persiapan masuk sekolah dengan membeli buku catatan

4 Tips Persiapan Masuk Sekolah Tatap Muka

Bulan Juli #BackToSchool, sudah siap sekolah tatap muka setelah setahun lebih daring? Yuk, simak tips persiapan masuk sekolah di sini!

Siapa yang udah gak sabar mau masuk sekolah lagi? Mayoritas pasti mengatakan “saya, aku, gue”. Ya memang begitu adanya, setelah setahun lebih pemerintah meminta sekolah untuk melaksanakan pembelajaran daring, banyak siswa yang akhirnya merasa bosan dan bingung ketika belajar sendirian. Guru tetap menjadi sosok yang dibutuhkan oleh para siswa dalam menunjang pembelajarannya.

Nah, buat kamu yang gak sabar mau sekolah tatap muka, sudah dengar kabar baiknya? Yap, pemerintah mengizinkan sekolah untuk kembali menjalankan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru 2021/2022, tepatnya pada bulan Juli mendatang.

berita persiapan masuk sekolah tatap muka bulan Juli

Kendati demikian, pelaksanaan sekolah tatap muka harus dilaksanakan dengan sangat hati-hati. Seperti adanya pembatasan jumlah siswa yang boleh hadir 一yaitu maksimal 25% dari total siswanya, jadwal yang longgar 一2x dalam seminggu dengan maksimal durasi 2 jam, guru harus sudah divaksinasi, dan harus mematuhi protokol kesehatan yang lengkap.

Memang agak ribet sih, tapi itu demi keamanan dan kenyamanan bersama. Setidaknya keinginan kamu untuk bertemu dengan teman-teman dan belajar bersama guru akan terealisasikan. Kita doakan saja pandemi segera membaik, supaya segala aktivitas kita bisa kembali berjalan lancar. Jadi, tetap patuhi aturan dari pemerintah ya, guys.

Lalu, apa saja sih persiapan masuk sekolah yang jangan sampai terlewat supaya proses belajar di sekolah berjalan lancar di masa pandemi ini? Nah, Zenius punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti nih, guys. Simak uraiannya berikut ini!

1. Tulis dan tanamkan tujuan kamu sekolah

Tips persiapan masuk sekolah yang pertama adalah setting goals. Segala sesuatunya pasti diawali dengan niat, dari niat itulah muncul tujuan. Sama halnya dengan sekolah, kamu juga harus punya tujuan atau pencapaian. Coba kamu tanyakan dan jawab pada diri sendiri:

“Kenapa sih aku harus sekolah, kenapa sih sekolah itu penting buat aku, apa yang harus aku capai selama sekolah, apa yang harus aku perbaiki dari sisi personal maupun akademik?”

Sebelum tahun ajaran baru dimulai, kamu udah harus setting goals. Catat apa saja yang ingin kamu capai selama sekolah, baik dari sisi personal maupun akademik. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa lihat contoh yang aku buat berikut ini:

tabel setting goals persiapan masuk sekolah

Catat goals kamu di tempat yang hampir setiap saat kamu lihat, jadi kamu akan selalu ingat dan usahakan untuk bisa mencapainya. Dengan kamu memiliki tujuan, maka sekolahmu akan menjadi lebih terstruktur dan punya patokan. Bukan yang asal berangkat ke sekolah, mendengarkan penjelasan guru, bermain bersama teman, dan pulang. Selain kamu menjadi punya patokan, setting goals juga membuat pembelajaran kamu semakin asik, karena selalu ada sesuatu yang ingin kamu capai. Kamu juga bisa share tujuan kamu di kolom komentar lho, supaya orang lain juga bisa terinspirasi.

2. Siapkan dan rapikan perlengkapan sekolah

Coba kamu tengok meja belajar, rak buku, dan tas sekolahmu sekarang! Apa yang kamu lihat? Apakah meja belajar yang berantakan, rak buku yang gak beraturan, dan tas sekolah yang isinya lembaran-lembaran kertas gak terpakai? Kalau semuanya sudah rapi, selamat, berarti kamu siap menyambut tahun ajaran baru mendatang. Tapi, kalau pertanyaan tadi masih kamu jawab “IYA”, yuk rapikan dulu semuanya. Aku bantu merapikan yaa.

  • Rapikan meja belajar terlebih dahulu

Simpan buku-buku di rak buku atau susun dengan rapi di atas meja. Kolektifkan alat tulis seperti pulpen, pensil, penghapus, spidol, dll dalam satu tempat. Pastikan semuanya masih bisa digunakan ya, kalau ternyata ada yang habis atau rusak, maka masukkan ke tempat sampah atau kotak daur ulang. Ini berguna supaya kamu semakin nyaman saat belajar di rumah atau sekadar mengerjakan PR.

  • Rapikan rak buku

Susun buku-buku yang akan digunakan untuk menunjang pembelajaran pada tahun ajaran baru mendatang di tempat yang terjangkau. Dan pilah buku-buku tahun lalu atau yang sekiranya sudah jarang digunakan di rak paling bawah atau masukkan ke kotak untuk disimpan. Hal ini bisa membuatmu semakin efisien ketika akan belajar atau memilah buku untuk dibawa ke sekolah.

  • Siapkan tas yang akan dibawa ke sekolah

Pastikan tasmu hanya berisi barang-barang penting saja ya, seperti alat tulis dan buku pelajaran. Kalau ternyata masih ada lembaran-lembaran kertas hasil ujian tahun lalu, simpan di kotak atau rak bersama dengan buku-buku pelajaran tahun lalu, atau kalau memang sudah gak digunakan lagi bisa langsung dimasukkan ke tempat sampah ya, guys.

3. Persiapkan textbook dan mulai pelajari materi

Satu hal yang penting dan jangan sampai ketinggalan dalam persiapan masuk sekolah adalah textbook. Gak harus baru kok, guys. Kamu bisa meminjam dari kakak kelasmu atau perpustakaan. Sebelumnya, kamu harus memastikan dulu kira-kira buku apa sih yang akan digunakan oleh guru selama pembelajaran nanti.

persiapan masuk sekolah dengan membeli buku catatan
Membeli textbook, meminjam ke kakak kelas, atau ke perpustakaan bisa menjadi pilihan dalam mempersiapkan masuk sekolah (foto oleh Cleyder Duque dari Pexels)

Kalau kamu punya buku pendukung lain atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuanmu tentu akan lebih baik. Misalnya, kamu anak SMA, nah kamu bisa belajar dulu materi Matematika yang kemungkinan akan dipelajari pertama kali saat sekolah tatap muka nanti >> Matematika Wajib Kelas 10, Matematika Wajib Kelas 11, dan Matematika Wajib Kelas 12.

Dengan kamu tau materi yang akan dipelajari nanti, maka kamu akan lebih mudah mengikuti pembelajaran dari gurumu. Otomatis, kamu selangkah lebih maju dari teman-teman sekelasmu yang lainnya ‘kan? Hal itu bisa sejalan dengan tujuan atau goals kamu yang ingin menjadi lebih aktif lagi di kelas.

4. Olahraga ringan dan persiapkan perlengkapan keamanan

Tips persiapan masuk sekolah selanjutnya adalah dengan berolahraga. Bener gak sih kalau olahraga bisa bikin kita makin pintar? Kita lihat jawaban dari Kak Andy Widjaja, DPT (doctor of physiotherapy) dalam channel youtube TheIndoPhysio, yuk!

Olahraga memang bisa membuat kita makin produktif, meningkatkan konsentrasi, dan membuat otak pintar. Tapi, harus dalam intensitas yang tepat, jangan sampai berlebihan, karena kalau berlebihan maka bukan pintar yang diperoleh, melainkan kelelahan bahkan bisa sampai cedera.

persiapan masuk sekolah dengan olahraga ringan

Lalu, gimana sih cara kerja olahraga bisa bikin kita pintar? Efek yang ditimbulkan dari olahraga akan meningkatkan neurotransmitter atau hormon-hormon positif seperti serotonin, dopamine, dan noradrenalin. Hormon-hormon itulah yang akan membuat kita lebih segar, lebih fokus, dan bisa merubah mood menjadi lebih baik. Kalau udah fokus, badan segar, dan mood baik tentu belajar akan lebih menyenangkan. Pastikan juga bahwa kamu tidur cukup dan makan-makanan yang bergizi ya, guys.

Oh iya, hormon-hormon tersebut akan bekerja secara efektif pada 2-3 jam setelah olahraga. Jadi, manfaatkan waktu tersebut untuk belajar ya, guys. Nah, itu tadi efek olahraga dalam jangka pendek. Kebayang kan kalau olahraga dilakukan secara rutin, tentu efeknya akan jauh lebih baik lagi dan bisa mengaktifkan sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan memori otak.

Selain olahraga, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan keamanan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, face shield, hingga tisu basah. Meskipun perlengkapan sudah siap, kamu juga harus menyiapkan diri dengan tetap menjaga kesehatan ya guys, salah satunya bisa dengan berolahraga rutin dan makan makanan yang bergizi.

Itu dia tips persiapan masuk sekolah yang bisa kamu terapkan di tahun ajaran mendatang. Mulai dari setting goals, merapikan perlengkapan sekolah, menyiapkan textbook dan mulai belajar materi, hingga olahraga dan persiapan perlengkapan keamanan. Dari keempat tips di atas, kira-kira yang kurang cocok menurutmu yang mana sih , guys? Kita diskusi di kolom komentar yuk!

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah Bagi Orang Tua

Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru agar Tidak Canggung

Gimana Sih Cara Bergaul yang Baik di Sekolah?