Cara Cerdas Menghafal

9 Cara Menghafal yang Mudah Dilakukan

Saat sedang belajar seringkali kita harus menghafal suatu materi. Menurut Sobat Zenius, bagaimana cara cepat menghafal yang mudah untuk dilakukan? Kita cari tahu caranya sama-sama, yuk!

Macam-Macam Cara Cepat Menghafal

Menghafal adalah salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan dalam belajar. Menghafal bisa membantu elo dalam menambah kemampuan menyimpan pengetahuan. Ada beberapa cara cepat menghafal yang bisa elo lakukan dengan mudah. Berikut adalah metode dan penjelasannya.

Baca Juga:

Cara Menghitung Diskon

1. Melakukan Pengulangan Informasi

Melakukan Pengulangan Informasi
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Cara pertama adalah dengan melakukan pengulangan materi. Sekali baca, baca lagi berulang kali. Sekali latihan menggunakan rumus, ulang lagi sampai berkali-kali. Jadi bukan cuma satu atau dua kali, guys!

Pengulangan materi ini penting banget untuk  membantu otak kita mengingat materi atau rumus yang ingin kita kuasai. Semakin tinggi intensitas kita mengakses materi yang mau kita hafalkan, semakin kuat juga pikiran kita merekam informasi itu. Nah, kalau otak kita udah merekam semua materi, berarti kita sudah hafal dan menguasai materi.

2. Tulis Informasi yang Ingin Dihafal

Melakukan Penulisan Informasi
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Langkah kedua dalam cara cepat menghafal adalah dengan menulis kembali materi yang sedang kita pelajari. Oh iya, menulisnya bukan menyalin atau copy paste ya, tapi menulis dengan kata-kata sendiri. Waktu elo bisa membahasakan materi-materi ini dengan bahasa sendiri, itu artinya elo udah paham dengan materi yang lagi dipelajari.

Nah, supaya catatan lebih menarik, elo bisa menulis dengan alat tulis warna-warni dan memberikan beberapa hiasan di catatan elo sendiri. Catatan ini juga akan sangat membantu kita untuk menghafal dan bisa dilihat kapan saja ketika dibutuhkan.

3. Stop Melakukan Sistem Kebut Semalam

Jangan Lagi Melakukan SIstem Kebut Semalam
Photo by Marta Wave from Pexels

Cara berikutnya yaitu berhenti melakukan sistem kebut semalam ketika sedang menghafalkan sesuatu. Sobat Zenius, otak kita itu nggak bisa langsung mampu menghafalkan sesuatu dalam waktu sekejap. Otak juga perlu waktu untuk menyerap materi yang ingin kita hafal.

Selain itu, kapasitas otak setiap orang berbeda-beda. Nggak semua orang bisa memaksa otaknya untuk kerja menghafalkan materi dalam waktu yang cepat, apalagi kalau materinya banyak. Jadi, ada baiknya melakukan persiapan dengan baik jika ingin menghafal sesuatu.

4. Melakukan Meditasi

Melakukan Meditasi
Photo by Gabby K from Pexels

Langkah berikutnya dalam cara cepat menghafal adalah melakukan meditasi. Cara ini bisa membuat otak elo lebih segar, lo! Nah, ketika otak elo segar, kapasitas otak pun akan bertambah. Otak pun akan mampu mengolah lebih banyak materi. Bahkan, kapasitasnya cenderung meningkat dari sebelumnya.

Oh iya, manfaat lainnya meditasi juga mampu membuat kita jadi lebih ceria. Ini berguna banget sih untuk naikin mood kita dan membuat kita jadi lebih semangat dalam belajar.

5. Tidur yang Berkualitas

Memiliki Kualitas TIdur yang Baik
Image by stine moe engelsrud from Pixabay

Hmm… sekilas nggak nyambung ya, tidur dan menghafal. Tapi, ternyata kalau kita tidur dalam waktu cukup aliran darah ke otak kita akan jauh lebih lancar. Hasilnya? Lagi-lagi kinerja otak kita akan maksimal karena kapasitas otak kita bertambah.

Maka dari itu, coba biasakan untuk tidurnya teratur dan cukup, ya! Lagipula, tidur cukup nggak hanya bermanfaat untuk membantu menghafal, tetapi juga untuk memelihara kesehatan kita.

6. Hilangkan Semua Distraksi

Menjaga Agar Tidak Distraksi
Image by Leiver from Pixabay

Cara berikutnya adalah hilangkan semua distraksi saat menghafal. Cobalah belajar di tempat yang tenang, jauh dari gangguan, dan jangan menghafal sambil melakukan kegiatan yang lain. Ketika elo berusaha belajar sambil melakukan kegiatan lain, maka otak elo gak akan sepenuhnya konsentrasi ke pelajaran. Akibatnya, effort yang otak elo keluarkan untuk belajar malah jadi lebih besar, tapi belum tentu hasilnya efektif.

Baca Juga

Cara Menjadi Psikolog

7. Baca dengan Keras

Melakukan Pembacaan dengan Suara Keras
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Ini adalah cara yang bisa dimanfaatkan kalau elo cara belajarnya adalah dominan ke auditori. Metode ini juga dikenal dengan nama read aloud. Cara ini ampuh banget untuk membuat kita fokus pada materi yang sedang dipelajari, karena kita mengatakan dan mendengarkan materi ini berulang-ulang. Ketika kita fokus, kita pun akan lebih mengingat materi yang sedang berusaha kita hafalkan.

8. Hidup Sehat dan Teratur

Melakukan Penerapan Pola Hidup yang Sehat
Image by Pezibear from Pixabay

Hidup sehat dan teratur ini ada kaitannya dengan asupan makanan kita, guys. Pola makan dan nutrisi yang tepat akan membuat nutrisi otak kita terpenuhi. Nah, ketika nutrisi otak kita terpenuhi, maka otak kita bisa bekerja lebih maksimal dalam memahami materi. Selain itu, pola hidup yang sehat dan teratur akan menjaga tubuh kita tetap berenergi selama belajar.

9. Minta Dukungan dari Teman

Minta Dukungan dari Teman
Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

Satu faktor yang nggak kalah penting dalam belajar adalah dukungan dari orang-orang terdekat, misalnya teman sebaya. Pasti seru banget kan kalau teman-teman kita saling mendukung dalam belajar. Kita bisa saling membantu dan bersaing secara sehat.

Baca Juga:

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Guys, itu tadi pembahasan mengenai cara cepat menghafal. Pembahasan ini akan pasti akan membantu kamu dalam menghafalkan sesuatu secara tepat. Semangat terus untuk belajar dan melakukan pengulangan materi setiap hari dan berkala!

Sobat Zenius, materi apa yang lagi ingin elo pelajari? Semuanya ada di paket belajar Zenius, lengkap dengan soal dan pembahasannya! Segera beli paket belajar Zenius dengan klik banner di bawah, ya!

9 Cara Menghafal yang Mudah Dilakukan 9

Simak Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan Artikel Ini!