UTBK Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi Jalur, serta Biaya Terkait

Ketentuan UTBK Terkait Pilihan PTN dan Program Studi Jalur, serta Biaya Terkait

Pelaksanaan UTBK dapat diibaratkan sebagai gerbang utama untuk masuk sebagai mahasiswa pada perguruan tinggi negeri. Namun melalui gerbang ini tidaklah mudah tanpa adanya upaya dan kerja keras bagi kamu para calon mahasiswa. Selain itu kamu juga harus memahami apa saja program studi yang tersedia.

Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi Jalur di UTBK

Semakin tinggi suatu pendidikan maka semakin meruncing pula bidang yang digelutinya. Dalam hal ini bukan perkara umum lagi seperti bagaimana sekolah dasar dan menengah. Namun pembelajaran menjadi lebih lebih spesifik yang berhubungan dengan bidang kerja. Berikut program studi pada PTN berdasarkan materi uji.

UTBK Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi Jalur, serta Biaya Terkait
UTBK Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi Jalur, serta Biaya Terkait

1. Program Studi Dibedakan Atas Saintek dan Soshum

Semua program atau bidang studi yang berada pada PTN, PTKIN dan Politeknik Negara dibagi menjadi dua kelompok yakni berdasarkan saintek dan soshum. Saintek sendiri merupakan singkatan dari sains dan teknologi, sedangkan soshum adalah kependekan dari sosial hukum.

Baca Juga: Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK

Adapun untuk ujian pada program studi saintek terdiri atas matematika, fisika, kimia dan biologi. Sedangkan untuk soal pada program studi sosial hukum maka akan mendapat materi berupa geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi.

2. Peserta Dapat Memilih Program Studi yang Diinginkan pada PTN

Peserta juga dapat memilih program studi berdasarkan bidang keahlian yang tersedia pada perguruan tinggi negeri. Hal ini juga termasuk dengan memilih mana saja PTKIN kata Politeknik negara yang ingin dijadikan sebagai almamater dalam menempuh studi.

Hal ini juga bisa dipilih secara leluasa berdasarkan lintas wilayah maupun memilih berdasarkan di dalam wilayah. Kemungkinan tersebut terbuka luas tanpa batasan atau kriteria wilayah khusus yang ada di Indonesia, sehingga kamu yang ingin kuliah di PTN luar kota pun bisa banget.

3. Maksimal Pemilihan Program Studi adalah Dua

Setiap peserta dapat memilih maksimal 2 program studi sekaligus. Adapun ketentuan ujian yang berlaku adalah jika keduanya berada pada bidang studi saintek maka mengikuti ujian saintek. Namun jika semua program yang dipilih merupakan bidang soshum maka mengikuti ujian soshum.

Tapi kalau dua program studi yang dipilih memiliki beda kelompok maka kamu bisa mengikuti ujian campuran. Selain itu peserta juga dapat memilih program studi dari lintas PTN. Besar ma Adapun pemilihan program studi diurutkan berdasarkan yang paling prioritas.

4. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi Hanya untuk Lulusan SMA / MA

Berdasarkan materi dan pelajaran yang telah diperoleh semasa sekolah hal ini juga berkaitan dengan program studi yang akan dipilih pada jenjang selanjutnya. Khususnya pada program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya bisa dipilih oleh siswa atau lulusan SMA dan MA.

Hal ini karena adanya jurusan IPA pada dua lembaga sekolah tersebut yang berkaitan dengan materi dan ilmu kedokteran. Dengan demikian Jika kamu memang sungguh-sungguh mendambakan profesi dokter maka perlu menempuh pendidikan SMA sebelumnya atau mempelajari ilmu IPA di sekolah tersebut.

5. Memiliki Kuota dan Persyaratan Khusus yang Dikeluarkan Oleh Masing-Masing PTN

Kamu juga perlu memastikan PTN incaran kamu memiliki berapa banyak kuota serta apakah terdapat ketentuan lain. Adanya persyaratan lain yang ditambahkan oleh PTN juga turut andil dalam menentukan lolos tidaknya peserta.

Profil PTN tersebut dapat dilihat melalui Link yang tersedia di situs LTMPT. Kamu juga bisa langsung mengunjungi website resmi dari berbagai PTN yang ada di Indonesia serta menyimak bagaimana profil dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga artikel UTBK lainnya dari Zenius Education

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

Matengin Persiapan UTBK di Zenius Grand Try-Out 2021

Persiapan UTBK Xtra Kilat 6 Minggu

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Cukup Belajar 20 Menit Bisa Lolos UTBK?

Kebut Persiapan UTBK lewat 8 Minggu Belajar!

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Mau Belajar UTBK Lebih Awal, Sebaiknya Mulai dari Mana?

7 Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

Biaya UTBK

Hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah bagian finansial atau keuangan. Masalah ini tertuju pada pembiayaan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer tersebut. Nah berapa nih nominal yang harus disiapkan untuk mengikuti ujian tersebut? Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

● Rp200.000,- untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum
● Rp300.000,- untuk kelompok ujian Campuran yakni Saintek dan Soshum

Terminal tersebut merupakan harga yang tertera pada LTMPT sebagai penyelenggara ujian SBMPTN. Harga tersebut perlu disertakan dalam pendaftaran dan dapat dibayar melalui metode transfer bank sesuai ketentuan yang berlaku.

Tata Cara Pembayaran

Lakukan pembayaran berdasarkan prosedur yang berlaku atau ditentukan lembaga penyelenggara ujian. Caranya dengan mentransfer sejumlah dana sesuai dengan kelompok ujian ke salah satu rekening bank. Adapun rekening bank yang tersedia adalah Mandiri, BNI BRI dan BTN.

Sebagai contoh pembayaran dengan Bank Mandiri dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

● Masukkan kartu debit Mandiri
● Pilih penggunaan bahasa yang diinginkan
● Masukan 6 digit PIN ATM Mandiri
● Kemudian pilih menu Bayar
● Lalu pilih menu Pendidikan
● Masukkan kode institusi UTBK yaitu 10000
● Masukkan Kode Bayar yang tercetak pada stroke pendaftaran dan NISN
● Pilih pembayaran UTBK LTMPT 2021
● Ketik nomor urut 1 yang ada di bagian depan nomor
● Tekan Ya dan konfirmasi pembayaran
● Simpan struk bukti pembayaran

Adapun untuk pengiriman melalui bank lain maka kurang lebih terdapat langkah-langkah yang serupa. Kalau kamu pengen transfer lewat metode lain ATM banking, maka hal itu juga bisa dilakukan Yakni dengan cara-cara sebagai berikut.

● Buka aplikasi Livin’ by Mandiri
● Lakukan login dengan username dan password
● Kemudian pilih Pembayaran
● Lanjutkan memilih Pendidikan
● Masukkan kode institusi UTBK yaitu 10000
● Kemudian UTBK LTMPT 2021
● Masukkan Kode Bayar yang tercetak pada struk pendaftaran dan NISN
● Klik Lanjut
● Cek detail pembayaran lalu Konfirmasi
● Simpan bukti transaksi

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Demikian informasi tentang UTBK berdasarkan ketentuan pilihan, program studi dan biaya serta cara pembayaran. Semoga informasi ini dapat membantu kesiapan para calon peserta atau calon mahasiswa dalam menghadapi ujian SBMPTN. Jangan lupa untuk mempersiapkan latihan guna menghadapi soal yang diujikan.