Cara lulus SNMPTN - Tips dan Trik memperoleh nilai rapor bagus

Lulus SNMPTN 2022 – Info dan Tips SNMPTN Terbaru!

Informasi lengkap cara lulus SNMPTN dan contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN 2022. Yuk cek selengkapnya di sini!

Halo Sobat Zenius, siapa nih yang lagi mempersiapkan diri ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kalo iya, pas banget. Karena di artikel kali ini, gue akan bahas informasi terlengkap tentang cara lulus SNMPTN 2022 nih.

Sebelum lebih jauh membahas tips lolos SNMPTN, gue mau ingetin lagi, kalau informasi ini lebih ditujukan buat lo yang duduk di kelas 10 sampai 11 SMA/SMK sederajat, ya. Karena SNMPTN menggunakan nilai rapor dari kelas 10.

Nah, kalo lo pengen tau lebih detail mengenai cara lulus SNMPTN dan mempersiapkan peluang masuk SNMPTN lebih lengkap lo bisa cek disini: Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN Lebih Awal, Ini Caranya!

Pada prinsipnya, yang perlu gue tekankan di sini, cara lulus SNMPTN itu bukan proses yang bisa dikuantifikasikan. Artinya, saat lo berniat ikut SNMPTN, nggak ada cara lain yang harus lo usahakan, selain mengandalkan nilai rapor yang baik dan keputusan dari pihak otoritas yang menyelenggarakannya.

Kalo diibaratkan sebagai sebuah permainan kartu, maka kartu yang jadi “modal”-mu agar lulus SNMPTN adalah seperti berikut:

  • Nilai rapormu selama ini (nilai raport mu harus masuk dalam kategori nilai rapor tang diterima SNMPTN)
  • Indeks atau akreditasi sekolahmu
  • Strategi untuk memilih PTN dan jurusan yang mempunyai peluang lulus SNMPTN yang besar.
Lulus SNMPTN 2022 - Info dan Tips SNMPTN Terbaru! 25
Ilustrasi surat pemberitahuan lulus SNMPTN

Itulah emang bedanya SNMPTN dengan UTBK SBMPTN. Kalo di UTBK, lo akan betul-betul diuji dengan sistem seleksi yang relatif lebih transparan dan bisa dikuantifikasi.

Contohnya, lo bisa melihat hasil nilai UTBK SBMPTN pada masing-masing soal. Ini artinya lo juga bisa melihat skoring atau nilai orang lain yang mengikuti UTBK SBMPTN. 

Sementara itu, dalam proses SNMPTN, satu-satunya hal yang masih bisa lo lakukan adalah “memainkan” kartu yang ada di tanganmu dengan optimal, atau memainkan taktik menentukan jurusan supaya bisa lulus SNMPTN 2022.

Karena cara lulus SNMPTN ini kurang transparan dibanding UTBK SBMPTN, artinya lo gak bakal tau seberapa banyak dan seberapa bagus nilai para lawan lo (siswa lain yang mengincar jurusan dan universitas yang sama). Sehingga pada dasarnya, kamu juga ga akan pernah tau persis berapa peluang untuk lulus SNMPTN.

Oleh karena itu, lo perlu mengasah kembali pengetahuan terkait faktor-faktor yang berpengaruh dalam kelulusan SNMPTN. Berikut ini udah gue rangkum tiga informasi penting terkait cara lulus SNMPTN:

  1. Informasi Mengenai Indikator Penilaian SNMPTN,
  2. Tips Lolos SNMPTN Untuk Memaksimalkan Peluang Lulus SNMPTN, dan
  3. Kesalahan Umum Siswa dalam Memilih SNMPTN.

     

    Daftar isi:

Indikator Penilaian SNMPTN

Merujuk pada sistem SNMPTN tahun-tahun sebelumnya, hal pertama yang mesti lo pahami jika ingin lulus SNMPTN 2022 adalah memaksimalkan penilaian SNMPTN dan mengetahui apa aja sih yang dinilai di SNMPTN itu. 

Selama ini banyak yang menganggap kalo SNMPTN itu cuma bagus-bagusan nilai rapor, sehingga banyak sekolah yang naikin nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)-nya atau “meninggi-ninggikan” nilai siswanya.

Banyak anak dari sekolah yang bahkan mungkin belum terakreditasi memiliki nilai yang tinggi. Sedangkan ada pula siswa dari SMA yang sudah terakreditasi namun nilainya gak besar-besar banget. 

Nah, kalo masalahnya seperti ini, gimana dong? Apakah cara lulus SNMPTN hanya dilihat dari nilai rapor? Tapi gimana kalau ada sekolah yang sengaja menaikan KKM supaya banyak siswanya bisa masuk SNMPTN. 

Tenang, sistemnya gak gitu kok. Karena pada dasarnya setiap sekolah mempunyai standar berbeda-beda mengenai nilai. Ada yang standarnya tinggi dan ada yang rendah. Ada juga yang gurunya pelit ngasih nilai.

Tapi berhubung seleksi SNMPTN memakai nilai raport, banyak sekolah menggunakan berbagai cara untuk memuluskan siswa-siswanya lulus SNMPTN, salah satunya adalah dengan mengobral nilai.

Berdasarkan hal tersebut, kalo PTN cuma melihat mentah-mentah nilai rapor, tentu siswa yang lolos belum diseleksi secara fair. Maka dari itu, selain nilai rapor dilihat juga faktor lain, yaitu indeks sekolah. 

Dengan kata lain, PTN pun selain melihat nilai yang ada di rapor juga akan melihat siapa pihak yang mengeluarkan rapor-nya.

Nah, kalo soal indikator seleksi SNMPTN, sebenernya penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup, jadi indikator penilaian tidak akan dipublikasikan secara rinci kepada sekolah maupun kepada siswa. 

Tapi jangan khawatir, universitas punya hak otonom tersendiri untuk mempublikasikan kriteria penilaian mereka, meskipun terkadang adalah kriteria yang umum. 

Di Indonesia Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga (Unair) adalah dua universitas yang mempublikasikan kriteria kelulusan SNMPTN mereka, cek disini ya untuk data lebih lengkapnya:

  1. Indikator seleksi dari Universitas Gajah Mada
  2. Indikator seleksi dari Universitas Airlangga

Secara umum PTN lain akan menggunakan cara yang kurang lebih sama dalam menilai berkas-berkas pendaftaran kalian, meskipun tiap PTN bakal punya kebijakan tersendiri. 

Karena lo udah tau mengenai standar lulus SNMPTN di dua universitas di atas. Lo bisa langsung membuat strategi cara lulus SNMPTN dan melihat kriteria penilaian berdasarkan indikator seleksi tersebut.

1. Faktor Kualifikasi Siswa

Faktor ini adalah cara lulus SNMPTN yang melihat dari capaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

  • Nilai rapor: meliputi besar nilai, konsistensi nilai, rata-rata nilai, dan nilai mapel tertentu
  • Prestasi siswa: bisa prestasi tingkat internasional, nasional, propinsi, hingga kabupaten/kota

Contoh Nilai Rapor yang Diterima SNMPTN

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN, lo bisa lihat di bawah ya.  

Ini adalah contoh nilai rapor siswa A (jurusan IPS) dari semester 1 (semester 1 kelas 10) sampai semester 5 (semester 1 kelas 12). 

Lulus SNMPTN 2022 - Info dan Tips SNMPTN Terbaru! 26
Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN

Kalo lo lihat disini, rata-rata nilai mengalami peningkatan namun tidak terlalu signifikan.  Kenaikan rata-rata nilai paling tinggi berada di semester 1 ke semester 2 (semester 1 kelas 10 ke semester 2 kelas 11), namun kenaikan ini juga tidak terlalu tinggi (sekitar 4,67 saja).

Ditambah, rata-rata nilai siswa A selama 5 semester juga masih kisaran 87, bukan mendekati angka 100 (nilai sempurna).

Bisa disimpulkan, contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN adalah nilai yang menunjukan peningkatan setiap semester (meskipun kecil). Ini artinya, lo bisa membuktikan ke universitas tempat lo mendaftar bahwa selama di SMA/SMK, lo belajar sungguh-sungguh dan memiliki target belajar.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah rata-rata nilai per-mata pelajaran yang meningkat. Lo bisa lihat data di atas, nilai per-mata pelajaran sebenernya gak selalu mengalami kenaikan.

Misalnya pada mata pelajaran Ekonomi, siswa A pada semester 2 dan 3 memiliki nilai yang sama (stagnan) sebesar 89. Kemudian, pada mata pelajaran Matematika, siswa A pada semester 2 dan 3 bahkan memiliki nilai yang menurun (82 ke 79).

Perlu diingat, meskipun ada penurunan, lo gak usah terlalu khawatir karena status stagnan atau turun (yang tidak terlalu jauh) masih bisa dipertimbangkan oleh universitas.

Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN lainnya, berhubungan dengan jurusan yang lo pilih saat SNMPTN. Meskipun cara ini tidak bisa benar-benar dibuktikan karena kriteria penerimaan SNMPTN hanya diketahui oleh universitas.

Misalnya, lo memilih jurusan ekonomi di suatu universitas, maka nilai ekonomi lo akan menjadi salah satu pertimbangan penting.

Logikanya nih, kalo lo memilih jurusan ekonomi tapi nilai ekonomi lo dari semester satu sampai lima selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau bahkan menurun artinya lo gak bener-bener memahami atau mengerti ekonomi. 

Universitas akan cenderung ragu menerima lo, karena nantinya mata kuliah di jurusan ekonomi akan lebih susah dari pelajaran di SMA.

2. Faktor Indeks Sekolah

Faktor kedua ini adalah cara lulus SNMPTN yang melihat dari indeks nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Beberapa poin yang bisa menjadi penilaian untuk kategori lulus SNMPTN ini antara lain adalah:

  1. Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  2. Jenis kelas: Akselerasi atau reguler
  3. IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju di PTN yang bersangkutan
  4. Nilai UTBK tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  5. Banyak alumni SMA yang diterima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan
  7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional.

3. Faktor Pemerataan Daerah

Faktor ketiga ini adalah cara lulus SNMPTN yang berkaitan dengan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah yang kelak setelah lulus diharapkan bisa memajukan dan berkontribusi untuk daerah asal. 

Jadi bisa jadi beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan “jatah” daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Perlu diingat, bahwa faktor penilaian yang udah gue rangkum di atas merupakan perpaduan dari berbagai PTN. Artinya bisa saja PTN A, ngga memperhitungkan nilai UTBK tahun sebelumnya dan PTN B tidak memperhitungkan prestasi sekolah, atau bahkan ada kriteria penilaian lain di luar poin di atas. 

Tapi pada umumnya, PTN akan menilai seorang siswa lulus SNMPTN di universitas mereka kurang lebih memperhatikan tiga faktor diatas.

Cara Lulus SNMPTN dan Memaksimalkan Peluang Masuk Universitas Pilihan

Seperti yang telah gue jelasin di awal, walaupun kita gak bisa mengukur peluang lulus SNMPTN, tapi kita bisa memperbesar peluang dengan memaksimalkan indikator yang telah dijelasin di atas. 

Memaksimalkan disini pada prinsipnya adalah menyusun cara lulus SNMPTN. Misalnya strategi dalam memilih jurusan mana yang kira-kira probabilitasnya paling tinggi, dengan tidak mengabaikan bidang yang kita minati. 

Nah, cara lulus SNMPTN yang bisa kamu tempuh buat memaksimalkan peluang di SNMPTN antara lain adalah:

1. Tentukan Jurusan yang Ingin Dipilih 

Hal pertama dan terpenting dalam strategi cara lulus SNMPTN adalah tentukan dulu jurusan yang lo inginkan.

Jadi, tentukan dulu jurusan yang pas, lalu baru tentukan dimana universitas-nya. Di sini gue gak akan jelasin lagi gimana cara menentukan jurusan kuliah, karena sudah pernah dijelasin di artikel Zenius Blog sebelumnya dengan poin-poin yang lengkap. Coba deh lo baca di sini :

2. Pelajari Detail Jurusan yang Mau Diambil di PTN 

Yang kedua dalam strategi cara lulus SNMPTN adalah informasi penerimaan SNMPTN di PTN yang lo inginkan. Detail jurusan yang terdapat di website SNMPTN meliputi:

  • Informasi Umum (daya tampung dan kategori),
  • Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini,
  • Sebaran Siswa Diterima,
  • Jumlah Pendaftar,
  • Jumlah Diterima,

Contohnya detail untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi UI kayak gini. Lo bisa ngelihat statistik jurusan lain di PTN yang kamu inginkan di sini.

Ilmu komunikasi UI snmptn 2021 zenius
Data Keketatan Jurusan Ilmu komunikasi UI SNMPTN 2021

Dari data-data di atas, kamu bisa menyimpulkan beberapa hal pokok sebagai pertimbangan mendaftar, antara lain misalnya:

  • Informasi umum: Ilmu Komunikasi UI merupakan kelompok jurusan SOSHUM yang mana daya tampung untuk tahun 2021 sebanyak 14 mahasiswa.
  • Daftar Jurusan yang dapat memilih program studi ilmu komunikasi UI adalah SMA/MA IPA dan IPS. Jadi untuk SMK disarankan tidak memilih jurusan ini.
  • Sebaran siswa diterima pada tahun 2016 sebanyak 32 siswa (1,56%), 2017 sebanyak 30 siswa (2,30%), tahun 2018 sebanyak 30 siswa (2,33%), tahun 2019 sebanyak 30 siswa (3,82%), dan tahun 2020 sebanyak 16 siswa (1,99%).

3. Pelajari Indeks Sekolah dengan Minta Data ke BK Sekolah

Yang ketiga dalam strategi cara lulus SNMPTN ini berkaitan dengan cara kerja SNMPTN yaitu tentang Indeks Sekolah.

Seperti yang udah dijelasin di atas, ada 7 variabel yang bisa dijadikan penilaian untuk indeks sekolah. Pada dasarnya PTN ngga mengeluarkan data tentang indeks sekolahmu atau sekolah-sekolah lain dan untuk bisa mengetahuinya, kita hanya bisa sebatas meraba-raba.

Indeks sekolahmu di PTN A dan di PTN B berbeda, jadi ya mesti kamu sendiri yang aktif bertanya ke Bimbingan Konseling (BK) tentang sebaran alumni di PTN seluruh Indonesia. 

Misal nih, tahun 2021 di sekolahmu yang diterima di PTN A ada 50 anak dari 100 pendaftar, PTN B ada 10 anak dari 30 pendaftar, sementara di PTN C ada 5 dari 50 pendaftar. 

Nah dari angka tersebut kamu bisa lebih memperkirakan persentase diterimanya. Berdasarkan angka contoh di atas, jadi PTN A 50% pendaftar diterima, PTN B 33,3% pendaftar diterima, PTN C 10% pendaftar diterima.

Nah, dari angka ini bisa dilihat secara kasar bahwa indeks kasar sekolah kamu di PTN A lebih bagus daripada di PTN B dan PTN C. 

Baru deh dengan melihat indeks kasar sekolahmu di berbagai PTN, kamu bisa menentukan PTN mana yang punya peluang lulus SNMPTN paling tinggi, dengan tetep memperhatikan bidang yang menjadi passion lo ya.

Kesalahan Umum Siswa dalam Mendaftar SNMPTN

Selain memahami strategi terkait cara lulus SNMPTN, informasi lain yang tidak boleh terlewat sebagai salah satu tips lolos SNMPTN adalah tentang kesalahan umum yang biasanya dilakukan saat mendaftar SNMPTN. 

1. Kesalahan dalam Memilih Jurusan/PTN Berdasarkan Passing Grade

Banyak siswa yang saat mendaftar SNMPTN memilih jurusan/PTN di SNMPTN berdasarkan passing grade. Padahal passing grade itu dasar perhitungannya dari hasil nilai UTBK SBMPTN di tahun sebelumnya (lagipula angka passing grade juga belum tentu akurat loh). 

Jadi lo gak bisa menyamakan tingkat persaingan SNMPTN dengan UTBK SBMPTN, karena peluang lulus SNMPTN akan sangat tergantung pada indeks masing-masing sekolah.

2. Terlalu Berharap Lulus SNMPTN di PTN Pilihan 2

Nah, ini juga perlu banget kamu ketahui bahwa berdasarkan hasil SNMPTN tahun 2021 lalu ternyata ada 854.599 ribu siswa yang mendaftar SNMPTN tapi hanya 110.459 siswa yang diterima lewat jalur undangan ini. 

Dengan total 110.459 orang yang diterima di SNMPTN 2021 artinya hanya ada 12,29% dari keseluruhan siswa yang mendaftar. Ini adalah presentasi yang kecil untuk jumlah pendaftar yang besar ini.

Kesimpulan hasil siswa yang diterima SNMPTN 2015 bisa kamu lihat di table di bawah ini:

Lulus SNMPTN 2022 - Info dan Tips SNMPTN Terbaru! 27
Persentase siswa yang diterima SNMPTN 2021

Fakta lain dalam cara kerja SNMPTN bisa lo lihat di data bagian penerimaan di PTN pilihan ke-2 yang hanya 10.103 orang, hanya 10,06% yang diterima di pilihan ke-2. Dari data ini kita dapat simpulkan fokus aja PTN pilihan 1 yang paling lo inginkan dan realistis sesuai perhitungan peluang yang gue jabarin di atas. 

Sedangkan PTN pilihan 2 anggap aja iseng-iseng berhadiah. Jadi, kalau misalnya nih lo ingin masuk Fakultas Kedokteran (FK) dan sebetulnya nggak terlalu masalah pilihan kampus manapun, ya saran gue sih jangan ambil pilihan 1 secara idealis banget.

Seperti FK UI yang persentase penerimaannya di bawah 1%, mending lo menggunakan strategi cara lulus SNMPTN dengan ambil pilihan 1 dengan pertimbangan yang realistis daripada pilihan yang terlalu idealis.

Kesimpulan survei SNMPTN 2021 bisa kamu lihat di chart dibawah ya: 

Cara lulus SNMPTN - chart pembagian dalam penerimaan SNMPTN 2021
Chart pembagian dalam penerimaan SNMPTN 2021

3. Tidak Serius Memilih Jurusan

Banyak siswa menggunakan cara agar lulus SNMPTN dengan tidak serius. Mereka memilih karena kuota suatu jurusan banyak atau memang pesaingnya sedikit. 

Hal ini dilakukan agar bisa lulus SNMPTN tanpa mempertimbangkan jurusan dengan bidang yang menjadi minat dan bakat mereka, akhirnya banyak banget siswa yang diterima SNMPTN tapi ujung-ujungnya dilepas. 

Jadi, sebelum kamu ngelakuin hal yang sama nanti, aku tekanin lagi bahwa memilih jurusan di SNMPTN itu bukan main-main, harus serius, dalam artian apabila diterima ya harus dan kudu banget diambil. 

Kalo ngga diambil, maka indeks sekolah bisa jadi akan dikurangi oleh PTN yang kamu lepas. Ditambah dengan adanya peraturan baru LTMPT, kalo lo udah milih jurusan dan PTN di SNMPTN kemudian lo diterima maka lo gak punya hak untuk mengikuti UTBK SBMPTN. 

Maka dari itu, gunakan strategi cara lulus SNMPTN dengan baik dan pikir mateng-mateng pemilihan jurusan/PTN di SNMPTN, jangan terburu-buru atau cuman sekedar cari aman aja.

Oke, sekian dulu penjelasan tentang strategi memaksimalkan cara lulus SNMPTN 2022. Yang perlu diingat bahwa kita ngga bisa mengukur dengan pasti peluang di SNMPTN 2022, yang bisa kita lakukan adalah sebatas berusaha memperbesar peluang. 

Apakah setelah diperbesar tersebut kita bakalan lolos nanti, tidak ada yang tau. Maka dari itu, aku ingetin lagi buat nyiapin UTBK SBMPTN 2022 dari sekarang juga. Jangan terlalu menggantungkan nasib lo di SNMPTN.

****

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang cara lulus SNMPTN, tips lolos SNMPTN hingga cara kerja SNMPTN, langsung aja tinggalin komentar dibawah artikel ini, ya. 

Buat lo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti UTBK SBMPTN, berikut adalah beberapa artikel menarik seputar info SNMPTN dan panduan belajar UTBK SBMPTN yang udah kita rancang supaya lo bisa lulus SNMPTN:

Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN 2022 Lebih Awal, Ini Caranya!

Pengertian Blocking Time dan Tips Manajemen Waktu Pengerjaan UTBK-SBMPTN

Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Panduan Belajar dan Kisi-kisi UTBK 2020 yang Harus Kamu Baca

Lo juga bisa nonton cerita perjuangan siswa-siswa lainnya di jalur SNMPTN berikut ini hanya melalui youtube channel Zenius: