Jurusan Ilmu Komunikasi – Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan-Ilmu-Komunikasi

Halo Sobat Zenius!

Jurusan Ilmu Komunikasi hingga saat ini masih termasuk ke dalam jurusan bidang Sosial Humaniora yang banyak diminati oleh para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berdasarkan data dari (LTMPT), Jurusan Ilmu Komunikasi menempati urutan ke 5 prodi Soshum dengan jumlah peminat terbanyak di UGM pada SBMPTN 2021. Tercatat, ada 1.869 siswa yang mendaftar prodi tersebut.

Wow, jumlah yang tidak sedikit, bukan? Jurusan Ilmu komunikasi sering kali dianggap mudah oleh sebagian orang karena dianggap sudah dipelajari dari kehidupan sehari-hari dan dianggap sebagai hal yang bisa dilakukan semua orang, padahal kenyataannya tidak se- “sederhana” itu sob!

Diperlukan kemampuan khusus dan etika yang benar, yang pastinya itu akan kalian pelajari jika kalian memilih untuk masuk ke jurusan ini. Oleh karena itu, kalo elo tertarik atau kepo sama jurusan ini, kuy baca artikel ini sampe abis!

Apa Sih, Ilmu Komunikasi Itu?

Sesuai dengan namanya, pada dasarnya jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari berbagai jenis dan tingkatan komunikasi yang berkaitan erat dengan interaksi antar sesama manusia sebagai makhluk sosial, jadi jurusan ilmu komunikasi gak berarti hanya belajar cara berbicara aja. Sering banget nih denger orang lain bilang  

Persepsi atau anggapan itu kurang tepat sob, karena gak menutup kemungkinan orang yang pendiam atau introvert sekalipun bisa handal dan berbakat dalam bidang ini.

Jurusan Ilmu Komunikasi - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 25
Ilustrasi pertanyaan Jurusan Ilkom

Di jurusan ini elo akan mempelajari cara komunikasi, mulai dari tingkat komunikasi individu, media, periklanan, hingga komunikasi media sosial.  Jurusan ilmu komunikasi ini pada umumnya berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, seperti Jurusan Ilmu Komunikasi di UI, UGM, dan UB. Bagi lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi akan mendapat gelar (S.I.Kom) yang merupakan singkatan dari Sarjana Ilmu Komunikasi. 

Sebagai info tambahan, di jurusan ini tuh elo akan diarahkan untuk mengambil konsentrasi atau peminatan sob! Tapi, tiap kampus itu punya peminatan yang beda-beda ya! 

Selanjutnya, gue coba kasih tahu elo beberapa peminatan umum yang biasanya ada di Jurusan Ilmu Komunikasi. So, lanjut bacanya ya sob!

Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurnalistik

Buat kalian yang bermimpi atau bercita-cita melakukan liputan, wawancara, atau menulis berita, peminatan ini cocok untuk kalian. Jurnalistik merupakan peminatan yang memperdalam mengenai komunikasi media massa, dan jurnalisme. Media massa nya yang dimaksud seperti koran, televisi, radio, hingga media online. 

Public Relation 

Dari namanya yang mengandung “Relation”, peminatan ini berkaitan erat dengan menjalin relasi ataupun penghubung antar institusi, perusahaan, atau dengan masyarakat. Sebagaimana setiap perusahaan, institusi, badan organisasi, atau bahkan kita sendiri pun memiliki citra-nya atau image masing-masing, Public Relation diperlukan untuk menjembatani citra perusahaan atau suatu badan kepada public.

Advertising

Kalian pasti sudah bisa nebak peminatan ini mempelajari tentang apa, betul sekali, peminatan ini mempelajari tentang teknik pengiklanan dan strategi pemasaran dalam aspek komunikasi. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di balik dunia periklanan memerlukan orang-orang yang kreatif, ide-ide menarik, dan berpikir out of the box untuk bisa menarik perhatian dengan iklan. Jika kalian memiliki ciri-ciri tersebut, maka peminatan ini mungkin cocok untukmu!

Sebenarnya peminatan jurusan ilmu komunikasi cukup beragam tergantung dengan perguruan tingginya, ada beberapa perguruan tinggi yang mungkin tidak memiliki peminatan yang telah disebutkan di atas namun memiliki peminatan lain yang tidak kalah menarik. Oleh karena itu jika kalian sudah tertarik dengan jurusan ini, jangan lupa mencari tahu peminatan yang sekiranya kalian ingin kuasai dan juga memastikan perguruan tinggi impian kalian memiliki peminatan tersebut yaa!

Baca Juga: Info Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada saat pertama kali kalian memasuki jurusan ini biasanya akan diajarkan mata kuliah dasar sosial dan komunikasi, seperti mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Psikologi komunikasi, Teori Ilmu komunikasi, dan lain-lain. 

Selain itu ada juga mata kuliah yang akan kalian pelajari di semester-semester selanjutnya seperti yang cukup populer Public Speaking, Public Relations, Media Relations, Komunikasi Politik, bahkan Fotografi. 

Penasaran sama mata kuliah jurusan ilmu komunikasi, simak penjelasan singkat beberapa mata kuliah mata kuliah jurusan ilkom berikut!

Psikologi Komunikasi

Mendengar nama mata kuliah ini mungkin kalian merasa bingung, “Jadi ini mata kuliah jurusan ‘psikologi’ atau ‘komunikasi’ sih?”, tentunya karena artikel ini membahas mengenai jurusan ilmu komunikasi, jadi mata kuliah ini merupakan mata kuliah komunikasi. Jika kalian mau tau tentang jurusan psikologi, bisa baca Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Psikologi juga. 

Mata kuliah ini mempelajari mengenai hubungan atau keterkaitan antara komunikasi dan psikologi yang sebenarnya di dunia nyata sangat berkaitan. Tujuan mata kuliah ini tentunya agar mahasiswa memahami psikologi secara umum dalam cakupan komunikasi tentuya. 

Public Speaking 

Alasan kenapa jurusan ilmu komunikasi identik dengan mahasiswanya yang suka ngobrol, dan keliatan seru adalah karena mereka menerima mata kuliah ini guys, Public Speaking.

Mata kuliah ini mempelajari mulai dari teori-teori dasar dari public speaking, sampai dengan teknik atau metode presentasi dan juga persuasi dimana hal ini akan sangat berguna untuk melatih mahasiswa berkomunikasi baik secara verbal maupun tulisan pada saat menyampaikan informasi di depan umum. 

Komunikasi Politik

Seperti yang telah disebutkan diatas, ilmu komunikasi memiliki cangkupan yang sangat luas, termasuk di bidang politik pun ada mata kuliahnya sendiri. Mata kuliah ini mempelajari mengenai berbagai komponen komunikasi politik untuk menciptakan keterampilan dalam memilih pendekatan komunikasi.

Universitas Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Untuk mendapatkan fasilitas dan juga kualitas pendidikan yang baik, tentunya kalian akan mencari perguruan tinggi yang dianggap bagus kan? Nah, berikut beberapa universitas negeri yang jurusan ilmu komunikasinya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya. Sedangkan untuk universitas swasta ada Universitas Islam Indonesia, Universitas Pancasila, Universitas Telkom, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Malang dan masih banyak lagi. 

Selain perguruan tinggi yang telah disebutkan diatas, masih ada perguruan tinggi lain yang juga terakreditasi A, jadi jika elo memutuskan untuk mengambil jurusan ini, namun telah berniat untuk ke perguruan tinggi lain, kalian bisa check di website perguruan tinggi tersebut dan pastikan perguruan tinggi tersebut sudah terakreditasi A. So, jangan pusing milih kampusnya ya, Sobat! 

Kalau elo masih bingung buat nentuin mau kuliah jurusan ilmu komunikasi di mana, Zenius bakal bantu elo buat cari tahu kampus mana yang cocok berdasarkan kepribadian lo. Langsung aja coba kuis di bawah ini, ya!

Jurusan Ilmu Komunikasi - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 26

Baca Juga: Info Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang cukup luas. Kalian gak perlu khawatir tentang prospek kerja jurusan ini karena pada dasarnya hampir seluruh perusahaan terlebih yang berhubungan erat dengan media komunikasi akan memerlukan lulusan ilmu komunikasi. Apa lagi sekarang media digital semakin banyak dan berkembang. Jadi nggak heran kalo prospek lulusan di jurusan Ilmu Komunikasi itu sangat luas dan beragam.

Berikut beberapa prospek kerja yang populer dan banyak diminati untuk lulusan jurusan ilmu komunikasi.

Public Relation

Jurusan ilmu komunikasi kerja apa
Source: Unsplash

Sesuai dengan tujuan peminatannya, seorang public relation bertugas menjaga citra perusahaan dimata public baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu menjadi seorang public relation atau biasa disingkat menjadi PR ini tentunya membutuhkan kemampuan atau skill khusus yaitu salah satunya manajemen krisis dan komunikasi interpersonal. Seorang PR merupakan garda terdepan sebuah perusahaan, sehingga selain bertugas menjaga citra, PR juga bertugas untuk memperbaiki citra perusahaan yang mungkin telah rusak atau tidak dikenal baik karena permasalahan ataupun skandal. 

Copywriter

Selain mampu berbicara dengan baik, lulusan ilmu komunikasi juga harus bisa menyampaikan informasi melalui media apapun termasuk menuli. Tugas seorang copywriter umumnya adalah mempromosikan atau mengiklankan sebuah produk atau jasa melalui tulisan. Meskipun tidak selalu berhubungan dalam bentuk iklan, namun seorang copywriter biasanya berhubungan erat dengan dunia marketing. 

Oleh karena itu seorang copywriter harus orang yang paham dan mengikuti trend terbaru, kreatif, dan mampu menempatkan diri menjadi semua orang agar mereka bisa mengetahui betul target pasar mereka. 

Reporter

Pasti ketika kalian melihat berita kalian sering melihat seorang reporter di lapangan atau tempat kejadian mewawancara narasumber, korban, ataupun saksi bukan? Alasan kenapa pekerjaan ini memerlukan lulusan dari ilmu komunikasi adalah karena lulusan komunikasi dilatih untuk terbiasa berbicara depan umum, atau depan kamera, dan mereka tahu teknik-teknik pendekatan yang tepat dalam berbagai situasi, terlebih biasanya ketika melakukan pekerjaan, seorang reporter tidak diberikan script atau teks, untuk mewawancarai maupun mereport suatu kejadian atau tidak jarang ada kejadian tidak terduga yang terjadi.

Meskipun tidak selalu dalam bentuk penyampaian informasi secara verbal namun, pemilihan kata atau kalimat yang tepat juga merupakan skill yang seharusnya dimiliki oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi. 

Pada dasarnya jenis pekerjaan untuk lulusan jurusan ini sangat beragam, terlepas dari prospek kerja yang telah di sebutkan di atas, masih banyak lagi jenis pekerjaan yang lain yang tidak kalah menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Komunikasi

Kelebihan dan Kekurangan sesuatu jurusan perlu menjadi pertimbangan dalam memilih suatu jurusan, tujuannya adalah supaya elo lebih tahu apa plus minus jurusannya, dan apakah jurusan ini sudah sesuai  dengan minat elo atau belum. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu komunikasi yang udah gue rangkum dari beberapa sumber:

Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan akar dari banyak ilmu

Ilmu komunikasi merupakan akar dari banyak ilmu, diantaranya adalah jurnalistik, public relation, ilmu broadcasting, dan lain sebagainya.

Prospek Karier yang luas

Terdapat banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. Bahkan hampir semua lini pekerjaan membutuhkan SDMyang mahir dalam komunikasi dan sosialisasi.

Persentase lulus tepat waktu terbilang tinggi

Jenjang sarjana bisa lulus kurang dari 4 tahun dan itu bukan hal yang mustahil. Salah satunya di Jurusan Ilmu Komunikasi, banyak sarjana ilmu komunikasi yang mendapat predikat cumlaude dari kampus favorit di Indonesia.

Punya banyak waktu untuk menggali potensi diri

Tidak terlalu padat dengan jadwal kuliah dan praktikum, memungkinkan seorang mahasiswa memiliki banyak waktu untuk kegiatan positif lainnya. Misalnya mengikuti pelatihan skills, ikut organisasi atau bahkan kerja part time.

Kekurangan Jurusan Ilmu Komunikasi

Persaingan masuk PTN yang sangat ketat

Hal tersebut dikarenakan jurusan ini adalah jurusan favorit dengan prospek kerja yang bergengsi, tidak heran jika persaingannya menjadi ketat. Peluang untuk masuk melalui jalur reguler pun semakin kecil setiap tahunnya. Jadi elo harus serius belajar mulai dari sekarang ya untuk berjuang masuk ke jurusan ini.

Biaya kuliah yang cukup mahal

Biaya kuliah terbilang cukup mahal terutama buat elo yang mengambil jurusan ini di PTS bergengsi. Jurusan ini tentunya akan menguras tabungan elo karena ada banyak kegiatan perkuliahan yang membutuhkan media khusus  sebagai alat penunjangnya.

Persaingan dunia kerja yang ketat

Peluang diterima kerja di perusahaan akan semakin ketat karena banyaknya peminat dan lulusan di jurusan ini. Jumlah lulusan setiap tahun pun meningkat membuat elo harus punya spesifikasi ilmu agar bisa naik jabatan atau menempati posisi tinggi di perusahaan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan ketika elo mengambil jurusan ilmu komunikasi. Dari situ elo bisa ngebandingin lagi antara plus minus dan peta impian elo kedepannya, apakah akan sesuai atau engga dengan cita-cita elo di masa depan.

Jika kalian tertarik dengan jurusan ini dan merasa bahwa “jurusan ini gue banget” kalian bisa mulai mencari tahu dari sekarang perguruan tinggi mana yang ingin kalian tuju. Namun jika kalian masih ragu, tidak ada salahnya untuk menanyakan pendapat orang tua kalian atau mungkin menanyakan pengalaman kerabat kalian mengenai pengalaman mereka setelah masuk jurusan ini.

Jika masih ragu, coba kenali diri kalian lebih dalam, seperti memikirkan hal-hal yang anda sukai, bahkan ketika mengerjakan atau melakukan hal itu membuat kalian lupa waktu, atau bisa juga dengan memikirkan dibidang apa kalian merasa lebih unggul.

Pada akhirnya tidak ada jawaban yang sepenuhnya salah ataupun benar ketika mengambil keputusan, selalu ada pro dan kontranya. Oleh karena itu jika kalian sudah memutuskan mengambil jurusan ini, maka itu artinya kalian siap untuk berkomitmen kalian sampai akhir. 

Tapi perlu diingat, ya! Untuk masuk ke perguruan tinggi komitmen aja nggak cukup, elo juga harus persiapan buat menghadapi UTBK 2023.

Nah, buat elo yang ngambis banget masuk PTN impian, nggak ada salahnya kalau elo coba ikutan bimbel online dan menjadikan bimbel online sebagai senjata elo dalam belajar menghadapi SNBT (UTBK) 2023.

Salah satu bimbel online yang sudah terbukti efektif buat persiapan UTBK adalah bimbel pake aplikasi Zenius. Di Zenius elo bakal belajar video pembelajaran untuk persiapan UTBK di 2023. Salah satu paket yang gue rekomendasiin buat elo beli adalah paket Aktiva Sekolah Zenius. Lewat paket belajar tersebut elo akan dapat akses ribuan materi belajar, live class dengan tutor-tutor Zenius, serta akses ke banyak banget soal dan pembahasannya. Segera klik banner di bawah, ya!

Jurusan Ilmu Komunikasi - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 27

Sekian pembahasan gue tentang Jurusan Ilmu Komunikasi, semoga artikel ini membantu kalian menentukan jurusan kalian ya, dan jika ada yang ingin kalian tanyakan atau diskusikan, silahkan komen di bawah ya. Good luck!

Baca Juga Artikel Tentang Jurusan Lainnya

Jurusan Arsitektur

Jurusan Peternakan

Jurnalis

Originally Published: Chintya Kusuma Dewi (17 Desember 2020)
Updated by: Adjie Sumantri (Oktober 2022)

Bagikan Artikel Ini!