SPMB PKN STAN 2021

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN (SPMB PKN STAN 2021)

Artikel ini akan membahas tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik Keuangan Negara atau SPMB PKN STAN 2021.

Untuk kamu yang belum tau, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zenius (@zeniuseducation)

Jadwal Seleksi SPMB PKN STAN 2021

Bagi kamu yang berminat untuk menempuh pendidikan di PKN STAN 2021, ada beberapa tanggal yang harus kamu tandain nih di kalender kamu, diantaranya:

1. Pendaftaran online di portal https://sscasn.bkn.go.id
Periode: 9 – 30 April 2021

2. Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id
Periode: 12 April – 4 Mei 2021

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
Periode: 16 Juni 2021

4. Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB
Periode: 16 – 17 Juni 2021

5. Pengumuman Jadwal dan Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Periode: 21 Juni 2021 (Masih Tentatif)

6. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Periode: 25 – 30 Juni 2021 (Masih Tentatif)

7. Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I dan Jadwal Seleksi Lanjutan II
Periode: 8 Juli 2021 (Masih Tentatif)

8. Tes Wawancara
Perioede: 16 – 23 Agustus 2021

9. Pengumuman Kelulusan SPMB PKN STAN 2021
Periode: 30 Agustus 2021

Syarat Pendaftaran SPMB PKN STAN 2021

Ada beberapa persyaratan nih buat kamu yang mau mendaftar di SPMB PKN STAN 2021, diantaranya persyaratan seperti kelulusan, nilai, batas usia, nilai UTBK, dan juga fisik. Untuk detailnya kamu bisa baca di bawah ini ya.

Persyaratan Lulusan

– Program Reguler ini diperuntukan untuk lulusan SMA/Sederajat pada tahun 2020 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2021.

Nilai Rata-rata

– Bagi lulusan tahun 2020 memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

– Bagi calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki niali rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

Batas Usia Saat Pendaftaran

– Usia maksimal pendaftar SPMB PKN STAN 2021 pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dan usia minimal pendaftar pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun.

Terdaftar di UTBK 2021

Nilai TPS UTBK 2021 Minimal 600 untuk Program Reguler

Berbadan Sehat dan Bebas NAPZA

Syarat Fisik Pria

– Tidak bertato/memiliki bekas tato
– Tidak bertindik/memiliki bekas ditindik di telinga maupun anggota badan lainnya (kecuali karena ketentuan agama/adat)

Syarat Fisik Wanita

– Tidak bertato/memiliki bekas tato
– Tidak bertindik/memiliki bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga
– Tidak ditindik/memiliki bekas tindik di telinga lebih dari satu pasang (telinga kiri dan kanan)

Status Pernikahan

– Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.

Tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN (SPMB PKN STAN) pada tahun-tahun sebelumnya

Tahapan Seleksi SPMB PKN STAN 2021

Sekali lagi nih, untuk kamu yang kepingin banget mengikuti tahapan dan rangkaian dari SPMB PKN STAN 2021 harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:

Seleksi Administrasi

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

– SKD diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran.
– SKD dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).
– SKD meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Seleksi Lanjutan I

– Seleksi Lanjutan I meliputi tes kesehatan, kebugaran serta tes psikologi

Seleksi Lanjutan II

– Seleksi Lanjutan II merupakan tes wawancara bagi yang lolos Seleksi Lanjutan I

Persiapan Mengikuti SPMB PKN STAN 2021

Nah, untuk kamu yang udah niat banget dari dalam hati mengikut tes ini, sekarang adalah saatnya untuk gembleng persiapan kamu menuju STAN bareng Zenius.

Ada beberapa materi TES Intelegensia Umum sama dengan materi TPS UTBK, jadi semua bisa kamu pelajari di aplikasi Zenius dan yang paling penting adalah ini GRATIS.

Nggak cuma itu, ZenBot si Math Buddy kita semua, selalu ready buat bantuin kamu yang kesusahan ngerjain soal Matematika di SKD Kedinasan!

Dalam tahapan persiapan, banyak banget perintilan yang harus kamu siapkan. Untuk kamu yang ngerasa kesulitan ngerjain materi soal MATEMATIKA di SKD Kedinasan, KAMU JUGA BISA TANYA ZENBOT, lho!

Gimana caranya tanya ke ZenBot sih?
Aplikasi ZenBot by Zenius Education
Download aplikasi ZenBot sekarang!

Jangan bingung, jangan panik, jangan keringet dingin dulu nih. Kamu bisa tau jawaban soal matematika hanya dengan satu kata ajaib, yaitu ZenBot.

Cara menggunakan ZenBot tuh gampang banget. Kamu bisa install aplikasi ZENIUS dan pilih tombol ZenBot di tengah bawah.

Satu lagi, kamu bisa TANYA ZenBot dengan chat di nomer WhatsApp ZenBot ke +6287775757093 niscaya akan ada jawaban yang bisa kamu dapatkan. Gak percaya? Coba sendiri deh! Apasih yang nggak buat kamu, Zeniuser? Semoga lancar yah persiapan SPMBnya.

Prospek Lulusan SPMB PKN STAN 2021

Sekolah Kedinasan 2021 PKN STAN

Walaupun sudah banyak yang tau jika PKN STAN adalah sekolah kedinasan, tapi masih banyak juga yang belum tau tentang karir lulusan PKN STAN. Maka itu kita bahas tuntas nih kira-kira lulusan PKN STAN nanti kerjanya apa ya?

Sebelum lebih mendalam, kamu wajib tau bahwa lulusan PKN STAN itu wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun.

Nah, nantinya lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi packaging food grade Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya. Baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ada 3 penjurusan yang ada di PKN STAN, yaitu Pajak, Manajeman Keuangan/Kebendaharaan Negara, dan Akuntansi. Untuk membahas itu, yuk kita baca satu persatu tentang prospek karir lulusan dari SPMB PKN STAN 2021.

PAJAK

Untuk kamu yang nantinya bisa lulus dari SPMB PKN STAN 2021, kamu bisa berkarir di beberapa direktorat. Nah, untuk pajak, ada beberapa kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu:

Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak(DJP)

Ditjen Pajak itu sendiri bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Wilayah DJP

Kantor Wilayah DJP (Kanwil DJP) mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, analisis, evaluasi, penjabaran kebijakan serta pelaksanaan tugas di bidang perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

KPP mempunyai tugas melaksanakan penyuluhan, pelayanan dan pengawasan Wajib Pajak di bidang PPh, PPN, PPnBM, PTLL, PBB serta BPHTB.

Jenis KPP dibagi menjadi:

– WP Besar (LTO)
– Madya (MTO)
– Pratama (STO)

Kantor Pelayanan PBB (KPPBB)

KPPBB itu sendiri bertugas melaksanakan pelayanan di bidang PBB dan BPHTB dalam wilayah wewenangnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak (Karikpa)

Karikpa bertugas untuk melaksanakan melaksanakan pemeriksaan lengkap, pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan packaging food grade di bidang perpajakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)

KP2KP bertugas untuk melakukan urusan pelayanan, penyuluhan dan konsultasi perpajakan kepada masyarakat serta membantu KPP Pratama dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

MANAJEMEN KEUANGAN/KEBENDAHARAAN NEGARA

Lulusan dari Manajeman Keuangan/Kebendaharaan Negara akan ditempatkan di kantor-kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) dan beberapa instansi lainnya seperti:

Kantor Pusat DJPBN

Ditjen Perbendaharaan bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Wilayah DJPBN

Kanwil DJPBN bertugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) bertugas melaksanakan penyaluran pembiayaan atas beban anggaran untuk dana yang berasal dari luar negeri.

KPPN itu sendiri terdiri dari 3 tipe diantaranya:

– Percontohan Tipe A1
– Percontohan Tipe A1 Khusus
– Percontohan Tipe A2

Ditjen Anggaran (DJA)

Ditjen Anggaran (DJA) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK)

Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU)

Ditjen Pengelolaan Utang (DJPU) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pengelolaan utang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

AKUNTANSI

Untuk lulusan Akuntansi dari SPMB PKN STAN 2021 akan ditempatkan tersebar diseluruh Indonesia pada instansi yang berada dibawah Kementerian Keuangan dan instansi pemerintah lainnya.

Untuk prospek kerjanya, kamu harus tau nih, Kementerian Keuangan itu dibagi lagi nih menjadi:

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI

Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI bertugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)

Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) bertugas merumuskan serta melaksanakan packaging food grade kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penganggaran sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pengelolaan utang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI bertugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bertugas membina, mengatur dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) bertugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan negara sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain prospek karir di atas, ada beberapa pekerjaan juga nih yang harus kamu tau, yaitu Staff Ahli. Ada beberapa pekerjaan Staff Ahli bagi kamu yang ada di lulusan ini yaitu, Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional dan Staf Ahli Bidang Pembinaan Umum Pengelolaan Kekayaan Negara. Ini dia penjelasannya:

Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional

Pekerjaan staf ahli ini akan mengerjakan hal-hal seperti Hubungan Ekonomi Keuangan internasional, Staff Ahli ini mempunyai tugas memberikan telaahan mengenai masalah di bidang hubungan ekonomi keuangan internasional.

Staf Ahli Bidang Pembinaan Umum Pengelolaan Kekayaan Negara

Pekerjaan staf ahli ini akan mengerjakan hal-hal seperti pembinaan pengelolaan kekayaan Negara, Staf Ahli ini mempunyai tugas memberikan telaahan mengenai masalah di bidang pembinaan umum pengelolaan kekayaan negara.

KEPABEANAN DAN CUKAI

Lulusan dari SPMB PKN STAN 2021 jurusan Kepabeanan Dan Cukai akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai. Nanti kamu bisa di tempatkan di bagian pelabuhan atau di bandara yang berhubungan dengan kepabeanan dan cukai pastinya.

Nah, itu dia pembahasan mengenai SPMB PKN STAN 2021 termasuk hal-hal apa aja yang wajib banget kamu persiapkan. Jangan lupa sekali lagi, kalau kamu kebingungan menjawab soal Matematika, selalu ada ZenBot. ZenBot ini 24 jam non stop bakalan ngasi kamu solusi jawaban Matematika loh. Dan yang terpenting adalah, GRATIS!