Info lengkap perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Info Perkuliahan Ilmu Komunikasi UGM dan Peminatannya

Udah nentuin belum, mau lanjut kuliah di mana? Sebagai bahan pertimbangan, coba intip seperti apa perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, yuk! Siapa tahu jurusan ini bisa jadi pilihan elo nanti.

Sobat Zenius, belakangan profesi content creator lagi booming banget nggak, sih? Dengan rajin mengunggah konten tentang keseharian kita, ikutan dance challenge, atau berbagi vlog jalan-jalan, kayaknya kita udah bisa menyebut diri kita sebagai “content creator”.

Tapi, sebenarnya selain dimulai dari ke-viral-an di media sosial, bisa nggak sih hal kayak gini dipelajari secara formal? Jawabannya, bisa banget! Salah satu caranya dengan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi. Nah, kebetulan Universitas Gadjah Mada (UGM) punya program sarjana (S1) buat jurusan ini. 

Makanya, kali ini, gue mau bagi informasi seputar perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM. Harapan gue sih, biar elo ada gambaran kira-kira apa yang harus dipersiapkan dan apa yang akan elo hadapi kalau masuk jurusan ini.

Yuk, langsung aja simak artikelnya sampai habis dan catat bagian-bagian yang penting!

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Seperti apa perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM?

Yuk, kenalan dulu sama Jurusan Ilmu Komunikasi UGM! (Arsip Zenius)

Jurusan ini berada di bawah Departemen Ilmu Komunikasi (DIKOM) yang berdiri bersamaan dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada tahun 1950. Udah lama banget, kan?

Program yang dibuka oleh departemen ini lengkap lho, meliputi program sarjana reguler (S1), program sarjana internasional atau International Undergraduate Program (IUP), program magister (S2), dan program doktoral (S3). 

Di artikel ini, kita fokus ke program S1 aja dulu, ya!

Omong-omong, apa aja sih, yang dipelajari di departemen ini? Cakupan pembelajarannya cukup luas lho, Sobat Zenius. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan jurnalisme, humas, periklanan, atau media entertainment bakal elo pelajari selama perkuliahan nanti.

DIKOM benar-benar memperhatikan perkembangan komunikasi dan media digital. Makanya, kurikulum yang dikembangkan juga berhubungan dengan perkembangan tersebut. Hal ini dilakukan supaya bisa membekali para mahasiswa dengan pemahaman konsep sekaligus kemampuan praktis.

Akreditasi dan Daya Tampung Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Jurusan Ilmu Komunikasi UGM akreditasinya nggak perlu dipertanyakan lagi. Kualitas pendidikan di jurusan ini udah mendapatkan peringkat A pada tahun 2020 dan akreditasi itu akan berlaku sampai tahun 2025. 

Karena akreditasinya bagus, otomatis lebih banyak orang juga pengen banget nih, masuk jurusan ini. Coba perhatikan data daya tampung dan peminat Jurusan Ilmu Komunikasi UGM berikut ini!

Daya tampung Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Wah, dengan daya tampung yang cuma 75, peminatnya bisa hampir 2.000-an orang. Gimana, elo juga pengen ikutan masuk sini, nggak?

Baca Juga: Info Perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UGM (Fisipol UGM)

Perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Di Indonesia, jumlah pengguna media digital dan sosial termasuk yang terbesar di Asia Tenggara, lho. Para pengguna bentuk-bentuk teknologi informasi dan komunikasi ini bebas mengutarakan pikiran mereka di berbagai platform.

Tambah lagi, penggunaan teknologi ini nggak sebatas berbagi pikiran aja sekarang, tapi juga merambah ke bidang lain seperti bisnis. Kalau elo perhatikan tiap ada obrolan hangat di media sosial, pasti ada aja yang jualan di kolom komentar.

Atau kalau lagi scroll TikTok atau Instagram, ada aja iklan yang lewat, terus kita berakhir mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang ditawarkan iklan tersebut.

Nggak cuma itu, ada lagi nih, Gojek, Traveloka, Shopee, dan lain-lain, yang pasti udah familiar banget di telinga elo. Perusahaan-perusahaan besar ini juga sangat memanfaatkan media digital.

Jurusan S1 Ilmu Komunikasi UGM bertujuan untuk merespons informasi dan komunikasi yang seperti udah gue jabarkan tadi, terus berkembang dengan sangat pesat.

Dengan kurikulum yang memperkuat pemahaman teori dan kemampuan praktis, kalau elo bergabung dengan jurusan ini, elo akan dididik menjadi lulusan yang

  • Mampu menganalisis hal-hal terkait bidang komunikasi
  • Mampu melakukan kerja strategis di bidang komunikasi.
  • Mampu mengembangkan kewirausahaan di bidang komunikasi

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Jurusan S1 Ilmu Komunikasi UGM membuka dua program, yakni program reguler dan program internasional. Kita coba lihat mata kuliah ilmu komunikasi UGM di program-program tersebut, yuk!

Program Studi S1 Reguler

Kalau elo ambil program reguler, mata kuliah yang akan elo ikuti meliputi mata kuliah wajib universitas, wajib fakultas, wajib departemen, wajib peminatan, dan pilihan.

Pada semester I dan II, elo akan mulai dikenalkan terlebih dahulu dengan teori-teori dalam ilmu komunikasi beserta beberapa praktis dasarnya.

Pada semester III, elo mulai belajar tentang bidang komunikasi yang lebih spesifik, termasuk bidang media kreatif, jurnalisme, dan komunikasi strategis.

Saat semester IV nanti, elo akan memilih satu peminatan dari dua yang ditawarkan oleh jurusan ini, yaitu Creative Media and Journalism dan Strategic Communication. Berikut daftar mata kuliah wajib masing-masing peminatan:

Daftar mata kuliah di peminatan S1 Ilmu Komunikasi UGM

Lalu, menjelang akhir nanti, elo akan menghadapi KKN dan tugas akhir. Kedua tugas ini sebagai bentuk penerapan serta karya hasil apa yang telah elo pelajari selama kuliah!

Program Sarjana Internasional

Program yang ini juga sama, ada mata kuliah wajib universitas, fakultas, departemen, dan pilihan. Ada KKN dan tugas akhir juga. Yang membedakan adalah program International Exposure yang akan diikuti mahasiswa di semester V atau VI.

Apa itu program International Exposure? Ini adalah program yang wajib diikuti kalau elo gabung ke program sarjana internasional jurusan ini.

Di International Exposure, elo akan memenuhi beberapa kredit di salah satu dari beberapa universitas luar negeri yang bekerja sama dengan UGM, seperti Melbourne University, University of Groningen, University of Birmingham, dan lain-lain.

Caranya gimana? Bisa melalui program pertukaran pelajar, belajar di luar negeri, atau double-degree selama satu hingga dua semester. Seru banget kan, bisa belajar di luar negeri dulu!

Baca Juga: Kenalan Sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Cara Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Gue punya tips masuk komunikasi UGM, nih. Lagi-lagi gue mau sampaikan apa yang udah gue bilang di awal tadi, cari tahu apa yang perlu elo persiapkan dan apa yang akan elo hadapi. Tadi, gue udah kasih garis besar seperti apa perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM.

Sekarang, apa yang harus elo siapkan kalau mau masuk ke jurusan ini? Tenang, gue udah siapkan info seputar persyaratan masuk ke masing-masing program yang ditawarkan!

Program S1 Reguler

Program ini membuka beberapa jalur:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    Menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    Menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
  • Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Sarjana
    Menggunakan prestasi di bidang akademik dan nonakademik. Jenis-jenis seleksinya meliputi: PBU Tidak Mampu, PBU Berprestasi, PBU Olahraga dan Seni, dan PBU Kemitraan.
  • Ujian Tulis (UTUL) UM UGM
    Menggunakan nilai hasil ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM.

Program Internasional

Program ini bisa diikuti dengan melewati rangkaian ujian berikut:

  • GMST (Gadjah Mada Scholastic Test) meliputi pengetahuan verbal, kuantitatif, dan penalaran.
  • ACEPT (Academic English Proficiency Test) meliputi kemampuan mendengar, penggunaan struktur, dan membaca.
  • Writing + Interview Test yang diikuti oleh peserta yang berhasil menyelesaikan GMST dan ACEPT.

Infografis cara masuk Jurusan Ilmu Komunikasi UGM. (Arsip Zenius)
Alt: Infografis cara masuk Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Biaya Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM

Setelah membaca-baca tentang perkuliahan dan cara masuk ke jurusan ini, mungkin elo bertanya-tanya, berapa ya, biaya kuliah komunikasi UGM?

Maka dari itu, gue juga udah siapkan dong, informasi mengenai itu, hehe. Gercep kan, gue? Apa sih yang nggak buat Sobat Zenius. Yuk, simak baik-baik, ya!

Program S1 Reguler

Kelompok Uang Kuliah Tunggal (Rp)
IIIIIIIVVVIVIIVIII
500.0001.000.0002.900.0004.350.0005.800.0006.500.0007.500.0009.500.000

Program Internasional

Uang Kuliah Tunggal (Rp)
Warga Negara Indonesia Kelas IUPWarga Negara Asing Kelas IUPWarga Negara Asing Kelas Reguler
25.000.00035.000.00027.500.000

Penutup

Oke deh, sekian dulu informasi penting tentang perkuliahan di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM yang bisa gue berikan. Semoga bisa membantu, ya! Informasi lebih dalam tentang pendaftaran UM UGM mulai dari persyaratan lebih rinci, jadwal pendaftaran, sampai materi ujiannya bisa elo dapatkan di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Zenius juga udah punya latihan soal yang bisa jadi bahan elo buat belajar, nih, supaya lebih siap kalau mau ikut UTUL UGM!

Latihan Soal UTUL UGM

Nah kalau udah ngerjain latihan soal, elo bisa coba-coba try out UM UGM. Tinggal tap aja banner di bawah ini! 

Info Perkuliahan Ilmu Komunikasi UGM dan Peminatannya 9

Sampai bertemu di artikel Zenius lainnya, ya!

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Referensi

Daftar Prodi SBMPTN Universitas Gadjah Mada – Sidata PTN

Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 6949 – Rektor universitas Gadjah Mada (2021)

Program Studi – Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada

Program Studi dan Daya Tampung Sarjana dan Sarjana Terapan – Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (2022)

Tentang DIKOM – Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada

Bagikan Artikel Ini!