perbedaan bpupki dan ppki adalah

Perbedaan BPUPKI dan PPKI Beserta Penjelasan Lengkap

Sejak dulu, Belanda sering digadang-gadang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun lamanya. Namun selama 350 tahun itu, ada berbagai kerajaan dan wilayah di Indonesia yang sempat bebas atau pernah berhasil memberontak, lho.

Setelah lama berkecimpung di Indonesia yang dulu masih disebut Nusantara, Belanda akhirnya angkat kaki, dan tentara Jepang mengambil alih kekuasaan. Sejak itu, dimulailah pendudukan Jepang, sebelum akhirnya Indonesia merdeka.

Awalnya, pada tahun 1942, Jepang mulai masuk dan menguasai Indonesia. Di saat yang sama, Jepang sedang bergelut di Perang Dunia II terhadap sekutu. Wah, sibuk banget ya Jepang?

Lambat laun, Jepang mulai kewalahan, dan terdesak oleh sekutu. Sehingga, Jepang akhirnya menawarkan sebuah janji manis yang sangat didambakan oleh rakyat Indonesia saat itu: kemerdekaan.

Fakta janji koiso dinyatakan oleh perdana menteri kuniaki koiso di sidang istimewa di tokyo pada 7 september 1944 bahwa indonesia akan merdeka agar indonesia mau membantu jepang melawan sekutu
Fakta Janji Koiso. (Arsip Zenius)

Ya, pada sebuah sidang istimewa yang diselenggarakan di Tokyo, Perdana Menteri Kekaisaran Jepang Kuniaki Koiso mengeluarkan sebuah pernyataan politik pada 7 September 1944.

Ia menjanjikan bahwa Kekaisaran Jepang akan memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, agar Indonesia dengan semangat mau membantu Jepang dalam berperang.

Tentunya kemerdekaan memerlukan berbagai persiapan ya, Sobat Zenius. Pernikahan aja membutuhkan begitu banyak persiapan, apalagi proses kemerdekaan sebuah negara, tentu nggak langsung zimzalabim terbentuk pemerintah, hukum, dasar negara, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, dibentuk sebuah badan bernama BPUPKI, yang kemudian berubah menjadi PPKI.

Wah, kira-kira apa ya BPUPKI dan PPKI itu? Pada artikel kali ini, kita akan membahas BPUPKI dan PPKI, dua badan yang dibentuk pada masa persiapan kemerdekaan Indonesia.

Namanya agak-agak mirip, ya? Supaya nggak terbalik-balik, kita bahas perbedaan BPUPKI dan PPKI, dimulai dengan memahami apa itu BPUPKI dan PPKI dulu, yuk!

Apa Itu BPUPKI dan PPKI

Pembahasan BPUPKI dan PPKI definisi dan tugas.
Penjelasan BPUPKI dan PPKI. (Arsip Zenius)

Manifestasi janji Jepang akan kemerdekaan Indonesia bisa dibilang mulai terlihat nyata dengan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, alias BPUPKI.

Baca Juga: BPUPKI – Sejarah Pembentukan, Tugas, dan Tujuan Berdirinya

Dibentuk oleh Letnan Jenderal Kumakici Harada, BPUPKI yang juga kerap disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai ini bertugas untuk menyelidiki persiapan kemerdekaan Indonesia.

Bisa dibilang, badan ini ngecek apa aja, nih yang perlu atau belum disiapkan untuk kemerdekaan Indonesia nanti.

Nah, sebuah negara tentu membutuhkan dasar atau pondasi, ya. Oleh karena itu, berbagai tokoh di Indonesia merumuskan dasar negara Indonesia bersama-sama.

Untuk mendiskusikan penyelidikan dan penyusunan dasar negara, para tokoh di Indonesia, bersama dengan orang Jepang, melakukan sidang resmi sebanyak dua kali.

Kira-kira apa saja yang terjadi pada kedua sidang tersebut, dan bagaimana, ya hasilnya? Elo bisa cari tahu jawabannya melalui artikel di bawah ini.

Baca Juga: Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua Beserta Prosesnya – Materi Sejarah Kelas 11

Nah, Sobat Zenius, BPUPKI pada akhirnya berhasil menyusun Pancasila sebagai dasar negara Indonesia serta Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar hukum Indonesia.

Setelah menunaikan tugasnya, BPUPKI dibubarkan pada 7 Agustus 1945. Di hari yang sama, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk.

Baca Juga: Sejarah PPKI – Pembentukan, Anggota, Tugas, dan Fungsinya

Ya, bisa dibilang, PPKI yang dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Inkai ini merupakan tindakan lanjut dari BPUPKI.

Kan nggak mungkin ya, Indonesia cuma menyelidiki terus, tentu perlu dilakukan persiapan selanjutnya untuk mengesahkan dan memikirkan bagaimana implementasi pemerintahan Indonesia.

Makanya, PPKI ini dibentuk untuk mengesahkan dasar serta hukum Indonesia yang telah disusun sebelumnya, serta untuk mempersiapkan gimana pemerintah Indonesia setelah merdeka.

PPKI kemudian dibubarkan pada 29 Agustus 1945, setelah berhasil menyusun pembentukan Komite Nasional, Partai Nasional, dan Badan Keamanan Nasional.

Timeline BPUPKI dan PPKI

Sobat Zenius, sebelumnya kita udah ngebahas definisi serta tugas BPUPKI dan PPKI, nih. Udah jelas kan gimana perbedaan tugas mereka? 

Sekarang, kita coba lihat linimasa aktivitas dua badan tersebut, yuk. 

timeline atau linimasa bpupki dan ppki pembentukan pembubaran sidang
Timeline aktivitas BPUPKI dan PPKI. (Arsip Zenius)

Dari linimasa di atas, elo bisa lihat ya, bahwa pada 7 Agustus 1945, BPUPKI dibubarkan dan berubah menjadi PPKI.

Berbeda dengan BPUPKI yang memiliki anggota Jepang, anggota PPKI murni merupakan rakyat Indonesia.

Perubahan BPUPKI menjadi PPKI memperlihatkan keinginan bangsa indonesia untuk terlepas dari pengaruh Jepang.

Tabel Perbedaan BPUPKI dan PPKI

Oke, Sobat Zenius, tadi kita udah ngebahas tentang BPUPKI dan PPKI, serta linimasa pembentukan dan aktivitasnya.

Supaya perbedaan BPUPKI dan PPKI ini dapat dilihat dengan lebih jelas lagi, elo bisa melihat tabel di bawah ini, sebagai review atau kesimpulan pembahasan tadi.

BPUPKIPPKI
NamaBadan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan IndonesiaPanitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Nama JepangDokuritsu Junbi CosakaiDokuritsu Junbi Iinkai
Tujuan Menyelidiki persiapan kemerdekaan Indonesia, dengan membuat dasar negara (Pancasila), membantu Panitia Sembilan, dan lain-lain.Melanjutkan upaya BPUPKI, membuat tatanan pemerintahan.
Jumlah anggota60 orang27 orang (awalnya 21 orang)
KetuaDr. K.R.T Radjiman WedyodiningratIr Soekarno
Wakil ketuaIchibangase Yosio (Jepang) dan R.Panji SoerosoDrs Moh. Hatta
Tanggal dibentuk1 Maret 1945, dengan peresmian pada 29 April 1945.7 Agustus 1945
Tanggal bubar7 Agustus 194529 Agustus 1945

Sebenarnya, Indonesia dijanjikan Jepang untuk merdeka pada 24 Agustus 1945. Namun, insiden bom atom di Jepang menyebabkan adanya kekosongan kekuasaan di Indonesia.

Para pemuda Indonesia kemudian mendesak golongan tua (termasuk Soekarno dan Hatta) untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Awalnya, golongan tua enggan melakukan hal tersebut karena ingin menghindari konflik dengan tentara Jepang yang masih ada di Indonesia, serta ingin mengikuti prosedur yang sebelumnya telah dijanjikan.

Namun, golongan muda nggak menyerah dan melakukan “penculikan” terhadap Soekarno dan Hatta, dengan tujuan untuk menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang. Saksikan kisahnya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok – Latar Belakang, Kronologi, dan Tujuan

Contoh Soal BPUPKI dan PPKI

Waktunya review ulang soal materi kali ini, nih. Berikut ini beberapa contoh soal mengenai OKI yang sering muncul di ujian. 

  1. Perubahan BPUPKI menjadi PPKI memperlihatkan apa?

Jawaban: Perubahan tersebut menunjukkan keinginan bangsa indonesia untuk terlepas dari pengaruh jepang.

  1. Organisasi yang dibentuk setelah janji Perdana Menteri Koiso adalah ….

Jawaban: BPUPKI. Badan ini terbentuk sebagai perwujudan awal janji Perdana Menteri Koiso yang menjanjikan kemerdekaan Indonesia, asalkan Indonesia mau membantu Jepang. 

  1. Apa kepanjangan BPUPKI serta PPKI, dan penyebutan dalam bahasa Jepangnya?

Jawaban: BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, yang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai dalam bahasa Jepang. Sedangkan, PPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, atau Dokuritsu Junbi Inkai dalam bahasa Jepang.

Kalo ada pertanyaan yang masih membuat elo bingung atau nggak yakin, boleh banget elo tanyakan di kolom komentar ya.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Berawal dari Satu Pertanyaan

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai perbedaan BPUPKI dan PPKI. Kalo elo ingin mempelajari pendudukan Jepang dan materi sejarah lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

Perbedaan BPUPKI dan PPKI Beserta Penjelasan Lengkap 9

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi

BPUPKI – Sejarah Pembentukan, Tugas, dan Tujuan Berdirinya – Zenius (2022)

Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua Beserta Prosesnya – Materi Sejarah Kelas 11 – Zenius (2022)

Sejarah PPKI – Pembentukan, Anggota, Tugas, dan Fungsinya – Zenius (2022)

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila – Zenius (2021)

Bagikan Artikel Ini!