Manajemen Pengendalian Mutu, Inventori, dan Fungsinya – Materi Ekonomi Kelas 10

Manajemen Pengendalian Mutu, Inventori, dan Fungsinya

Halo, Sobat Zenius! Coba deh elo perhatikan barang-barang di sekitar, entah itu handphone, baju, skincare, permen, coklat, dan lainnya. Nah, elo pernah nggak sih kepikiran gimana ya cara membuat barang-barang tersebut? Bagaimana ya cara perusahaan bisa menjaga kualitas produk yang dihasilkan?

Well, untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tentunya banyak proses yang akan dilalui perusahaan. Mulai dari pengendalian mutu, manajemen inventori, hingga perancangan sistem produksi. Maksudnya apa? Yuk, kita bahas satu-persatu!

Pengendalian Sistem Produksi

Di dalam pengendalian sistem produksi, ada dua hal nih guys yang bisa elo kendalikan yaitu pengendalian mutu dan manajemen inventori. 

1. Pengendalian mutu

Apa itu definisi pengendalian mutu? Definisi pengendalian mutu yakni proses yang dilakukan perusahaan untuk memastikan kalau produk yang dihasilkannya sesuai dengan standar. 

Nah, di dalam pengendalian mutu terdapat beberapa hal nih yang harus dikendalikan, yaitu:

  • Bahan baku sesuai standar

Hal pertama yang harus elo perhatian adalah bahan baku nya nih, guys! Jadi, elo harus memastikan kalau bahan baku yang digunakan sudah memenuhi standar. 

  • Penggunaan teknologi maju untuk menjamin mutu.

Selanjutnya, elo perlu memastikan teknologi tipe apa saja yang dibutuhkan. Entah itu teknologi terbaru atau teknologi yang lebih tradisional. Tujuan pengendalian mutu satu ini tentu saja supaya kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga. 

  • Tanggal berlaku produk

Selain itu, elo juga harus memerhatikan tanggal berlaku produk nih. Terutama produk makanan. Seperti yang kita tahu, produk makanan itu pasti ada tanggal expired. So, jangan sampai elo menjual barang yang expired, ya. 

tujuan pengendalian mutu
Expired date merupakan salah satu pengendalian mutu yang harus diperhatikan. (Dok. Freepik)
  • Pengemasan yang baik

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah pengemasan yang baik. Perlu diingat kalau pengemasan yang baik dapat menjaga mutu produk. 

2. Manajemen Inventori (Persediaan)

Well, tadi kan elo sudah memastikan nih kalau produk yang elo jual mutu nya sudah oke. Nah, sekarang elo juga harus memerhatikan manajemen sistem inventori nih, guys! 

manajemen inventori adalah
Ilustrasi gudang di sebuah perusahaan. (Dok Freepik)

Eits, inventori atau gudang yang dimaksud di sini berbeda ya dengan gudang yang ada di rumah elo. Jadi, kalau di sebuah perusahaan gudang itu mempunyai standar yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sistem inventori!

  • Sistem penyimpanan

Pertama, yang perlu diperhatikan yakni sistem penyimpanannya. Di sini, elo perlu memastikan siapa saja orang yang bertugas di gudang serta jumlah orang yang dibutuhkan. 

  • Peramalan dan perhitungan persediaan

Orang yang bekerja di bagian gudang perlu bekerja sama dengan orang produksi dan pemasaran. 

Sebagai contoh, orang yang bekerja di gudang harus tahu berapa banyak produk yang perlu ditambah atau dikeluarkan sehingga gudang tidak akan kelebihan barang. 

  • Kondisi dan fasilitas penyimpanan

Kondisi dan fasilitas penyimpanan juga harus diperhatikan nih, guys. Misalnya, apakah barang yang disimpan membutuhkan pendingin atau malah tidak. 

Baca Juga: Jenis Uang, Pengertian, Fungsi, dan Teori Nilai Uang

Perancangan Sistem Produksi

Setelah elo belajar pengendalian mutu dan manajemen inventori, elo juga perlu tahu nih mengenai perancangan sistem produksi. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika merancang sistem produksi. 

  • Rancangan produk

Ketika merancang sistem produksi, yang pertama elo harus lakukan yakni mengetahui tujuan akhir yang diinginkan.Maksudnya, elo harus tahu dulu nih produk akhirnya seperti apa. Misalnya elo mau buat produk cilok instan.

Nah, elo harus tahu dulu konsep produknya, baik dari segi rasa, bentuk kemasannya, dan lainnya. Setelah itu, elo baru bisa menentukan teknologi apa saja yang dibutuhkan, hingga bagaimana cara membuat produknya. 

  • Volume produksi

Selanjutnya, elo harus mempertimbangkan berapa banyak produk yang akan diproduksi. Untuk menentukan volume produksi, elo harus menyesuaikan antara kemampuan produksi dengan kebutuhan pasar. Jadi, jangan sampai barang yang diproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

  • Proses produksi

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah proses produksi. Pada tahap ini, elo harus menentukan proses apa yang harus dilakukan pertama kali. Contohnya elo mau jual cilok instan, maka elo harus memerhatikan proses pembuatan cilok hingga pengemasan. 

  • Lokasi dan tata letak

Nah, setelah melalui proses produksi, elo juga perlu memerhatikan lokasi dan tata letak. Sebagai contoh, elo harus tahu nih penyimpanan tepung di mana, lalu di bagian mana tempat penyimpanan barang yang sudah jadi, dan lainnya. 

  • Rancangan Pekerjaan

Perancangan sistem produksi selanjutnya adalah rancangan pekerjaan. Pada bagian ini, elo harus menentukan berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk mencapai volume produksi yang diinginkan. 

perancangan sistem produksi dan pengendalian mutu
Contoh pekerja yang ada di pabrik. (Dok. Pixabay)

Baca Juga: 5 Syarat Pembayaran Perusahaan Dagang

Contoh Soal Pengendalian dan Perancangan Sistem Produksi

Biar makin paham, kerjain soal di bawah ini, yuk!

  1. Berikut yang merupakan contoh kasus yang menggambarkan penerapan manajemen inventori adalah ….

A. Pak Andi seorang penjual ayam potong menaruh persediaan ayamnya di lantai begitu saja

B. Pak Eko seorang penjual frozen food membeli kulkas baru

C. Vaksin sinovac yang baru saja datang dari China langsung diamankan di dalam ruangan

D. Ibu Ayu seorang pedagang es krim, baru saja menaruh persediaan 500 es krim di kulkasnya untuk dijual di minggu ini dan meminta distributor es krim untuk mengirimkan eskrim kembali di minggu depan 

E. Pak Lutfi seorang penjaga perpus sedang merapikan buku buku ke tempat semula

Jawaban dan Pembahasan: 

Ibu Ayu sudah menerapkan manajemen inventori dengan melakukan peramalan dan perhitungan persediaan, sehingga nantinya tidak ada penumpukan es krim dan kebutuhan konsumen secara konsisten akan terpenuhi.

Untuk opsi yang B & C belum dikatakan sebagai manajemen inventori karena penjelasan kurang lengkap. Maka, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga: Manfaat dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Itu dia guys, penjelasan tentang pengendalian mutu, manajemen inventori, hingga perancangan sistem produksi. Bagi elo yang mau penjelasan lebih detail, bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius. Yuk, download aplikasinya dengan cara klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran ekonomi di zenius
Bagikan Artikel Ini!