Mengobrol dan Berbagi Kontak dengan Guru, Orang Tua Murid Lain dan Juga Penjaga

Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru agar Tidak Canggung

Pindah sekolah bisa jadi momen menyenangkan sekaligus menegangkan juga. Pasalnya Kamu harus tau cara menyesuaikan diri di sekolah baru, pengenalan, dan mulai adaptasi kebiasaan dari awal lagi. Tentunya ini bukanlah hal mudah, namun jika percaya diri lambat laun perasaan asing akan hilang.

7 Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru
Image by AkshayaPatra Foundation from Pixabay

7 Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru

Jika saat ini Kamu sedang berada di posisi demikian, baru pindah sekolah dan merasa canggung sebenarnya itu adalah hal wajar. Namun tidak bisa dibiarkan berlama-lama, harus segera diatasi agar dapat menyesuaikan diri di lingkungan baru. Coba lakukan hal-hal kecil berikut ini.

1. Menjadi Pribadi yang Ramah

Mengajak Siswa Mengobrol Santai sebagai Sesama Manusia
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Sebenarnya hal ini bisa Kamu lakukan di mana saja, tidak hanya sekolah baru saja. Sebagai orang baru jangan memasang wajah masam dan cemberut saja. Walaupun sebenarnya memang terasa tidak nyaman dan tidak ingin berada di situasi seperti itu. Cobalah bersikap ramah senatural mungkin.
Sekolah baru artinya memulai pengalaman baru, jadikan hal tersebut untuk eksplor kemampuan diri lebih dalam lagi. Oleh karena itu pastinya Kamu membutuhkan bantuan dari orang sekitar, Jadi pribadi yang ramah, menyenangkan bisa membantu mendapatkan lingkungan positif.

2. Jangan Ragu Menyapa Lebih Dulu

bagaimana cara menyerap informasi
Foto oleh Agung Pandit Wiguna dari Pexels

Terkadang tanpa disadari, orang lainpun juga terlihat takut dan ragu jika ingin menyapa anak pindahan. Jadi jika merasa diasingkan namun ingin segera akrab dengan kawan baru, jangan takut untuk menyapa lebih dulu. Hal tersebut akan menimbulkan kesan jika Kamu merupakan pribadi yang terbuka.

Sebagai orang baru di hari pertama jangan hanya berdiam diri di bangku atau sudut kelas saja. Cobalah beranikan diri, bangkit dan mulai melakukan komunikasi ringan. Misalnya menanyakan siapa nama mereka, rumah, dan semacamnya. Jangan ragu pula untuk ikut kegiatan seperti jajan atau hanya ngobrol. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam menyesuaikan diri di sekolah baru.

3. Perbanyak Senyum

Memperhatikan Tampilan Anak Sebelum Masuk ke Ke Dunia Sekolah
Image by zhishusang from Pixabay

Menjadi orang baru di suatu lingkungan asing memang bukanlah hal yang menyenangkan. Kamu harus berusaha ekstra untuk bisa masuk dan menyesuaikan diri di sekolah baru dan juga dalam komunitas apapun di tempat tersebut. Saling melempar senyum bisa menjadi salah satu cara awal dan paling mudah untuk mulai membangun hubungan pertemanan.

Cara ini sangat berguna bila tidak punya kenalan sama sekali di sekolah tersebut. Setelah itu barulah dekati mereka dengan santun dan ajak bicara dengan pembahasan topi random. Meski topik tidak runtut, asalkan nyambung tetaplah seru untuk dilakukan. Niscaya Kamu bisa adaptasi dengan cepat

4. Mulai Kenali Kepribadian Masing-Masing Orang

Buat Jadwal Unik mengenai Seragam yang Digunakan Anak Setiap Harinya
Photo by 周 康 from Pexels

Sebagai murid pindahan, pastinya Kamu akan melakukan komunikasi tegur sapa maupun basa-basi ringan dengan banyak orang. Maka dari itu, dalam menyesuaikan diri di sekolah baru, kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenali karakteristik dari setiap individu. Seimbangkan kecepatan bicara dengan lawan bicara agar terkesan tidak sombong.

Menurut pengalaman, dengan menyamakan karateristik dengan lawan bicara akan membuat mereka cepat nyaman. Dengan begitu mereka akan mudah menerima Kamu sebagai orang baru. mengajak bersama-sama melakukan kebiasaan hingga akhirnya benar-benar sudah terbiasa.

5. Pengenalan Lingkungan Sekolah

Mengusahakan untuk Selalu Datang Sesuai Waktu yang Ditentukan
Photo by Max Fischer from Pexels

Cara lain agar Kamu mudah terbiasa dan akhirnya beradaptasi dengan cepat adalah dengan pengenalan lingkungan sekolah. Karena masih baru, Kamu bisa minta tolong kepada wali kelas, ketua kelas atau teman-teman. Minta tolong dengan sopan untuk menjelaskan setiap detail tempatnya.

Namun akan lebih baik lagi jika pengenalan dilakukan satu hari sebelum sekolah dimulai. Pergilah dengan orang tua dan cari tau posisi kelas. Karena keadaan sepi maka bisa dimanfaatkan secara baik, bisa keliling sampai puas ke lokasi-lokasi tertentu seperti kantin, parkir, laboratorium, dan semacamnya.

6. Menghormati Guru

Memakai Baju yang Sopan dan Alat yang Dibutuhkan
Photo by Max Fischer from Pexels

Salah satu cara agar cepat menyesuaikan diri di sekolah baru adalah dengan menghormati ibu bapak guru. Biasanya siswa yang akrab dengan guru akan mendapatkan reputasi baik, dengan begitu Kamu bisa mudah menjalin hubungan pertemanan baik dengan kawan sekelas atau tingkat lebih tinggi.

Intinya jangan sampai berlebihan, karena sebagai murid baru tentu saja setiap gerak-gerik akan diawasi. Tak jarang Kamu akan merasa kikuk dan aneh. Namun hal tersebut tentu harus dilawan, jika memang ada yang ditanyakan bisa langsung konsultasikan saja dengan guru.

Ngomong-ngomong soal guru, kamu udah pada tau belum kalau Zenius punya Sistem manajemen
interaksi untuk guru dan juga siswa loh. Namanya Zenius Untuk Guru. Untuk kamu yang belum tau, bisa akses guru.zenius.com atau bisa liat video di bawah ini ya.

7. Jadi Diri Sendiri

Tidak Putus Asa dalam Berusaha
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Saat di lingkungan baru manapun, termasuk sekolahan wajib untuk selalu jadi diri sendiri. Hal ini sangat bermanfaat, jika berpura-pura jadi orang lain maka akan dengan mudah dimanfaatkan. Berteman dengan maksud tujuan tertentu.

Tentunya Kamu tidak ingin mengalami kejadian seperti itu, berada di lingkungan baru pastinya mengharapkan juga dapat pengalaman baru yang menyenangkan. Selain itu jadi diri sendiri juga akan membuat orang lain nyaman berada di dekat Kamu.

Sekolah harusnya menjadi rumah kedua bagi para siswa. Untuk itu jangan takut memulai komunikasi, walaupun Kamu merupakan siswa pindahan dan masih baru. Adaptasi akan lebih mudah jika mau bersifat terbuka kepada lingkungan sekitar.

Itulah tadi beberapa cara menyesuaikan diri di sekolah baru, pastikan Kamu melakukannya dengan baik dan santun. Jika kalian punya pengalaman pribadi dan seru dalam menyesuaikan diri di sekolah baru, boleh banget cerita di kolom komentar ya, siapatau cerita kamu bisa menjadi inspirasi anak lain yang baru mau pindah sekolah, lho. Komen yaaa.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan
Cara Menyerap Informasi yang Baik

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: