Sidang PPKI

Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 dan Terbentuknya Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Di materi Sejarah Kelas 11 ini, kita bakal bahas apa hasil sidang PPKI dan kapan sidang PPKI dilaksanakan. Selain itu, hasil sidang pertama PPKI akan menjadi salah satu topik pembahasan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Halo, Sobat Zenius! Selepas kemerdekaan, pemimpin Indonesia harus segera merumuskan hal-hal yang dibutuhkan untuk sebuah negara baru. Jadi, kali ini kita akan membahas pembentukan pemerintahan Indonesia dalam sidang PPKI. Karena ini adalah momen bersejarah yang penting untuk Indonesia saat itu.

Rapat PPKI
Rapat PPKI (Dok. Wikimedia Commons).

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) merupakan organisasi yang didirikan pada tanggal 7-22 Agustus 1945. Selain itu, Soekarno dan Mohammad Hatta adalah ketua dan wakil ketua dari PPKI. Organisasi ini dibentuk sebagai inisiatif tokoh petinggi bangsa Indonesia yang bertujuan mempersiapkan pelaksanaan kemerdekaan dan kebutuhan-kebutuhan Indonesia setelah merdeka.

Potret Soekarno
Potret Soekarno (Dok. Wikimedia Commons).
Potret Hatta
Potret Hatta (Dok. Wikimedia Commons).

Nah, PPKI ini membahas hal-hal yang sifatnya praktis, yaitu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan, penetapan dasar negara dan simbol negara (presiden-wakil presiden) serta kebutuhan kelembagaan negara (pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga tinggi negara, dan lainnya). Pokoknya, semua hal yang dibutuhkan oleh sebuah negara yang sedang memperjuangkan kedaulatannya setelah berhasil memproklamasikan kemerdekaan.

Nah, hal-hal apa saja yang berhasil dirumuskan oleh PPKI? Yuk, kita bahas satu per satu! 

Hasil Sidang Pertama PPKI

Sidang pertama PPKI dilaksanakan pada 18 Agustus 1945 bertempat di Gedung Tyuuoo Sangi-In (Gedung Pancasila).

Apa hasil Sidang PPKI pertama? Berikut ini rumusan dan isinya:

1. Mengesahkan UUD 1945 

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 disahkan sebagai konstitusi negara Indonesia.

Selain itu, hasil sidang ini adalah merevisi Piagam Jakarta yang awalnya terdapat kalimat, “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan akhirnya ditetapkan sebagai sila pertama dasar negara Pancasila. Hal ini dilakukan agar negara Indonesia dapat merangkul berbagai golongan agama.

2. Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI

Atas usulan Otto Iskandardinata yang kemudian disetujui oleh forum sidang, Soekarno dan Hatta dipilih sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

3. Membentuk Komite Nasional

Komite Nasional dibentuk sebagai komite sementara untuk membantu presiden dan wakil presiden, karena saat itu, DPR dan MPR belum dibentuk.

Keesokan harinya, yaitu tanggal 19 Agustus 1945, panitia sidang harus segera melaksanakan rapat karena sebagai sebuah negara, Indonesia masih kekurangan banyak hal. Apa saja yang berhasil dirumuskan di hari kedua atau sidang kedua ini?

Oh, ya, kalau mau nonton pembahasannya secara lengkap, bisa lewat link di bawah ini ya! Oke, ayo kita lanjut!

klik banner ini untuk lanjut belajar tentang materi PPKI dan Sejarah-UTBK lainnya

Hasil Sidang Kedua PPKI

Berikut ini adalah hasil Sidang PPKI kedua:

1. Pembagian Provinsi di Indonesia

PPKI memutuskan untuk membagi wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi, yaitu Sunda Kecil, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi

2. Membentuk Komite Nasional Daerah

Sidang kedua ini membentuk Komite Nasional Daerah (KND) yang levelnya berada berada di provinsi-provinsi yang telah dibentuk.

3. Pembentukan Departemen dan Menteri

Terakhir, PPKI berhasil membentuk 12 departemen dan menteri-menterinya. Selain itu, terdapat juga 4 menteri negara non-departemen.

Oke, setelah melakukan dua sidang, PPKI melaksanakan sidang ketiga atau terakhir untuk melengkapi hal-hal yang belum dirumuskan dalam dua sidang sebelumnya.

Baca Juga: Sejarah PPKI – Pembentukan, Anggota, Tugas, dan Fungsinya

Hasil Sidang Ketiga PPKI

Sidang terakhir yang dilakukan PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

1. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Nah, komite ini adalah awal mula terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). KNIP adalah Badan Pembantu Presiden yang anggota-anggotanya adalah tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai golongan dan daerah.

2. Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)

Secara umum, PNI dibentuk untuk kedaulatan rakyat dan sebagai implementasi negara Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.

3. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) 

BKR mempunyai tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara Indonesia. Nah, setelah BKR resmi dibentuk, maka organisasi-organisasi lain yang memiliki tugas yang serupa seperti BKR, yaitu Heiho, PETA, dan Laskar Rakyat resmi dibubarkan.

Oke, berikut ini adalah soal yang dapat dikerjakan untuk mengulang kembali ingatan Sobat Zenius tentang materi ini. Selamat mengerjakan!

Baca Juga: Perbedaan BPUPKI dan PPKI Beserta Penjelasan Lengkap

Contoh Soal Sidang PPKI

  1. Sidang PPKI pertama membahas terkait ….

a. Dasar negara
b. Sistem politik
c. Dasar pemerintahan
d. Kementerian yang bertugas
e. Pembagian wilayah Indonesia

Pembahasan:

18 Agustus 1945 merupakan tanggal dilaksanakanya sidang PPKI yang pertama. Di sidang pertama ini mereka hal yang fokus dibicarakan adalah mengenai dasar negara Indonesia termasuk pengesahan UUD 1945 serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Jawaban: a.

Baca Juga: Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua Beserta Prosesnya – Materi Sejarah Kelas 11

****

Sekarang, kita sudah selesai membahas apa saja hasil sidang PPKI. Oh, ya, selain Sejarah, ada banyak pelajaran lainnya di Zenius, seperti Matematika, Biologi, Sosiologi, dan masih banyak lagi. Elo dapat mengakses itu semua di sini secara GRATIS menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website atau lewat aplikasi Zenius.

Untuk pengalaman belajar yang lebih asik elo juga bisa berlangganan paket belajar Zenius dengan klik gambar di bawah ini!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Selamat belajar!

Bagikan Artikel Ini!