Pengertian Blocking Time dan Tips Manajemen Waktu Pengerjaan UTBK-SBMPTN

Pengertian Blocking Time dan Tips Manajemen Waktu Pengerjaan Soal

Sebelum mengerjakan UTBK-SBMPTN, tentunya banyak banget nih yang harus kamu persiapkan, diantaranya adalah mengerti soal blocking time.

Pengertian Blocking Time dan Tips Manajemen Waktu Pengerjaan Soal

Walaupun kamu sudah berlatih menjawab soal-soal dari UTBK, namun kamu juga perlu mengerti soal manajemen waktu pengerjaan soal.

Kenapa tahu soal blocking time dan manajemen waktu pengerjaan soal ini penting? Tentu aja karena jika kamu tidak memahami blocking time, maka kamu akan keteteran dalam menjawab soal UTBK-SBMPTN.

Yuk, sekarang kita bahas dulu apa sebenarnya pengertian dari blocking time di UTBK, dan juga gimana sih tips supaya bisa punya manjemen waktu pengerjaan soal yang baik.

Pengertian Blocking Time di UTBK

Pada setiap UTBK yang dilaksanakan, biasanya kamu cuma bisa mengerjakan soal-soal yang ada di dalam blog dan membutuhkan waktu dari subtes itu. Setelah waktu subtes selesai, maka kamu sudah tidak bisa kembali lagi ke subtes sebelumnya.

Contohnya aja pas kamu lagi ngerjain Tes Potensi Skolastik (TPS), kamu pasti akan mengerjakan 4 subtes, yaitu penalaran umum, pengetahuan kuantitatid, pemahaman umum, dan juga memahami bacaan dan juga menulis.

Untuk subtes yang kamu kerjakan, nantinya akan ada batas waktu pengerjaan soal yang berbeda-beda. Setelah waktu tiap subtes habis, disitulah kamu tidak bisa kembali mengecek dan mengerjakan soal sebelumnya dan harus menyelesaikan subtes berikutnya.

Untuk kamu yang belum tahu, di UTBK kali ini memang tak ada sistem pengurangan nilai seperti biasanya untuk setiap jawaban yang salah. Tapi, jangan sampai kamu sembarangan ngisi jawaban. Hal itu dikarenakan LTMPT memiliki sistem yang bisa mendeteksi apakah para peserta menjawab soal dengan serius, atau hanya asal-asalan.

Cara paling sederhana untuk mendefenisikan sistem LTMPT tadi adalah ketika kamu memiliki sisa waktu 3 menit dari total pengerjaan soal dan kamu masih belum menyelesaikan 20 soal, kamu pasti akan mengerjakan dengan cepat dan buru-buru. Ketika kamu mengerjakan dan mengisi semuanya, yang mana hal tersebut tidak mungkin dilakukan dari sisa jangka waktu yang ditetapkan, maka sistem akan mendeteksi kamu mengerjakan soal asal-asalan.

Baca juga artikel UTBK lainnya dari Zenius Education

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

Matengin Persiapan UTBK di Zenius Grand Try-Out 2021

Persiapan UTBK Xtra Kilat 6 Minggu

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Cukup Belajar 20 Menit Bisa Lolos UTBK?

Kebut Persiapan UTBK lewat 8 Minggu Belajar!

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Mau Belajar UTBK Lebih Awal, Sebaiknya Mulai dari Mana?

7 Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

Untuk total waktu pengerjaan TPS dan TKA di UTBK itu sendiri, akan dilaksanakan selama 3 jam 15 menit tanpa adanya jeda istirahat selama tes berlangsung.

Ada pengecualian untuk para peserta yang memilih ujian campuran. Peserta yang memilih ujian campuran, pada saat ujian akan ada jeda istirahat 1, 5 jam diantara ujian TPS dan TKA Saintek serta TKA Soshum.

Tips Blocking Time di UTBK

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menaklukan blocking time, diantaranya:

1. Berlatih dengan tryout

Dengan kamu berlatih menggunakan tryout, maka kamu akan terbiasa seakan-akan sedang ngerjain UTBK beneran. Hal ini juga bisa kamu lakukan dengan durasi yang sama, karena memang tryout punya durasi waktu yang sama dengan waktu pengerjaan UTBK lainnya.

Selain itu, kalau kamu berlatih dengan tryout, kamu juga bisa merasakan suasana UTBK dengan tekanan yang ada pada ujian beneran, hal itu bisa juga melatih konsentrasinya saat mengerjakan UTBK.

2. Jangan terlalu lama pada satu soal

Hal ini sebenarnya rumus dasar ketika kamu mengerjakan soal UTBK. Ini karena jika kamu terpaku hanya pada satu soal, maka waktumu akan lebih cepat habis dan akan menjadi tidak efisien.

Gunakan batasan waktu maksimal untuk setiap soal. Hitung total soal dan bagi dengan jumlah waktu yang diberikan ketika mengerjakan UTBK, dengan itu kamu akan paham rata-rata waktu pengerjaan per soal itu berapa lama.

3. Jangan menumpuk soal

Kalau kamu bingung, jangan dilewati dan akhirnya menumpuk jumlah soal yang banyak di akhir pengerjaan. Ini tentunya akan menyulitkan kamu dalam melakukan pengerjaan soal demi soalnya.

Selain itu, ini penting karena sudah di bahas di atas, sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah bisa membaca apakah kamu serius atau ngasal dalam ngerjain soal.

Jika kamu menumpuk, maka di akhir batas waktu pengerjaan, kamu akan lebih terlihat buru-buru dan cenderung menebak jawaban. Dan itu buruk untuk kamu yang punya sisa soal banyak yang belum terjawab.

4. Jangan ragu pilih jawaban “ragu-ragu”

Percayalah, mendingan pilih jawaban ragu-ragu ketimbang kamu ngasal mengisi jawaban UTBK. Hal ini karena kembali lagi seperti yang kita bahas di atas, sistem bisa mendeteksi kamu dalam mengisi setiap jawaban UTBK.

So, mendingan pilih ragu-ragu deh ketimbang tang ting tung kan.

5. Review ulang jika punya sisa waktu

Untuk kamu yang sudah selesai sebelum waktu habis, kamu bisa manfaatkan untuk mengecek dan mereview ulang seluruh jawaban yang kamu sudah kerjakann.

Kebanyakan siswa suka malas dalam melakukan pengecekan ulang. Padahal hal tersebut sangatlah penting dan mendasar untuk memastikan seluruh jawaban benar.

Nah, itu tadi pembahasan tentang blocking time yang harus kamu pahami dan juga tips manajemen waktu pengerjaan soal biar kamu makin paham dan mudah mengerjakan soal-soal dari UTBK-SBMPTN nantinya.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.

Bagikan Artikel Ini!