fakultas ilmu keperawatan ui

Info Kuliah dan Departemen di Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Elo tertarik menjadi perawat? Yuk, simak info lengkap Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Mulai dari info jurusan, mata kuliah, gelar pendidikan, sampai daya tampung buat mahasiswa baru!

Pernah baca kisah Florence Nightingale, nggak? Wanita yang dibesarkan di Inggris ini merupakan pelopor di bidang keperawatan modern yang mempopulerkan pelatihan profesi bagi para perawat.

Ngomong-ngomong soal pelopor, Fakultas Ilmu Keperawatan UI juga jadi awal bagi kemajuan ilmu perawatan, lho. Kalau karena Florence Nightingale, perawat jadi belajar ilmu sosial dan komunikasi supaya memahami masalah kesehatan yang dialami pasien. Nah, karena Fakultas Ilmu Keperawatan UI, Indonesia pertama kalinya memiliki pendidikan perawat setingkat sarjana! 

Elo salah satunya yang mau jadi perawat juga nggak, nih? Tenang, wujudkan impian elo itu dengan kuliah di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penasaran kayak apa perkuliahannya? Yuk, simak!

Kenalan dengan Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tahu nggak sih, Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) di Universitas Indonesia didirikan sejak tanggal 15 November 1995. Tapi perkuliahannya sendiri sudah berlangsung sejak 1985! Lho, kok bisa?

Jadi, pada tahun 1985, Fakultas Ilmu Keperawatan itu masih berbentuk jurusan dan jadi bagian dari Fakultas Kedokteran dengan nama Jurusan Ilmu Keperawatan. Karena perlu mengembangkan ilmu lebih luas lagi, akhirnya jurusan ini dipisah menjadi fakultas independen pada 1995.

Seperti yang udah gue bahas tadi, Fakultas Ilmu Keperawatan UI merupakan pelopor pendidikan keperawatan setingkat sarjana. Sejak mulai berdiri, FIK UI terus berkembang pesat. Makanya, nggak heran kalau The World University Rankings (THE WUR) menobatkan Jurusan Keperawatan di FIK UI menjadi yang terbaik di Indonesia pada 2022.

Baca Juga: Info Kuliah Fakultas Kedokteran Gigi UI dan Syarat Masuknya

Jurusan Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Menjadi seorang perawat tentunya nggak gampang, ya. Elo harus melewati beberapa jenjang pendidikan dengan jangka waktu yang berbeda. Sama aja nih sama jurusan-jurusan kesehatan lain.

Pendidikan yang wajib ditempuh untuk menjadi perawat itu ada dua, Pendidikan Akademik dan Profesi. Kalau udah menempuh dua jenjang pendidikan tadi, artinya elo udah bisa dibilang sebagai perawat profesional jenjang pertama. 

Kalau gitu, gimana dengan Fakultas Ilmu Keperawatan di UI? FIK UI cuma punya satu jurusan untuk jenjang sarjana, yaitu Ilmu Keperawatan. Selain itu, FIK UI membuka prodi untuk jenjang magister (S2) sampai doktor (S3). 

Fakultas Ilmu Keperawatan UI juga buka program pendidikan yang bisa elo cek pada infografis di bawah ini.

program pendidikan fakultas ilmu keperawatan ui
Program Pendidikan Fakultas Ilmu Keperawatan UI (Sumber: ui.ac.id)

Baca Juga:  Seluk-Beluk Perkuliahan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Program Studi S1 Ilmu Keperawatan UI

Seperti yang sudah dibahas, jenjang sarjana FIK UI punya dua kelas berbeda yang bisa disesuaikan sama pendidikan terakhir calon mahasiswanya. Tapi, sebenarnya apa yang bikin beda?

Tentunya dalam hal jumlah beban studi yang nantinya akan elo jalanin. Kalau elo masuk kelas reguler, elo bakal belajar selama 8 semester dengan beban studi sebanyak 144 sks. 

Sementara itu, di kelas ekstensi, elo wajib belajar selama 5 semester dengan beban studi sebanyak 72 sks. Kenapa begitu?

Karena di kelas reguler, elo bakal belajar tentang ilmu keperawatan dari nol. Sedangkan kelas ekstensi lebih ke untuk memperdalam ilmu keperawatan yang udah elo miliki saat menempuh pendidikan D3. 

Persamaannya ya setelah lulus tetap dapat gelar sarjana yang sama, kok. Udah paham kan sampai sini? 

Kalau gitu, apa aja sih yang bakal dipelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan?

Jadi, elo akan dipersiapkan untuk andal dalam ilmu pengetahuan, teknik, dan prosedur yang berhubungan dalam meningkatkan kesehatan. 

Elo akan diajarkan untuk bisa merawat orang yang sedang sakit, cedera, disable, serta memberikan pengetahuan seputar kesehatan kepada masyarakat luas. 

Beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari di jurusan ini, di antaranya:

  • Ilmu Dasar Keperawatan 
  • Komunikasi Kesehatan
  • Terapi Keperawatan Komplementer
  • Keperawatan Anak
  • Promosi Kesehatan 
  • Penanganan Bencana, dll.

Oh iya, setelah lulus, elo wajib untuk melanjutkan pendidikan ke program profesi. Jangan lupa, pendidikan sarjana dan profesi ners adalah satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan. Kalau mau bisa praktik, elo harus melewati tahapan program profesi dulu.

Baca Juga: Informasi Seleksi dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UI

Gelar dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI

gelar fakultas ilmu keperawatan ui
Ilustrasi Gelar Fakultas Ilmu Keperawatan UI (Sumber: Arsip Zenius)

Gelar pendidikan dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI tergantung dari jenjang pendidikan masing-masing. Ini rinciannya:

  • Gelar S.Kep: Sarjana Ilmu Keperawatan 
  • Gelar Ners: Profesi Ners
  • Gelar M.Kep: Pendidikan magister Ilmu Keperawatan 
  • Gelar Sp.Kep.Anak: Spesialis Keperawatan Anak
  • Gelar Sp.Kep.J: Spesialis Keperawatan Jiwa
  • Gelar Sp.Kep.Kom: Spesialis Keperawatan Komunitas 
  • Gelar Sp.Kep.Mat: Spesialis Keperawatan Maternitas
  • Gelar Sp.Kep.MB: Spesialis Keperawatan Medikal Bedah
  • Gelar Dr: Doktor Ilmu Keperawatan. 

Daya Tampung Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Gimana dengan kuota penerimaan buat mahasiswa baru? Kalau elo udah yakin mau mendalami ilmu keperawatan di UI, wajib cari tau informasi seputar jalur pendaftaran Fakultas Ilmu Keperawatan UI yang tersedia.

Setiap jalur masuk Fakultas Ilmu Keperawatan UI punya peminat dan daya tampung yang berbeda setiap tahunnya. Di sini, gue bakal kasih bocoran tentang daya tampung dan peminat dari setiap jalur masuk yang ada. Yuk, simak!

daya tampung jurusan ilmu keperawatan ui
Daya Tampung Fakultas Ilmu Keperawatan UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Di Fakultas Ilmu Keperawatan ini, ada tiga jalur seleksi masuk yang dibuka. Pertama, elo bisa coba daftar lewat SNMPTN (jalur undangan). Pastikan nilai rapor elo udah secantik mungkin supaya peluang elo lolos pun semakin besar.

Kedua, ada jalur SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Di jalur ini, biasanya persaingan bakal lebih ketat lagi. Terakhir, SIMAK (Jalur Mandiri UI) yang hanya membuka pilihan untuk kelas reguler saja.

Elo bisa banget kulik-kulik soal SIMAK UI dari sekarang. Biasanya, ujian mandiri di kampus-kampus PTN bakal buka paling belakangan. Jadi dengan jeda waktu yang lumayan panjang, sayang banget kalau elo nggak persiapkan dari sekarang. Yuk, cek panduan lengkap SIMAK UI mulai dari persyaratan, cara daftar, dan daya tampungnya lewat link di bawah ini. 

Panduan Lengkap SIMAK UI

Ada contoh soal SIMAK UI juga nih. Manfaatin baik-baik, ya!

Latihan Soal SIMAK UI

Nggak ketinggalan, Zenius juga punya Try Out buat memantapkan persiapan elo. Buruan ikut, langsung klik banner di bawah ini!

try out simak ui online zenius

Referensi:

Informasi Fakultas Ilmu Keperawatan UI

(https://nursing.ui.ac.id/)

Program Studi dan Daya Tampung FIK UI

(https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?ptn=321)

Ragam Seleksi Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan UI

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemdikbud

(https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/MEVDN0VFQjUtOTVDNy00QzUwLTg2RDctMkY4RDU1RUY0NzRB/20211)

Bagikan Artikel Ini!