PTN terbaik

25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu!

Halo Sobat Zenius yang tahun 2022 ini sedang mencari Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia, mari merapat! Gue punya daftar 25 PTN terbaik di Indonesia.

Mungkin elo jadi berpikir, lho kok banyak banget sih sampai 25? Benar, memang di artikel ini gue akan berikan 25 urutan universitas terbaik di Indonesia. Nah, karena se-Indonesia jadi wajar aja kalau gue berikan 25 agar elo dapat melihat peluang lebih banyak lagi, Sobat Zenius.

Apalagi masuk PTN terbaik itu merupakan impian seluruh siswa Indonesia deh. Elo juga kan Sobat Zenius?

Cerita dikit ya, dulu gue juga sudah mengikuti macam-macam jalur masuk perguruan tinggi negeri, tapi berujung di PTS. Gue juga memilih salah satu PTN terbaik yang masuk ke dalam urutan di artikel ini, keterima di salah satu PTN di luar pulau jawa melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)  lalu gak gue ambil, karena gak boleh tinggal jauh dari orang tua.

Sudahlah, tak apa Sobat Zenius. Sekarang gue mau lanjut aja nih kasih daftar 25 peringkat universitas di Indonesia 2021 yang gue lansir dari UniRank.

Eh tunggu deh, jadi sebenarnya apa ya tujuan dari UniRank sendiri menyuplai data terkait daftar kampus terbaik di Indonesia? So, UniRank memang ingin memberikan data universitas unggulan di Indonesia secara valid, tidak bias, serta disediakan oleh sumber intelijen web independen daripada data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri. Biar lebih objektif gitu deh.

Adapun kriteria kampus terbaik di Indonesia adalah telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi pendidikan tinggi Indonesia; memberikan setidaknya gelar sarjana atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktoral); serta memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, serta non-jarak jauh.

25 PTN dalam Urutan Kampus Terbaik di Indonesia

Ranking Universitas terbaik di Indonesia melansir data PTN terbaik dari UniRank jatuh kepada UGM yang menempati tahta pada rank nomor satu. Berikut listnya: 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Universitas Indonesia (UI)

3. Universitas Brawijaya (UB)

4. Universitas Airlangga (Unair)

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)

8. Universitas Diponegoro (Undip)

9. Universitas Padjadjaran (Unpad)

10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

11. Institut Teknologi Bandung (ITB)

12. Universitas Sebelas Maret (UNS)

13. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

14. Universitas Negeri Malang (UM)

15. Universitas Udayana (UNUD)

16. Universitas Hasanuddin (Unhas)

17. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

18. Universitas Sumatera Utara (USU)

19. Universitas Andalas (Unand)

20. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)

21. Universitas Lampung (UNILA)

22. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN)

23. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)

24. Universitas Jember (UNEJ)

25. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Itulah dia 25 urutan universitas terbaik di Indonesia. Tentunya salah satu dari 25 list itu sudah menjadi PTN impian elo dong. 

Macam-Macam Jalur Masuk PTN Terbaik

Tadi kan gue sudah berikan daftar PTN terbaik, sekarang gue mau mengingatkan jalur-jalur masuk PTN yang dapat elo ikuti. Adapun caranya, sebagai berikut:

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur masuk PTN yang bisa elo pilih. SNMPTN adalah jalur pertama untuk dapatkan PTN terbaik impian. Setelah SNMPTN ada SBMPTN, kemudian jalur mandiri di PTN.

Elo bisa cari tahu nih tata cara masuk perguruan tinggi dan tips lulus SNMPTN lewat artikel ini.

SBMPTN

Jalur masuk perguruan tinggi negeri selanjutnya ialah SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang diselenggarakan secara nasional sejak tahun 2019.

Elo bisa simak info selengkapnya mengenai SBMPTN di sini.

Kemudian elo juga bisa banget nih gunakan semua fitur menarik Zenius untuk membantu UTBK SBMPTN.

Ujian Mandiri

Setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN, ada jalur ujian mandiri. Nah, kalau di Zenius ada juga nih latihan soal yang dapat membantu elo untuk lolos ujian Mandiri. Adapun latihan soalnya sebagai berikut:

UTUL UGM

Sebagai calon Gamada (Gadjah Mada Muda), elo harus mencari informasi terkait cara daftar UTUL UGM plus syarat masuk ke universitas terbaik di Indonesia ini.

Di artikel ini, teman gue udah berikan informasi lengkapnya.

Kalau di sini elo bisa banget nih coba kerjain latihan soal UTUL UGM yang ada di Zenius.

SIMAK UI

Elo bisa dapetin penjelasan gamblang, mulai dari pendaftaran hingga syarat masuk perguruan tinggi negeri Universitas Indonesia pada artikel ini

Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) merupakan ujian seleksi terpadu bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI dengan program pendidikan, yaitu Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. 

Elo bisa juga latihan soal SIMAK UI di sini.

PKN STAN

Seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri selanjutnya adalah PKN STAN. 

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara.

Pada artikel ini sudah diulas tuntas mengenai PKN STAN. Kalau elo mau latihan soalnya, klik di sini ya Sobat Zenius.

Nah itu tadi 25 urutan PTN terbaik di Indonesia beserta macam-macam jalur masuknya. Sobat Zenius yang cerdas, cerah, dan asik, gue harap artikel ini membantu kalian untuk memantapkan pilihan hati memilih PTN yang tepat. 

Ada baiknya elo mulai belajar untuk UTBK deh dari sekarang. Oh iya, gue mau sekalian aja kasih jadwal SNMPTN dan SBMPTN di sini. Cus disimak Sobat Zenius.

PTN Terbaik
Jadwal pendaftaran SNMPTN 2022.

25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu! 9
Jadwal UTBK SBMPTN 2022.

Gue rasa info tentang PTN terbaik yang dapat diberikan di artikel ini sudah cukup nih, Sobat Zenius. Mulai belajar UTBK dari sekarang yuk agar dapat PTN impian elo. Tentunya belajar bareng Zenius dong. Semangat! See you!

Bagikan Artikel Ini!