Beda UTBK 2020 dan UTBK 2021

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

UTBK 2021 dan SBMPTN 2021 tanpa terasa sudah makin dekat saja. Berikut adalah artikel yang bisa kamu gunakan sebagai gambaran mengenai bagaimana UTBK 2021 akan diadakan nanti.

Halo para pejuang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik yang sekarang duduk di kelas 12 maupun para praktisi gap year. Bagaimana kabar kalian? Sudah siap untuk menghadapi UTBK dan SBMPTN 2021 yang tidak lama lagi akan diadakan? Buat yang gap year atau yang udah kuliah tapi mau ikut UTBK lagi, kayanya baru kemarin ya kalian ikutan UTBK 2020, eh tau-tau udah mau UTBK 2021 aja. 

Buat kakak-kakak kelas 12, ada gak sih yang masih asing sama istilah UTBK? UTBK adalah Ujian Tertulis Berbasis Komputer yang hasilnya nanti digunakan untuk mengikuti SBMPTN. SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sederhananya, UTBK adalah ujannya dan SBMPTN adalah proses seleksinya. 

Oke, kenapa sih buat masuk ke PTN harus diselenggarakan seleksi yang salah satunya lewat SBMPTN ini? Salah satunya adalah karena daya tampung PTN yang terbatas nih. Karena keterbatasan daya tampung itu, maka diselenggarakanlah seleksi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik. 

Nah, karena ujian ini sifatnya seleksi, kalian akan bersaing dengan banyak sekali peserta dari berbagai daerah dari seluruh penjuru Indonesia. Fyi aja nih, persaingan di UTBK dan SBMPTN itu tuh ketat banget. Setiap tahunnya kurang lebih hanya ada sekitar 20%an peserta yang lolos. Berikut adalah data keketatan persaingan SBMPTN tiga tahun terakhir.

persaingan UTBK SBMPTN

Hal yang sangat ingin aku tekankan ke kalian adalah UTBK ini adalah ujian seleksi. Ujian yang beda dengan ujian-ujian yang biasa kalian temui di sekolah karena di sekolah kalian lebih sering ketemu sama ujian evaluasi. 

Di ujian evaluasi, seperti PAS dan PTS. Ujian-ujian evaluasi ditujukan untuk menilai atau untuk memperbaiki kekurangan dan ketidakmampuan siswa. Jadi untuk menilai hasil pembelajaranmu selama di sekolah, diadakanlah PTS dan PAS. 

Sedangkan ujian seleksi, seperti UTBK ini, tujuannya adalah untuk menyaring peserta. Di sini aku batasi konteksnya di PTN aja ya, kalau PTS mungkin bisa dibahas di artikel lain. Nah, karena kursi PTN itu terbatas, maka ga semua siswa bisa kuliah di jurusan atau PTN yang diinginkannya. Kursi-kursi di PTN mesti diperebutkan sehingga tersaring anak-anak yang memang terbaik untuk menempuh pendidikan di PTN.

Dari sini sudah jelas, ya. Kalau ujian evaluasi, kalian engga punya saingan karena panitia hanya sebatas melihat sejauh mana pemahaman kamu. Kalau ujian seleksi, kamu punya banyak banget pesaing karena panitia ingin mengambil peserta yang terbaik

Antara SNMPTN dan SBMPTN 2021

Oke, UTBK bukanlah satu-satunya jalan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Ada jalur lain bernama SNMPTN dan Ujian Mandiri. Dari jalur yang ada, SNMPTN memang bisa dibilang sebagai jalur paling asyik. Bagaimana tidak, kalian tidak perlu mengikuti ujian seleksi masuk sama sekali. Cukup mendaftarkan diri di universitas serta jurusan yang diimpikan dengan berbekal nilai rapor dan prestasi lainnya, kalian lalu tinggal menunggu hasilnya. Pertanyaannya adalah, apakah selama kalian menunggu pengumuman keluar waktu kalian dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri untuk UTBK ataukah malah kalian gunakan untuk berandai-andai “nanti pas kuliah di kampus impian, aku akan melakukan ini dan itu”?

Well, berharap untuk bisa masuk kampus impian bukanlah hal yang salah. Kalau memang nilai rapor mendukung dan ada prestasi yang dapat mendongkrak peluang masuk, hal itu malah kedengarannya cukup realistis. Yang tidak disarankan adalah jika berharap masuk PTN lewat SNMPTN malah membuatmu terlalu berharap dan saking berharapnya kamu sampai malas belajar buat UTBK. 

SNMPTN tahun 2021, pendaftarannya akan dibuka pada 15-24 Februari 2021 dan pengumumannya akan dilakukan pada 22 Maret 2021. Sedangkan untuk UTBK dan SBMPTN-nya, pendaftaran dilakukan antara 15 Maret 2021 sampai 1 April 2021 dan ujiannya akan dimulai per tanggal 12 April 2021. Bayangin kalau kalian ada di golongan yang orang-orang yang terlalu mendambakan SNMPTN hingga malas belajar. Betapa singkatnya waktu yang kalian miliki padahal di luar sana peserta lain bisa jadi sudah sejak berbulan-bulan sebelumnya melakukan persiapan lebih dulu. Itulah kenapa ada saran menarik yang bisa kalian camkan yang berbunyi seperti ini: 

“Belajarlah UTBK segiat-giatnya, seolah-olah kamu udah pasti ga diterima SNMPTN.”

Adapun untuk kuota daya tampung setiap program studi adalah dari SNMPTN paling sedikit 20%, UTBK/SBMPTN paling sedikit 40% dan seleksi mandiri paling banyak 30%. Dan khusus untuk PTN berbadan hukum, kuota SBMPTN minimum 30% dan mandiri paling banyak 50%. Dari situ kita bisa lihat kalau kuota SNMPTN memang tidak lebih banyak dari kuota UTBK/SBMPTN. So, hindari perilaku terlalu berharap ke SNMPTN yak teman-temanku. 

Bagaimana Teknis Pelaksanaan UTBK 2021 Nanti?

UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang nilainya digunakan dalam SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan sebagai bahan seleksi mandiri di beberapa PTN maupun PTS. Jadi kalau melihat dari tren tahun sebelumnya, ada beberapa PTN atau PTS yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, melainkan cukup dengan menggunakan nilai UTBK.

“Jadi SBMPTN adalah nama seleksinya, sedangkan UTBK adalah nama ujiannya.”

Untuk lebih jelasnya, berikut ini poin-poin penting perbedaan UTBK 2020 dan 2021.

Beda UTBK 2020 dan UTBK 2021Karena ada perbedaan batas minimal kuota antara PTN berbadan hukum dan PTN yang tidak berbadan hukum, berikut aku kasih list PTN berbadan hukum biar kamu ga kebingungan. Nah, PTN selain dari daftar berikut berarti tidak berbadan hukum ya.

Daftar PTN Berbadan Hukum

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  3. Universitas Sumatera Utara (USU)
  4. Institut Teknologi Bandung ( ITB)
  5. Institut Pertanian Bogor ( IPB)
  6. Universitas Gadjah Mada ( UGM)
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  8. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  9. Universitas Airlangga (Unair)
  10. Universitas Diponegoro (Undip)
  11. Universitas Hasanudin (Unhas).

Dari data yang aku dapetin, ada 11 PTN yang sudah berbadan hukum. Kalau kalian tahu ada PTN berbadan hukum lainnya yang belum aku cantumin, silakan tulis di kolom komentar yaa.

UTBK 2021

Seperti yang telah aku singgung sekilas di atas tadi, UTBK adalah sebuah ujian berbasis komputer yang nilainya bisa digunakan untuk seleksi masuk PTN seperti SBMPTN, Seleksi Mandiri atau bahkan seleksi PTS. Pelaksanaan UTBK 2021 akan dibagi ke dalam 2 gelombang dan setiap peserta hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikutinya. Berikut adalah jadwal pelaksanaan UTBK 2021:

Gelombang 1: 12 – 18 April 2021

Gelombang 2: 26 April – 2 Mei 2021

Jadwal UTBK 2021

jadwal UTBK dan SBMPTN 2021

Terkait untuk jadwal dan lokasi ujiannya, kamu bisa memilihnya saat melakukan registrasi. Pilih dengan bijak ya waktu sama tepat yang sekiranya kamu paling enjoy. Karena setiap harinya UTBK akan diadakan dalam 2 sesi (pagi dan siang), kamu bisa milih misalnya kamu lebih seneng ikutan ujian pagi. Buat lokasinya, ada 74 pusat pelaksanaan UTBK yang bisa kamu pilih yang terbentang dari Aceh sampai Papua.

Persyaratan UTBK 2021

  • Memiliki akun LTMPT. Untuk yang sudah punya akunnya, tidak perlu membuat akun baru.
  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021. 
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020.
  • Usia maksimal bagi lulusan Paket C adalah 25 tahun.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk yang mendaftar di jurusan soshum atau saintek dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk yang mendaftar jurusan campuran.
  • Peserta yang mendaftar di jurusan soshum akan mengikuti TPS dan TKA Soshum begitu juga untuk saintek. Sedangkan untuk campuran akan mengikuti TKA Soshum dan TKA Saintek.

Waktu Ujian UTBK 2021

Waktu Ujian Kelompok Saintek/Soshum

SesiWaktuKegiatan
Pagi06.45 – 06.50 WIBPeserta memasuki ruangan
06.50 – 07.10 WIBPemerikasaan identitas/dokumen
07.10 – 07.15 WIBLatihan
07.15 – 09.00 WIBTes Potensi Skolastik (TPS)
09.00 – 10.30 WIBTes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum/Saintek
Siang12.30 – 12.35 WIBPeserta memasuki ruangan
12.35 – 12.55 WIBPemeriksaan identitas/dokumen
12.55 – 13.00 WIBLatihan
13.00 – 14.45 WIBTes Potensi Skolastik (TPS)
14.45 – 16.15 WIBTes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum/Saintek

Waktu Ujian Kelompok Campuran

WaktuKegiatan
06.45 – 06.50 WIBPeserta memasuki ruangan
06.50 – 07.10 WIBPemeriksaan identitas/dokumen
07.10 – 07.15 WIBLatihan
07.15 – 09.00 WIBTes Potensi Skolastik (TPS)
09.00 – 10.30 WIBTes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek
10.30 – 11.30 WIBIstirahat
11.30 – 11.35 WIBPeserta memasuki ruangan
11.35 – 11.55 WIBPemeriksaan identitas/dokumen
11.55 – 13.25 WIBTes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum

Materi Ujian UTBK 2021

Di UTBK 2021 ini, peserta yang mendaftar di jurusan Soshum akan mengerjakan TPS dan TKA Soshum. Untuk yang ambil saintek akan bertemu TPS dan TKA Saintek. Sedangkan untuk yang jurusan campuran akan bertemu TPS serta TKA Soshum dan Saintek. Maksudnya bagaimana? Misalkan nih kamu anak IPS dan pas daftar UTBK dan SBMPTN 2021 kamu ambil teknik lingkungan dan pertanian. Karena semua pilihan jurusan kamu ada di rumpun saintek, kamu akan hanya akan mengikuti ujian saintek saja. Berbeda halnya kalau kamu daftarnya di jurusan teknik lingkungan sama ilmu hukum, kalau keadaannya gitu kamu akan ketemu sama ujian campuran. 

Nah, materi ujiannya apa aja nih? Oke, berikut adalah detilnya.

Materi Ujian TPS UTBK 2021

Sebenarnya gak ada perubahan sih soal materi ujiannya sama UTBK 2020, buat yang udah belajar dari awal, harusnya kamu udah akrab sama materi-materi berikut ini:

  • Penalaran umum
  • Pengetahuan kuantitatif 
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis

Materi Ujian TKA Soshum UTBK 2021

  • Geografi
  • Sejarah
  • Ekonomi
  • Sosiologi

Materi Ujian TKA Saintek UTBK 2021

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Untuk peserta TPS dan TKA Soshum/Saintek, kamu memiliki alokasi waktu sebanyak 195 menit sedangkan untuk yang mengikuti ujian TPS dan TKA Campuran, waktu yang dialokasikan adalah sebanyak 285 menit.

Tips Menghadapi UTBK

1. Belajar Mulai dari Basic Skills

Basic skills penting banget buat dipelajari sebagai fondasi dalam mempelajari apa pun. Basic skills ini adalah aturan-aturan berpikir dasar. Jadi ga cuma buat UTBK, belajar basic skills bakal bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari bahkan sampai seumur hidupmu. TPS / TKA adalah bagian dari basic skills. Jadi belajar basic skills berarti sekaligus belajar buat TPS / TKA juga. Aku sangat merekomendasikan kamu untuk melahap habis daftar materi basic skills berikut ini:

2. Prioritas Belajar di Materi yang Sering Keluar

Masing-masing dari kalian mempunyai tingkat pemahaman terhadap suatu materi yang berbeda-beda. Ada yang sudah memahami banyak materi, namun ada juga anak yang minim banget pemahamannya terhadap berbagai materi yang diujikan di UTBK dan baru mulai sungguh-sungguh mengejar ketertinggalan. Kalau kamu tipe yang kedua, dengan materi yang banyak dan waktu yang sangat terbatas, kamu bisa memprioritaskan belajar di materi-materi yang sering keluar di UTBK atau SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Daftar materi yang sering keluar di UTBK dalam beberapa tahun terakhir bisa kamu baca di artikel ini:

Misalnya di tahun-tahun terdahulu yang lebih sering keluar adalah soal seputar pola gambar, kamu bisa lebih fokus secara extra di materi itu kalau gitu. 

SBMPTN 2021

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di tahun 2021, kamu mendaftar SBMPTN dan UTBK dalam waktu yang sama. Jadi, selain memilih lokasi dan waktu UTBK, kamu juga memilih jurusan yang mau kamu ambil dalam satu pendaftaran.

Persyaratan SBMPTN 2021

Dari tahun ke tahun, tidak banyak perubahan persyaratan SBMPTN yang terjadi. Jika pun ada yang paling sering berubah maka itu adalah tahun lulus SMA calon peserta. Dalam setiap edisinya, batas maksimum usia ijazah SMA/sederajat yang digunakan sebagai syarat pendaftaran adalah 3 tahun. Artinya, ijazah yang terbit 2 tahun sebelum SBMPTN diadakan masih bisa digunakan. Berikut adalah persyaratan SBMPTN 2021:

  • Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019, 2020 harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2021 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Untuk lulusan SMA dari luar negeri, harus sudah memiliki ijazah yang disetarakan.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTFOLIO.
  • Bagi peserta yang sudah lolos SNMPTN 2021, pendaftaran SBMPTN kalian akan ditolak.

***

Kurang lebih segini dulu informasi yang bisa aku bagikan sebagai gambaran buat kalian mempersiapkan diri menghadapi UTBK dan SBMPTN 2021 nanti. Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu kalian dan bermanfaat. Kalau ada informasi terbaru terkait UTBK dan SBMPTN 2021 nanti, aku akan segera update artikel ini sehingga bisa semakin bermanfaat. 

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.