Apa Sih Bedanya Jurusan Teknik Kimia Sama Kimia Murni?

Tulisan ini membahas perbedaan jurusan Teknik Kimia dengan Ilmu Kimia atau yang sering disebut sebagai Kimia Murni. 

Halo halo halo, guyssss. Balik lagi nih sama gue. Kali ini gue bakal bahas sesuatu yang cukup penting buat lo ketahui, terutama buat yang baru naik ke kelas 12 di tahun ajaran ini. Mumpung masih awal tahun ajaran, gue mau bahas dua jurusan yang kalau dari nama mungkin lo kepikirannya sama aja padahal beda. Gue mau bahas perbedaan antara jurusan Teknik Kimia sama jurusan Ilmu Kimia atau kadang juga disebut Kimia Murni. 

Mungkin beberapa dari lo beranggapan kalau dua jurusan itu gak beda jauh karena sama-sama mengandung kata Kimia di dalamnya dan lo beranggapan kalau yang dipelajari di kedua jurusan tersebut gak bakal jauh-jauh dari hal berbau pelajaran kimia seperti saat lo belajar kimia di kelas. Nah, gue mau tegasin nih di sini kalau Teknik Kimia sama Kimia Murni tuh beda. Selain berada di fakultas yang berbeda (Teknik Kimia di Fakultas Teknik dan Kimia di Fakultas MIPA), yang dipelajari di kedua jurusan tersebut juga beda, gaes. 

Apa aja sih emang bedanya? Nah, gue bakal jelasin satu-satu secara umum aja. Untuk detail mata kuliahnya bisa lo cek di halaman jurusan di tiap-tiap kampus. 

Baca Juga:

Perbedaan jurusan sastra, pendidikan bahasa, dan linguistik

 

Jurusan Kimia Murni

Sederhananya, perbedaan Ilmu Kimia atau Kimia Murni dengan Teknik Kimia adalah Kimia Murni fokusnya menemukan sesuatu yang baru seperti mencari material baru atau teknik pemrosesan yang baru. Sedangkan untuk Teknik Kimia, fokusnya adalah memanfaatkan material baru tersebut atau mengefisienkan pemrosesan sesuatu. 

Karena fokusnya adalah buat menemukan sesuatu yang baru dalam dunia perkimiaan, mata kuliah yang diajarkan di Kimia Murni pun sangat erat kaitannya dengan Ilmu Kimia. Gue ambil contoh dari Kimia UI nih. Di jurusan Kimia UI, lo bakal ketemu sama mata kuliah seperti: 

  • Struktur dan ikatan kimia
  • Praktik kimia dasar
  • Bahan kimia berbahaya
  • Elektroanalisis dan dasar-dasar pemisahan 
  • Struktur dan reaktifitas kimia 
  • Dan mata kuliah lainnya 

Selain belajar mata kuliah yang berhubungan dengan dunia perkimiaan, lo juga bakal banyak ngelakuin praktikum di laboratorium. Nah, di situlah lo bisa eksplor lebih banyak lagi hal-hal yang selama ini mungkin cuma lo lihat di buku selama di SMA. Oiya, gue mau ngingetin kalau di jurusan kimia biasanya ada syarat pas daftar lo ga boleh buta warna. Kenapa? Soalnya lo bakal ketemu tuh sama berbagai bahan kimia dengan warna-warna yang berbeda-beda. Bahan-bahan kimia tadi bisa menimbulkan reaksi yang berbeda-beda misalnya saat dilakukan pencampuran antar bahan. Nah, kalau udah gitu sih emang bahaya kalau mahasiswanya ada yang buta warna. Selain tidak buta warna, setahu gue ga ada lagi tuh persyaratan lain yang melibatkan kondisi fisik lo. 

Buat lo yang tertarik buat kuliah di jurusan Kimia, ada banyak banget universitas di Indonesia yang memiliki jurusan tersebut. Jurusan kimia bisa lo temui di banyak universitas, berikut adalah di antaranya: 

  • UI 
  • UGM
  • ITB
  • ITS
  • UNDIP
  • UNS
  • UNY

Setelah lulus dari jurusan kimia murni, ada banyak pekerjaan yang bisa lo ambil. Misalnya nih, lo bisa jadi analis kimia, quality control, dan pekerjaan lainnya.

 

Jurusan Teknik Kimia 

Selanjutnya kita masuk ke pembahasan soal Teknik Kimia nih gaes. Meski nama jurusannya teknik kimia, ternyata yang dipelajari di jurusan ini lebih banyak ke hal-hal yang berkaitan dengan fisika dan matematika loh. Gue juga pas dijelasin sama guru SMA gue awalnya ga percaya. Sampai akhirnya pas kuliah dan kenal sama anak-anal Teknik Kimia barulah gue manggut-manggut paham karena memang yang dipelajari di jurusan ini lebih fokus ke pengolahan atau pemrosesan material-material kimia. Gak kayak anak Kimia yang mempelajari unsur kimianya, Teknik Kimia belajarnya bagaimana menjadikan unsur-unsur kimia tadi menjadi barang setengah jadi atau bahkan barang yang siap pakai. Karenanya, gak heran kalau mata kuliahnya tuh lebih ke bagaimana memproses sesuatu. Misalnya nih yang ada di Teknik Kimia ITB: 

  • Teknologi rekayasa polimer
  • Teknologi pengolahan limbah plastik
  • Proses pengilangan minyak bumi
  • Pengolahan produk metabolit
  • Teknologi produksi air
  • Dan mata kuliah lainnya.

Dengan belajar di jurusan Teknik Kimia, lo berkesempatan buat menapaki jenjang karir di berbagai bidang seperti industri pengolahan limbah, industri pangan, sampai industri minyak dan gas. 

Ada banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan atau program studi Teknik Kimia. Lo punya banyak pilihan tempat belajar jadinya. Nah, beberapanya adalah kampus-kampus berikut ini. 

  • UI
  • UGM
  • ITB
  • ITS
  • USU
  • UNDIP
  • UNS
  • Dan universitas lainnya. 

Buat yang pengen kuliah di Fakultas Teknik UGM dan khususnya Teknik Kimia UGM, lo bisa baca salah satu artikel Zenius Blog yang ngomongan FT UGM. Link gue taruh di bawah yaa. 

Kuliah di Fakultas Teknik UGM

 

Kenapa sih Harus Mengenal Jurusan?

Mungkin bisa dibilang ibarat membeli kucing dalam karung sih kalau elo daftar jurusan tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Waktu gue awal kuliah dulu, banyak teman gue yang merasa salah jurusan. Salah satu alasannya adalah mereka tuh ga tau di jurusan yang mereka udah diterima itu akan belajar apa dan mau jadi apa setelahnya. 

Baca juga:

Tips Memilih Jurusan Kuliah 

Kejadian tersebut akhirnya bikin gue selalu wanti-wanti junior gue dan sekarang ke kalian buat lebih memperhatikan jurusan yang mau kalian masuki. Salah satunya ya lewat tulisan ini yang gue mau ngasih tahu perbedaan dari dua jurusan yang kerapkali dianggap sama. Gue juga mau nyaranin lo buat cari info sebanyak-banyaknya, terutama buat yang sekarang duduk di kelas 12. Cari info bisa dari senior kalian, dari internet, atau bahkan dengan menghubungi universitas terkait. 

Oiya gue juga mau ngasih tahu nih kalau Zenius sekarang punya program yang namanya Zenius Ultima. Di program ini lo bisa ikutan persiapan UTBK bareng tutor-tutor senior Zenius. Gue sih nyaraninnya lo harus ikutan dan kalau bisa lo aktif juga di setiap sesi live-nya karena program ini tuh diadain secara Live dan Interaktif jadi lo bisa nanya-nanya tuh soal gimana sih kuliah dan ga sebatas belajar buat UTBK ajaa. Cara daftarnya gampang banget, lo tinggal klik link yang gue taruh di bawah ini. 

Daftar Zenius Ultima

Sekian dulu dari gue. Mudah-mudahan lo jadi tercerahkan dan mulai ngerti apa sih bedanya jurusan kimia sama teknik kimia. Dan kalau lo penasaran sama jurusan lain, lo bisa tinggalin pertanyaan di kolom komentar yaa.