ilmu aktuaria zenius education

Berkenalan Dengan Jurusan Ilmu Aktuaria

Artikel ini berisi penjelasan singkat mengenai apa itu jurusan Ilmu Aktuaria mulai dari mata kuliahnya sampai prospek kerja dan di mana saja ada jurusan Ilmu Aktuaria.

Gaes, kalau lo sekarang lagi duduk di kelas 12 SMA dan belum tau mau kuliah di jurusan apa nanti, gue punya tulisan yang harusnya sih bisa ngebantu lo. Kali ini gue mau bahas salah satu jurusan yang sekarang rame peminatnya gaes. Gue mau ngomongin soal apa itu jurusan aktuaria dan universitas mana aja yang ada jurusan aktuarianya karena jurusan ini ga cuma di aktuaria UGM dan UI saja melainkan di kampus lain juga ada loh. Selain itu, gue juga mau bahas dikit soal bedanya jurusan aktuaria sama asuransi. Oke, mari kita bahas mulai dari apaan sih jurusan aktuaria itu.

ilmu aktuaria zenius education

Apa itu Jurusan Aktuaria?

Dikutip dari laman Program Studi Ilmu Aktuaria UGM,

“Ilmu aktuaria adalah disiplin ilmu yang menggunakan teori probabilitas, matematika, dan statistika untuk mengukur dan menghitung dampak finansial atas kejadian tak tentu di masa yang akan datang. Dampak finansial tersebut kemudian diproyeksikan untuk mencari nilai wajar atas kewajiban yang harus dipenuhi saat ini. Penentuan nilai wajar saat ini atas kewajiban yang akan datang ini membutuhkan landasan teoritik yang kuat pada tataran keilmuan, seperti teori probabilitas, statistika, matematika terapan, keuangan, ilmu ekonomi, dan komputasi.”

Kalau dilihat dari sejarah lahirnya ilmu ini, aktuaria muncul untuk menjawab meningkatnya permintaan terhadap produk asuransi. Kenapa gitu? Jadi kalau lo daftar asuransi, lo akan membayar yang namanya premi. Biasanya sih per bulan ya tapi ada juga kok yang bayarnya per tahun. Gimana cara nentuin besaran preminya? Ada beberapa cara dan rumus nih, perhitungan premi di sini bisa dilakuin pakai ilmu aktuaria. 

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Aktuaria adalah kombinasi dari matematika, statistika, akuntansi, ekonomi, peluang, dan manajemen risiko. Sebutan bagi orang yang ahli dalam Aktuaria adalah aktuaris. Biasanya Aktuaris tergabung dalam perserikatan kerja bernama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yang memiliki sekitar 500 anggota di seluruh Indonesia. Nah, kebayang kan betapa langkanya profesi ini.

Jurusan Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jurusan Aktuaria bisa disebut sebagai Matematika Asuransi, di mana lo akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan komputasi, akuntansi, hingga manajemen risiko. 

Yang akan dipelajari di Jurusan Aktuaria

Berikut ini beberapa bidang ilmu yang dipelajari di Jurusan Aktuaria.

  • Matematika Finansial

Pada bidang ini lo akan mempelajari tentang tingkat suku bunga dan anuitas (rangkaian pembayaran atau penerimaan yang sama jumlahnya). Mata kuliah yang erat sama matematika finansial contohnya adalah pengantar matematika finansial dan matematika dana pensiun. 

  • Peluang dan Statistika

Pada bidang ini lo akan mempelajari tentang pengantar teori peluang, analisis data, variabel acak dan karakteristiknya, serta konsep pengujian hipotesis untuk membuat suatu keputusan.

  • Akuntansi

Pada bidang ini lo akan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar akuntansi, konsep akuntansi dalam laporan tahunan, akuntansi untuk aset investasi, serta analisis laporan keuangan.

  • Ekonomi

Pada bidang ini lo akan mempelajari tentang mikroekonomi dan makroekonomi.

  • Pemodelan dan Teori Risiko

Bidang ini sangat erat kaitannya dengan bidang asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi umum serta pemodelan dalam industri asuransi.

Kampus yang memiliki Jurusan Aktuaria

Untuk saat ini belum terlalu banyak perguruan tinggi di Indonesia yang membuka Jurusan Aktuaria. Biar lo ga cuma tau kalau ada Aktuaria UGM juga, berikut adalah beberapa kampus lain yang memiliki jurusan aktuaria selain Aktuaria UGM.

  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Pelita Harapan

Prospek Kerja Lulusan Aktuaria

Lulusan Aktuaria diharapkan memiliki keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan. Aktuaris menjadi profesi yang menjadi spesialiasasi buat lulusan aktuaria. Profesi aktuaris ini tugasnya memprediksi atau mencari suatu keuntungan melalui perhitungan yang tepat sehingga dapat meminimalkan risiko.  Selain itu, profesi ini juga akan membantu perusahaan asuransi dalam menetapkan premi yang harus dibayar. 

Oiya, saat ini, Pemerintahan melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 71/POJK.05/2016 mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai tenaga aktuaris. Jadi ya setelah lo lulus dari jurusan atau program studi aktuaria ini, lo bisa banget jadi aktuaris di perusahaan asuransi. Selain jadi aktuaris, lo 

Kenapa sih Harus Mengenal Jurusan?

Mungkin bisa dibilang ibarat membeli kucing dalam karung sih kalau elo daftar jurusan tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Waktu gue awal kuliah dulu, banyak teman gue yang merasa salah jurusan. Salah satu alasannya adalah mereka tuh ga tau di jurusan yang mereka udah diterima itu akan belajar apa dan mau jadi apa setelahnya. 

Baca juga:

Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Kejadian tersebut akhirnya bikin gue selalu wanti-wanti junior gue dan sekarang ke kalian buat lebih memperhatikan jurusan yang mau kalian masuki. Berhubung jurusan aktuaria ini belum sepopuler jurusan kedokteran atau teknik kimia, gue harap lo jadi ada gambaran lebih banyak tentang jurusan ilmu aktuaria itu apa, belajar apa aja, prospek kerjanya bagaimana, dan gambaran lainnya. 

Nah itu tadi pembahasan soal ilmu aktuaria. Oiya gue juga mau ngasih tahu nih kalau Zenius sekarang punya program yang namanya Zenius Ultima. Di program ini lo bisa ikutan persiapan UTBK bareng tutor-tutor senior Zenius. Gue sih nyaraninnya lo harus ikutan dan kalau bisa lo aktif juga di setiap sesi live-nya karena program ini tuh diadain secara Live dan Interaktif jadi lo bisa nanya-nanya tuh soal gimana sih kuliah dan ga sebatas belajar buat UTBK ajaa. Cara daftarnya gampang banget, lo tinggal klik link yang gue taruh di bawah ini.

Daftar Zenius Ultima