Jepang menyerah kepada sekutu

Peristiwa Jepang Menyerah Tanpa Syarat kepada Sekutu – Materi Sejarah Kelas 11

Hai, Sobat Zenius! Elo pasti udah pernah denger kan, peristiwa Hiroshima dan Nagasaki? Peristiwa ini merupakan peristiwa yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu, lho. Ternyata peristiwa ini ada hubungannya lho dengan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

Nah, kira-kira gimana sih ceritanya, kok peristiwa Hiroshima dan Nagasaki bisa ada hubungannya dengan kemerdekaan Indonesia? Mengapa Jepang menyerah tanpa syarat tanpa sekutu? Yuk, biar nggak makin penasaran elo wajib simak terus artikel ini ya!

Baca Juga: Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki

Guys, elo pernah nggak sih denger berita yang memilukan tapi juga membawa sebuah harapan? Nah, kejadian ini pernah terjadi lho, pada Indonesia. Pada masa penjajahan Jepang yang kejam, Jepang mengalami suatu peristiwa yang cukup berdampak bagi negara tersebut. Peristiwa tersebut adalah pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki yang dilakukan oleh Amerika Serikat. 

Kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh sekutu pada 6 Agustus 1945. Tiga hari kemudian, bom atom kedua jatuh di Kota Nagasaki. Peristiwa ini bisa dikatakan menjadi awal mula Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Dan juga menjadi sebuah peluang harapan untuk kemerdekaan Indonesia.

Jepang menyerah
Bom Hiroshima dan Nagasaki (Dok. Wikimedia Commons)

Dijatuhkannya bom di Kota Hiroshima dan Nagasaki membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 dan mengakui adanya Deklarasi Postdam yang berisi kesepakatan yang dibentuk untuk mengakhiri Perang Dunia II atau disebut juga sebagai Perang Pasifik. 

Mungkin elo bertanya-tanya juga nih, apa sih penyebab terjadinya Perang Dunia II atau Perang Pasifik ini? Oke, jadi nih, perang ini terjadi dilatarbelakangi oleh rasa tidak puas Jepang akan hasil dari Perang Dunia I yang dirasa tidak menguntungkan pihak Jepang. Jepang merasa tatanan dunia terlalu didominasi oleh negara-negara barat. 

Padahal nih, Jepang merasa bahwa mereka adalah pemimpin Asia, sehingga berhak atas sumber daya alam di Asia yang dikuasai oleh sekutu. Nah karena hal tersebut, Jepang yang dikira selama ini anteng-anteng aja akhirnya melakukan penyerangan, yaitu dengan menjatuhkan bom di Pearl Harbor pada 7 Agustus 1941, sehingga Perang Pasifik pun nggak terelakan. Walaupun endingnya seperti yang elo udah tahu nih, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu karena udah terhimpit, apalagi setelah dijatuhkannya bom di Kota Hiroshima dan Nagasaki. 

Kehancuran yang dirasakan oleh pihak Jepang sebagai akibat bom atom kemudian menyebabkan Jepang nggak punya pilihan lain selain menyerah. Pada akhirnya, tanggal 15 Agustus 1945 waktu Jepang, Kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat. 

Baca Juga: Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang – Materi Sejarah Kelas 11

Peluang Bagi Bangsa Indonesia

Kayak yang udah gue singgung di atas, peristiwa menyerahnya Jepang kepada sekutu ini membawa angin segar bagi Indonesia. Indonesia memiliki mewujudkan kemerdekaannya setelah selama ini di-PHP nih sama Jepang yang ngaku-ngaku saudara. Pada awalnya emang peristiwa menyerahnya Jepang kepada sekutu ini berusaha ditutupi oleh pihak Jepang. 

Ya mungkin karena gengsi kali yah .… Atau lebih tepatnya Jepang masih belum ikhlas nih buat ngelepasin kekuasaannya atas Indonesia. Namun, mau ditutupin kayak apa pun ternyata berita menyerahnya Jepang kepada sekutu akhirnya sampai juga ke telinga bangsa Indonesia.

Menyerahnya Jepang pada sekutu ini menyebabkan kekosongan kekuasaan di Indonesia. Dengan adanya kekosongan kekuasaan di Indonesia ini tentu menjadi peluang yang kemudian dimanfaatkan dengan cepat oleh bangsa Indonesia. 

Berita kekalahan Jepang pada akhirnya diketahui juga oleh Sutan Syahrir dan golongan pemuda lewat siaran yang ada di radio. Langsung aja nih, tanpa banyak basa-basi, para golongan muda segera mendesak Bung Karno dan Bung Hatta agar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan tanpa menunggu janji Jepang (trauma nih, pihak Jepang sering PHP). 

Menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada sekutu yang diumumkan pada tanggal 15 Agustus 1945 kemudian akhirnya berlanjut pada peristiwa di Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945, perumusan teks proklamasi, hingga sampai pada pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 yang menandai kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Jepang Menyerah merupakan peluang Indonesia untuk merdeka
Pembacaan Proklamasi (Dok. Wikimedia Commons)

Namun, seperti yang elo ketahui, perjuangan bangsa Indonesia tentunya nggak sampai di pembacaan teks proklamasi, tapi masih masih banyak yang dilalui. Makanya biar nggak lupa apa aja perjuangan bangsa Indonesia elo bisa baca-baca artikel materi sejarah yang lain ya!

Bung Hatta dan Bung Karno
Bung Hatta dan Bung Karno (Wikimedia Commons)

Baca Juga: Romusha dalam Masa Pendudukan Jepang di Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan

Wah , ternyata kita udah hampir sampai di akhir artikel nih, tapi seperti biasa ada contoh soal yang mau gue kasih biar pemahaman elo makin ciamik! Yuk, simak contoh soal berikut, ya!

  1. Mengapa menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada sekutu membawa harapan untuk Indonesia?

Jawaban dan pembahasan: Menyerahnya Jepang kepada sekutu tanpa syarat membuat adanya kekosongan kekuasaan di Indonesia. Hal ini dilihat awalnya oleh golongan muda, merupakan sebuah harapan untuk melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan pihak lain, dengan kata lain Indonesia mempunyai peluang untuk merebut sendiri kemerdekaannya tanpa menunggu pemberian dari negara lain termasuk Jepang yang pada saat itu sedang mengalami masalah dari dampak adanya Perang Pasifik. 

Sip, itu tadi guys, materi yang bisa gue sampaikan ke elo semua. Jangan lupa, masih ada video pembelajaran tentang materi ini yang bisa bikin elo makin tercerahkan, jadi jangan lupa buat klik banner di bawah ini dan daftarin akun elo sekarang juga ya!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius

See you!

Bagikan Artikel Ini!