alat pernapasan ikan

Sistem dan Alat Pernapasan Ikan – Materi Biologi Kelas 10

Di materi Biologi Kelas 10, elo akan belajar tentang alat pernapasan ikan dan sistemnya. Penasaran nggak sih bagaimana cara kerjanya?

Kalau elo pernah membeli ikan di pasar, elo pasti melihat kalau penjualnya membuang organ dalam ikan. Organ dalam ini namanya insang dan berfungsi sebagai alat pernapasan ikan.

Elo penasaran nggak sih, seperti apa ikan bernapas di dalam air? Apakah ikan kalau bernapas sambil megap-megap biar udara masuk ke insangnya?

Cari tahu jawabannya bareng-bareng, yuk!

Alat Pernapasan Ikan

Seperti yang elo tahu, insang adalah alat pernapasan ikan. Insang ini berjumlah empat pasang dan terletak di samping kiri dan kanan kepala. Lokasi insang ini nggak jauh dari mulut ikan.

Organ ini sebenarnya punya banyak bagian yaitu:

  • Operkulum yang berfungsi melindungi bagian kepala dan mengatur mekanisme aliran air saat bernapas
  • Membran brankiostega atau katup yang membuka dan menutup saat air masuk ke rongga mulut
  • Lengkung insang atau arkus brankialis, yaitu tempat melekatnya tulang tapis insang. Di bagian ini ada banyak pembuluh darah dan pembuluh saraf
  • Tulang tapis insang yang berfungsi sebagai penyaring agar organisme makanan tidak masuk ke dalam insang
  • Lembaran insang, tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida
  • Tapis insang yang menjaga agar tidak ada benda asing yang masuk ke rongga insang

Bagian organnya lebih banyak dari organ paru-paru kita, bukan?

Struktur dari insang bisa elo lihat melalui gambar di bawah ini.

alat pernapasan ikan
Struktur insang (Dok. Wikimedia Commons)

Insang ini punya syarat lho supaya bisa berfungsi dengan baik. Syaratnya, insang harus tetap basah supaya bisa berfungsi dengan benar. Makanya nih, ikan harus tetap berada di air untuk bisa bertahan hidup.

Beda banget sama paru-paru kita yang harus tetap kering supaya berfungsi dengan benar. Malah, paru-paru kita bakalan rusak kalau kemasukan air. Jadi elo harus berhati-hati kalau lagi berenang atau menyelam.

Lalu, bagaimana caranya oksigen bisa masuk ke dalam insang ikan?

Baca Juga: Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?

Sistem Pernapasan 

Sistem dan Alat Pernapasan Ikan - Materi Biologi Kelas 10 17
Sistem pernapasan ikan (Dok. researchgate.net)

Ternyata, ikan beneran megap-megap saat bernapas, lho!

Jadi, mulut ikan akan terbuka untuk menyerap air untuk bernapas. Lho, kok menyerap air? Soalnya, dalam air ada gelembung-gelembung yang berisi oksigen, guys. Nah, oksigen dalam gelembung ini yang dibutuhkan ikan untuk bernapas.

Air yang diserap oleh mulut ikan ini disalurkan ke insang. Insang kemudian akan menyaring air dan memisahkannya dari gelembung oksigen. Air yang sudah disaring tadi bakalan dibuang lewat operkulum. Sementara, gelembung oksigen bakalan dialirkan ke lembaran insang.

Alur pernapasan ikan (dok. Wikimedia Commons)
Alur pernapasan ikan (dok. Wikimedia Commons)

Nah, pertukaran antara oksigen dengan karbon dioksida bakalan terjadi di lembaran insang ini. Oksigen kemudian diserap oleh pembuluh darah dan disebarkan ke seluruh tubuh. Sementara, karbon dioksida akan dikeluarkan melalui operkulum bersama dengan sisa air yang telah diserap oksigennya.

Elo bisa melihat mekanisme pernapasannya di video ini.

Baca Juga: Karakteristik Bioma Beserta Jenis dan Contohnya – Materi Biologi Kelas 10

Fungsi Lain Insang

Selain sebagai alat pernapasan ikan, insang punya beberapa fungsi lainnya, lho!

Pertama adalah sebagai penyaring garam, terutama untuk ikan yang hidup di air laut. Jadi, kadar garam yang berlebih dalam tubuh ikan akan disaring dan dikeluarkan oleh insang. Mekanisme penyaringan garam ini dapat elo lihat di dengan klik banner ini.

Belajar biologi di video materi Zenius

Selanjutnya, insang juga berfungsi sebagai penyaring makanan. Di insang, makanan akan disaring untuk memastikan bahwa makanan tersebut mudah dicerna oleh organ pencernaan ikan.

Terakhir, insang berfungsi sebagai tempat pertukaran ion. Pertukaran ion ini dilakukan untuk mengontrol keseimbangan air dan ion yang ada di dalam tubuh ikan. Jadi, insang membantu ikan mengatur kondisi dalam tubuh dengan lingkungan tempatnya tinggal.

Nah, apa elo sudah mengerti seperti apa alat pernapasan ikan dan bagaimana sistem pernapasannya? Kalau sudah, coba bahas soal-soal di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Pengertian Ekosistem dan Komponen Pembentuknya – Materi Biologi Kelas 10

Biar makin mantap lagi, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Sistem dan Alat Pernapasan Ikan - Materi Biologi Kelas 10 18

Contoh Soal Sistem Pernapasan Ikan

1. Insang pada ikan berfungsi sebagai…

a. Alat pernapasan

b. Tempat pertukaran ion

c. Penyaring makanan

d. Penyaring garam

e. Semua benar

Selain berfungsi sebagai alat pernapasan, insang juga berfungsi sebagai tempat pertukaran ion, penyaring makanan, dan penyaring garam. Jadi, jawabannya adalah e.

2. Pertukaran oksigen dan karbon dioksida pada insang terjadi di….

a. Operkulum

b. Tulang tapis insang

c. Lembaran insang

d. Tapis insang

e. Lengkung insang

Lembaran insang adalah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Jadi, jawabannya adalah c.

Nah, sekarang elo sudah tahu bukan, seperti apa alat pernapasan ikan dan bagaimana sistemnya? Kalau pernapasan manusia bagaimana, ya? Cek penjelasannya di video ini, yuk!

Referensi

The Respiratory System – Britannica

Bagikan Artikel Ini!