Cause and Effect Beserta Rumus dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Cause and Effect Beserta Rumus dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Hai Sobat Zenius! Di artikel ini gue mau ngajak elo belajar Bahasa Inggris bareng, tepatnya materi cause and effect kelas 11, soal dan contoh kalimatnya. Materi ini akan membahas tentang cara membuat kalimat sebab dan akibat dalam Bahasa Inggris menggunakan rumus kalimat, memberikan latihan soal beserta pembahasan dan tips pengerjaannya.

Pernah nggak sih elo denger kata-kata yang kurang lebih berbunyi “Sebuah tindakan memiliki konsekuensinya”? Kata-kata itu artinya bahwa setiap tindakan akan menyebabkan suatu akibat. 

Contohnya, kalau elo mendorong salah satu domino yang berada di urutan terakhir di susunannya seperti gambar di bawah ini, maka elo akan menjatuhkan seluruh domino yang disusun setelahnya secara berurutan.

Permainan domino - cause and effect
Permainan domino (Dok. Pixabay)

Nah, kejadian-kejadian yang menggambarkan hubungan sebab dan akibat seperti contoh di atas, biasanya diungkapkan dalam bentuk kalimat sebab dan akibat atau dalam Bahasa Inggris kita kenal dengan cause and effect sentences. 

Elo biasanya akan ketemu materi ini di kelas 11. Oleh karena itu, untuk membantu Sobat Zenius memahaminya, gue akan coba jelasin tentang materi dan soal cause and effect kelas 11 secara lengkap dan mudah dipahami di artikel kali ini ya. Gue juga akan menyediakan tips-tips untuk mengerjakan soal materi ini.

Tanpa berlama-lama, yuk mari kita mulai!

Apa itu Cause and Effect Sentence

Untuk mengawali penjelasan gue tentang materi ini. Kita mulai dulu dari pengertian cause and effect ya Sobat Zenius. 

Pertama, cause artinya adalah penyebab atau sebab terjadinya suatu hal.

Ciri-Ciri Cause

Sekarang pengertian dari effect. Kata effect dapat diterjemahkan menjadi akibat atau hasil dari sebuah tindakan. 

Ciri-Ciri Effect

Dari pengertian di atas, maka kita bisa simpulkan bahwa cause and effect berarti sebab dan akibat. Hubungan dari causes and effect ini saling berkesinambungan. Artinya, jika ada sebab maka akan ada akibat. Begitu pula sebaliknya, jika ada akibat maka pasti ada sebab.

cause and effect relationship
Hubungan Cause and Effect (Dok. Pixabay)

Dengan demikian, kita bisa katakan bahwa kalimat cause and effect, merupakan sebuah kalimat yang di dalamnya mengandung setidaknya satu sebab dan satu akibat.

Contoh kalimat cause and effect adalah seperti di bawah ini:

  • I woke up late this morning because I didn’t set my alarm.

Artinya: Aku bangun kesiangan pagi ini karena aku tidak menyalakan alarmku.

  • My sister is crying because she is hungry.

Artinya: Adik perempuanku menangis karena ia lapar.

  • I got a great score on my English test because I understand the material very well.

Artinya: Aku mendapatkan nilai tes Bahasa Inggris yang sangat bagus karena aku memahami materinya dengan sangat baik.

Dari contoh kalimat-kalimat di atas, elo bisa mengenali sebuah cause dari bagian yang digarisbawahi dan sebuah effect dari bagian yang ditebalkan. Hati-hati, jangan terkecoh dengan urutan peletakannya ya. Walaupun dalam kalimat-kalimat tersebut bagian cause-nya banyak yang terletak di bagian akhir, tetapi secara logika cause atau akibat tetap saja selalu terjadi terlebih dahulu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cause menghasilkan effect.

Selain cause dan effect, dalam kalimat tersebut juga ada yang namanya linking words lho! Apa sih itu linking words? 

Nah, sebelum lanjut download dulu yuk aplikasi Zenius. Nanti elo bisa dapetin ribuan materi pelajaran, latihan soal, dan berbagai fitur gratisnya. Klik gambar di bawah sesuai gadget elo, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Linking Words dalam Kalimat Kompleks Cause and Effect

Linking words adalah kata-kata yang digunakan untuk mengawali sebuah kalimat atau klausa. Klausa atau clause sendiri adalah gabungan dari setidaknya subjek dan predikat. Terkadang juga dilengkapi dengan objek atau keterangan. 

