Bersikaplah Ramah

Gimana Sih Cara Bergaul yang Baik di Sekolah?

Tidak semua anak bisa adaptasi dengan baik. terkadang dari mereka ada yang gagal melakukannya dan berakhir diasingkan. Ada berbagai tips mengenai cara bergaul yang baik di sekolah dan bisa coba dilakukan. Sedikit ataupun banyak bisa membantu Kamu mengatasi kegugupan karena sendirian.

Gimana Sih Cara Bergaul yang Baik di Sekolah?
Photo by Mehmet Turgut Kirkgoz from Pexels

Tentang Beberapa Cara Bergaul yang Baik di Sekolah yang Wajib Kamu Lakuin!

Berteman merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Banyak sekali manfaat yang bisa Kamu rasakan ketika sudah punya teman. Bertukar cerita, berbagi pengalaman, tertawa dan sedih bersama. Namun sekarang ini banyak orang tidak bisa menemukan sosok tersebut karena kurang tau cara bergaul.

1. Manfaatkan Kegiatan Ekstrakurikuler

Manfaatkan Kegiatan Ekstrakurikuler
Image by Vlad Vasnetsov from Pixabay

Di sekolah masing-masing pastinya ada banyak kegiatan tambahan disesuaikan dengan minat dan bakat para siswanya. Jika Kamu memang merasa kurang pergaulan dan sulit memulai pembicaraan maka bisa manfaatkan dengan masuk ke salah satu bidang ekstrakurikuler. Baik itu seni maupun akademis.

Di dalamnya Kamu akan menemukan ruang lingkup pertemanan yang lebih luas lagi. Selain itu Kamu juga bisa menyalurkan bakat dan minat di bidang yang disukai. Biasanya atmosfer di pertemuan luar pembelajaran fomal terasa lebih menyenangkan dan membuat pesertanya lebih rileks.

2. Bersikaplah Ramah

Bersikaplah Ramah
Photo by Max Fischer from Pexels

Terkadang alasan seorang anak tidak bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolahnya adalah karena kurang cakap sosialisasi. Baginya bersikap ramah dengan orang lain merupakan hal yang susah untuk dilakukan. Jika seperti itu jelas saja orang akan merasa kurang nyaman menyapa.

Bisa dikatakan sekolah merupakan rumah kedua yang harusnya bersifat nyaman bagi para siswanya. Hal tersebut bisa tercapai jika anak berhasil menemukan lingkungan yang tepat dan diterima dengan baik. Oleh karena itu jangan bosan untuk selalu bersikap ramah sebagai penanda pribadi yang terbuka.

3. Murah Senyum Kepada Siapa Saja

Murah Senyum Kepada Siapa Saja
Image by Lenka Fortelna from Pixabay

Senyum adalah salah satu komponen yang penting dan sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menerapkan cara bergaul yang sederhana dan simpel. Dari sinilah mereka bisa mendapatkan perhatian dan kepercayaan orang untuk mau berteman. Anak jaman sekarang tentunya berbeda dengan dulu, dimana belum ada smarthpone atau media sosial.

Secara tidak langsung smartphone juga turut mengubah kepribadian dari anak. Jika dulu mereka mudah tertawa dan interaksi sosial sekarang rasanya cukup susah mengingat adanya kehadiran ponsel yan mampu mengalihkan dunianya. Dengan benda ajaib tersebut rasanya tidak kesepian lagi.

4. Perluas Lingkup Pertemanan

Perluas Lingkup Pertemanan
Photo by Max Fischer from Pexels

Salah satu cara bergaul agar jadi pribadi terbuka dan mampu menerima perbedaan adalah dengan memperluas ruang lingkup pertemanan. Dengan begitu Kamu bisa mengenal dan melakukan interaksi dengan banyak orang yang punya kepribadian berbeda-beda. Misalnya saja ikut nongkrong atau sekedar nonton di mall.

Biasanya anak sekolah sekarang sudah punya banyak sekali kegiatan di luar sekolah. Jadi daripada terus menerus sendiri dan merasa terasingkan lebih baik menawarkan diri untuk ikut bersama mereka. Kamu juga bisa ikut kegiatan offline seperti ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat masing-masing.

5. Jangan Takut untuk Memulai Candaan

Jangan Takut untuk Memulai Candaan
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Biasanya hal ini sering terjadi ketika belum terlalu mengenal satu sama lain. Pasti pernah mendengar istilah orang yang humoris akan lebih mudah mendapatkan teman. Hal tersebut benar adanya, sekarang pertanyannya bagaimana jika tidak punya kepribadian tersebut dan cenderung bersikap kaku.

Sebenarnya tidak perlu sampai memaksakan untuk jadi orang yang humoris dan menyenangkan banyak orang dengan lawakannya. Cukup bertindak sebagai pribadi hangat, ramah kepada semua orang. Jika Kamu orang pendiampun namun punya karakter diatas akan disukai juga dan tetap punya teman.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik
Image by MelanieSchwolert from Pixabay

Cara bergaul paling mudah adalah menjadi pendengar. Berteman dengan orang banyak bisa menjadikan Kamu sebagai sosok pendengar yang baik. Kemampuan ini akan membuat lingkungan sekitar nyaman selalu ada di dekat Kamu. Usahakan untuk berani menanggapi cerita dari mereka sedikit demi sedkit agar terbiasa dan jadi lebih berani.

Selain itu ketika seseorang sudah berhasil mendapatkan predikat sebagai pendengar yang baik biasanya orang akan memberikan kepercayaan penuh. Dengan begitu otomatis Kamu sudah dapat banyak teman, namun usahakan untuk jangan terlalu mencampuri urusan-urusan pribadi mereka, tanggapi santai saja.

7. Jadi Diri Sendiri

Jadi Diri Sendiri
Image by Free-Photos from Pixabay

Terakhir, untuk bisa mendapatkan teman dari lingkungan yang positif dan diinginkan maka mulailah dengan menerima keadaan diri sendiri dulu. Mulai dari perkara kekurangan yang kecil sampai besar sekalipun.

Misalnya tidak pandai merias diri, sering telat mikir dan semacamnya. Dengan begitu ketika ada orang yang mendekati untuk berteman maka mereka sudah tahu hal tersebut dan akhirnya memutuskan untuk menerima.

Sebaliknya, Kamu juga harus melakukan hal tersebut untuk menerima orang lain. Dengan begitu tidak ada tuntutan macam-macam dalam hubungan tersebut. Ini adalah cara bergaul yang paling mudah dari serentetan tips yang sudah kita bahas di atas.

Sebenarnya cara bergaul yang baik di sekolah dan berteman dalam sekolah maupun tempat lainnya adalah naluri alami dari seseorang. Jika merasa tertarik dan merasa senang dengan lingkungan tersebut maka aka nada reaksi yang muncul dari dalam diri sendiri dan akhirnya bisa berbaur dengan baik.

Nah, komen dong di bawah kira-kira cara bergaul versi kalian itu kayak gimana sih? apakah udah cukup atau sama dengan cara di atas? atau ada cara lain?

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan
Cara Menyerap Informasi yang Baik

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini