metode belajar efektif

Zenius Gandeng Primagama Ciptakan Metode Belajar Efektif Berupa Hybrid Learning

Halo Sobat Zenius, ada yang lagi cari-cari bimbel Zenius offline? Pas banget, ada kabar gembira, nih. Zenius secara resmi menggandeng salah satu bimbel terbaik di Indonesia, Primagama, sejak 18 Februari 2022 lalu. Bersama Primagama, Zenius memperkuat komitmennya untuk menciptakan metode belajar efektif di Indonesia melalui hybrid learning.

Apa itu hybrid learning?

Hybrid learning adalah metode belajar efektif yang menggabungkan pembelajaran daring (online) dengan pembelajaran tatap muka (offline).

Keunggulan utama model hybrid learning adalah para siswa bisa berinteraksi secara langsung dengan para pengajar secara langsung (offline), dan bisa mengakses pembelajaran secara online tanpa batas di mana saja, kapan saja. Model itulah yang menjadi latar belakang kolaborasi antara Zenius dan Primagama.

Kolaborasi ini juga memperkenalkan jenama baru untuk Primagama, yakni “New Primagama Powered by Zenius”. Ini menjadi jawaban buat para siswa yang butuh bimbel Zenius offline.

Metode belajar efektif berupa bimbel offline dan online Zenius X Primagama.
[Dari kiri ke kanan] Sabda PS (Founder dan Chief Education Officer Zenius), Azhar Risyad Sunaryo (Pemimpin Primagama), Sunaryo (Pemimpin Primagama), Benny Harving Surjadharma (Pemimpin Primagama), Rohan Monga (Chief Executive Officer Zenius).

Chief Product and Growth Officer Zenius Sony Radhityo mengatakan, bergabungnya Primagama ke Zenius diharapkan akan menciptakan inovasi-inovasi terbaik ke depannya demi memajukan kualitas pendidikan Indonesia di masa depan.

Selama 40 tahun berdiri, Primagama kini telah mempunyai lebih dari 300 cabang dan 3 ribu tenaga pengajar yang mendidik lebih dari 30 ribu siswa dalam satu tahun.

Program bimbel Primagama juga menyediakan aplikasi belajar offline SD, SMP, dan SMA dengan target meningkatkan prestasi akademik murid di sekolah, termasuk mempersiapkan siswa dalam menjalani Ujian Akhir Sekolah, Ujian Nasional, dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Favorit, dan juga sekolah kedinasan (untuk SMA/SMK).

Sony melanjutkan, Primagama dengan jangkauannya ini akan memperkuat ekosistem pembelajaran untuk bimbel Zenius offline dan online sehingga memberikan dampak teknologi yang lebih besar di dunia pendidikan.

“Dengan sejarah panjang 40 tahun kehadirannya di Indonesia, Primagama akan berbagi pengalaman dan keahlian mereka dalam mengelola bimbel offline, dan menyediakan basis pengajar yang kuat di seluruh negeri,” tambahnya.

Sebaliknya, Zenius yang sudah memiliki aplikasi belajar online yang mumpuni, akan memperluas jaringan Primagama melalui berbagai teknologi dan inovasi yang relevan untuk menghadirkan pengalaman belajar terbaik bagi siswa. 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Zenius sendiri memiliki beberapa jenis produk, dengan produk utama berupa Zenius App, aplikasi belajar online yang memuat lebih dari 100 ribu video pembelajaran dan ratusan ribu latihan soal untuk tingkat SD hingga SMA yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional.

Ada pula program unggulan berupa persiapan UTBK-SBMPTN 2022 untuk membimbing para siswa masuk perguruan tinggi impian.

Sobat Zenius juga bisa mengikuti fitur live class, yakni belajar bareng tutor-tutor andalan yang berpengalaman. Di live class ini, siswa juga bisa saling sharing dan menambah wawasan tak hanya dari materi pelajaran, tapi juga kehidupan sekolah dan kampus.

Metode Belajar Efektif di Masa Depan

metode belajar efektif zenius
Live Class adalah salah satu program unggulan Zenius. (Arsip Zenius)

Sepanjang tahun ajaran 2019/2020, Zenius telah diakses oleh lebih dari 20 juta pengguna dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sobat Zenius bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play dan App Store, ya.

Selain itu, Zenius juga akan memperkuat kualitas pengajar, kurikulum, dan fasilitas Primagama yang akan mendukung perluasan jaringan selanjutnya.

Dengan kolaborasi tersebut, Zenius akan menggarap model hybrid learning melalui skema (online-merge-offline/OMO), yang akan menjadi metode belajar efektif di masa depan. 

Saat ini, proses integrasi antara Zenius dan Primagama sedang berjalan secara bertahap, dan dijadwalkan akan beres di pertengahan tahun ini.

New Primagama Powered by Zenius juga memperkenalkan hybrid learning yang dikemas dalam two-teacher model, yaitu metode di mana para siswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dari tutor Zenius secara online dan memperdalam pemahaman materi melalui bantuan tutor offline dari Primagama. 

Untuk tahap pertama, Zenius mengaplikasikan metode two-teacher model tersebut dalam program Ultima Boot Camp X Primagama, yakni program persiapan UTBK selama 5 minggu melalui pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Program tersebut berfokus pada metode mixed practice, dengan memberikan lebih banyak latihan soal, dan belajar terintegrasi melalui fitur Zenius dan pembelajaran tatap muka di cabang Primagama.

Diprediksi model hybrid learning ini akan menjadi metode belajar efektif Indonesia di masa depan. Pasalnya, para siswa dan tenaga pengajar sudah mulai beradaptasi dengan model ini selama pandemi Covid-19 dua tahun belakangan.

Dengan kolaborasi bersama Primagama ini, Zenius sebagai salah satu pionir aplikasi belajar online di Indonesia berharap bisa mencapai visinya yakni merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, dan asik.

Bagikan Artikel Ini!