, BNI, atau BTN, dan harus diingat bahwa pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam. Kemudian silahkan login lagi di LTMPT untuk mendaftar UTBK 2021 dan mencetak kartu kartu peserta UTBK 2021. Perlu di catat bahwa pendaftaran UTBK dan SBMPTN dapat dilakukan dari 15 Maret – 1 April 2021

Pengumuman SBMPTN 2021

pendaftaran SBMPTN 2021

Setelah pengumuman hasil tes UTBK, pastinya kalian pake hasil UTBK kalian buat ikut ke tahap selanjutnya yaitu SBMPTN atau Seleksi Mandiri. Di tahun ajaran 2021/2022 ini, pendaftaran SBMPTN dikalikan bersamaan dengan pendaftaran UTBK, dimana kalian bisa memilih paling banyak 2 jurusan atau program studi, baik keduanya dalam PTN yang sama, maupun masing-masing 1 jurusan di 2 PTN yang berbeda. 

Setelah kalian memilih PTN yang kalian tuju, dan program studi yang kalian mau, kalian perlu mengunggah dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk setiap program studi dan PTN, termasuk mengunggah portofolio untuk siswa yang mendaftar pada program studi di bidang seni dan olahraga. Pengumuman hasil SBMPTN berdasarkan nilai UTBK saja maupun hasil UTBK dan kriteria lain akan diumumkan pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB di website atau laman resmi PTN masing-masing. 

Nah seperti itulah guys kurang lebih penjelasan mengenai mekanisme UTBK-SBMPTN 2021, semoga artikel ini bisa membantu kalian agar tidak ketinggalan info terkait UTBK 2021. Untuk informasi terupdate mengenai UTBK 2021 kalian bisa ikutin di website resminya LTMPT, dan tentunya kita juga akan update informasi-informasi lebih lanjut di artikel selanjutnya. Good Luck guys!

Sumber Bacaan: