Cara Membantu Anak Belajar

10 Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan

Saat anak belajar, orang tua biasanya harus berperan aktif membantu anak. Ada beberapa cara membantu anak belajar dengan menyenangkan yang bisa dengan mudah dipraktikkan, apalagi di saat semua sekolah melakukan pembelajaran secara online. Simak caranya bersama, yuk!

Macam-Macam Cara Membantu Anak Belajar dengan Benar

Membantu anak belajar bukanlah hal yang mudah. Diperlukan trik dan langkah tertentu agar anak-anak terus semangat dan ceria dalam belajar. Meskipun begitu, ada banyak cara membantu anak belajar dengan menyenangkan. Berikut adalah tips dan penjelasannya.

1. Membuat Jadwal Belajar

Membuat Jadwal Belajar dengan Baik
Photo by Bich Tran from Pexels

Cara pertama untuk membantu anak belajar adalah dengan membuat jadwal belajar secara teratur. Bahkan tidak hanya jadwal belajar, tapi susun pula jadwal harian anak. Dalam membuat jadwal, perhatikan kesanggupan anak, kapan anak perlu beristirahat dan kembali belajar.

Jadwal ini sangat berpengaruh bagi suasana hati anak. Perhatikan kapan anak semangat dan mulai kelelahan, fokuskan waktu paling semangat untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas, dan berhenti sebelum anak kelelahan. Dengan begini, anak akan nyaman dalam belajar.

2. Kerjakan Tugas Sedikit Demi Sedikit

Melakukan Pengerjaan Tugas Sedikit Demi Sedikit
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Cara membantu anak belajar yang kedua masih ada kaitannya dengan membuat jadwal, lo! Yaitu ajak anak untuk mengerjakan tugas sedikit demi sedikit selama belajar dari rumah. Mengerjakan tugas dengan sedikit demi sedikit sangat ampuh untuk dapat mengurangi beban-beban pekerjaan sekolah.

Selain itu, dengan membagi beban tugas ke beberapa waktu, anak juga tidak akan kelelahan. Anak pun tetap memiliki waktu untuk bersantai dan bermain. Dengan begitu, mereka tidak akan melulu bergelut dengan pelajaran saja.

3. Memberikan Waktu Istirahat Bagi Anak

Memberikan Waktu Istirahat Bagi Anak
Image by Nicole Lu from Pixabay

Selanjutnya, cara membantu anak belajar adalah memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. Meskipun fokus utama anak-anak adalah belajar, tapi anak juga membutuhkan waktu untuk bermain. Waktu istirahat dan bermain ini juga sangat penting bagi suasana hati anak.

Saat sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di rumah, anak pasti akan lebih mudah merasa jenuh. Untuk itu orang tua dan pengajar harus dapat mengaturnya. Selain itu, memberikan mereka sedikit waktu untuk sekedar beristirahat juga sangat diperlukan untuk dilakukan.

Baca Juga:

Cara Cepat Menghafal

4. Ciptakan Kondisi yang Nyaman

Membuat Kondisi yang Tentram
Photo by August de Richelieu from Pexels

Menciptakan kondisi yang nyaman dalam masa belajar anak adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Agar anak bisa fokus belajar, anak membutuhkan kondisi yang nyaman dan tidak bising saat belajar. Kondisi ini membuat anak bisa lebih mudah konsentrasi saat belajar.

Jika anak belajar dalam kondisi yang ramai dan bising, anak akan lebih mudah terdistraksi dan terganggu dengan berbagai hal. Saat anak terganggu, waktu belajar anak pun akan menjadi lebih singkat dan kemampuan anak untuk memahami pelajaran akan lebih rendah.

5. Melakukan Pengaturan pada Meja Belajar

Melakukan Pengaturan pada Area Belajar
Photo by olia danilevich from Pexels

Cara selanjutnya untuk membantu anak belajar lainnya adalah dengan melakukan pengaturan pada meja belajar yang akan digunakan. Pengaturan ini bisa digunakan orang tua untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak.

Orang tua bisa menambahkan hiasan yang penuh warna, ceria, dan tidak membosankan sesuai kesukaan anak. Ini akan meningkatkan keinginan anak berada di meja belajar dan beraktivitas di atas meja. Ketika anak nyaman berada di meja belajar, orang tua bisa memulai pembelajaran untuk anak.

6. Atur Ruang Belajar

Melakukan Persiapan Ruang Pembelajaran
Photo by Pexels from Pixabay

Cara membantu anak belajar yang berikutnya adalah menyiapkan ruang belajar yang kondusif untuk anak. Pastikan ruang belajar anak bersih dan tertata rapi. Susun meja belajar, buku, dan barang lain di tempat yang tepat sehingga suasana ruang belajar tidak sumpek dan tetap memberikan kesan menyenangkan bagi anak.

Selain itu, perhatikan posisi ruang belajar anak di dalam rumah. Usahakan ruang belajar anak jauh dari kebisingan jalan raya, namun tetap memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Ingat bahwa anak akan menghabiskan banyak waktu di ruang belajar, jadi pastikan ruang belajar memiliki kondisi yang baik untuk anak.

7. Siapkan Peralatan Tulis Lengkap untuk Anak

Menyiapkan Peralatan Tulis Lengkap untuk Anak
Image by stokpic from Pixabay

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah siapkan alat tulis dengan lengkap untuk menunjang pembelajarannya. Selain alat tulis seperti pensil, penghapus dan penggaris, anak-anak mungkin juga membutuhkan alat mewarnai untuk menunjang pembelajaran mereka.

Menyiapkan alat tulis yang lengkap sangat penting bagi pembelajaran anak. Saat belajar, tidak jarang anak-anak harus menggambar atau menambahkan warna dalam catatan. Jika seluruh alat tulis sudah tersedia, maka waktu belajar anak tidak akan terganggu dengan mencari alat yang belum ada, terlebih jika anak sedang belajar sendiri di rumah.

8. Ajarkan Anak untuk Menggunakan Agenda

Memberikan Pengajaran Kepada Anak dalam Memahami Agenda
Photo by Julia M Cameron from Pexels

Pada cara yang pertama, orang tua diajak untuk membuat jadwal untuk anak. Nah, jika anak sudah semakin besar, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajarkan anak membuat agenda harian. Ajarkan anak untuk menyusun jadwal agar semua kegiatan mereka lebih terstruktur.

Anak-anak bisa menuliskan semua hal di dalam agenda tersebut. Selain menuliskan kegiatan, mereka juga bisa menuliskan perasaan mereka sepanjang hari atau target dan tujuan yang ingin mereka capai. Setelah selesai, anak bisa kembali mengevaluasi apa yang mereka lakukan dalam sehari.

Baca Juga:

Cara Tahu Asal Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

9. Buat Kalender untuk Kegiatan Anak

Membuat Kalender untuk Mengatur Jadwal Kegiatan
Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Anak-anak itu tidak kalah sibuk dengan orang tua, lo! Kegiatan sekolah, ekstra kurikuler, dan pelajaran tambahan seringkali menumpuk dalam jadwal anak-anak. Oleh karena itu, coba susun jadwal anak-anak di dalam sebuah kalender untuk mengetahui seberapa padat jadwal anak.

Jika orang tua sudah mengetahui ini, orang tua bisa mulai merencanakan kegiatan lain di luar pembelajaran. Misalnya, pada waktu yang tidak sibuk, orang tua bisa mengajak anak berwisata agar anak bisa kembali segar. Masukan semuanya ke dalam kalender anak.

10. Buat Kesepakatan dengan Anak

Membuat Kontrak Kesepakatan dengan Anak
Image by 5540867 from Pixabay

Cara terakhir untuk membantu anak belajar adalah dengan membuat kesepakatan dengan anak. Kesepakatan ini misalnya mengenai waktu belajar dan apa yang ingin mereka lakukan setelah belajar. Oh iya, biarkan anak ikut memilih isi dari kesepakatan itu juga, ya.

Dengan adanya kesepakatan, anak akan merasa lebih bertanggung jawab, karena kesepakatan tersebut adalah pilihan mereka. Selain itu, anak pun jadi belajar untuk berdiskusi dan bernegosiasi dengan orang lain dan merasa bahwa pendapatnya didengar.

Baca Juga:

Cara Tahu Pentingnya Berpikir Kritis

Demikian pembahasan mengenai cara membantu anak belajar. Baik orang tua ataupun guru harus membantu anak-anaknya agar dapat melakukan aktivitas pembelajaran dengan baik. Dengan begitu mereka juga akan lebih merasa nyaman dan tidak terbebani dengan belajar.

Dukung pembelajaran anak dengan berbagai video pembelajaran menarik, latihan soal, dan pembahasan yang mendalam hanya di Zenius! Segera beli paketnya dan nikmati seluruh manfaatnya!

10 Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan 9

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan Artikel Ini!