parts of body

Parts of Body dan Artinya – Materi Bahasa Inggris Kelas 5

Apakah Bapak/Ibu guru pernah mencoba menjelaskan materi Parts of Body dan artinya menggunakan lagu? Ada banyak lagu yang bisa Bapak/Ibu guru pakai di kelas lho. Selain memudahkan siswa untuk menghafal kata-katanya, lagu juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Yuk, kita simak salah satu lagu yang bisa digunakan untuk menjelaskan materi Bahasa Inggris kelas 5 SD: Parts of Body.

Head, Shoulders, Knees And Toes

Head and shoulders knees and toes

Knees and toes

Head and shoulders knees and toes

Knees and toes

Ad eyes and ears

And mouth and nose

Head and shoulders knees and toes

Knees and toes

Nah, kira-kira Bapak/Ibu guru tahu tidak lagu ini? Meskipun sering dinyanyikan oleh siswa kanak-kanak, tidak ada salahnya kalau Bapak/Ibu guru meminta siswa SD untuk menyanyikannya. Karena lewat lagu ini, siswa bisa lebih cepat mengingat kosakata bagian tubuh dalam Bahasa Inggris. 

Bapak/Ibu guru bisa ajak siswa untuk menyanyikan lagu di atas, kemudian minta mereka untuk menyebutkan bagian anggota tubuh apa saja yang ada di lagu dan mengartikannya ke dalam Bahasa Indonesia. Kegiatan belajar mengajar pasti jadi lebih seru dan menyenangkan.

Sekarang, yuk kita bahas bersama-sama apa saja sih kosakata dari Parts of Body!

Parts of Body dan Artinya: Head

Pertama-tama kita akan bahas bagian atas tubuh, yaitu head atau kepala. Dari gambar di bawah ini, minta siswa untuk melengkapinya dengan parts of body dan artinya yang sesuai.

parts of body head
  1. Hair: rambut
  2. Eyebrows: alis
  3. Ears: telinga
  4. Mouth: mulut
  5. Eyes: mata
  6. Nose: hidung
  7. Teeth: gigi
  8. Neck: leher

Selain parts of body dan artinya yang tertera dalam gambar, ada juga bagian tubuh lain yang berada di area kepala, diantaranya forehead (dahi), eyelash (bulu mata), cheeks (pipi), lips (bibir), tongue (lidah), dan chin (dagu).

Parts of Body dan Artinya: Below Neck

Setelah mengetahui kosakata tentang parts of body daerah kepala, sekarang kita akan membahas bagian leher ke bawah atau umumnya disebut dengan tubuh (body) secara menyeluruh.

  1. Shoulder: pundak
  2. Chest: dada
  3. Arms: lengan
  4. Hands: tangan
  5. Elbow: sikut
  6. Fingers: jari
  7. Finger nails: kuku jari
  8. Stomach: perut
  9. Leg: kaki
  10. Knee: lutut
  11. Toe: jari kaki/ujung kaki
  12. Heel: tumit
  13. Foot: kaki

Parts of Body dan Artinya: Fingers

Sekarang kita lanjut ke bagian fingers atau jari yuk Bapak/Ibu guru. Jari merupakan anggota gerak tubuh yang terbagi menjadi dua jenis yaitu jari tangan dan jari kaki. Dalam Bahasa Inggris, jari-jari kaki lebih sering disebut dengan toes. Nah, apa saja istilah Bahasa Inggris untuk kelima jari yang ada?

fingers
Ilustrasi jari (Foto dari Freepik)
  1. Thumb: jempol atau ibu jari
  2. Forefinger: telunjuk
  3. Middlefinger: jari tengah
  4. Ring finger: jari manis
  5. Little finger: kelingking

Kenapa jari manis disebut dengan ring finger dan bukan sweet finger ya Bapak/Ibu guru? Hehe. Karena umumnya, cincin pernikahan akan dipakai di jari tersebut, sehingga dalam Bahasa Inggris, istilah yang digunakan adalah ring finger dimana kata ring berarti cincin.

Perbedaan Istilah Foot dan Leg dalam Parts of Body

Apa ada siswa Bapak/Ibu guru yang bertanya kenapa ada kata foot dan leg untuk merujuk bagian tubuh kaki, serta ada kata arm dan hand yang sama-sama merujuk bagian tubuh tangan? 

Foot sendiri artinya bagian kaki dari pergelangan kaki ke bawah. Daerah foot terdiri dari beberapa parts of body lainnya seperti heel (tumit), ankle (pergelangan kaki), sole (telapak kaki), dan toe (jari kaki).

Sementara, leg adalah bagian kaki mulai dari lutut sampai ke pergelangan kaki. Tapi, ada juga yang beranggapan kalau leg adalah bagian kaki mulai dari pangkal paha sampai ke ujung jari atau dengan kata lain foot menjadi bagian dari leg.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas, Bapak/Ibu guru bisa memberikan gambaran dari istilah permainan sepakbola. Dalam Bahasa Inggris, sepakbola umumnya bukan disebut legball melainkan football. Hal itu dikarenakan permainan sepakbola lebih banyak menggunakan bagian kaki dari pergelangan sampai ke bawah untuk menendang atau menggiring bola.

Apa Bedanya Tooth dan Teeth, Foot dan Feet?

Beberapa istilah parts of body memang sedikit rumit dan memunculkan banyak pertanyaan bagi siswa. Contohnya perbedaan dari kata tooth dan teeth, serta foot dan feet yang sekilas memang terlihat sama tapi ternyata punya makna yang berbeda.

Tooth dan teeth adalah kata yang merujuk pada gigi. Tetapi, keduanya sebenarnya berbeda dimana salah satunya merupakan bentuk jamak. Tooth artinya satu gigi atau gigi dalam bentuk yang singular, sementara teeth artinya gigi dalam bentuk jamak atau plural.

Sama halnya dengan tooth dan teeth, foot dan feet juga berbeda dalam makna jumlahnya. Foot artinya satu kaki atau kaki dalam bentuk singular sementara feet adalah kedua kaki (dalam bentuk jamak).

Sekarang tidak perlu bingung lagi ya Bapak/Ibu guru ketika ada siswa yang memberikan pertanyaan serupa seperti di atas. Yuk, lanjut kita cek contoh-contoh soal dari materi parts of body berikut ini!

Contoh Soal Parts of Body

Soal-soal di materi parts of body umumnya memberikan gambar lalu siswa menyebutkan anggota tubuh apa yang dimaksud dalam Bahasa Inggris atau soal disajikan dalam bentuk deskripsi bagian anggota tubuh. Seperti contoh-contoh di bawah ini.

Contoh Soal 1
Parts of Body dan Artinya - Materi Bahasa Inggris Kelas 5 9

What part of the body is it?

Pembahasan

Dalam gambar, terlihat anggota tubuh bagian mata. Sehingga sudah jelas, jawaban yang tepat adalah eye.

Contoh Soal 2

My head is covered by…

a. Arm   

b. Hair   

c. Elbow   

d. Teet

Pembahasan

Soal ini tidak memberikan gambar apapun selain deskripsi dari posisi anggota tubuh tersebut. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, pertanyaan tersebut berarti “Kepalaku tertutup oleh…”. Dilihat dari pilihan jawaban, bagian anggota tubuh yang ada di daerah kepala hanya hair atau rambut. Selain itu siswa juga sudah mengetahui bahwa rambut adalah bagian di atas yang menutupi kepala. Sehingga jawaban yang tepat adalah hair. Model soal seperti ini bisa Bapak/Ibu guru berikan ke siswa untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengartikan dan memahami soal, tanpa bantuan gambar.

***

Nah, demikian pembahasan kita tentang materi parts of body dan artinya. Semoga artikel ini bisa membantu Bapak/Ibu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Jangan lupa untuk menggunakan cara pembelajaran yang menyenangkan lewat lagu atau video yang menarik. Seperti video-video materi Zenius yang bisa Bapak/Ibu guru bagikan melalui kelas Zenius untuk Guru. Dengan Zenius untuk Guru, kegiatan belajar mengajar jadi lebih mudah. Cari tahu informasi selengkapnya >> Zenius untuk Guru.

Baca Juga Artikel Lainnya

Perbedaan Many dan Much

Jenis Jaringan Tumbuhan

Benda Bangun Datar di Sekitar Kita

Bagikan artikel ini