Klausa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu independent clause dan dependent clause. Seperti namanya yang independent, maka klausa ini bisa berdiri sendiri. Sedangkan yang dependent tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan independent clause. Biasanya dependent clause itu diawali dengan yang namanya linking words. 

Nah, gabungan dari independent clause dan dependent clause disebut dengan complex sentence atau kalimat majemuk bertingkat.

Contohnya, pada kalimat “Due to the bad weather, the flight should be delayed.” yang artinya dikarenakan cuaca yang buruk, penerbangan harus ditunda. Klausa the flight should be delayed merupakan independent clause karena klausa tersebut dapat berdiri sendiri dan merupakan kalimat utuh yang memiliki subjek dan predikat. Sedangkan klausa due to the bad weather merupakan dependent clause karena klausa itu menerangkan independent clause-nya sehingga tidak bisa berdiri sendiri. 

Nah, linking words sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu conjunctions, transitions, dan prepositions. Sobat Zenius bisa cek daftar linking words di bawah ini berdasarkan jenis, peletakan dan fungsinya!

Berikut adalah contoh linking words untuk menunjukkan suatu sebab:

Linking words untuk menunjukan suatu sebab

Karena fungsinya untuk menunjukkan sebuah sebab, maka peletakan linking words-nya pun mengawali bagian klausa penyebab. Linking words dalam fungsi ini, terdiri dari conjunction dan preposition. Conjunction berguna untuk menghubungkan dua independent clauses menjadi satu kalimat. 

Contohnya, I didn’t have any lunch because Jack stole mine. Sedangkan preposition berguna untuk mengawali sebuah frasa benda yang menunjukkan sebab. Contohnya, Because of the show cancellation, we need to cancel our trip to Los Angeles.

Berikut adalah contoh linking words untuk menunjukkan suatu akibat:

Linking Words untuk Effect

Karena fungsinya untuk menunjukkan sebuah akibat, maka peletakan linking words-nya pun diikuti dengan kalimat atau klausa akibat. Linking words dalam fungsi ini, terdiri dari conjunction dan transition. Conjunction digunakan untuk menghubungkan dua independent clauses sedangkan transition words digunakan untuk menjaga kesinambungan dua kalimat yang dipisahkan dengan tanda titik (.).

Contohnya, I just got my month pay check. Therefore, I could buy a new pair of shoes. 

Rumus Cause and Effect Sentence

EFFECT + CONJUNCTION + CAUSE

I got a fever because I got caught in the rain yesterday.

The teacher was angry since the students were being noisy.

CAUSE, + CONJUNCTION + EFFECT

My dad had extra work to do in the office, so he got home late.

I spent all of my money on this dress, so I have no money left

EFFECT + PREPOSITION + NOUN PHRASE 

I couldn’t wake up early this morning because of going to bed late.

I need to go back to John’s house due to the heavy rain.

PREPOSITION + NOUN PHRASE, + EFFECT  

Due to the regulation to wear masks in public places, we should remember to always bring one.

Thanks to the Covid-19, we must follow the health protocols.

CAUSE. + TRANSITION, + EFFECT.

The food delivery was not coming yesterday. Hence, I ordered another one.

I didn’t bring any money to the grocery store. Therefore, I couldn’t buy anything there.

She never cleans her room. As a result, her room is always dirty.

Contoh Dialog Cause and Effect

Contoh Dialogue Cause and Effect

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris dari Zenius

Materi Bahasa Inggris Kelas 11: Exposition Text

Offering Help and Responding – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations

Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction dan Contohnya!

Contoh Soal Cause and Effect Beserta Pembahasan

A. Menganalisis Cause and Effect

Coba Sobat Zenius analisis mana bagian cause, effect, dan linking word. Garis bawahi tiap bagiannya dan tuliskan C untuk cause, E untuk effect, dan LW untuk linking word.

1. Early men used weapons because they needed to find food.

Sebelum lanjut membaca bagian pembahasannya, Sobat Zenius bisa mencoba mengerjakan soalnya terlebih dahulu sehingga nanti dapat dicocokan dengan jawaban yang benar ya.

Pembahasan: 

Tips pertama dalam mengerjakan soal seperti ini adalah membaca kalimat secara utuh dan memahami artinya. Dari kalimat soal diatas, kita dapat mengerti bahwa kalimatnya berbunyi “Manusia purba menggunakan senjata karena mereka perlu mencari makan.” Nah, dari kalimat terjemahan tersebut, mungkin lo udah menemukan bahwa “mereka perlu mencari makan” atau “they needed to find food” merupakan cause sentence karena diawali dengan linking words “karena” atau “because”. Maka, “manusia purba menggunakan senjata” atau “early men used weapons” merupakan effect sentence.

Tips mudah lainnya adalah dengan mengidentifikasi letak dan fungsi linking words-nya. Karena dalam kalimat tersebut menggunakan linking word “because” yang merupakan conjunction untuk menyatakan sebab, maka kalimat yang mengikuti (they needed to find food) adalah cause sentence dan kalimat lainnya (early men used weapons) merupakan effect sentence.

Maka jawabanya dapat dituliskan sebagai berikut:

Kunci Jawaban Cause and Effect 1

Mudah bukan? Yuk , kita coba satu lagi!

2.  As a result of  staying up past midnight, my sister was very tired.

Kalau lo udah selesai nyoba menemukan jawabanya, lo bisa cocokan dengan jawaban yang ada di bagian pembahasan dibawah ini.

Pembahasan:

Dengan cara mengidentifikasi letak dan fungsi linking words-nya, dalam kalimat tersebut ditemukan linking word “As a result of” yang merupakan preposition untuk menyatakan sebab, maka kalimat atau frasa yang mengikuti (staying up past midnight) adalah cause sentence atau phrase dan kalimat lainnya (my sister was very tired) merupakan effect sentence. 

Maka jawabanya dapat dituliskan sebagai berikut:

Kunci Jawaban Cause and Effect 2

Nah, karena Sobat Zenius sudah bisa menganalisis cause and effect dalam sebuah kalimat, sekarang kita coba untuk memilih linking word yang tepat untuk digunakan dalam sebuah kalimat ya.

B. Memilih Linking Word yang Tepat

1. The kid fell to the ground _________ he was being careless.

A. Since

B. Therefore

C. Because of

2. I went very slow _________ the traffic.

A. Because of

B. Because

C. Consequently

3. I felt dizzy at school. _________, I went home and had some rest

A. Due to

B. Therefore

C. Because

Pembahasan: 

1. Jawaban yang benar adalah A. Since karena diikuti dengan clause of cause.

2. Jawaban yang benar adalah A. Because of  karena diikuti dengan noun phrase.

3. Jawaban yang benar adalah B. Therefore, karena digunakan untuk mengawali sebuah effect sentence setelah cause sentence yang dipisahkan dengan tanda titik (.).

Penutup

Nah, dari penjelasan dan latihan soal di artikel ini, pasti Sobat Zenius sudah lebih memahami terkait materi cause and effect kelas 11, macam linking words yang digunakan, dan rumus kalimatnya. Kalau Sobat Zenius sudah memahami, harapannya elo bisa menggunakan masing-masing linking words dengan benar dan mengidentifikasi mana yang merupakan cause dan mana yang merupakan effect dalam sebuah kalimat ya.

Kalo membutuhkan materi dan soal cause and effect kelas 11 serta linking words dalam bentuk video, sobat Zenius juga bisa akses video-video materinya dengan klik gambar di bawah ini. 

invitation letter

Oya, gue juga mau rekomendasiin elo untuk cobain langganan paket belajar Aktiva Zenius Sekolah, nih. Elo bisa tanya jawab langsung sama Zen Tutor di live class, dapetin rangkuman materi, trus ngerjain try out juga. Klik gambar di bawah buat info lengkapnya, ya!

indeks harga

Referensi

Haryono, S. S. (2020). Modul Bahasa inggris kelas XI KD 3.7-4. Repositori Kemendikbud. Diakses pada 12 November, 2021, dari http://repositori.kemdikbud.go.id/22091/1/XI_Bahasa-Inggris_KD-3.7_4.7_Final.pdf. 

The Open University. English: Skills for learning. OpenLearn. Diakses pada 12 November, 2021, dari https://www.open.edu/openlearn/ocw/mod/oucontent/view.php?id=19204§ion=5.1. 

English Language Centre at UVic. (2021). Cause-and-effect linking words. English Language Centre at UVic. Diakses pada 12 November, 2021, dari https://continuingstudies.uvic.ca/elc/studyzone/570/pulp/hemp5.

Originally Published: November 12, 2021 
Updated By: Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!