testimoni Bintang lolos Kedokteran UB lewat zenius

Strategi Unik Ala Bintang, Alumni Zenius yang Berhasil Masuk Kedokteran UB

Hai hai Sobat Zenius. Lagi sibuk apaan nih? Belajar kah? Main? Atau…main sambil belajar? Nah buat Sobat Zenius yang suka ngotak-ngatik strategi belajar, gimana kalau kita dengerin cerita Bintang Taqwa yang baru aja keterima di FK UB (Universitas Brawijaya)? Siapa tau strategi belajarnya doi cocok buat kamu!

Cerita dong sejak kapan sih kamu tertarik buat masuk FK?

Masuk FK itu itu cita-citaku dari awal! Bahkan sebenernya dari SD aku udah pengen masuk UGM tapi pas masuk SMA aku ingin cari aman dan coba pilih fakultas kedokteran UB dan Universitas Jember.

Nah terus sejak kapan nih Zenius jadi temen belajar kamu?

Aku udah tau Zenius dari lama, tapi baru belajar pake Zenius di kelas 12. Waktu itu awalnya aku bingung mau les di mana, bimbel online atau offline. Terus bokap nyaranin nggak usah ikut les offline dan cuma belajar lewat internet.  

Awalnya aku kurang yakin kalau cuma belajar dari internet bisa ngejar temen-temen yang ikut les offline berjuta-juta sampai akhirnya aku nyoba bimbel online Zenius buat sarana pembelajaran yang menurutku saat ini merupakan pilihan terbaikku untuk belajar UTBK.

Emang sebelum bareng Zenius cara belajar kamu sebelumnya gimana?

Aku siswa biasa aja, nggak selalu ranking 10 besar dan jarang belajar. Sebenernya sebelum pakai Zenius aku nggak paham mata pelajaran sama sekali, apalagi soal konsep kimia. Tapi sejak belajar sama Zenius aku jadi paham malah kimia jadi yang paling gampang. 

Dulu juga aku sibuk ikut ekskul basket, baru belajar di kelas 11 semester 2. Terus aku tipe yang bener-bener sendiri kalau belajar. Sejak ngeliat orang-orang SNMPTN, aku jadi mau belajar, apalagi karena ngerasa udah tau pasti nggak masuk SNMPTN karena aku nggak ambis.

Wah, terus gimana strategi kamu membagi waktu mengejar mimpi masuk FK?

Aku punya target sehari sub materi selesai. Cara membagi waktu belajar, aku fokus satu mata pelajaran dulu baru ke mata pelajaran lain per 2 bulan. Jadi, 2 bulan matematika, 2 bulan fisika, 2 bulan kimia, dan seterusnya. Pokoknya  setelah ngerasa udah memenuhi satu materi baru aku pindah ke mata pelajaran lain.

Bayangin, aku yang nggak ikut les offline sama sekali cuma ikutan paket Zenius Aktiva UTBK + UM seharga sekitaran Rp700 ribu bisa lolos di SBMPTN Universitas Brawijaya Kedokteran. Aku yang awalnya nggak paham tentang kimia sama sekali bisa langsung paham gara-gara Zenius.

Aku pake paket Aktiva UTBK berasa diajarin sama temen karena bahasanya nggak baku.

Orang tuaku juga sering ngetes soal-soal gitu, dari buku wangsit atau soal di internet. Jadi progresku sering di-track. Aku juga sering dikasih catetan materi sama ayah. 

Untuk persiapan UTBK aku belajar TKA dulu baru ke TPS ngalir sendiri.

Nah masa kayak gimana sih yang bikin kamu down banget? Gimana caranya biar kamu tetep semangat?

Pas aku ngerjain berbagai try out tapi nggak ada peningkatan, bener bener sedih sampai ngerasa nggak mau coba TO lagi kalau aku belum bener-bener paham. Jadinya aku belajar terus sampe ngerti dan pas udah ngerasa lebih baik baru aku cobain TO. Dari nilai TO waktu itu yang bikin aku termotivasi untuk belajar lebih giat.

Ngomong-ngomong tutor kesukaan kamu di Zenius siapa? Terus kamu punya fitur favorit?

Master tutor kimia, Kak Yoki. Penjelasannya nggak belibet, gak lama dan cepet dimengerti.  Kalau fitur favorit aku Deprak sama video pembelajarannya aku tamatin semuanya. 

Biologi yang dulu masih paham sedikit bisa langsung paham gara-gara fitur deprak UTBKnya Zenius!

Nah terakhir, share dong kesan pesan kamu buat Zenius!

Aku bersyukur banget bisa belajar lewat Zenius, bikin nggak deg degan dan nggak tertekan. Makasih buat tutor-tutornya yang asik asik pas ngejelasin materinya. Aku juga jadi bisa belajar di mana aja kapan aja.

Nah, itu dia cerita perjuangan Bintang untuk masuk Fakultas Kedokteran. Kalau kamu gimana? Apakah Sobat Zenius juga punya strategi belajar unik? Terlepas dari gimana strategi belajar yang kamu terapkan, jangan lupa ya Zenius selalu siap jadi sobat yang nemenin kamu belajar. Kalau kamu penasaran sama paket Aktiva yang nemenin Bintang, klik aja button di bawah ini!

“Cara membagi waktu belajar SBMPTN, aku fokus satu mata pelajaran dulu baru ke mata pelajaran lain per 2 bulan.”

Bintang Taqwa, Alumni Zenius

Bagikan Artikel Ini!