cara menyerap informasi

Bagaimana Cara Menyerap Informasi yang Baik?

Di kehidupan dewasa ini, kita berhadapan dengan informasi di mana pun kita berada. Bagaimana cara menyerap informasi tadi supaya tidak sekadar lewat begitu saja? Coba saja hitung berapa banyak informasi yang masuk hanya dari whatsapp atau platform pesan singkat lainnya. Belum lagi informasi dari portal berita dan dari sumber lainnya. Pertanyaanya, apakah kita bisa menyerap informasi yang datang tadi dengan baik? 

Akan sayang sekali rasanya jika informasi yang datang tadi tidak dapat kita pahami atau malah terlupakan begitu saja. Maka dari itu, kita perlu untuk tahu cara menyerap yang baik itu semua informasi yang datang. 

Cara Menyerap Informasi

Fokus

Hal pertama yang harus dan wajib dilakukan terkait cara menyerap informasi adalah fokus. Tanpa fokus, kamu bisa bingung harus ke mana memberikan perhatian. Kamu pun jadi kesulitan untuk menyerap info yang tersedia. 

Baik dari informasi yang kamu peroleh dari mendengarkan atau membaca, kamu perlu fokus supaya bisa menyerap info tadi dengan baik. Jadi, kunci pertama adalah fokus!

Selingi Dengan Istirahat

Tahu gak sih gaes kalau fokus tuh bisa bikin capek? Padahal kalau kamu capek dan tetap memaksakan diri untuk menyerap informasi misalnya dari seminar yang sedang diikuti, kemampuanmu menyerap informasi bisa menurun. 

Supaya hal kayak gitu tidak terjadi, ada baiknya kamu memanfaatkan setiap jeda yang ada untuk beristirahat. Beristirahat di sini artinya kamu bisa melakukan peregangan sejenak atau bersantai sebelum akhirnya kembali fokus menyimak materi. 

cara menyerap informasi
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Jangan Malu Bertanya

Ada informasi yang masih belum kamu pahami padahal kamu sudah fokus dan berusaha tetap fokus sepanjang penjelasan? Jangan malu untuk bertanya. Jangan merasa malu karena kamu merasa pertanyaanmu remeh. Bisa jadi di luar sana ada yang sama tidak pahamnya seperti kamu hanya saja mereka malu. So, coba untuk tanyakan saja. 

Cobalah Berdiskusi

Anggaplah sesi belajarmu sudah selesai nih. Kamu telah mendapatkan informasi yang kamu inginkan tapi ternyata kamu masih mengalami kebingungan. Jika kamu mendapati kendala yang seperti itu, ada baiknya kamu mengikuti diskusi. 

Dengan berdiskusi, kamu bisa mendapatkan perspektif berbeda. Siapa tahu apa yang kamu pahami ternyata masih kurang dan kamu bisa mendapatkannya dari berdiskusi. Diskusi sendiri sebenarnya mudah dilakukan terutama dengan adanya forum online seperti quora atau semacamnya. 

Cari Informasi yang Ingin Kamu Ketahui 

Sekarang ini, ada begitu banyak informasi yang beredar dan harus diakui kamu sebenarnya tidak membutuhkan semuanya. Pilih informasi yang memang kamu butuhkan dan kamu ingin mengetahuinya. 

Tujuannya adalah supaya sejak awal kamu memiliki keinginan untuk memahaminya sehingga kamu memiliki dorongan yang lebih kuat dibandingkan saat berhadapan dengan informasi yang sebenarnya kamu tidak ingin tahu. 

bagaimana cara menyerap informasi
Foto oleh Agung Pandit Wiguna dari Pexels

Mulai Dari Kesimpulan

Tips yang satu ini berlaku saat kamu sedang mencari informasi bacaan seperti misalnya dari jurnal. Kenapa mulai dari kesimpulan? Biasanya isi bacaan tersebut akan membosankan bagi sebagian orang. Dengan sudah membaca kesimpulan, kamu bisa lebih menghemat waktu untuk memahami informasi yang disajikan. 

Demikian tadi cara menyerap informasi dengan baik yang bisa kamu terapkan di keseharianmu. Cobalah lakukan perlahan-lahan sampai kamu terbiasa dan mudah-mudahan kamu bisa lebih cepat dalam mengolah informasi nantinya!

Baca Juga Artikel Zenius yang Lain

Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan

Cara Membaca Lebih Cepat dan Efektif