Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK

Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK

UTBK tentu tidak terlepas dari kaitannya dengan tes potensial skolastik. Ujian Tulis Berbasis Komputer ini menjadi syarat wajib yang harus ditempuh bagi seluruh peserta SBMPTN. Namun untuk dapat lolos dengan predikat yang baik tentu memerlukan trik dan persiapan khusus.

Tips Lolos Tes Potensial Skolastik (TPS) UTBK

Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK
Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK

Dalam melalui ujian tulis berbasis komputer tidak hanya kesiapan persyaratan dan finansial untuk melakukan biaya pendaftaran. Tapi kamu juga perlu lebih giat dengan melakukan tips agar perjuangan semakin maksimal. Berikut tips lolos TPS.

1. Berlatih Secara Rutin dengan Acuan Waktu

Penting untuk melakukan latihan secara rutin dan terarah pada waktu yang konsisten. Latihan yang dimaksud adalah belajar dan mencoba soal-soal skolastik namun dengan pembagian waktu yang rutin tanpa tergesa-gesa dengan waktu terbatas.

Dalam artian kamu tidak perlu belajar ngebut dalam semalam namun membiarkan pada hari-hari sebelumnya. Metode sistem kebut semalam dalam belajar justru akan membuat banyak materi lebih sulit terserap dengan baik. Oleh sebab itu Buatlah penjadwalan dalam daftar kegiatan kamu.

2. Melakukan Koreksi dan Analisis Atas Kesalahan dalam Latihan

Setelah melakukan evaluasi atau pembelajaran Mandiri maka penting untuk mengoreksi hasil dari latihan tersebut. Mengoreksi kesalahan dan melakukan analisis dapat membantu menemukan kekurangan yang belum dikuasai, sehingga kamu akan tahu apa saja yang perlu dipelajari lebih lanjut.

Baca Juga: Pengertian, Latar Belakang, Tujuan dan Ketentuan Umum UTBK

Proses belajar yang disertai dengan koreksi dan analisis kesalahan juga bermanfaat untuk mengembangkan potensi kemampuan serta membuat semakin terampil menghadapi soal. Hal ini juga perlu tetap dilanjutkan dengan latihan hingga menjelang hari ujian tiba.

3. Lebih Dulu Mengerjakan Soal yang Lebih Mudah

Trik mudah lainnya dalam mengerjakan soal baik latihan maupun soal ujian sungguhan, yakni dengan mendahulukan soal lebih mudah. Jawablah satu demi satu soal berdasarkan urutan nomor. Namun jika menemukan soal yang dirasa cukup sulit maka loncati soal.

Tandai soal untuk dikerjakan setelah soal-soal mudah selesai. Dengan demikian kamu akan lebih fokus dan mengerjakan soal dengan terarah. Berbeda dengan kondisi Jika kamu tetap memaksa mengerjakan soal rumit saat itu juga, yang ada justru waktu akan habis dan masih banyak soal yang tersisa.

4. Berlatih Secara Kelompok

Berlatih sendiri dengan berlatih secara kelompok tentu berbeda, terlebih untuk mempersiapkan ujian penting seperti ujian tulis SBMPTN. Oleh sebab itu lakukanlah belajar secara berkelompok atau bersama rekan-rekan yang juga hendak mengikuti SBMPTN.

Hal ini akan memberikan banyak manfaat seperti adanya evaluasi bersama, dan pertukaran materi yang diketahui antara satu dengan lainnya. Pembelajaran dengan beberapa teman juga dapat membuka wawasan lebih luas termasuk dengan ide dan wawasan yang juga berkembang.

Tips Lolos Tes Potensial Skolastik UTBK 9

Nilai Minimal Kelulusan Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN

Mungkin salah satu hal yang dipertanyakan oleh peserta atau calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN adalah terkait nilai minimal kelulusan ujian. Kriteria minimum nilai juga dapat menjadi acuan selama proses pembelajaran dan persiapan.
Semakin tinggi nilai yang diperoleh tentu akan semakin besar peluang untuk masuk pada PTN yang diinginkan. Namun perlu untuk diketahui bahwa skor minimal dari hasil ujian yakni berbeda berdasarkan setiap PTN. Hal ini dipengaruhi oleh pihak perguruan tinggi yang juga menuntut kriteria khusus.

Adapun skor aman yang dapat membuat peserta lolos dalam SBMPTN ini adalah 655. Maka jika dibuat perkiraan antara 650 sampai dengan 700 merupakan skor aman. Meski begitu jika nilaimu berada di 650 namun masih kurang dari 560 masih ada.

Haruskah Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer?

Mungkin ada beberapa di antara peserta yang mempertanyakan seberapa wajib ujian tulis berbasis komputer untuk SBMPTN? Nyatanya hal ini bahkan lebih penting dari. Sebab ujian ini merupakan penentu kelayakan calon mahasiswa.

Mengingat SBMPTN merupakan jalan utama yang dipilih sebelum para peserta akhirnya memutuskan jalur mandiri. Dengan demikian ujian ini wajib diikuti oleh seluruh peserta SBMPTN berdasarkan periode tahun kelulusan atau sekitar dua tahun setelah kelulusan.

Akan tetapi ujian ini bukanlah sesuatu yang menakutkan melainkan sebuah tantangan dari awal perjalanan baru. Oleh sebab itu, siapa pun kamu bisa berpeluang untuk lolos dalam SBMPTN asalkan melalui prosedur yang tepat dan mempersiapkan ujian dengan baik.

Sesi Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer
Adapun sesi pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer terbagi dalam beberapa tahap yang dilaksanakan pada tanggal-tanggal berbeda. Hal ini ditujukan untuk membagi seluruh jumlah peserta agar pelaksanaan ujian lebih efektif.

Adapun sesi pelaksanaan untuk periode 2021 adalah sebagai berikut.

● Waktu Registrasi Akun LTMPT : 07 Februari – 12 Maret 2021
● Waktu Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 15 Maret – 01 April 2021
● Waktu Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 12 – 18 April 2021
● Waktu Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 26 April – 02 Mei 2021
● Waktu Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021

Seluruh rangkaian jadwal berdasarkan registrasi hingga pengumuman telah diatur secara resmi oleh LTMPT. Jadi untuk para peserta atau pendaftar perlu untuk terus memperhatikan waktu guna mengikuti sesi demi sesi pelaksanaan baik registrasi hingga menunggu hasil pengumuman.

Baca juga artikel UTBK lainnya dari Zenius Education

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

Matengin Persiapan UTBK di Zenius Grand Try-Out 2021

Persiapan UTBK Xtra Kilat 6 Minggu

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Cukup Belajar 20 Menit Bisa Lolos UTBK?

Kebut Persiapan UTBK lewat 8 Minggu Belajar!

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Mau Belajar UTBK Lebih Awal, Sebaiknya Mulai dari Mana?

7 Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

Kesimpulan

Melalui uraian diatas dapat diketahui bahwa lolos dalam tes potensial skolastik merupakan kemungkinan yang bisa diusahakan. Selain itu kewajiban untuk mengikuti ujian ini juga tidak bisa dielakan sebab menjadi prosedur utama kelulusan SBMPTN. Para peserta juga penting untuk mengingat setiap pembagian jadwal.

Itu dia tadi informasi tentang tips lolos tes potensial skolastik, kriteria skor minimum dan informasi lain terkait UTBK untuk SBMPTN. Semoga informasi ini dapat menambah semangat dan persiapan bagi para peserta yang hendak melalui ujian tersebut.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini