Kenalan yuk Sama Jurusan Ilmu Komunikasi!

Artikel ini membahas apa yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi, Perguruan Tinggi dengan jurusan ilmu komunikasi terakreditasi A, dan prospek kerja lulusan ilmu komunikasi.

Kalian pasti pernah denger dong jurusan ilmu komunikasi. Kenapa bisa yakin kalo kalian pasti pernah denger? Karena, jurusan ilmu komunikasi termasuk jurusan yang diminati banyak orang baik di indonesia maupun di luar. Sebagaimana disebutkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Arief Sjamsulaksan Kartasasmita pada 14 Agustus 2020 di website resmi UNPAD “program studi ilmu komunikasi menjadi program studi terfavorit di UNPAD tahun 2020. Tercatat jurusan ini meraih keketatan tertinggi yaitu 1:87, dengan jumlah peminat mencapai 3.134 orang.” 

Wow, banyak sekali kan peminatnya? Ilmu komunikasi sering kali dianggap mudah oleh sebagian orang karena dianggap sudah dipelajari dari kehidupan sehari-hari dan dianggap sebagai hal yang bisa dilakukan semua orang, padahal kenyataannya tidak se- “sederhana” itu guys. 

Diperlukan kemampuan khusus dan etika yang benar, yang pastinya akan kalian pelajari jika kalian memilih untuk masuk ke jurusan ini. Oleh karena itu, kalo kalian tertarik atau mau kepo sama jurusan ini, kuy baca artikel ini sampe abis!

 

Apa sih Ilmu Komunikasi Itu?

ilustrasi ilmu komunikasi
Sumber gambar: Fred Kearney/unsplash.com

Sesuai dengan namanya, pada dasarnya jurusan ilmu komunikasi adalah mempelajari mengenai berbagai jenis dan tingkatan komunikasi yang berkaitan erat dengan interaksi antar sesama manusia sebagai makhluk sosial, jadi jurusan ilmu komunikasi gak berarti hanya belajar cara berbicara aja. Sering banget nih denger orang lain bilang 

“lu kan bawel, masuk ilmu komunikasi aja”

Persepsi atau anggapan itu kurang tepat guys sebenarnya karena gak menutup kemungkinan orang yang pendiam atau introvert sekalipun bisa jadi malah handal dan berbakat dalam bidang ini, komunikasi sendiri memiliki berbagai bentuk termasuk tulisan, jadi jurusan ini juga terbuka dan bisa jadi cocok untuk kalian yang introvert ya guys. 

Pada umumnya jurusan ilmu komunikasi memiliki 3 bidang peminatan

Jurnalistik

Buat kalian yang bermimpi atau bercita-cita melakukan liputan, wawancara, atau menulis berita, peminatan ini cocok untuk kalian. Jurnalistik merupakan peminatan yang memperdalam mengenai komunikasi media massa, dan jurnalisme. Media massa nya yang dimaksud seperti TV, Radio, media online, dan perfilman. 

Public Relation 

Dari namanya yang mengandung “Relation”, peminatan ini berkaitan erat dengan menjalin relasi ataupun penghubung antar institusi, perusahaan, atau dengan masyarakat. Sebagaimana setiap perusahaan, institusi, badan organisasi, atau bahkan kita sendiri pun memiliki citra-nya atau image masing-masing, Public Relation diperlukan untuk menjembatani citra perusahaan atau suatu badan kepada public.

Advertising

Kalian pasti sudah bisa nebak peminatan ini mempelajari tentang apa, betul sekali, peminatan ini mempelajari tentang teknik pengiklanan dan strategi pemasaran dalam aspek komunikasi. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di balik dunia periklanan memerlukan orang-orang yang kreatif, ide-ide menarik, dan berpikir out of the box untuk bisa menarik perhatian dengan iklan. Jika kalian memiliki ciri-ciri tersebut, maka peminatan ini mungkin cocok untukmu!

Sebenarnya peminatan jurusan ilmu komunikasi cukup beragam tergantung dengan perguruan tingginya, ada beberapa perguruan tinggi yang mungkin tidak memiliki peminatan yang telah disebutkan di atas namun memiliki peminatan lain yang tidak kalah menarik. Oleh karena itu jika kalian sudah tertarik dengan jurusan ini, jangan lupa mencari tahu peminatan yang sekiranya kalian ingin kuasai dan juga memastikan perguruan tinggi impian kalian memiliki peminatan tersebut yaa!

 

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada saat pertama kali kalian memasuki jurusan ini biasanya akan diajarkan mata kuliah dasar sosial dan komunikasi, seperti mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Psikologi komunikasi, Teori Ilmu komunikasi, dan lain-lain. 

Selain itu ada juga mata kuliah yang akan kalian pelajari di semester-semester selanjutnya seperti yang cukup populer Public Speaking, Public Relations, Media Relations, Komunikasi Politik, bahkan fotografi. 

Penasaran sama mata kuliah jurusan ilmu komunikasi, simak penjelasan singkat beberapa mata kuliah jurusan ini

Psikologi Komunikasi

Mendengar nama mata kuliah ini mungkin kalian merasa bingung, “Jadi ini mata kuliah jurusan ‘psikologi’ atau ‘komunikasi’ sih?”, tentunya karena artikel ini membahas mengenai jurusan ilmu komunikasi, jadi mata kuliah ini merupakan mata kuliah komunikasi. Jika kalian mau tau tentang jurusan psikologi, bisa baca Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Psikologi juga. 

Mata kuliah ini mempelajari mengenai hubungan atau keterkaitan antara komunikasi dan psikologi yang sebenarnya di dunia nyata sangat berkaitan. Tujuan mata kuliah ini tentunya agar mahasiswa memahami psikologi secara umum dalam cakupan komunikasi tentuya. 

Public Speaking 

Alasan kenapa jurusan ilmu komunikasi identik dengan mahasiswanya yang suka ngobrol, dan keliatan seru adalah karena mereka menerima mata kuliah ini guys, Public Speaking. Mata kuliah ini mempelajari mulai dari teori-teori dasar dari public speaking, sampai dengan teknik atau metode presentasi dan juga persuasi dimana hal ini akan sangat berguna untuk melatih mahasiswa berkomunikasi baik secara verbal maupun tulisan pada saat menyampaikan informasi di depan umum. 

Komunikasi Politik

Seperti yang telah disebutkan diatas, ilmu komunikasi memiliki cangkupan yang sangat luas, termasuk di bidang politik pun ada mata kuliahnya sendiri. Mata kuliah ini mempelajari mengenai berbagai komponen komunikasi politik untuk menciptakan keterampilan dalam memilih pendekatan komunikasi.

 

Beberapa Kampus yang Memiliki Jurusan Ilmu Komunikasi Berakreditasi A

Untuk mendapatkan fasilitas dan juga kualitas pendidikan yang baik, tentunya kalian akan mencari perguruan tinggi yang dianggap bagus bukan? Berikut beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang jurusan ilmu komunikasinya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT tahun 2020. 

Jenis Perguruan TinggiNama Perguruan TinggiNama Fakultas 
Perguruan Tinggi Negeri (PTN)Universitas Indonesia (UI)Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Gadjah Mada (UGM)Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas AirlanggaFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Sebelas MaretFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas PadjadjaranFakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)
Perguruan Tinggi Swasta (PTS)Universitas Bina Nusantara (BINUS)Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)
Universitas Islam IndonesiaFakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPISS)
Universitas PancasilaFakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)
Universitas TelkomFakultas Komunikasi dan Bisnis
Universitas Katolik Indonesia Atma JayaFakultas Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi 

Selain perguruan tinggi yang telah disebutkan diatas, masih ada perguruan tinggi lain yang juga terakreditasi A, jadi jika kamu memutuskan mengambil jurusan ini, namun telah berniat untuk ke perguruan tinggi lain, kalian bisa check di website perguruan tinggi tersebut dan memastikan perguruan tinggi tersebut sudah terakreditas A. 

 

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Memiliki bidang yang cukup luas, tentunya kalian gak perlu khawatir tentang prospek kerja jurusan ini karena pada dasarnya hampir seluruh perusahaan terlebih yang berhubungan erat dengan media komunikasi akan memerlukan lulusan ilmu komunikasi. Apa lagi semakin kesini media online semakin banyak dan berkembang. Berikut beberapa prospek kerja yang populer dan banyak diminati oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi

Public Relation

Sesuai dengan tujuan peminatannya, seorang public relation bertugas menjaga citra perusahaan dimata public baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu menjadi seorang public relation atau biasa disingkat menjadi PR ini tentunya membutuhkan kemampuan atau skill khusus yaitu salah satunya manajemen krisis dan komunikasi interpersonal. Seorang PR merupakan garda terdepan sebuah perusahaan, sehingga selain bertugas menjaga citra, PR juga bertugas untuk memperbaiki citra perusahaan yang mungkin telah rusak atau tidak dikenal baik karena permasalahan ataupun skandal. 

Copywriter

Selain mampu berbicara dengan baik, lulusan ilmu komunikasi juga harus bisa menyampaikan informasi melalui media apapun termasuk menuli. Tugas seorang copywriter umumnya adalah mempromosikan atau mengiklankan sebuah produk atau jasa melalui tulisan. Meskipun tidak selalu berhubungan dalam bentuk iklan, namun seorang copywriter biasanya berhubungan erat dengan dunia marketing. 

Oleh karena itu seorang copywriter harus orang yang paham dan mengikuti trend terbaru, kreatif, dan mampu menempatkan diri menjadi semua orang agar mereka bisa mengetahui betul target pasar mereka. 

Reporter

Pasti ketika kalian melihat berita kalian sering melihat seorang reporter di lapangan atau tempat kejadian mewawancara narasumber, korban, ataupun saksi bukan? Alasan kenapa pekerjaan ini memerlukan lulusan dari ilmu komunikasi adalah karena lulusan komunikasi dilatih untuk terbiasa berbicara depan umum, atau depan kamera, dan mereka tahu teknik-teknik pendekatan yang tepat dalam berbagai situasi, terlebih biasanya ketika melakukan pekerjaan, seorang reporter tidak diberikan script atau teks, untuk mewawancarai maupun mereport suatu kejadian atau tidak jarang ada kejadian tidak terduga yang terjadi. Meskipun tidak selalu dalam bentuk penyampaian informasi secara verbal namun, pemilihan kata atau kalimat yang tepat juga merupakan skill yang seharusnya dimiliki oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi. 

Pada dasarnya jenis pekerjaan untuk lulusan jurusan ini sangat beragam, terlepas dari prospek kerja yang telah di sebutkan di atas, masih banyak lagi jenis pekerjaan yang lain yang tidak kalah menarik.

Jika kalian tertarik dengan jurusan ini dan merasa bahwa “jurusan ini gue banget” kalian bisa mulai mencari tahu dari sekarang perguruan tinggi mana yang ingin kalian tuju. Namun jika kalian masih ragu, tidak ada salahnya untuk menanyakan pendapat orang tua kalian atau mungkin menanyakan pengalaman kerabat kalian mengenai pengalaman mereka setelah masuk jurusan ini. Jika masih ragu, coba kenali diri kalian lebih dalam, seperti memikirkan hal-hal yang anda sukai, bahkan ketika mengerjakan atau melakukan hal itu membuat kalian lupa waktu, atau bisa juga dengan memikirkan dibidang apa kalian merasa lebih unggul. Pada akhirnya tidak ada jawaban yang sepenuhnya salah ataupun benar ketika mengambil keputusan, selalu ada pro dan kontranya. Oleh karena itu jika kalian sudah memutuskan mengambil jurusan ini, maka itu artinya kalian siap untuk berkomitmen kalian sampai akhir. 

Ikan hiu makan tomat, semangat guys untuk melangkah lebih menuju kedewasaan! Semoga artikel ini membantu kalian menentukan jurusan kalian ya, dan jika ada yang ingin kalian tanyakan atau diskusikan, silahkan komen di bawah ya. Good luck!

 

Baca Juga Artikel tentang Jurusan Lainnya

Jurusan Arsitektur

Jurusan FIB

Jurusan Peternakan