Info lengkap Jurusan Fakultas Ilmu Budaya UI

Info Jurusan dan Perkuliahan di Fakultas Ilmu Budaya UI

Kuliah di Fakultas Ilmu Budaya UI (FIB UI) cocok buat elo yang suka mengulik keberagaman budaya dan bahasa. Pilihan jurusan di FIB beragam banget, lho. Mau tau apa aja? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Semenjak adanya pandemi Covid-19, banyak kegiatan berjalan secara virtual. Contohnya kayak menonton film yang biasanya ramai di bioskop, kini orang lebih memilih menggunakan layanan streaming seperti Netflix atau Disney+. 

Film yang disajikan di platform ini pun jauh lebih beragam banget. Mulai dari film Amerika, Eropa, Jepang, hingga Korea yang series dramanya kini semakin naik daun. Dengan keberagaman film ini, tentunya secara nggak langsung kita juga dapat melihat sekilas budaya negara dari film tersebut. Terus gue jadi mikir, kayaknya seru banget kalau bisa belajar lebih jauh ya?

Nah, buat elo yang suka mengulik keberagaman budaya dan bahasa, melanjutkan jenjang pendidikan ke Fakultas Ilmu Budaya UI (FIB UI) bakal cocok banget! Apalagi, fakultas yang satu ini menyediakan berbagai studi bahasa asing yang mungkin belum pernah elo pelajari!

Kita ulik bareng-bareng, yuk!

Sejarah FIB UI

Perjalanan Fakultas Ilmu Budaya UI dimulai pada 1 Oktober 1940. Awalnya, fakultas ini bernama Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan sempat berganti nama menjadi Fakultas Sastra dan Filsafat pada 1947.

Seiring berkembangnya waktu, nama Fakultas Sastra dan Filsafat dinilai mengalami penyempitan makna. Terlebih, sastra dan bahasa  juga telah menjadi bagian dari kebudayaan. Makanya, UI resmi mengubah nama fakultas ini menjadi Fakultas Ilmu Budaya pada 2002.

Saat baru berdiri, fakultas ini hanya memiliki empat jurusan atau program studi. Kini, FIB terus berkembang hingga memiliki 15 program studi buat jenjang sarjana, lho!

Selain program sarjana, FIB UI juga punya jenjang magister dan doktor yang bisa elo tempuh setelah lulus sarjana. Tapi, buat kali ini, gue mau bahas soal jenjang sarjana dulu, ya!
Buat daftar Jurusan FIB UI selengkapnya, bisa langsung elo cek di infografis ini!

Daftar Jurusan Fakultas Ilmu Budaya UI
Daftar Jurusan Fakultas Ilmu Budaya UI (Sumber: fib.ui.ac.id)

Wah, banyak banget pilihannya, ya! Kira-kira, jurusan mana nih, yang menarik perhatian elo? Atau masih bingung? Tenang, tenang, gue bantuin untuk cari tahu kayak apa sih, kuliah di jurusan-jurusan ini.

Baca juga: 20+ Jurusan yang Jarang Diminati di UI, Bisa Jadi Peluang Bagus!

Program Studi Kesusastraan

Seperti yang sudah elo lihat tadi, FIB UI punya banyak banget pilihan program studi kebahasaan, yaitu:

  • Arab
  • Belanda
  • Cina
  • Indonesia
  • Inggris 
  • Jawa
  • Jepang
  • Jerman
  • Bahasa dan Kebudayaan Korea
  • Prancis
  • Rusia

Di program studi kebahasaan tersebut, tentunya elo nggak cuma belajar soal  bahasanya secara lisan maupun tulisan, tapi juga struktur bahasanya atau yang kita kenal juga sebagai grammar

Selain itu, elo juga akan belajar kebudayaan dari negara bahasa tersebut. Contohnya di Jurusan/Program Studi Sastra Belanda, elo juga akan belajar soal kebudayaannya dan pengaruhnya terhadap kebudayaan Indonesia.

Seru banget, kan? Selain itu, selama belajar empat tahun atau delapan semester, elo bisa belajar bahasa lain di mata kuliah pilihan, lho. Jadi, biarpun nantinya elo jadi mahasiswa Jurusan Sastra Belanda, elo bisa juga belajar bahasa Prancis tipis-tipis!

Baca Juga: Info Kuliah dan Departemen di Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Program Studi Ilmu Sejarah

Nah, di Program Studi Ilmu Sejarah ini, elo akan belajar soal kejadian-kejadian penting yang terjadi di masa lampau dan pengaruhnya terhadap masa saat ini. Kalau di masa SMA elo cuma mempelajari kronologi perang di Indonesia, di jenjang kuliah ini elo akan menguliti kejadian penting tersebut lebih dalam.

Nggak cuma soal perang, elo juga akan belajar sejarah dari berbagai aspek. Contohnya kayak sejarah pemikiran Islam di Indonesia, sejarah birokrasi, sejarah maritim, sampai sejarah diplomasi. Elo juga akan mendapatkan mata kuliah pilihan untuk mempelajari sejarah dari negara-negara lain.

Contohnya nih, ada mata kuliah Sejarah Asia Tenggara Modern, Sejarah Masyarakat dan Budaya AS, Sejarah Hubungan Antar Bangsa di Asia Tenggara, dan masih banyak lagi.

Program Studi Arkeologi

Nah, kalau di program studi kebahasaan tadi elo bisa belajar kebudayaan lewat bahasanya, di Program Studi Arkeologi ini elo juga belajar kebudayaan manusia lewat peninggalannya! 

Belajar sejarah dan meneliti peninggalan di masa lalu seperti prasasti dan lukisan akan menjadi makanan sehari-hari elo nantinya, nih. Nggak sampai situ aja, elo juga akan belajar menghitung umur artefak, evolusi manusia, dan pengelolaan museum.

Jadi, program ini bakal cocok banget deh buat elo yang suka akan sejarah. Dengan percampuran ilmu sejarah dan geologi, elo bisa mengupas masa lampau manusia!

Gelar Lulusan Fakultas Ilmu Budaya UI
Gelar Lulusan Fakultas Ilmu Budaya UI (Sumber: Arsip Zenius)

Program Studi Ilmu Filsafat

Pernah dengar istilah kalau filsafat merupakan ibu dari segala ilmu nggak, nih? Bidang ilmu ini disebut demikian karena elo akan belajar beragam fenomena di sekitar kita dari dasar. Makanya, kalau elo tipe orang “kepo”, jurusan ini bakalan cocok banget, deh. Kemampuan berpikir logis, kreatif, dan analisis elo pun bakal diasah banget.

Apalagi yang dipelajari itu bukan cuma soal keseharian, tapi juga beragam fenomena dari masa lampau. Makanya, elo akan menemui mata kuliah seperti Sejarah Filsafat Yunani, Sejarah Filsafat Abad Pertengahan, Filsafat Islam, Filsafat Ketuhanan, Filsafat Timur, Filsafat Sosial, dan masih banyak lagi.

Akreditasi Prodi FIB UI

Soal kualitas, UI nggak perlu dipertanyakan lagi deh. FIB UI menjadi salah satu fakultas yang memiliki akreditasi sangat baik, nih. Seluruh program studi jenjang sarjananya saja sudah terakreditasi A dari BAN-PT, lho! Nggak terkecuali untuk jenjang magister dan doktoralnya juga.

Jadi, elo nggak perlu meragukan kualitas dari fakultas yang satu ini, ya!

Baca juga: 20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran?

Daya Tampung FIB UI

Sudah tahu kan kurang lebih apa saja yang bakal dipelajari di FIB UI? Pastikan elo sudah menentukan mau masuk program studi mana, ya, baru deh perkuat strategi belajar soshum elo. Soalnya, jurusan FIB UI masuk ke dalam kelompok ujian soshum.

Nah, kalau elo masih bingung, tenang saja. Gue sudah siapin infografis di bawah soal daya tampung berdasarkan daftar jurusan FIB UI. Semoga bisa jadi bahan referensi elo dalam menimbang-nimbang pilihan, ya!

Daya Tampung Fakultas Ilmu Budaya UI
Daya Tampung SNMPTN Fakultas Ilmu Budaya UI (sumber: simak.ui.ac.id)
Daya Tampung Fakultas Ilmu Budaya UI
Daya Tampung Fakultas Ilmu Budaya UI (sumber: simak.ui.ac.id)

Seperti yang bisa elo lihat, jalur SIMAK UI punya kuota paling besar, nih. Jadi, elo bisa memaksimalkan persiapan SIMAK UI. Telusuri tiap info penting SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, materi ujian, sampai jadwal pendaftaran.

Panduan Lengkap SIMAK UI

Cobain juga mengerjakan soal-soal tahun lalu, ya. Bisa intip-intip dari sekarang, lho, nggak perlu nunggu mepet hari H! 

Latihan Soal SIMAK UI

Biar persiapan elo lebih matang lagi, tambah dengan ikutan try out juga, yuk! Langsung klik banner di bawah ini aja.

Info Jurusan dan Perkuliahan di Fakultas Ilmu Budaya UI 9

Referensi:

Akreditasi FIB UI (https://fib.ui.ac.id/akreditasi-program-studi-fib-ui/)

Program Akademik Sarjana S-1 (https://fib.ui.ac.id/akademik/program-sarjana-s1/)

SIMAK UI Reguler (https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Sejarah FIB UI (https://fib.ui.ac.id/sejarah-fib-ui/) 

Bagikan Artikel Ini!