Ciri dan Klasifikasi Hewan Amfibi – Materi Biologi Kelas 10

Ciri dan Klasifikasi Hewan Amfibi – Materi Biologi Kelas 10

Halo Sobat Zenius, kali ini gue akan mengupas tuntas mengenai klasifikasi hewan amfibi, ciri-ciri & contohnya. Mereka ini adalah salah satu filum dalam kingdom Animalia yang bisa hidup di dua alam, yaitu air dan daratan. 

Denger kata amfibi mungkin yang ada di pikiran elo adalah katak. Elo mungkin mikir hewan hidup di dua alam ya cuma katak doang. Wah padahal ada banyak hewan lain yang masuk dari klasifikasi amfibi ini lho.

Supaya nggak kelamaan bingung, langsung aja deh masuk ke pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Hewan Amfibi?

Elo udah tau belum apa itu amfibi? Kalau dilihat dari bahasanya, amphibi berasal dari kata amphi yang berarti ganda dan bio yang berarti hidup.

Jadi, dari kata tersebut kalau kita artikan bahwa hewan amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam, yaitu darat dan air. Oh iya, amfibi termasuk dalam kelompok hewan bertulang belakang atau vertebrata ya, guys.

Hewan amfibi adalah hewan yang sangat bergantung pada suhu lingkungannya. Menurut Mistar, dalam Panduan Lapangan Amfibi Kawasan Ekosistem Leuser tahun 2003, amfibi termasuk hewan poikiloterm (berdarah dingin) yang artinya mereka gak bisa menggunakan proses metabolisme di dalam tubuhnya untuk dijadikan sebagai sumber panas. 

Nah, mereka mendapatkan sumber panas dari lingkungannya untuk mendapatkan energi. Itulah alasannya amfibi sangat ketergantungan terhadap suhu lingkungan. 

Ciri-ciri Hewan Amfibi

Hewan amfibi umumnya mengalami metamorfosis sempurna (dok: Pixabay).
Hewan amfibi umumnya mengalami metamorfosis sempurna (dok: Pixabay).

Apa aja sih, ciri-ciri hewan amfibi?

Selama ini yang elo tau tentang ciri-cirinya mungkin sebatas hewan amfibi hidup di dua alam, padahal ada banyak ciri lainnya.

Salah satunya adalah binatang amfibi bisa melompat, bernafas dengan paru dan kulit.

Supaya makin kenal sama filum hewan yang satu ini, elo juga harus tau ciri cirinya. Berikut ini merupakan ciri ciri amfibia:

  • Hewan amfibi merupakan hewan poikiloterm atau berdarah dingin.
  • Memiliki kulit halus sampai kasar dan banyak kelenjar, serta berlendir.
  • Jantung terdiri dari tiga ruang, yaitu satu ventrikel dan dua atrium.
  • Memiliki telur yang terbungkus gelatin.
  • Mengalami metamorfosis sempurna.
  • Termasuk hewan tetrapoda (berkaki empat), alat gerak hewan amfibi adalah dua pasang kaki yang terdapat selaput renang di antara jari-jarinya.
  • Alat pernapasan saat masih larva/berudu berupa insang, setelah dewasa menggunakan paru-paru dan kulit.
  • Hewan amfibi memiliki mata yang terdapat selaput (membrana niktitans) untuk menyelam.
  • Hewan amfibi melakukan reproduksi dengan cara bertelur dan pembuahan eksternal, di mana betina melepaskan telurnya, kemudian akan dibuahi oleh pejantan di luar tubuh.

Materi Video Karakteristik Hewan Amfibi

Tonton gratis materi Struktur dasar dan Karakteristik Umum Hewan Amphibi di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Klasifikasi Amfibi

Selama ini yang mungkin yang elo tahu bahwa hewan yang tergolong dalam kelompok amfibi itu hanyalah katak dan kerabatnya. Nggak salah sih, katak emang termasuk ke dalam salah satu hewan amfibi. 

Tapi, apa iya sih hanya katak? Ternyata, amfibi ini dibagi lagi menjadi 3 ordo, yaitu Caudata, Apoda, dan Anura. Yuk, kita pastikan bersama-sama!

Secara susunan peringkat taksonomi untuk sampai kepada klasifikasi amfibi di tahap ordo, tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Kingdom: Animalia
  • Class (kelas): Amphibia (Amfibi)
    • Sub-class (sub-kelas): Lissamphibia
  • Filum (divisi): Chordata
    • Sub- filum: Vertebrata
  • Ordo:
    • Anura (katak/kodok)
    • Caudata (salamander)
    • Gymnophiona (caecilians).
Contoh hewan Amphibi berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)
Contoh hewan Amphibi berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)

Caudata

Ordo pertama dari klasifikasi amfibi yang akan gue bahas adalah Caudata. Contoh hewan amfibi yang merupakan anggota dari ordo ini yaitu salamander dan kadal. 

Klasifikasi amfibi yang satu ini unik lho, guys. Antar spesiesnya memiliki sistem pernapasan yang berbeda. 

Ada yang bernapas dengan paru-paru, dan yang tidak punya paru-paru akan bernapas menggunakan insang, bahkan mereka juga memanfaatkan kulitnya untuk melakukan pertukaran gas tersebut.

Sama seperti yang lainnya, kulit salamander juga mengeluarkan lendir yang bertujuan untuk membantu mereka agar tetap lembab saat di daratan dan menjaga keseimbangan garam saat berenang.

Nah berarti kalau ada pertanyaan seperti ini: salamander termasuk dalam kelompok kelas?

Jawabannya adalah kelas Amfibi dan ordo Caudata. 

Contoh hewan Caudata dalam klasifikasi Amfibi:

  • Andrias davidianus (salamander raksasa cina),
  • Hynobius kimurae (Asiatic Salamanders),
  • Plethodon cinereus (Salamander punggung merah).

Gymnophiona

Selanjutnya ada ordo Gymnophiona atau Apoda yang mencakup bangsa sesilia atau caecilians. 

Ciri-ciri amfibia dari anggota Gymnophiona adalah bertubuh panjang seperti cacing besar dan ular, karena nggak punya anggota badan.

Mereka juga memiliki kulit yang berlipat-lipat. Namun, jenis amfibi ini merupakan amfibi penggali lubang lho. Tentu saja mereka dibekali kepala yang kuat dan tulang untuk membantu mereka menggali.

Contoh hewan Gymnophiona dalam klasifikasi Amfibi: 

  • Ichthyophis bernisi (Indonesia sesilia),
  • Siphonops annulatus (Amerika Selatan sesilia),
  • I. sumatranus (Sumatra Caecilian).

Anura

Di antara kedua ordo lainnya, Anura adalah hewan amfibia yang paling terkenal. Nah, kodok dan katak termasuk kelompok hewan amfibi dari ordo ini.

Ada banyak famili di dalam ordo ini, namun di Indonesia hanya ada 7 famili, yaitu Bufonidae, Ranidae, Dicroglossidae, Megophryidae, Rhacophoridae, Microhylidae dan Bombinatoridae.

Ciri-ciri Anura adalah memiliki tubuh yang pendek, melompat, lidah terbelah dua, mata menonjol dan tidak memiliki ekor.

Contoh hewan Anura dalam klasifikasi Amfibi:

  • Fejervarya cancrivora (kodok sawah)
  • Ansonia latidisca (katak pelangi).
  • Leptophryne cruentata (Katak Darah),
  • Occidozyga lima (Bancet Hijau),
  • Huia masonii (Kongkang Jeram).

Nah, setelah membaca mengenai ciri-ciri amfibia khususnya ordo Anura di atas, gue mau ngecek nih pemahaman elo udah sejauh mana. 

Misalnya, gue punya pertanyaan: tuliskan ciri-ciri katak sebagai makhluk hidup,..

Nah, jawabannya elo tinggal jelasin ciri-cirinya berdasarkan karakteristik makhluk hidup. 

Yang pertama adalah makan. Nah, katak makan dengan apa? Jadi rongga mulut katak punya karakteristik yang berbeda yaitu memiliki rongga yang dilengkapi dengan gigi berbentuk kerucut dengan lidah panjang menggulung yang lengket. 

Ini karena, makanan katak adalah serangga yang bisa terbang atau bergerak cepat sehingga mereka harus memiliki mulut yang bisa menjangkau mangsa dari jarak jauh. 

Yang kedua adalah berkembang biak, nah sama seperti yang udah gue jelasin pada bagian ciri-ciri amfibia, katak melakukan reproduksi dengan cara bertelur dan pembuahan eksternal.

Yang ketiga adalah tumbuh, pada perkembangan hidupnya katak mengalami metamorphosis sempurna. Keadaan ini juga mempengaruhi cara bernapas katak. 

Saat masih menjadi kecebong, katak bernapas dengan insang, tapi setelah dewasa katak bernapas dengan paru-paru dan kulit. Alat pernapasan lainnya adalah hidung yang mempunyai katup hingga dapat mencegah masuknya air. 


Materi Video Klasifikasi Amfibi

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi Amfibi mulai dari Klasifikasi hingga Reproduksinya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Itu dia pembahasan mengenai hewan amfibi di dalam Kingdom Animalia. Ternyata anggota amfibi bukan hanya katak ‘kan, guys. Ada salamander dan Sesilia juga.

Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom. (Arsip Zenius)
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom. (Arsip Zenius)

Pelajari lebih lanjut
Masih ingat nggak, kalau Amfibi masuk dalam pembahasan Kingdom Animalia? Buat yang mau baca ulang materi Animalia, klik link berikut: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

Nah, setelah membaca artikel di atas, gue harap elo jadi semakin dekat mengenal tentang klasifikasi amfibi, termasuk ciri ciri, hingga macam-macam ordonya. 

Sekarang pertanyaannya, buaya itu amfibi bukan? Kok nggak masuk kelas amphibia ya? Coba elo jawab di kolom komentar ya.

Oh iya, buat belajar lebih mendalam lagi, Zenius juga punya kumpulan soal dan pembahasan tentang amphibi dan animalia lho, yang tentunya update dan lengkap!

Kalo elo mau latihan soal buat menguji udah sejauh mana pemahaman lo tentang amfibi, langsung klik banner di bawah ini ya. Selamat mencoba!

Ciri dan Klasifikasi Hewan Amfibi - Materi Biologi Kelas 10 9

Anyway, nggak cuma Biologi, kalau elo juga pengen belajar mata pelajaran lainnya dengan paket komplet ditemani tutor asik, Sobat Zenius bisa berlangganan paket belajar yang udah kita sesuaikan sama kebutuhan elo. Yuk intip paketnya!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Originally published: April 9, 2021
Updated by: Silvia Dwi & Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!