Ini dia Cara Membantu Anak Belajar

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan

Ini dia Cara Membantu Anak Belajar
Image by Daniela Dimitrova from Pixabay

Ada beberapa cara membantu anak belajar dengan sangat menyenangkan dan tentunya bisa dipraktekkan juga. Apalagi saat ini semua sekolah saat ini melakukan pembelajaran secara online. Ini karena hal memberikan banyak manfaat untuk anak dan orang tua.

Macam-Macam Cara Membantu Anak Belajar dengan Benar

Terdapat berbagai macam cara membantu anak belajar dengan benar. Semua hal tersebut bisa membuat anak bersemangat dalam mempelajari segala sesuatu yang diajarkan. Berikut adalah penjelasan-penjelasan mengenai hal tersebut.

1. Membuat Jadwal Belajar dengan Baik

Membuat Jadwal Belajar dengan Baik
Photo by Bich Tran from Pexels

Cara pertama untuk dapat membantu anak belajar dengan baik adalah membuat jadwal belajar secara teratur. Ini sangat berpengaruh untuk memberikan semangat dan membuat mereka lebih aktif. Terutama dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas.

Namun, kamu juga harus membuat jadwal harian untuk anak dengan teratur. Dengan begitu hal tersebut akan sangat membantu anak dalam hal pembelajaran. Belajar akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan bagi para anak kecil.

2. Melakukan Pengerjaan Tugas Sedikit Demi Sedikit

Melakukan Pengerjaan Tugas Sedikit Demi Sedikit
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Berikutnya yakni melakukan pengerjaan tugas sedikit demi sedikit. kamu harus mampu untuk membantu anak ketika belajar dari rumah. Karena hal ini sekarang menjadi sebuah tuntutan dan kewajiban yang memang harus dilakukan.

Mengerjakan tugas dengan sedikit demi sedikit memang sangat ampuh untuk dapat mengurangi beban-beban pekerjaan sekolah. Anak juga akan memiliki waktu untuk bersantai. Dengan begitu, mereka tidak akan melulu bergelut dengan pelajaran saja.

3. Memberikan Waktu Istirahat Bagi Anak

Memberikan Waktu Istirahat Bagi Anak
Image by Nicole Lu from Pixabay

Selanjutnya yakni memberikan waktu istirahat kepada anak. Seorang anak membutuhkan waktu untuk sekedar bermain saat berada pada waktu sela-sela belajarnya. Ini akan dapat membuat anak-anak menjadi ceria dan tidak merasa bosan.

Anak-anak akan lebih mudah cepat bosan saat suasana belajarnya monoton dan tidak menyenangkan. Untuk itu orang tua dan pengajar harus dapat mengaturnya. Selain itu, memberikan mereka sedikit waktu untuk sekedar beristirahat juga sangat diperlukan untuk dilakukan.

4. Membuat Kondisi yang Tentram

Membuat Kondisi yang Tentram
Photo by August de Richelieu from Pexels

Menciptakan kondisi yang tentram dan tenang dalam masa belajar anak juga menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Seorang anak membutuhkan kondisi yang nyaman dan tidak bising. Ini karena mereka lebih mudah tidak konsen saat belajar.

Pikiran anak sangat mudah goncang ketika dihadapkan dengan kondisi ramai dan bising. Untuk itu, ketika belajar dibutuhkan kondisi tentram untuk dapat membuatnya nyaman. Dengan begitu akan ada banyak pembelajaran yang ditangkap dan tersimpan dalam otak.

5. Melakukan Pengaturan pada Area Belajar

Melakukan Pengaturan pada Area Belajar
Photo by olia danilevich from Pexels

Selain itu, cara membantu anak belajar lainnya adalah dengan melakukan pengaturan pada area belajar juga dapat digunakan. Ini untuk menciptakan suasana menyenangkan. Ini karena anak-anak sangat menyukai desain-desain yang fun dan ceria serta tidak membosankan.

Hal itu akan semakin meningkatkan keinginan anak untuk belajar dan memahami apa yang mereka dengarkan dan pelajari. Semua hal itu memang sangat wajib untuk dilakukan. Agar anak-anak dapat merasa nyaman dan tentram berada dalam ruang belajar.

6. Melakukan Persiapan Ruang Pembelajaran

Melakukan Persiapan Ruang Pembelajaran
Photo by Pexels from Pixabay

Selanjutnya yakni melakukan persiapan ruang pembelajaran. kamu harus mengatur desain dan tampilan tempat belajar tersebut dengan menarik dan cantik. Supaya dapat memberikan kesan menyenangkan dan unik bagi mereka.

Anak-anak cenderung merasa tertarik dengan tampilan-tampilan sesuatu yang mereka lihat unik dan lucu. Dengan menggunakan ruang belajar yang memiliki desain asyik, tentu akan lebih membuatnya tertarik. Atau bahkan menjadi betah berlama-lama di tempat itu.

7. Menyiapkan Peralatan Tulis Lengkap untuk Anak

Menyiapkan Peralatan Tulis Lengkap untuk Anak
Image by stokpic from Pixabay

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan peralatan tulis dengan lengkap untuk menunjang pembelajarannya. Alat tersebut adalah seperti pensil, penghapus dan penggaris. Itu merupakan alat utama dan paling sering dibutuhkan.

Maka dari itu, kamu harus menyiapkannya untuk dapat digunakan oleh anak-anak ketika mereka membutuhkannya. Dengan begitu, anak-anak bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas dalam belajar. Memberikan alat tulis itu juga dapat merangsang anak agar tertarik menggunakannya.

8. Memberikan Pengajaran Kepada Anak dalam Memakai Agenda

Memberikan Pengajaran Kepada Anak dalam Memahami Agenda
Photo by Julia M Cameron from Pexels

Selanjutnya yakni memberikan pengajaran kepada anak dalam memakai agenda. Anak-anak juga harus mendapatkan pengetahuan mengenai belajar menggunakan agenda. Denga begitu, semua pekerjaan mereka akan lebih terstruktur.

Semua agenda bisa dimasukkan ke dalam catatan tersebut. Kemudian mengerjakannya satu per satu. Ketika pekerjaan tersebut telah selesai, maka catatan pada agenda bisa dicoret atau dicentang oleh anak. Ini sebagai tanda bahwa agenda itu telah selesai dilakukan.

9. Membuat Kalender untuk Mengatur Jadwal Kegiatan

Membuat Kalender untuk Mengatur Jadwal Kegiatan
Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Berikutnya yakni membuat kalender untuk mengatur jadwal kegiatan. kamu harus membuatkan kalender khusus untuk anak-anak. Kalender ini berisi mengenai segala macam jadwal kegiatan anak dalam waktu satu bulan.

Atau jangka waktunya bisa kamu perkecil. Misal menjadi mingguan atau harian. Buat jadwal kegiatan dengan semenarik mungkin. Ini agar anak tidak merasa bosan jika harus melihat acara mereka setiap harinya, baik di sekolah maupun di rumah.

10. Membuat Kontrak Kesepakatan dengan Anak

Membuat Kontrak Kesepakatan dengan Anak
Image by 5540867 from Pixabay

Terakhir yakni membuat kontrak kesepakatan dengan anak. Kontrak ini dibuat dengan anak sebagai bentuk tanda sepakat mengenai hal-hal dalam belajar mereka. Anak juga bisa memilih sendiri seperti apa isi dari kesepakatan itu.

Dengan adanya hal ini, seorang anak akan merasa terikat dan mau untuk menjalani aktivitas rutinnya secara benar. Mereka juga tidak akan menjadi malas dalam melaksanakan kegiatan. Semuanya akan dilakukan secara senang ataupun dengan kata terpaksa di dalamnya.

Demikian pembahasan mengenai cara membantu anak belajar. Baik orang tua ataupun guru harus membantu anak-anaknya agar dapat melakukan aktivitas pembelajaran dengan baik. Dengan begitu mereka juga akan lebih merasa nyaman dan tidak terbebani oleh apapun itu.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Cepat Menghafal
Cara Tahu Pentingnya Berpikir Kritis
Cara Tahu Asal Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini