kegiatan belajar mengajar online. Try out online UTBK, bikin siap hadapi soal UTBK SBMPTN 2022

Cara Mudah Mengajar Online Bagi Guru

Di masa pandemi seperti saat ini, kegiatan belajar mengajar online sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan Bapak/Ibu guru. Sekolah-sekolah terpaksa tutup dan semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dari jauh. Materi pembelajaran disampaikan secara daring, tanya jawab didiskusikan dari rumah masing-masing, dan ujian dilakukan dari balik layar. 

Semua yang terlibat dalam proses pembelajaran jarak jauh, baik Bapak/Ibu guru maupun murid, mulai terbiasa untuk berdiskusi dan belajar dari rumah. Dalam hal ini, teknologi memiliki peran yang besar untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. 

Teknologi dalam pendidikan juga berperan penting untuk menciptakan rasa semangat siswa dalam belajar. Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan kata lain, teknologi pendidikan dapat memperlancar proses pembelajaran.

Teknologi Menjadi Sahabat Mengajar Online

Di Indonesia, sekitar 642.200 sekolah terpaksa tutup akibat pandemi COVID-19. Hal ini berdampak pada 68,8 juta siswa dari tingkat pra-sekolah sampai perguruan tinggi belajar dari rumah. Sementara itu, sekitar 4,2 juta guru dan dosen mengajar dari jarak jauh.

Selama pandemi, Bapak/Ibu guru pastinya dituntut untuk menggunakan berbagai media belajar yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi mengajar online. Tentunya dalam kegiatan tersebut, Bapak/Ibu guru memegang peran utama agar terciptanya kelancaran belajar mengajar daring. 

kegiatan belajar mengajar online
Teknologi mendukung kegiatan belajar mengajar online (foto oleh Julia M Cameron dari Pexels)

Bila Bapak/Ibu guru tidak dapat menguasai teknologi, maka proses pembelajaran menjadi kurang maksimal dan murid akan kesulitan untuk memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan teknologi adalah suatu hal yang wajib diketahui Bapak/Ibu guru saat ini. Bapak/Ibu guru dapat menggunakan teknologi ke dalam proses belajar mengajar untuk merencanakan dan penyajian materi pembelajaran ke murid, serta menggunakannya untuk menyelesaikan tugas administrasi seperti penilaian, pembuatan laporan dan pengelolaan.

Situasi pandemi memaksa adanya peningkatan kebutuhan media pembelajaran, yang memudahkan Bapak/Ibu guru serta murid dalam berinteraksi secara online. Selain pemahaman tentang media online, Bapak/Ibu guru juga perlu menguasai beberapa keterampilan lainnya, diantaranya:

  1. Kemampuan dalam menggunakan dan memaksimalkan fitur ponsel pintar atau smartphone.

    Teknologi tidak hanya berhubungan dengan internet. Bapak/Ibu bisa memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone untuk mendukung proses belajar mengajar online. Salah satunya adalah fitur scientific calculator yang dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam menghitung soal-soal matematika.

  2. Keterampilan dalam membuat metode pembelajaran yang kreatif.

    Bapak/Ibu bisa menyajikan materi pelajaran dalam bentuk video, komik atau ilustrasi, sehingga para murid tidak merasa jenuh dan tetap bisa fokus saat belajar. Kreativitas dibutuhkan agar siswa dapat lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar online.

  3. Keterampilan untuk mengelola kelas online.

    Dalam pembelajaran online, Bapak/Ibu guru tentunya harus terbiasa mengelola kelas virtual yang berbeda dengan kelas pada umumnya di sekolah. Meskipun dilakukan secara daring, Bapak/Ibu guru harus membuat suasana belajar yang efektif dan juga menyenangkan.

Lewat keterampilan dan pemahaman teknologi yang baik, proses pembelajaran dari rumah tentunya bisa dengan mudah terlaksana. 

Solusi Mengajar dari Rumah yang Mudah

Selain keterampilan yang telah disebutkan di atas, Bapak/Ibu guru juga bisa menggunakan sistem manajemen pendukung, salah satunya adalah Zenius untuk Guru. 

Untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh, Zenius untuk Guru hadir untuk membantu Bapak/Ibu dalam kegiatan belajar mengajar online. Tidak hanya pengajaran dan penyampaian materi, Zenius untuk Guru juga dapat mendukung dalam aspek penilaian.

zenius untuk guru
Fitur-fitur Zenius untuk Guru

Zenius untuk Guru Memudahkan Kegiatan Belajar Mengajar Online

  1. LMS (Learning Management System) Zenius untuk Guru

    Melalui LMS ini, Bapak/Ibu guru bisa mengakses materi dan ribuan bank soal untuk memudahkan proses pembelajaran. Bapak/Ibu juga bisa membuat dan membagikan penilaian dengan praktis. Laporan hasil pengerjaan siswa pun dapat dilihat langsung.

  2. Komunitas Zenius untuk Guru

    Di dalam komunitas, Bapak/Ibu guru dapat berbagi informasi mengenai pendidikan, bercerita, serta berdiskusi dengan pendidik lainnya dari seluruh Indonesia. Komunitas Zenius untuk Guru bisa diikuti di Telegram, Facebook, dan juga Instagram.

  3. Kanal YouTube Zenius untuk Guru

    Ada beragam video yang bisa Bapak/Ibu guru tonton di kanal YouTube Zenius untuk Guru. Mulai dari tutorial penggunaan LMS Zenius untuk Guru dan Aplikasi Zenius, hingga siaran langsung dan ulang sesi bincang-bincang dengan para guru. Bapak/Ibu bisa subscribe kanal YouTube Zenius untuk Guru dan nantikan video menarik lainnya.

  4. Akses Zenius untuk Guru di Aplikasi Zenius

    Aplikasi Zenius dapat Bapak/Ibu guru gunakan untuk mengakses fitur-fitur Zenius untuk Guru, seperti membuat kelas, melihat daftar siswa, mencari paket soal, dan membuat penilaian. Semua kemudahan dalam mengajar online tersebut bisa Bapak/Ibu temukan di aplikasi Zenius.

Bapak/Ibu bisa mencoba fitur Zenius untuk Guru sekarang dan rasakan kemudahan belajar mengajar online. Dengan fitur yang lengkap dan akses yang mudah, Zenius untuk Guru bisa menjadi solusi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar online dari rumah.

Baca Juga Artikel Lainnya

Apa yang Bisa Dilakukan Guru Saat Siswa Diminta untuk Belajar di Rumah?

Manfaat Kelas Online Gak Cuma Sekedar Memudahkan Proses Belajar Loh!

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan

Bagikan artikel ini: