jenis karakter bioma

Karakteristik Bioma Beserta Jenis dan Contohnya – Materi Biologi Kelas 10

Sebelum masuk ke materi jenis dan karakteristik bioma. Elo pasti masih bingung deh, apa yang dimaksud bioma. Padahal, kita sering banget lho, melihat macam-macam bioma di film maupun di berita. Misalnya saja, Gurun Sahara atau Hutan Madagaskar. Elo pasti tahu kan tempat populer satu ini? Yap, siapa sih, yang gak tahu tempat satu ini!

Jadi, singkatnya bioma merupakan bentuk-bentuk ekosistem di daratan yang didasarkan pada perbedaan vegetasi, hewan, dan iklimnya. Macam-macam bioma sendiri ada banyak nih, guys. Untuk mengetahui jenis-jenis bioma, yuk kita simak artikel di bawah ini! 

Jenis dan Karakteristik Bioma

1. Bioma Tundra

karakteristik contoh bioma tundra zenius
Bioma Tundra (Dok. Pixabay)

Bioma tundra merupakan bioma yang berada di wilayah Utara Bumi seperti di Greenland, Iceland, dan Rusia Utara. Karakteristik bioma tundra yakni suhunya rendah dan curah hujannya juga rendah.

So, karena wilayahnya dingin banget maka tumbuhan yang bisa hidup tidaklah sebanyak bioma lainnya. Vegetasi yang hidup di bioma tundra antara lain hanya lumut dan semak-semak pendek saja. Sementara itu, fauna yang hidup di bioma tundra hanyalah jenis hewan yang mampu bertahan di wilayah dingin saja seperti beruang kutub.

2. Bioma Taiga

karakteristik contoh bioma taiga zenius
Bioma Taiga (Dok. Pixabay)

Selanjutnya, ada yang namanya bioma taiga nih, guys! Bioma taiga merupakan jenis bioma yang terdiri dari banyak pepohonan pinus dan bisa elo temui di wilayah Skandinavia dan Kanada. 

Fauna yang tinggal di bioma taiga juga hampir mirip dengan hewan yang ada di bioma tundra, yakni didominasi oleh mamalia besar dan sedang seperti rusa dan beruang. 

Nah, elo tahu nggak, kenapa bisa mirip? 

So, alasannya karena banyak hewan dari bioma tundra yang datang ke bioma taiga untuk mencari makan. Jadi, jangan heran ya, guys!

3. Bioma Temperate Forest

karakteristik contoh bioma temperate forest zenius education
Bioma Temperate Forest (Dok. Unsplash)

Karakteristik bioma temperate forest memiliki suhu yang hangat dan didominasi oleh tumbuhan yang meranggas ketika musim gugur. Sementara itu, kalau jenis fauna yang hidup di sini antara lain burung dan serangga. Jenis bioma temperate forest dapat elo temui di Prancis dan Jerman. 

4. Bioma Grassland

karakteristik contoh bioma grassland zenius
Bioma Grassland (Dok. Pixabay)

Bioma grassland merupakan bioma yang didominasi oleh rumput. Maka, tak heran ketika berkunjung ke bioma grassland, elo akan menemui banyak hewan herbivora seperti rusa dan bison. 

Nah, kalau elo mau melihat bioma grassland, elo bisa datang ke Mongolia atau Turki ya, guys!

5. Bioma Chaparral

karakteristik contoh bioma chaparral zenius
Bioma Chaparral (Dok. Pixabay)

Sobat Zenius, kalau elo pernah berkunjung ke Spanyol atau Portugal berarti elo pernah berkunjung ke bioma chaparral. Bioma chaparral memiliki ciri-ciri suhu yang sangat tinggi saat musim panas sehingga elo akan menemukan banyak hewan seperti burung dan reptil di bioma ini. Sementara itu, jenis vegetasi bioma chaparral antara lain rumput, semak, dan pohon-pohon kecil.

Baca Juga: Ciri dan Klasifikasi Hewan Amfibi – Materi Biologi Kelas 10

6. Bioma Savana

karakteristik contoh bioma savana zenius
Bioma Savana (Dok. Pexels)

Okay, lanjut ke bioma savana. Nah, bioma savana merupakan salah satu bioma yang terkenal dan banyak ditemukan di Afrika. Karakteristik bioma savana yakni suhunya hangat, dikarenakan dekat dengan garis khatulistiwa. 

Vegetasi yang hidup di bioma ini pun terdiri dari semak-semak, rerumputan, dan pohon yang berjarak antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, banyak hewan herbivora dan karnivora yang senang dan nyaman tinggal di bioma ini. Hehe.

7. Bioma Desert (Gurun)

karakteristik contoh bioma gurun zenius
Bioma Gurun (Dok. Pexels)

Bioma desert atau gurun merupakan bioma yang banyak ditemukan di wilayah Afrika dan Australia. Well, pasti elo semua udah gak asing lagi nih, dengan bioma satu ini. 

Kalau elo membayangkan gurun yang panas maka benar sekali, guys. Karakteristik bioma desert yakni suhunya sangat panas saat siang hari dan sangat dingin saat malam hari. Selain itu, curah hujannya juga sangat rendah sehingga vegetasi yang hidup di bioma ini antara lain kaktus dan semak saja.

Sementara itu, hewan yang hidup di sini merupakan jenis hewan yang mampu bertahan di kondisi kekeringan seperti reptil dan buaya. Contoh bioma gurun adalah Gurun Sahara dan Gurun Gobi.

8. Bioma Tropical Rainforest (Hutan Hujan Tropis)

karakteristik contoh bioma hutan hujan tropis zenius
Bioma Hutan Hujan Tropis (Dok. Pexels)

Bioma selanjutnya yakni hutan hujan tropis. Kalau ngomongin jenis bioma satu ini, sebagai warga Indonesia pasti elo sudah sering mendengarnya deh. Karena di Indonesia sendiri banyak ditemukan hutan hujan tropis nih, guys! 

Selain itu, hewan dan tumbuhan yang hidup di bioma ini sangat beragam lho, jika dibandingkan dengan bioma lainnya. Tahu nggak, kenapa?

Pasalnya, hutan hujan tropis berada di wilayah beriklim tropis dan basah sehingga banyak tumbuhan yang hidup di sini. Nah, karena banyak tumbuhan tentu saja hewan yang ada di bioma ini juga ada banyak. Salah satu contoh bioma hutan hujan tropis adalah Hutan Madagaskar.

Baca Juga: Klasifikasi Tumbuhan Angiospermae – Materi Biologi Kelas 10

Contoh Soal Macam- Macam Bioma

  1. Di antara bioma berikut yang memiliki vegetasi paling sedikit adalah ….

A. Grassland

B. Taiga

C. Temperate Forest 

D. Tundra

E. Chaparral

Jawaban:

Vegetasi yang hidup di bioma tundra hanya sedikit yakni hanya lumut, semak, dan rerumputan saja. Maka, jawaban yang tepat adalah D. Tundra.

Baca Juga: Definisi dan Klasifikasi Mollusca – Materi Biologi Kelas 10

Yeay, selesai juga nih, materi hari ini. Kalau elo mau mendalami lagi tentang karakteristik bioma dan juga jenisnya, elo bisa kunjungi aplikasi Zenius atau bisa klik banner di bawah ini. So, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

karakteristik bioma
Bagikan Artikel Ini!