Info lengkap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI

Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Mau belajar banyak ilmu sosial dan politik? Tenang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP UI) punya pilihan jurusan yang lengkap. Yuk, simak infonya!

Sobat Zenius, pernah denger nggak ada temen elo yang bilang, “Gue pengen kuliah di jurusan sosial!” Atau justru elo juga punya keinginan yang sama? Oke, gue bakal bahas tuntas di artikel ini.

Sebenarnya, jurusan sosial itu, sih? Isi perkuliahannya belajar soal interaksi dengan orang lain, gitu? Apakah mahasiswanya juga belajar mengatasi konflik? 

Sebetulnya, jurusan sosial itu ya berkaitan dengan ilmu sosial yang punya banyak cabang ilmu. Jadi, jurusan-jurusannya ada Jurusan Sosiologi, Antropologi, Kriminologi, dan masih banyak lagi. 

Nah, jurusan-jurusan itu bisa elo pilih di Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (Universitas Indonesia). Penasaran jurusan di FISIP UI ada apa aja?  Yuk, simak profil lengkapnya!

Kenalan dengan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Fakultas Ilmu Sosial & Sosial (FISIP) merupakan salah satu fakultas yang memiliki jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak di Universitas Indonesia setiap tahunnya. 

Menurut sejarah, awal mula terbentuknya FISIP UI karena adanya satu jurusan bernama Jurusan Publisistik yang bernaung di bawah Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (FH-IPK) UI pada tahun 1959. Jurusan tersebut didirikan guna meningkatkan mutu pers pada masa itu. 

Pergantian nama FH-IPK menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dilakukan pada tahun 1982. Hingga kini, ada pilihan 7 jurusan di FISIP UI untuk jenjang sarjana (S1). Ada Jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, sampai Kriminologi! 

Jurusan di FISIP UI

Sama dengan fakultas lainnya, jurusan di FISIP UI ini punya beberapa jenjang pendidikan yang bisa dipilih sesuai dengan pendidikan terakhir elo. Nah, jenjang pendidikan yang disediakan fakultas ini adalah jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan juga doktor (S3). Artikel ini akan khusus membahas jurusan di FISIP UI untuk jenjang S1. 

Selain itu, di sini juga ada yang namanya kelas reguler dan kelas internasional. Di kelas reguler, elo akan belajar dengan menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Sedangkan di kelas internasional, elo akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan setiap hari. Menarik banget, kan?

Terus, apa aja nih, keuntungan jadi mahasiswa kelas internasional? Simak informasi berikut, yuk!

  • Terbiasa untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris setiap harinya,
  • Punya koneksi pertemanan dari mancanegara,
  • Bisa dapet double degree dari universitas yang bekerja sama dengan FISIP UI, dan
  • Punya kesempatan untuk kuliah di luar negeri.

Nah, sekarang waktunya elo kenalan lebih dalam dengan tiap jurusan di FISIP UI untuk mahasiswa S1.

Info jurusan di FISIP UI
Informasi Jurusan di FISIP UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Di jurusan ini, elo akan dikenalkan dengan beberapa ilmu turunan komunikasi, seperti jurnalistik, komunikasi pemasaran, periklanan, public relation, dan sebagainya. 

Elo akan belajar bagaimana cara menyampaikan pesan dengan cara yang sangat efektif dan menarik. Selain itu, elo akan belajar tentang bentuk komunikasi, strategi komunikasi, dan juga media yang digunakan. Seru banget, yah!

2. Jurusan Ilmu Politik

Di jurusan ini, elo akan diajarkan untuk bisa menawarkan berbagai macam solusi dari fenomena-fenomena politik. Elo akan diajarkan untuk mengkaji fenomena-fenomena politik tersebut secara mendetail dan menerapkan berbagai teori politik yang ada. 

3. Jurusan Kriminologi

Jangan kaget kalau udah masuk jurusan ini, karena pembahasan di jurusan ini akan berkaitan erat dengan berbagai macam kejahatan yang ada di sekitar kita. 

Elo akan mempelajari dan mengkaji seputar latar belakang seseorang melakukan tindak kejahatan, dampak dari tindak kejahatan tersebut, dan juga cara menanggulanginya. 

4. Jurusan Sosiologi

Elo pasti udah hafal banget sama cabang ilmu sosial yang satu ini. Yap, Jurusan Sosiologi juga ada di UI, lho!

Di sini, elo akan belajar tentang semua hal yang berkaitan dengan masyarakat, baik itu karakternya, interaksinya, strukturnya, konfliknya, hingga fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Jalur Seleksi & Info Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

5. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Buat elo yang suka banget bersosialisasi dengan masyarakat, jurusan ini bakal cocok banget buat elo!

Di jurusan ini, elo akan belajar caranya mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, elo juga belajar bagaimana cara mencegah dan menanggulangi permasalahan tersebut, supaya masyarakat bisa memiliki kualitas hidup yang berkelanjutan. 

6. Jurusan Antropologi Sosial

Kalau elo masuk jurusan ini, ada banyak banget ilmu lain yang bakal elo pelajari, seperti biologi, budaya, bahasa, hingga pola pikir yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. 

Selain itu, elo juga akan belajar tentang bagaimana kehidupan masyarakat di zaman dulu, masa kini, dan juga masa yang akan datang. 

7. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan ini khusus untuk membahas tentang hubungan antarnegara, baik itu dalam segi perdagangan, politik, budaya, kebijakan, dan masih banyak lagi. 

Buat elo yang kepengen banget bekerja sebagai diplomat, jurusan ini cocok banget masuk dalam pertimbangan elo!

Nah, di fakultas ini ada mata kuliah wajib yang bakal dipelajari sama semua mahasiswa di FISIP UI. Apa aja, tuh? 

  • Pengantar Sosiologi,
  • Pengantar Ilmu Politik,
  • Pengantar Ilmu Antropologi, 
  • Manusia dan Masyarakat Indonesia, dan 
  • Mata Kuliah Kepribadian (MPK).

Baca Juga: Info Jurusan dan Perkuliahan di Fakultas Ilmu Budaya UI

Syarat Masuk Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI

Udah nentuin bakal milih jurusan apa nanti? Sebelum itu, elo juga harus merhatiin beberapa syarat masuk yang dibikin sama FISIP UI untuk calon mahasiswanya.

Info syarat masuk Jurusan di FISIP UI
Informasi Syarat Masuk FISIP UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Gelar dari Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI

Setelah lulus, kira-kira bakal dapet gelar apa di belakang nama elo nantinya? Nah, gelar ini bakal disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang udah elo pilih. Ini daftar selengkapnya.

  • Gelar S.Sos untuk lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi, Kriminologi, Sosiologi, Antropologi, dan juga Ilmu Hubungan Internasional.
  • Gelar S.I.P untuk lulusan Sarjana Ilmu Politik.
  • Gelar S.Kesos untuk lulusan Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial.
  • Gelar M.Si untuk lulusan Magister Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI, dan
  • Gelar Dr. untuk lulusan Doktor Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI.

Baca Juga: 6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif Agar Dapat Skor Tinggi

Daya Tampung Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI

Selain syarat masuk tadi, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan nih, yaitu daya tampung dan juga peminat di setiap jalur pendaftaran yang ada. 

FISIP UI menyediakan tiga jalur pendaftaran nih buat elo, yaitu jalur SNMPTN (undangan), jalur SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan SIMAK UI (seleksi mandiri).

Berikut ini daftar daya tampung dan peminat dari setiap jalur yang udah gue sebutin tadi berdasarkan data dari website UI-nya langsung.

Info daya tampung Jurusan di FISIP UI
Informasi daya tampung Jurusan di FISIP UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Seperti yang bisa elo lihat, jalur SIMAK UI punya kuota paling besar, nih. Bakal rugi banget kalau elo nggak geber persiapan SIMAK UI dari sekarang! Telusuri tiap info penting SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, materi ujian, sampai jadwal pendaftaran.

Panduan Lengkap SIMAK UI

Cobain juga mengerjakan soal-soal tahun lalu, ya. Bisa intip-intip dari sekarang, lho, nggak perlu nunggu mepet hari H! 

Latihan Soal SIMAK UI

Biar persiapan elo lebih matang lagi, tambah dengan ikutan try out juga, yuk! Langsung klik banner di bawah ini aja.

Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI) 9

Referensi:

Perkembangan Ilmu Sosial dalam Sejarah – FISIP UNAIR

(http://s3ilmusosial.fisip.unair.ac.id/id_ID/perkembangan-ilmu-sosial-dalam-sejarah/) 

Tentang FISIP UI

(https://fisip.ui.ac.id/mari-berkenalan/)

Jurusan FISIP UI

(https://commdept.fisip.ui.ac.id/)

Kriminologi FISIP UI

(https://criminology.fisip.ui.ac.id/)

Departemen Sosiologi UI

(https://fisip.ui.ac.id/tagar/departemen-sosiologi/) 

Ilmu Politik FISIP UI

(https://ilmu-politik.fisip.ui.ac.id/) 

Persyaratan Pendaftaran Program Studi FISIP UI

(https://simak.ui.ac.id/persyaratan-pendaftaran-program-studi.html)

Bagikan Artikel Ini!