Belajar Online

Halo para pelajar dari SD, SMP, maupun SMA. Bagaimana kabar kalian hari ini? Sudah lebih dari setahun ya tidak merasakan duduk di bangku kelas sambil mendengarkan ibu atau bapak guru menjelaskan materi pelajaran di depan kelas? Ya semoga sekolah segera dibuka dan kita semua bisa kembali ke bangku sekolah dan menikmati proses belajar di dalamnya. Namun sebelum hal itu terjadi, mari kita nikmati saja kegiatan belajar online yang sudah setahun lebih kita jalani ini terlebih dahulu. 

Belajar Online 

Oke, supaya belajar online yang dijalani dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dan di antaranya adalah sebagai berikut ini: 

belajar online

Pastikan Sinyal Stabil 

Kegiatan belajar daring dapat dilakukan lewat laptop maupun HP tergantung lebih nyaman yang mana. Karena proses belajarnya melibatkan internet, kalian harus memastikan sinyalnya stabil supaya tidak mendadak keluar dari kelas saat penjelasan sedang diberikan atau malah freeze begitu saja padahal materi sedang seru-serunya. 

Karenanya, pastikan sebelum kegiatan belajar dimulai kalian berada di tempat dengan sinyal yang bagus dan tak lupa kuota internetnya juga cukup. Kan tidak lucu kalau kuota internetnya habis padahal sedang ada kuis yang diberikan oleh guru.

cara belajar online

Anggap Belajar Online Selayaknya Belajar Seperti Biasanya 

Tips berikutnya adalah anggap belajar daring selayaknya belajar di dalam kelas atau offline. Kenapa gitu? Ditakutkan karena belajarnya di rumah kalian jadi mikir bisa santai-santai dan sambil mengerjakan kegiatan di rumah. Maka dari itu adalah penting untuk tetap memposisikan diri bahwa kalian sedang menjalani kegiatan sekolah. 

Bahkan, kalau perlu kalian tetap bangun sepagi mungkin seperti biasanya dan tidak hanya berseragam saja melainkan juga memakai parfum dan hal-hal lain seperti ketika belajar sebelum pandemi. Dengan begitu, harapannya kalian dapat serius belajarnya dan materi pun dapat diserap dengan baik. 

aplikasi belajar online

Manfaatkan Jeda Belajar untuk Beristirahat 

Nah ini nih yang enggak kalah penting. Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin. Ingat, mata kalian sudah sejak pagi menatap layar. Jadi, kalau sedang ada kesempatan beristirahat maka gunakanlah sebaik-baiknya kesempatan tersebut. Hindarkan mata kalian dari layar baik komputer maupun HP kalau tidak perlu-perlu banget. Kalian bisa kok keluar rumah sebentar untuk melihat pohon atau kalau yang di sekitar rumahnya masih ada sawah bisa tuh menikmati pemandangan padi yang sedang tumbuh. 

Intinya, manfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya. Bagaimanapun juga kesehatan adalah hal yang utama maka sayangilah kesehatan itu dengan merawatnya supaya terhindar dari sakit. Kalau kalian jatuh sakit kan malah jadi enggak nikmat lagi tuh proses belajarnya. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki, kan?

Zenius: Cara Keren Belajar Online

Selain tiga poin di atas, ada satu lagi tips supaya belajar online yang dilakukan jadi makin maksimal. Yak betul, kalian bisa belajar bareng Zenius yang bisa dilakukan lewat aplikasi yang ada di HP maupun lewat website. 

Belajar di Zenius bisa membantu kalian melengkapi materi yang sekiranya belum kalian kuasai selama belajar di sekolah. Waktu belajarnya pun sangat fleksibel dan kalau sedang ada kegiatan bisa di-pause juga. Selain itu, ada juga tryout dan latihan soal yang jumlahnya ratusan ribu untuk kalian mengevaluasi hasil belajar kalian. Nah, tentunya kalian bisa mendapatkan Zenius secara gratis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ambil HP-mu dan install Zenius!

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan