5 Contoh Teks Eksposisi Singkat Lengkap Beserta Strukturnya – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya bahasa indonesia kelas 10.

Kali ini, kita akan membahas contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Apa saja ya topik yang dibahas?

Hola, Sobat Zenius! Gimana nih kabar elo saat ini di tengah gejolak pandemi yang mulai meningkat kembali?

Gue harap kita terus menjaga diri dan mengikuti protokol kesehatan, ya. Soalnya selain pandemi Covid-19, lagi musim DBD juga, nih. Terus jaga kesehatan ya, guys, supaya bisa belajar terus dengan aman.

Ngomong-ngomong soal pandemi, gue mau tanya deh, menurut elo apa dampak dari pembelajaran daring selama pandemi ini?

Argumen tentang pembelajaran daring selama pandemi.
Argumen tentang pembelajaran daring selama pandemi. (Arsip Zenius)

Wah, tentunya pendapat kita bisa berbeda-beda, ya. Bisa jadi ada yang merasa pembelajaran daring itu efisien dan cocok apalagi teknologi semakin canggih. Ada juga yang lebih menyukai pembelajaran secara luring alias offline. Berasa ada yang kurang gitu kalau nggak ketemu langsung sama temen-temen.

Sebagai manusia, tentu merupakan hal yang biasa bahwa kita memiliki pendapat masing-masing. Mulai dari hal sepele sampai hal yang punya pengaruh besar ke kehidupan kita. Apalagi kalau udah deket-deket musim pemilu, tuh, perdebatan nggak mungkin terhindarkan. 

Ketika membicarakan topik apapun, bisa ada berbagai argumen menarik yang dilontarkan untuk mendukung pendapat tersebut.

Nah, dalam Bahasa Indonesia, ada lho suatu jenis teks yang berisikan argumen-argumen. Teks ini kita pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10. Elo bisa tebak nggak apa nama jenis teksnya?

Yap, teks eksposisi. Sebenarnya, materi teks eksposisi sudah pernah dibahas secara lengkap di Zenius Blog, ya. Oleh karena itu, artikel kali ini lebih fokus menyuguhkan contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya saja.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh teks eksposisi, kita coba review konsep teks eksposisi secara singkat, yuk!

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Apa itu Teks Eksposisi?

Sebelumnya, sudah sempat disebutkan bahwa teks eksposisi itu berisikan argumen-argumen, yang merupakan pendapat sang penulis mengenai suatu topik.

Gue mau rekomendasi suatu video di aplikasi Zenius, deh. Video ini menjelaskan konsep teks eksposisi dengan animasi yang kece banget, lho.

Untuk mengaksesnya, langsung saja klik link di bawah ini. Selamat menonton!

Video: Berargumen Pake Teks Eksposisi

video materi teks eksposisi di aplikasi Zenius.
Yuk, nonton video materi teks eksposisi di aplikasi Zenius! (Arsip Zenius)

Seperti yang telah disebutkan pada video tersebut, teks ini dapat ditulis oleh siapapun, lho. Jadi, elo nggak harus menjadi seorang jurnalis atau ahli untuk bisa menulis jenis teks ini.

Toh, teks ini memang berisikan pendapat pribadi. Eh, tapi jangan salah lho, ya. Walau isinya merupakan pendapat pribadi, tetap saja nggak boleh sembarangan dalam menuangkan pendapat kita.

Soalnya, teks eksposisi itu harus mengandung informasi dan fakta yang valid. Jadi, ketika kita membuat teks eksposisi, kita harus memastikan argumen-argumen kita benar adanya sesuai fakta, ya.

Baca Juga: Apa Perbedaan Fakta dan Opini? Ini Penjelasannya!

Lalu, kalau seandainya kita mau menulis teks eksposisi, enaknya kita ngomongin topik apa, ya? Topik dalam teks eksposisi itu bebas kok, nggak harus sesuatu yang aktual atau viral.

Yang penting, sesuai dengan tujuannya saja. Teks eksposisi haruslah memberi informasi dan menambah wawasan pembacanya, tanpa berusaha mempengaruhi atau mengajak pembaca melakukan sesuatu.

Supaya runtut dan lebih mudah dimengerti, teks eksposisi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang.

Berikut ini struktur teks eksposisi beserta penjelasannya.

Struktur Teks EksposisiKeterangan
TesisPengenalan isu.
ArgumenArgumen pribadi berupa fakta.
Penegasan ulangPengulangan argumen yang diakhiri dengan kesimpulan (saran dan rekomendasi).

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai struktur teks eksposisi, elo bisa nonton video di bawah ini. Silahkan klik link yang tersedia.

Video: Struktur Teks Eksposisi Gak Suka-Suka

Oke, kita sudah membahas konsep teks eksposisi secara singkat, nih. Bisa disimpulkan, bahwa teks eksposisi merupakan teks berisi argumen atau opini penulis yang bertujuan untuk memberi informasi yang sesuai dengan fakta.

Di bagian selanjutnya, kita akan membedah contoh teks eksposisi beserta strukturnya.

Baca Juga: Paragraf Argumentasi – Paragraf untuk Sampaikan Argumenmu

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Sekarang, kita akan membahas teks eksposisi singkat dengan topik yang umum dipelajari di sekolah. 

Setiap contoh di bawah ini dilengkapi dengan pembahasan mengenai struktur dan ciri-ciri teks eksposisi.

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi beserta strukturnya dengan topik yang berbeda-beda.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita membahas fenomena atau kejadian yang benar-benar terjadi dan cukup penting untuk diketahui masyarakat. Berikut ini contohnya.

Komodo Terancam Punah

(Tesis)

Komodo, salah satu satwa endemik Indonesia yang tinggal di Kepulauan Nusa Tenggara, kini dikabarkan terancam punah.

(Argumen)

Berdasarkan data Balai Taman Nasional Komodo, populasi komodo pada tahun 2020 mencapai 3.163 ekor. Populasi tersebut tersebar di beberapa pulau, dengan populasi terbesar menempati Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN), sebuah lembaga internasional yang bergerak di bidang konservasi, mengelompokkan komodo sebagai hewan yang terancam punah dikarenakan masalah pemanasan global.

Menurut peneliti, populasi komodo dapat terus berkurang seiring dengan berkurangnya habitat mereka dikarenakan kenaikan suhu Bumi.

Selain itu, komodo yang hidup berdampingan dengan manusia memiliki mangsa yang terbatas. Alasannya, baik komodo maupun manusia mengonsumsi makanan yang sama.

Walau begitu, populasi komodo dapat terus dijaga dengan pelestarian habitat dan penjagaan yang ketat.

(Penegasan Ulang)

Seiring dengan adanya masalah pemanasan global, komodo terus menghadapi ancaman kepunahan. Namun, pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat mencegah kepunahan komodo dengan konservasi yang ketat.

Pembahasan:

Berdasarkan judul dan paragraf tesis, dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi di atas membahas berita tentang komodo yang terancam punah.

Alasan komodo terancam punah dapat ditemukan pada paragraf bagian argumen. Terdapat berbagai data dan fakta dari lembaga internasional dan peneliti mengenai situasi komodo.

Pada bagian akhir teks, ada penegasan ulang mengenai kondisi komodo yang terancam karena masalah pemanasan global. Selain itu, terdapat kesimpulan bahwa kepunahan tersebut dapat dicegah dengan konservasi yang ketat.

Sumber: Kenapa Komodo Terancam Punah, ya?

Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan

Teks eksposisi tentang pendidikan dapat membahas mengenai kurikulum dan situasi pendidikan Indonesia. Selain itu, bisa juga membahas tentang pentingnya mempelajari mata pelajaran tertentu.

Untuk contoh kali ini, berikut ini contoh teks eksposisi tentang pentingnya belajar bahasa Inggris.

Pentingnya Bahasa Inggris

(Tesis)

Pada era global ini, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan berbagai negara menjadi penting untuk dikuasai.

(Argumen)

Pada tahun 2021, Statista kembali mempublikasi data mengenai bahasa yang paling banyak digunakan secara internasional.

Hasilnya, bahasa Inggris tetap menempati peringkat satu dengan perkiraan sebanyak 1,5 miliar pembicara di dunia.

Sejatinya, menguasai bahasa Inggris memiliki berbagai keuntungan. Contohnya, seseorang bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara luas dengan orang dari berbagai negara.

Sehingga, ketika berkomunikasi baik melalui media sosial, maupun ketika sedang berada di luar negeri, seseorang bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk bertukar pikiran dan menyampaikan informasi.

Selain itu, bahasa Inggris juga sangat penting untuk menjelajahi informasi dan mendapatkan wawasan baru. Hal itu disebabkan karena informasi baik dalam bentuk jurnal, artikel, dan lain sebagainya banyak tersedia dalam bahasa Inggris.

Misalnya, pada tahun 2012 saja, artikel Bahasa Inggris yang tersedia dalam Wikipedia mencapai 4 juta artikel, sedangkan dalam bahasa Indonesia hanya tersedia sekitar 200 ribu artikel saja.

Selain itu, menghadapi era global saat ini, bahasa Inggris juga menjadi syarat yang cukup umum untuk berbagai bidang pekerjaan. Maka, seseorang dengan kemampuan bahasa Inggris dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik.

(Penegasan Ulang)

Menguasai bahasa Inggris penting karena mendatangkan banyak manfaat karena dengan bahasa Inggris, seseorang bisa berkomunikasi dengan masyarakat dunia, menjelajahi informasi, dan mendapatkan kesempatan bekerja yang lebih luas.

Pembahasan:

Ternyata bahasa Inggris itu penting banget ya dan banyak banget manfaatnya. Dari bagian tesis, kita tahu nih, bahwa teks eksposisi di atas akan membahas mengenai berbagai hal yang membuat bahasa Inggris penting.

Benar saja, argumen-argumen yang dituliskan di sana menekankan berbagai manfaat menguasai bahasa Inggris sehingga penting untuk dipelajari.

Bagian penegasan ulang teks tersebut kembali menyebutkan apa saja contoh keuntungan yang membuat bahasa tersebut menjadi penting untuk dikuasai.

Wah, jadi semangat deh buat belajar bahasa Inggris bareng Zenius, hehehe.

Sumber:

Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?

Kenapa Bahasa Inggris Digunakan Sebagai Bahasa Internasional Global?

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi

(Tesis)

Dengan asupan yang sesuai dengan kebutuhan, sarapan pagi memberikan berbagai manfaat untuk tubuh dan aktivitas sehari-hari.

(Argumen)

Berdasarkan penelitian, sarapan dapat meningkatkan konsentrasi. Ketika kita tidur semalaman dengan perut kosong, sarapan memberikan asupan nutrisi seperti glukosa dan glikogen yang memberi sinyal kepada otak untuk siap beraktivitas.

Selain meningkatkan konsentrasi, sarapan juga memberikan energi dari asupan glukosa dan karbohidrat. Pasokan energi tersebut dibutuhkan agar aktivitas harian dapat berjalan dengan lancar tanpa merasa mudah lelah.

Sarapan yang sehat dan bernutrisi juga bisa mencegah penyakit dan mempertahankan tubuh yang sehat. Perut kosong dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah pencernaan dan lambung.

Selain itu, American Heart Association (AHA), sebuah institusi asal Amerika yang meneliti kesehatan jantung, mengemukakan kemungkinan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol yang cenderung lebih mungkin diderita oleh orang-orang yang  yang melewatkan sarapan.

(Penegasan Ulang)

Dari pembahasan sebelumnya, dapat diketahui bahwa sarapan sangat bermanfaat. Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi, memberi pasokan energi, serta mencegah penyakit. 

Pembahasan:

Dengan membaca teks di atas, kita jadi menambah wawasan soal berbagai manfaat sarapan pagi untuk kesehatan.

Bisa dilihat di situ, struktur teks eksposisi digunakan secara lengkap. Di paragraf pertama, ada tesis bahwa ada berbagai manfaat sarapan pagi.

Lalu di bagian argumen, penulis menyebutkan beberapa fakta, serta data dari institusi resmi yang dapat dipertanggungjawabkan pernyataannya.

Terakhir, di bagian penegasan ulang, penulis menyimpulkan bahwa memang sarapan sangat bermanfaat, dengan menyebutkan kembali apa saja manfaat yang telah dibahas.

Sumber: Inilah 3 Manfaat Sarapan Untuk Persiapan Sekolah

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

Dewasa ini, dunia diliputi berbagai masalah lingkungan. Teks eksposisi tentang lingkungan dapat membahas mengenai masalah, pencegahan, serta dampak lingkungan yang dihadapi oleh dunia.

Berikut ini contoh teks eksposisi tentang masalah dampak pemanasan global.

Dampak Pemanasan Global

(Tesis)

Beberapa tahun terakhir ini, dampak pemanasan global semakin terasa dan mengkhawatirkan umat manusia.

Fenomena meningkatnya suhu Bumi ini membawa berbagai dampak negatif bagi seluruh makhluk hidup di muka Bumi.

(Argumen)

Salah satu dampak negatif yang cukup sering dikampanyekan di media sosial adalah mencairnya es di bagian kutub Bumi.

Peneliti mengemukakan, bahwa sejak tahun 1990-an, sebanyak 4 triliun ton es telah meleleh, sehingga permukaan air laut terus naik. 

Hal ini berdampak buruk terhadap ekosistem di kutub. Contohnya, beruang kutub kehilangan daerah habitat mereka. Permukaan es yang biasanya mereka gunakan untuk beristirahat semakin mengecil.

Selain berdampak buruk terhadap ekosistem di daerah kutub, pemanasan global juga menyebabkan perubahan iklim. Di Indonesia, perubahan ini dapat dirasakan, di mana musim hujan dan musim kemarau menjadi tidak beraturan.

Sering kali terjadi hujan deras ketika musim kemarau. Sebaliknya, hujan yang harusnya turun ketika musim hujan tidak kunjung datang, sehingga masyarakat dapat menderita kekeringan bahkan ketika sedang periode musim hujan.

Dampak pemanasan global lain yang juga bisa dirasakan oleh makhluk hidup adalah kebakaran hutan.

Kebakaran hutan akibat suhu yang meningkat telah menimbulkan masalah ekosistem di berbagai daerah di dunia. Contohnya, di Australia, di mana banyak hewan yang mengalami luka bakar dan kehilangan tempat tinggal.

(Penegasan Ulang)

Pemanasan global membawa berbagai dampak negatif, baik untuk manusia maupun makhluk hidup lainnya di muka bumi. Diperlukan tindakan-tindakan untuk terus mencegah pemanasan global dan meminimalisir dampak negatif kenaikan suhu Bumi.

Pembahasan:

Teks eksposisi kali ini membahas masalah lingkungan yang disebabkan oleh pemanasan global. 

Teks ini dimulai dengan tesis yang memperkenalkan pemanasan global sebagai masalah lingkungan yang membawa berbagai dampak negatif bagi kehidupan di Bumi.

Kemudian, terdapat berbagai argumen yang berisikan dampak-dampak negatif pemanasan global, dilengkapi dengan contoh sesuai dengan kejadian nyata.

Pada bagian penegasan uang, penulis kembali menegaskan bahwa pemanasan global membawa berbagai dampak negatif. Tapi nggak cuma itu, penulis juga memberi rekomendasi bahwa masalah ini memerlukan tindakan pencegahan.

Ingat, teks di atas tidak bermaksud untuk mempengaruhi atau mengajak pembaca melakukan sesuatu. Melainkan, hanya menyampaikan bahwa ada berbagai dampak negatif pemanasan global yang membutuhkan tindakan.

Sumber: 10 Dampak Pemanasan Global Bagi Bumi dan Kesehatan, Apa Saja?

Contoh Teks Eksposisi tentang Alam

Teks eksposisi tentang alam biasanya membahas fenomena alam seperti bencana alam (banjir, longsor, gempa bumi, dan lain sebagainya) atau peristiwa unik, seperti adanya hujan es di berbagai daerah di Indonesia. 

Untuk contoh kali ini, mari kita bahas teks eksposisi mengenai dampak banjir.

Dampak Banjir

(Tesis)

Banjir merupakan bencana alam yang kerap terjadi di dunia. Bahkan, berdasarkan data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), banjir menempati peringkat pertama sebagai bencana yang paling sering terjadi selama tahun 1995-2015.

Bencana banjir ini tentu membawa dampak yang merugikan bagi manusia. Dampak tersebut mengganggu kehidupan manusia di berbagai aspek.

(Argumen)

Contohnya, banjir merusak berbagai bangunan, baik itu infrastruktur publik maupun pribadi. Air yang menggenang dapat membuat gedung dan perabotan rusak, sehingga menyebabkan kerugian materil.

Ketika Australia dilanda banjir pada tahun 1974, penanganan banjir saat itu memakan biaya hingga $2,9 miliar (atau sekitar 40 triliun rupiah dengan kurs sekarang).

Selain dampak negatif terhadap infrastruktur, banjir juga mengganggu kesehatan masyarakat. Berdasarkan data dari National Geographic dan WHO, banjir menyebabkan penyebaran penyakit (kolera, hepatitis A, dsb) serta kematian.

Selain itu, air yang menggenang dapat menjadi tempat nyamuk demam berdarah dan malaria berkembang biak. Sehingga, masyarakat di area banjir lebih mudah terjangkit penyakit tersebut.

Dampak negatif banjir lainnya yang juga mempengaruhi kehidupan manusia adalah rusaknya pertanian. Hal ini tidak hanya membuat pasokan pangan terganggu, namun juga dapat mengakibatkan kenaikan harga. 

Saat banjir merusak pertanian dan menyebabkan gagal panen, ketersediaan bahan pangan menjadi berkurang, dan harga pun meningkat karena kelangkaan.

(Penegasan Ulang)

Maka, dapat disimpulkan bahwa dampak negatif banjir dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, baik kesejahteraan sosial, infrastruktur, kesehatan, maupun ekonomi.

Pembahasan:

Teks di atas dibuka dengan tesis yang mengenalkan banjir sebagai bencana yang berdampak negatif banjir terhadap kehidupan manusia. Selanjutnya, pada bagian argumen, ada berbagai contoh dampak negatif beserta data pendukungnya.

Teks kemudian diakhiri dengan penegasan ulang berupa kesimpulan bahwa ternyata dampak banjir mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia secara negatif.

Sumber: Dampak Banjir Bagi Lingkungan dan Cara Menanggulanginya

Itulah beberapa contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya. Sobat Zenius, elo bisa juga lho coba membuat teks eksposisi sendiri dan bagikan hasilnya di kolom komentar.

Penasaran deh, kira-kira Sobat Zenius bakal bikin contoh teks eksposisi singkat dengan topik apa ya? Gue tunggu karya elo di kolom komentar!

Belajar teks eksposisi bersama Zenius.
Belajar teks eksposisi bersama Zenius. (Arsip Zenius)

Baca Juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai contoh teks eksposisi beserta strukturnya. Kalau elo ingin mempelajari materi Bahasa Indonesia lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

contoh teks narasi

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi

10 Dampak Pemanasan Global Bagi Bumi dan Kesehatan, Apa Saja? – Zenius Education (2022)

Dampak Banjir Bagi Lingkungan dan Cara Menanggulanginya – Zenius Education (2021)

Inilah 3 Manfaat Sarapan Untuk Persiapan Sekolah – Zenius Education (2021)

Kenapa Bahasa Inggris Digunakan Sebagai Bahasa Internasional Global? – Zenius Education (2022)

Kenapa Komodo Terancam Punah, ya? – Zenius Education (2022)

Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting? – Zenius Education (2013)

Bagikan Artikel Ini!