SPBM PKN STAN

SPMB PKN STAN – Jadwal, Syarat, Tata Cara Pendaftaran dan Prospek Karir

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara. Gue akan mengupas tuntas segala informasi yang Sobat Zenius butuhkan mengenai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB PKN STAN.

PKN STAN adalah salah satu sekolah kedinasan yang paling populer di Indonesia. Gak heran sih, soalnya sekolah di bidang akuntansi dan perpajakan ini menyediakan berbagai fasilitas yang tergolong lengkap.

Elo mungkin sudah mulai bertanya-tanya, “Kapan ya pendaftaran mahasiswa baru STAN dibuka?”. Nah, makanya simak informasi pendaftaran PKN STAN berikut ini, Sobat Zenius.

Informasi Mengenai PKN STAN (SPMB PKN STAN)

Menyelenggarakan pendidikan di bidang keuangan negara, PKN STAN merupakan perguruan tinggi vokasi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (KemenKeu). Calon mahasiswa yang mendaftar di PKN STAN berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Syarat masuk STAN yang terbilang ketat demi mendapatkan SDM terbaik serta nantinya diharapkan dapat berkontribusi di bidang keuangan Indonesia dan membuat prosesnya kredibel, akuntabel, serta benar.

Perkuliahan di PKN STAN dilaksanakan di Kampus Ali Wardhana, berlokasi di kampus terbaru yang berada di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. Mulanya berlokasi di daerah Balai Diklat Keuangan (BDK) yang kini sudah tidak digunakan lagi.

Cara masuk STAN dapat dari jalur reguler atau program afirmasi dan tidak akan dikenai biaya pendidikan karena biaya tersebut sudah dibebankan pada APBN. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN, mahasiswa akan tinggal di asrama akan tetapi tidak ada uang saku untuk mahasiswa PKN STAN.

Nah buat Sobat Zenius yang tertarik untuk studi di PKN STAN, wajib banget nih belajar dengan sungguh-sungguh semasa di SMA dan jika keterima di sekolah vokasi tersebut, karena PKN STAN menerapkan sistem Drop Out atau DO bagi mahasiswa yang tidak mencapai standar kelulusan akhir semester. So, elo gak bisa melanjutkan perkuliahan pada semester berikutnya dan tidak diizinkan mendaftarkan diri kembali di PKN STAN.

Program Studi PKN STAN

PKN STAN memiliki tiga Program Studi di jenjang Diploma IV, antara lain: 

1. Program Studi Akuntansi Sektor Publik (Diploma IV)

2. Program Studi Manajemen Keuangan Negara (Diploma IV)

3. Program Studi Manajemen Aset Publik (Diploma IV)

Apakah ada jenjang sarjananya? Hmmm… Elo perlu tau Sobat Zenius, PKN STAN adalah kampus vokasi yang menyelenggarakan program diploma IV. Diploma IV ini setara dengan strata satu (sarjana), sehingga nanti elo akan dapat gelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi (S.Tr.Ak.) di belakang nama elo. Ciyee…

Yuk, download aplikasi Zenius buat dapetin materi dan fitur-fitur buat belajar jelang ujian mandiri lainnya yang lebih lengkap. Klik banner di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Pendaftaran SPMB PKN STAN

Infografis langkah pendaftaran SPMB STAN 2022.
Langkah Pendaftaran (Dok. Instagram Zenius)

Di atas merupakan gambaran alur seleksi masuk PKN STAN sekalian jadi referensi untuk elo menentukan timeline. Sobat Zenius, ini perlu jadi catatan utama elo, SPMB PKN STAN tidak menyelenggarakan seleksi masuk dengan jalur prestasi maupun undangan. Jenis tes yang akan elo tempuh ialah:

1. Seleksi Administrasi

2. Seleksi Kompetensi Dasar

3. Seleksi Lanjutan (Seleksi ini setelah elo dinyatakan lulus SKD. Seleksi lanjutan tahap I berupa tes kesehatan, kebugaran, dan tes psikologi; Seleksi lanjutan tahap II adalah tes wawancara.)

Catat perkiraan bulan penting ini ya, Sobat Zenius:

Infografis jadwal pendaftaran SPMB STAN 2022.
Jadwal SPMB STAN 2022 (Dok. Instagram Zenius)
Infografis jadwal pendaftaran SPMB STAN 2022.
Jadwal SPMB STAN 2022 (Dok. Instagram Zenius)

Jadwal di atas merupakan perkiraan dan dapat berubah. Jadi elo tetap harus updating jadwal terbaru di website atau media sosialnya PKN STAN. Cari tahu juga secara detail syarat masuk STAN setiap tahunnya. 

Meskipun lulusan SMA atau sederajat diperbolehkan mendaftar, syarat administrasi untuk mendaftar dan lolos seleksi administrasinya tetap dengan sertifikat UTBK. Elo akan auto dieliminasi pada tahap pertama kalo gak punya sertifikat UTBK.

Syarat Masuk STAN

Infografis syarat masuk STAN.
Persyaratan SPMB STAN 2022 (Dok. Instagram Zenius)

Adapun syarat SPMB PKN STAN yang gue lansir dari halaman website resmi PKN STAN, antara lain:

1. Pendaftar SPMB PKN STAN Program Reguler adalah lulusan (tahun 2022 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau

Pendaftar Program Program Afirmasi adalah calon lulusan tahun 2022 semua Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai masuk bagi pendaftar PKN STAN bukan hasil pembulatan:

Pendaftar yang lulus tahun 2022 dan sebelumnya memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00); atau

Pendaftar calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00) atau 2,80 (skala 4,00), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00)

3. Pendaftar PKN STAN berusia minimum 15 tahun dan maksimal 21 tahun (per 1 September 2022). Pendaftar yang lahir sebelum tanggal 1 September 2002 tidak diizinkan mendaftar.

4. Pendaftar sudah terdaftar mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2022.

5. Pendaftar dinyatakan sehat jasmani dan rohani serta bebas dari NAPZA (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Ketentuan sehat secara jasmani yang ditentukan:

Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;

Mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan

Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu.

6. Pendaftar PKN STAN belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan.

Tambahan persyaratan khusus bagi pendaftar PKN STAN Program Afirmasi:

1. Sudah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;

2. Mempunyai garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

3. Memperoleh rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.

Tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN tahun sebelumnya.

Tata Cara Daftar STAN

Berdasarkan tata cara pendaftaran mahasiswa PKN STAN yang terdapat di website resminya, berikut tata cara daftar STAN yang bisa elo ikuti:

1. Pendaftar PKN STAN sudah login melalui portal SSCASN pada waktu yang ditentukan

2. Pendaftar mengisi kelengkapan data, persyaratan pendaftaran, dan mendownload atau mengupload dokumen yang diperlukan

3. Melakukan login di laman resmi PKN STAN menggunakan akun SSCASN terdaftar

4. Pendaftar menunggu proses verifikasi administrasi yang dilakukan panitia penyelenggara

5. Pendaftar menunggu pengumuman seleksi administrasi

6. Melakukan generate kode Mandiri Virtual Account di laman ini dan melakukan pembayaran sesuai nominal tertera dan kode yang didapatkan

7. Pendaftar login kembali di laman SSCASN

8. Pendaftar mencetak kartu ujian seleksi masuk PKN STAN

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Prospek Lulusan SPMB PKN STAN 2022

SPMB PKN STAN
STAN (Arsip Zenius)

Tata cara daftar STAN sudah gue jelaskan. Sekarang ngomongin prospek lulusannya, walaupun sudah banyak yang tau jika PKN STAN adalah sekolah kedinasan, tapi masih banyak juga yang belum tau tentang karir lulusan PKN STAN. Maka itu kita bahas tuntas nih kira-kira lulusan PKN STAN nanti kerjanya apa ya?

Sebelum lebih mendalam, elo wajib tau bahwa lulusan PKN STAN itu wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun.

Nah, nantinya lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya. Baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ada 3 penjurusan yang ada di PKN STAN, yaitu Pajak, Manajemen Keuangan/Kebendaharaan Negara, dan Akuntansi. Untuk membahas itu, yuk kita baca satu persatu tentang prospek karir lulusan dari SPMB PKN STAN.

PAJAK

Untuk elo yang nantinya bisa lulus dari PKN STAN 2022, elo bisa berkarir di beberapa direktorat. Nah, untuk pajak, ada beberapa kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu:

Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Ditjen Pajak bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Wilayah DJP

Kantor Wilayah DJP (Kanwil DJP) mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, analisis, evaluasi, penjabaran kebijakan serta pelaksanaan tugas di bidang perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

KPP mempunyai tugas melaksanakan penyuluhan, pelayanan dan pengawasan Wajib Pajak di bidang PPh, PPN, PPnBM, PTLL, PBB serta BPHTB.

Jenis KPP dibagi menjadi:

– WP Besar (LTO)

– Madya (MTO)

– Pratama (STO)

Kantor Pelayanan PBB (KPPBB)

KPPBB itu sendiri bertugas melaksanakan pelayanan di bidang PBB dan BPHTB dalam wilayah wewenangnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak (Karikpa)

Karikpa bertugas untuk melaksanakan melaksanakan pemeriksaan lengkap, pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan di bidang perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)

KP2KP bertugas untuk melakukan urusan pelayanan, penyuluhan dan konsultasi perpajakan kepada masyarakat serta membantu KPP Pratama dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

MANAJEMEN KEUANGAN/KEBENDAHARAAN NEGARA

Lulusan dari Manajemen Keuangan/Kebendaharaan Negara akan ditempatkan di kantor-kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) dan beberapa instansi lainnya seperti:

Kantor Pusat DJPBN

Ditjen Perbendaharaan bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Wilayah DJPBN

Kanwil DJPBN bertugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) bertugas melaksanakan penyaluran pembiayaan atas beban anggaran untuk dana yang berasal dari luar negeri.

KPPN itu sendiri terdiri dari 3 tipe di antaranya:

– Percontohan Tipe A1

– Percontohan Tipe A1 Khusus

– Percontohan Tipe A2

Ditjen Anggaran (DJA)

Ditjen Anggaran (DJA) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK)

Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU)

Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pengelolaan utang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

AKUNTANSI

Untuk lulusan Akuntansi dari SPMB PKN STAN akan ditempatkan tersebar di seluruh Indonesia pada instansi yang berada di bawah Kementerian Keuangan dan instansi pemerintah lainnya.

Untuk prospek kerjanya, elo harus tau nih, Kementerian Keuangan itu dibagi lagi menjadi:

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI bertugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pengelolaan utang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI bertugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bertugas membina, mengatur dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) bertugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain prospek karir di atas, ada beberapa pekerjaan juga nih yang harus elo tau, yaitu Staf Ahli. Ada beberapa pekerjaan Staf Ahli bagi elo yang ada di lulusan ini yaitu, Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional dan Staf Ahli Bidang Pembinaan Umum Pengelolaan Kekayaan Negara. Ini dia penjelasannya:

Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional

Pekerjaan staf ahli ini akan mengerjakan hal-hal seperti Hubungan Ekonomi Keuangan internasional. Staf Ahli ini mempunyai tugas memberikan telaahan mengenai masalah di bidang hubungan ekonomi keuangan internasional.

Staf Ahli Bidang Pembinaan Umum Pengelolaan Kekayaan Negara

Pekerjaan staf ahli ini akan mengerjakan hal-hal seperti pembinaan pengelolaan kekayaan Negara, Staf Ahli ini mempunyai tugas memberikan telaahan mengenai masalah di bidang pembinaan umum pengelolaan kekayaan negara.

KEPABEANAN DAN CUKAI

Lulusan dari SPMB PKN STAN jurusan Kepabeanan Dan Cukai akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai. Nanti elo bisa ditempatkan di bagian pelabuhan atau di bandara yang berhubungan dengan kepabeanan dan cukai pastinya.

Persiapan Mengikuti SPMB PKN STAN 2022

Nah, untuk elo yang udah niat banget dari dalam hati mengikut tes masuk STAN, sekarang adalah saatnya untuk gembleng persiapan menuju STAN bareng Zenius. Nah buat elo yang mau mulai mempersiapkan diri untuk ujian masuk STAN dan PTN lainnya nanti, langsung aja klik banner di bawah ini ya!

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Ada beberapa materi TES Intelegensia Umum yang sama dengan materi TPS UTBK, jadi semua bisa elo pelajari di aplikasi Zenius dan yang paling penting adalah ini GRATIS.

Nggak cuma itu, ZenBot si Math Buddy kita semua, selalu ready buat bantuin elo yang kesusahan ngerjain soal Matematika di SKD Kedinasan!

Dalam tahapan persiapan, banyak banget printilan yang harus elo siapkan. Untuk elo yang ngerasa kesulitan ngerjain materi soal MATEMATIKA di SKD Kedinasan, BISA TANYA ZENBOT, lho!

Gimana caranya tanya ke ZenBot sih?

Download aplikasi ZenBot sekarang!

Cara menggunakan ZenBot tuh gampang banget. Elo bisa install aplikasi ZENIUS dan pilih tombol ZenBot di tengah bawah.Nah, itu dia pembahasan mengenai SPMB PKN STAN termasuk hal-hal apa aja yang wajib banget elo persiapkan, dan elo bisa juga nih latihan soal di sini.

Jangan lupa sekali lagi, kalau elo kebingungan menjawab soal Matematika, selalu ada ZenBot. ZenBot ini 24 jam non stop bakalan ngasi elo solusi jawaban Matematika loh! Semoga lancar yah persiapan SPMB PKN STAN-nya. See you!

Originally Published: April 30, 2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!